Pajak Progresif kendaraan

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 41
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/243676
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Posts
    81
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 8 Hrs 15 Mins 30 Secs

    Pajak Progresif kendaraan

    Besaran persentase pajak progresif :

    Kendaraan Pertama: 1,5% x Nilai Jual Kembali (NJK) yang ditetapkan Dispenda
    Kendaraan Kedua: 2% x NJK
    Kendaraan Ketiga: 2,5% x NJK
    Kendaraan Keempat dan seterusnya: 4% x NJK
    *NJK bukan nilai jual pasaran

    Bagaimanakah cara memperhitungkan atau memperkirakan berapa besar pajak yang akan dibayar untuk kendaraan kedua Anda dan seterusnya...?

    Contoh:
    Pak Agus berdomisili di Jakarta, mempunyai 5 mobil dengan type dan tahun yang sama, pada tahun 2010 pajak masing-masing mobil sama (agar mudah memperlihatkan kenaikan pajaknya) yaitu:

    PKB ======> 1.500.000
    SWDKLLJ ==> 143.000

    Total ====> 1.643.000

    Untuk pajak tahun 2011 wilayah samsat DKI diberlakukan pajak progresif, maka perhitungannya sebagai berikut:

    Pertama harus diketahui Nilai Jual Kembali (NJK) yang ditetapkan Dispenda untuk masing-masing mobil Pak Agus (dibuat sama, untuk mempermudah), caranya:
    NJK = PKB x 2/3 x 100
    NJK = 1.500.000 x 2/3 x 100
    NJK = 100.000.000

    Berarti pajak tahun 2011 untuk masing-masing kendaraan Pak Agus adalah sebagai berikut:
    Mobil Pertama:
    PKB = 100.000.000 x 1.5%
    PKB =======> 1.500.000 (sama seperti tahun sebelumnya)
    SWDKLLJ ===> 143.000

    Total ====> 1.643.000

    Mobil Kedua:
    PKB = 100.000.000 x 2%
    PKB =======> 2.000.000 (Terjadi kenaikan)
    SWDKLLJ ===> 143.000

    Total ====> 2.143.000

    Mobil Ketiga:
    PKB = 100.000.000 x 2.5%
    PKB =======> 2.500.000 (Alamak... Terjadi kenaikan lagi)
    SWDKLLJ ===> 143.000

    Total ====> 2.643.000

    Mobil Keempat:
    PKB = 100.000.000 x 4%
    PKB =======> 4.000.000 (Serem!!!)
    SWDKLLJ ===> 143.000

    Total ====> 4.143.000

    Mobil Kelima:
    PKB = 100.000.000 x 4%
    PKB =======> 4.000.000 (Serem!!!)
    SWDKLLJ ===> 143.000

    Total ====> 4.143.000

    Untuk motor perhitungannya sama dengan mobil seperti contoh diatas, tinggal disesuaikan dengan besaran PKBnya.

    copy paste dari web sebelah

  2. Bandargua
  3. #2
    Sersan Satu
    Location
    solo
    Posts
    476
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 51 Mins 27 Secs
    Ya kalo sanggup beli mobil 5, wajar kali bayar pajak segitu

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Ini Medan Bung!
    Posts
    1,492
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 5 Hrs 55 Mins 25 Secs
    Kalo punya ny cuma mobil ama mootor kena jg gak ya???

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    Samarinda
    Posts
    786
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 10 Hrs 21 Mins 39 Secs
    Hiiii serem... Semoga belum diberlakukan di daerah...
    Soalnya dirumah mobil no 1,2 dan 3 itu mobil dibawah tahun 80an dan udh pada koit semua :-(

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    B*TOWN
    Posts
    5,030
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 44 Mins 11 Secs
    diliat nya dari nama dan alamat di stnk? klo mblnya udah dijual kita tetep kena pajak progresif dong?

  7. #6
    Kopral Satu
    Posts
    81
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 8 Hrs 15 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by 3xalt View Post
    diliat nya dari nama dan alamat di stnk? klo mblnya udah dijual kita tetep kena pajak progresif dong?
    Tetap kena klo stnk bpkb masih nama kita, tp toh yg bayar ya yg beli mobil kita itu. Nah misal mobil yg dijual itu mobil satu2nya, lalu duitnya kita beliin mobil lagi sebagai pengganti mobil ke 1, jadi mobil kita itu dianggap mobil ke 2 dan persentase pajaknya ikut aturan yg ke 2. Walopun mobil ke 2 itu tetap satu2nya mobil yg kita punya.

  8. #7
    Honoured Member
    Location
    X RULES
    Posts
    3,937
    Power
    65 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 11 Hrs 6 Mins 25 Secs
    tambah bantuin info aja..
    pajak progresif baru berlaku utk daerah DKI Jakarta aja..
    utk Depok, Tangerang dan Bekasi blm berlaku..

    pajak dikenakan berdasarkan nama dan alamat..
    jd kalau mobilnya 3 dan tiga2nya beda nama tp 1 alamat ya kena jg..
    dan apabila kita udah jual mbl ke org tp blm balik nama dan masih pake nama kita ya hitungannya itu msh mbl kita dan kena pajak progresif..

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    Ini Medan Bung!
    Posts
    1,492
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 5 Hrs 55 Mins 25 Secs
    Kndraan niaga kna jg g y?
    Gmna yg punya kndraan niaga yg jlh ny puluh2an bahkan ratusan?

  10. #9
    Kopral Dua
    Location
    Surabaya
    Posts
    48
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 14 Hrs 31 Mins 20 Secs
    Begitu mobil terjual, langsung lapor jual ke samsat setempat. tujuannya biar si pembeli tidak bisa "tembak" ktp dan akhirnya harus balik nama.

  11. #10
    Kapten
    Location
    Sydney the most expensive city shit ass it hurts my wallet
    Posts
    2,485
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 16 Hrs 37 Mins 1 Sec
    bro... kalo gw ada 5 mobil... tapi namanya beda-beda gimana..??

    cth:
    mbl 1: nama bokap
    mbl 2: nama nyokap
    mbl 3: nama gw
    mbl 4: nama ade gw
    mbl 5: nama kantor
    dst.

    itu ga kena pajak tambahan kan..??

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250 Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 68
    Last Post: 19th January 2014, 09:10
  2. ask pajak progresif donk
    By JK88 in forum Surabaya
    Replies: 9
    Last Post: 16th April 2011, 23:38
  3. BBN Kendaraan, pajak tahunan mobil
    By cimed in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 14
    Last Post: 15th June 2010, 21:05
  4. Share,, PAJAK PROGRESIF...
    By richiefirlyn in forum Automotive
    Replies: 9
    Last Post: 8th August 2009, 13:06
Back to top