PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengkampanyekan gerakan No Premium No Worry. Gerakan ini dicanangkan pada akhir minggu lalu, bersamaan dengan acara talkshow Siapa Takut Pakai Pertamax. Acara talkshow yang diselenggarakan oleh Tempo ini dilaksanakan dalam rangka merespon kekhawatiran masyarakat tentang rencana pemerintah untuk membatasi penjualan BBM bersubsidi.

Untuk mengantisipasi dibatasinya penggunaan Premium oleh Pemerintah, kami berharap para pengguna mobil pribadi tidak perlu terlalu khawatir karena pengiritan BBM juga bisa dilakukan dengan mengubah perilaku berkendara dan memahami teknologi digunakan oleh suatu mobil. Teknologi yang digunakan oleh mobil Nissan dapat memaksimalkan penggunaan BBM, kata Teddy Irawan, Vice President Sales & Marketing NMI.

Teknologi Nissan yang dapat memaksimalkan penggunaan BBM diterapkan pada design body, mesin dan electric mobil. Nissan menerapkan basis monocoque pada hampir semua produknya untuk mengurangi berat kendaraan secara optimum. Selain itu, desain pada body dibuat lebih aerodinamis untuk mengurangi hambatan angin sehingga dapat memaksimalkan penggunaan BBM. Inovasi pada mesin mobil dilakukan untuk membuat mesin lebih responsif dan hemat bahan bakar seperti yang sudah diaplikasikan pada mesin HR12DE untuk Nissan March dan HR15DE untuk Nissan New Grand Livina. Mesin tersebut didesain lebih kompak dan lebih ringan 25Kg dibandingkan mesin lain pada umumnya. Sedangkan inovasi pada electric (listrik) mobil dilakukan dengan menggunakan bahan dasar yang 10-15% lebih ringan dibandingkan bahan dasar kabel pada umumnya, ditambah lagi melalui teknologi drive by-wire yang menggantikan sistem mekanik menjadi electrical.

Selain itu Teddy menambahkan bahwa teknologi ini juga harus dibarengi oleh perilaku berkendara yang baik. Nissan memiliki beberapa tips eco-driving yang dapat menghemat penggunaan BBM seperti pengecekan tekanan ban secara berkala dan tidak membawa barang-barang secara berlebihan. Untuk menghindari kemacetan kota, berangkat lebih awal dapat menjadi alternatif sehingga kita bisa memaksimalkan penggunaan BBM.

Dengan adanya gerakan No Premium, No Worry, Nissan ingin mengedukasi masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih kendaraan dan cara mengemudi yang baik. Nissan March dan Nissan Grand Livina yang sudah menggunakan teknologi yang dapat memaksimalkan penggunaan BBM bisa menjadi pilihan bagi masyarakat mengantisipasi pembatasan penggunaan premium, tambah Teddy.

Acara Talkshow Siapa Takut Pakai Pertamax diselenggarakan oleh Tempo dan didukung oleh NMI dan JakFM, menghadirkan tiga pembicara yaitu Saryono Hadiwijoyo, Direktur Pembinaan Usaha Lahan Migas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Sugeng Priyono, Manager Non PSO Fuel Retail Pertamina dan Teddy Irawan, Vice President Sales & Marketing NMI.

Sumber : ---> Klik