diesel shell dan pertamina
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 6 of 6
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/239990
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Posts
    274
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 16 Hrs 28 Mins 33 Secs

    diesel shell dan pertamina

    brader2 sekalian.. nubie mau nanya dnk..

    sebenernya pake shell punya diesel bikin mesin awet, terawat, dan sekaligus mantep tarikannya yah? kalo di bandingin sm pertamina gmna? apakah jauh bgt?

  2. clickbet88.com
  3. #2
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,296
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 16 Hrs 51 Mins 22 Secs
    ya kalo solar shell setara dengan solar dex pertamina, jadi diatas solar biasa pertamina.
    masalah mutu, ya dibandingkan sendiri deh, so far dari pendapat orang banyak bagaimana? uda ada jawabannya kan yang mana yang berkualitas dan mana yang kurang hehe...

    dan juga perawatan lainnya juga harus diikuti, spt pengantian oli mesin tepat waktu, filter solar, filter udara, dll
    sbab dengan pemakaian bahan bakar bagus tapi tidak diikuti perawatan lainnya, sama aja kurang bermanfaat bro...

    thx




    "BIASAKAN YANG BENAR, JANGAN BENARKAN YANG BIASA"

    untuk informasi represented member dan pemasangan iklan silahkan menghubungi 0855-786-0855

  4. #3
    Kopral Kepala
    Location
    Indonesia
    Posts
    179
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 18 Mins 41 Secs
    menurut pendapat pribadi dan testi orang2.. untuk solar non-subdisi, paling enak pertamina DEX..

    bersih, knalpot gak item, tenaga enak, suara mesin halus, getaran minim..

    sekalian tanya, ada yang tau apakah pertamina DEX di bandung udah ada yang dispenser??

  5. #4
    Kopral Dua
    Location
    pinggir ibukota
    Posts
    37
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 54 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by ibrahimlubis View Post
    menurut pendapat pribadi dan testi orang2.. untuk solar non-subdisi, paling enak pertamina DEX..

    bersih, knalpot gak item, tenaga enak, suara mesin halus, getaran minim..

    sekalian tanya, ada yang tau apakah pertamina DEX di bandung udah ada yang dispenser??
    ikut mantau, oooo.... baru tau saya

  6. #5
    Kopral Kepala
    Location
    Kota macet!
    Posts
    154
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 11 Hrs 59 Mins 4 Secs
    Quote Originally Posted by ibrahimlubis View Post
    menurut pendapat pribadi dan testi orang2.. untuk solar non-subdisi, paling enak pertamina DEX..

    bersih, knalpot gak item, tenaga enak, suara mesin halus, getaran minim..

    sekalian tanya, ada yang tau apakah pertamina DEX di bandung udah ada yang dispenser??
    Coba bantu bro,

    Seinget gw waktu kul di Bdg dulu, pertamina DEX udah ada kok bro yg di dispenser, di SPBU setiabudi, deket apartment setiabudi.
    cuma sebelom apa sesudah apartment, hehe..

  7. #6
    Kopral Kepala
    Location
    Kota macet!
    Posts
    154
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 11 Hrs 59 Mins 4 Secs

    Lightbulb

    Berhubung ini thread bahas ttg solar (bahan bakar mesin diesel), ane mau coba bantu jelasin ya bro..

    Ada 2 parameter penting di solar, yaitu:

    1.) Cetane Number
    Ini artinya mirip kaya bensin, kalo bensin kan kita biasa bilang oktan (RON), nah kalo di diesel itu bilangnya Cetane.
    Untuk Bendin, RON artinya seberapa kuat bensin itu tahan kompresi sampe knocking (auto-ignition), kalo di mesin diesel, Cetane artinya seberapa mudah solar itu auto-ignition.
    Di solar, angka cetane yang terlalu tinggi juga tidak makin bagus, karena makin sulit untuk mengatur supaya solar tsb terbakar merata di dalam silinder.
    Makanya kalo ga salah Cetane number DEX itu 53 & Shell diesel 51. Kalo solar subsidi 45.

    2.) Kada sulfur.
    Kalo ga salah, kadar sulfur yang ada di solar pertamina itu 300ppm turun dari 500ppm bbrp tahun lalu.
    Knapa sulfur penting: sulfur di dalem solar inilah yg sering bikin jebol mesin2 diesel commonrail waktu pertama kali dateng di indo.
    Karena dengan tekanan injector yg super tinggi, mesin itu di desain untuk kadar solar jauh dibawah 100ppm waktu pertama kali teknologi itu hadir, sekarang makin rendah lagi. Dengan tekanan injektor yg sangat tinggi tsb makanya mobil2 diesel Mercedes, Audi, VW, BMW tenaganya gede bener.
    FYI, peraturan di Eropa skrg, maksimal kadar sulfur di solar (org sini bilangnya diesel) itu 10ppm

    Kira2 segitu sih yg nubie tau, hehe... CMIIW..

 

 
NGK Busi GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. SHELL, PERTAMINA, TOTAL, ATO PETRONAS??
    By FD3S in forum Diskusi Mesin
    Replies: 61
    Last Post: 15th January 2010, 20:52
  2. PERTAMINA, SHELL, PETRONAS, dll
    By hb8060 in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 31
    Last Post: 20th September 2009, 00:04
  3. petronas ??? Shell ??? pertamina ??? your choice is ... ?
    By mInE in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 155
    Last Post: 29th April 2008, 06:51
  4. balik ke pertamina solar dari shell diesel; trouble gak yah?
    By panthyperak in forum Diskusi Mesin
    Replies: 12
    Last Post: 14th August 2006, 11:52
  5. SHELL & PERTAMINA SUBSIDI
    By v1nc in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 32
    Last Post: 6th May 2006, 22:11
Back to top