Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midrange di Mobil
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 20 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 197
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/238302
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midrange di Mobil

    Midrange the most important aspect in Audio range!

    Kali ini penulis ingin menurunkan tulisan tentang midrange yang merupakan komponen dalam speaker dengan konfigurasi 3 way atau lebih

    Mengapa midrange diperlukan?


    Midrange ini bagian yang paling penting karena human voice critical di frekuensi midrange, dan kita semua cenderung familiar sama suara manusia, jadi speaker yang tidak dapat menghandel frekuensi midrange ini akan bersuara aneh dan tidak natural di telinga kita dan sebaliknya.

    Dalam diskusi dan tulisan antara penulis dengan beberapa rekan penggemar musik dan audio seperti Bro Masswork, Bro Tuing2, Bro ArG, Bro Sugeng Adhi, Bro Robert, Bro David Neusound, Bro Alex, Bro Eddie Widjaja (Koex), Bro Erick (Mr Nice), Bro Unscac (Hwely) dll midrange ini merupakan kunci dari sound system highend berkualitas.

    Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang sangat membantu dalam diskusi ini. Ditambah dengan beberapa bacaan dan juga manual dari speaker yang penulis miliki maka dituangkanlah dalam tulisan kali ini tentang midrange dan seluk beluk optimalisasinya.

    Yang perlu diperhatikan bukan berarti penulis menyatakan bahwa 3 way pasti selalu lebih unggul dibanding 2 way karena punya midrange! Justru di sini penulis menyatakan bahwa dibalik keribetan yang biasa terjadi dalam sistem 3 way sebenarnya ada manfaat tersendiri dengan menyerahkan frekuensi paling kritikal pada spectrum audio melalui driver khusus untuk itu!

    Nah faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pencarian suara midrange berkualitas:

    1. Frekuensi response dan titik potong crossover
    2. Ukuran / size dan kualitas midrange
    3. Koherensi dengan speaker lainnya
    4. Angling dan Instalasi serta kubikasi
    5. Setting dan Fine Tuning



    1. Frekuensi response dan titik potong crossover

    Manakah rentang frekuensi yang paling penting dalam menentukan response frekuensi ideal bagi midrange? Dengan menilik kepada kemampuan suara manusia normal yang terdiri atas suara rendah laki-laki (Bariton) suara tinggi laki-laki (tenor), suara rendah wanita (alto), suara tinggi wanita (soprano) maka rentangnya adalah sebagai berikut:

    Disadur dari http://dewatagallery.blogspot.com/20...ndengaran.html blog bagus milik Yan Damia Atmaja (recommended blogspot)

    Frekuensi rendah-menengah 160-315 Hz (ekstensi oftaf =1)
    dimana C tengah pada piano (216 Hz) ada dalam rentang ini. Suara rendah laki2 juga dominan di sini

    Frekuensi tengah 315 Hz-2.5 kHz (ekstensi oktaf = 3)
    Sensitifitas telinga paling tinggi pada rentang ini. Rentang ini memiliki kualitas suara seperti suara telpon

    Frekuensi tinggi 2.5-5 kHz (ektensi oktaf = 1)
    Dalam rentang ini kurva isofonik memiliki puncaknya yang tertinggi sehingga telinga paling sensitif terhadap rentang ini.

    Frekuensi tinggi 5-10 kHz (ektensi okktaf = 1)
    Rentang dimana kita mempersepsi brightness atau terang suatu suara karena mengandung harmonik yang dihasilkan not dalam rentang sebelumnya. Energi akustik sangat rendah pada rentang ini, dan konsonan ‘s’, ‘t’, dan ‘c’ ada dalam rentang ini

    Dari penjelasan di atas maka idealnya midrange berada di frekuensi antara 150-10.000Hz atau setidaknya 200-5000 Hz (5 oktaf) dengan kata lain sebaiknya hindari penggunaan dua atau lebih driver speaker yang saling bersinggungan di frekuensi antara 200-4000 Hz. Mengapa demikian? Jawabannya bisa diuraikan dalam tulisan Bro Masswork tentang crossover yang saya kutip di kembali di sini

    Crossover secara sederhana dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membatasi frekuensi yang akan dimainkan oleh speaker. Ketika kita menggunakan 2 driver (contoh 2 way), maka batasan-batasan yang dibuat oleh crossover itu akan membagi frekuensi ke masing2 driver.

    Kebutuhan akan crossover sangat penting dalam sebuah sistem audio. Hal paling penting dari crossover adalah sebagai pengaman dari speaker.Dengan "mengamankan" speaker, maka suara speaker akan menjadi optimal. Karena speaker bekerja optimal itulah maka crossover yang baik juga membuat suara terasa nyaman. Dapat membantu membentuk staging dan imaging yang fokus.

    Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui dibidang crossover:

    1. Istilah high pass, low pass dan band pass.
    High pass artinya meloloskan frekuensi lebih tinggi. Contoh: 4khz high pass berarti frekuensi dari sekitar 4Khz keatas akan lolos ke speaker.
    Low pass artinya meloloskan frekuensi lebih rendah. Contoh: 4Khz low pass berarti frekuensi dari sekitar 4Khz kebawah akan lolos ke speaker.
    Band pass artinya hanya meloloskan frekuensi di batasan tertentu. Contoh 200-2Khz bandpass. Dengan mudah kita akan dapat mengetahui bahwa maksudnya crossover akan meloloskan frekuensi yang berkisar antara 200Hz-2Khz.

    2. Crossover frequency, atau cutting frequency.
    Ini adalah frekuensi dimana crossover bekerja. Contoh: 4Khz high pass berarti crossover akan bekerja di frekuensi 4Khz. Seperti telah disebutkan secara implisit diatas.

    3. Slope.
    Slope adalah tingkat kecuraman crossover yang biasanya diukur dalam satuan octave.
    Octave secara simpel adalah perhitungan bagi 2 atau kali 2.
    Contoh:
    1 octave diatas 1Khz=1Khz x (2 pangkat 1) = 2Khz. 2 octave diatas 1Khz = 1Khz x (2 pangkat 2) = 4 Khz.
    1 octave dibawah 1 Khz = 1Khz/(2 pangkat 1) = 500Hz. 3 octave dibawah 1 Khz = 1Khz / (2 pangkat 3)=125Hz.

    Contoh kasus:
    Crossover 4 Khz high pass 12db/octave. Artinya adalah 1 octave dibawah sekitar 4 Khz akan mengalami penurunan sebesar 12 db. 2 octave dibawah 4 Khz akan mengalami penurunan sebesar 24dB dan seterusnya.
    Crossover 2 Khz low pass 24db/octave. Artinya adalah 1 octave diatas sekitar 2 Khz akan mengalami menurunan sebesar 24 dB dan seterusnya.

    So, dengan informasi slope ini kita mengetahui bahwa masih akan ada frekuensi yang tetap lolos dari spesifikasi crossover tersebut.
    Jadi crossover 4 Khz high pass 12db tidak berarti 4Khz keatas yang akan berbunyi di speaker. Melainkan frekuensi 2 Khz pun masih akan lolos meskipun telah mengalami penurunan sebesar 12 dB. Frekuensi 1 Khz pun akan tetap lolos dengan penurunan sebesar 24dB...

    Bagaimana kalau kita ingin benar2 frekuensi 4 Khz keatas saja yang diloloskan ke speaker?
    Gunakan crossover dengan slope tinggi (tinggi banget) sekitar 96dB
    Mengenai mix and matchnya bisa langsung berkunjung ke link thread Bro Masswork tentang crossover di bawah ini:

    http://www.modifikasi.com/showthread.php?p=8248501&posted=1#post8248501

    Sehingga jelaslah bahwa penggunaan titik potong crossover yang tepat guna sangat penting dalam mengoptimalkan speaker midrange.

    Selain itu ada faktor ITD (Interaural Time Difference) dan IID (Interaural Intensity Difference) yang akan penulis jelaskan lebih lanjut.

    Untuk frekuensi sampai dengan 1,5 khz yang berlaku lebih dominan ITD oleh sebab itu placing, angling dan instalasi dan time correction pegang peranan penting di sini.

    Sedangkan untuk frekuensi di atas 1,5 Khz yang berlaku lebih dominan IID oleh sebab itu setting level gain dan amplitudo pegang peranan penting di sini


    2. Ukuran / size dan kualitas midrange

    Pertanyaannya sekarang khusus untuk di mobil berapa ukuran ideal suatu midrange apakah 1 inch, 2 inch, 3inch, 4 inch atau 5 inch? dll

    Nah untuk midrange ideal di mobil berdasarkan pengalaman penulis adalah dengan ukuran antara 3 sampai 5 inch di bawah atau di atas itu seringkali sudah tidak feasible jika dipaksakan.

    Keunggulan dari midrange 3 inch dan 4 inch adalah cenderung tidak blindspot sepanjang pemasangannya cermat berbeda dengan ukuran 5 inch

    Berdasarkan pengalaman penulis hindari penggunaan midrange 2 inch ataupun driver 6 inch karena tidak efektif sebagai midrange!

    Cari driver dengan kualitas terbaik yaitu tidak memiliki cone breakup (sember) di rentang frekuensi idealnya dan tidak beaming di frekuensi idealnya (kondisi dimana speaker mulai berbunyi dengan arah yang menyempit). Efek beaming sendiri akan semakin meningkat seiring dengan menaiknya frekuensi.

    3. Koherensi dengan speaker lainnya

    Ini maksudnya adalah kesesuaian dengan speaker lainnya pada konfigurasi system keseluruhan termasuk dalam hal ini sensitifitas speaker, warna suara dan phase yang koheren.

    Mengapa demikian speaker midrange yang berbeda jauh sensitifitasnya dengan tweeter dan midbass akan bersuara nyaring sendiri (jika jauh lebih sensitif) atau mendem sendiri (jika kurang sensitif)

    Contohnya Tweeter dengan sensitivity 91 db sedangkan midrange hanya 85 db dan midbass hanya 81 db akan bersuara tidak seimbang sehingga salah satunya harus diredam (attenuator) sedemikian rupa agar levelnya tetap terjaga seimbang.

    Berdasarkan pengalaman penulis, beberapa pabrikan sudah melakukan riset sedemikian rupa pada tipe-tipe tertentu sehingga warna suara ideal menjadi terbentuk secara utuh. Contohnya adalah Mpz Studio, Scanspeak Illuminator, HAT Legatia, Morel Hybrid Ovation, Seas Lotus Reference, dan tipe serta merk dari pabrikan lainnya.



    Mengenai phase sendiri TIDAK SELALU + dan - pada koneksi speaker meghasilkan suara yang sefasa secara absolut kadang tergantung juga dengan kondisi mobil dan penempatan driver speaker itu sendiri.Yang penting adalah in phase pada posisi pendengar bukan pada kutub speaker.

    Untuk itu dapat dipergunakan phase checker (metode paling sederhana dan belum tentu akurat) dan atau pengukuran impulse response (metode advanced). Sebagai CD Referensi bisa dipergunakan CD IASCA atau EMMA di situ terdapat track yang menjelaskan mengenai suara in phase dan out of phase. Pada suara in phase maka imaging tercipta di tengah secara kuat dan nyata sedangkan pada kondisi out of phase maka imaging menjadi blur dan tidak fokus

    4. Angling, kubikasi dan instalasi

    Di sini perlunya penempatan driver midrange dan tweeter dilakukan secara berdekatan. Adapun lokasi terbaik untuk menghindari path length difference sebenarnya adalah di Kick Panel sayangnya banyak mobil di Indonesia yang kesulitan dengan teknik ini. Jadi lebih banyak yang menaruh di atas dashboard. Nah yang penting diperthatikan adalah off axis response dari driver midrange ini dengan maksud untuk mengatur angling terbaik yang mampu mendukung staging dan imaging yang kuat dan stabil.

    Kubikasi midrange idealnya mengikuti rekomendasi pabriknya jangan terlalu kecil yang akan menghasilkan suara honky (sengau) atau terlalu besar yang akan mengakibatkan driver midrange seperti tanpa kotak.

    Isi boks midrange dengan polyfill secukupnya saja dan experiment dengan menambahkan sedikit demi sedikit cari efek suara yang diinginkan. Satu lagi idealnya box midrange terbebas dari box midbass/woofer sehingga tekanan balik dari getaran midbass/woofer tidak akan mengurangi kualitas midrange

    Instalasi midrange dengan posisi lebih maju daripada tweeter guna mengatur time difference secara alami. Sehingga waktu tiba dari kedua driver menjadi bersamaan.

    5. Setting dan Fine Tuning

    Kalau semua sudah dilakukan maka setting midrange dengan mempergunakan alat ukur dan tools yang sesuai. Jangan pernah setting dengan mempergunakan lagu karena akan misleading nantinya dan hanya akan cocok untuk lagu tertentu saja.

    Berikut panduan gambar untuk equalisasi audio


    Maka gunakanlah pink noise, microphone + RTA dan Laptop serta equalizer atau processor untuk mengukur, mengatur dan melakukan perbaikan dari response frekuensi midrange yang diinginkan. Sebaiknya percayakan hal ini pada instalatur kesayangan anda karena memang tidak mudah dilakukan secara sendiri.

    Yang perlu diperhatikan dalam setiap tutorial yang penulis sampaikan adalah pentingnya peran Installer yang didukung oleh pemahaman dan kerjasama seutuhnya dari customer. Sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Terima kasih banyak

    Let's enjoy the sweetest sound of human voice and musical experiences......!

    Best Regards

    Wendo

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up

    Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika masih banyak kekurangan, akan penulis lengkapi dalam diskusi lebih lanjut.

    Best Regards

    Wendo

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    South JKT
    Posts
    341
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 17 Hrs 31 Mins 30 Secs
    Bro Wendo, nubie mau tanya 'dumb question' nich...jangan diketawain ya..hehe.
    Apakah benar "a truly dedicated mid-range driver" pasti lebih baik daripada driver full-range yang digunakan sebagai mid-range ( di 3-way system). Katakanlah di range 200Hz-7kHz.
    Thanks infonya...

  5. #4
    Kapten
    Location
    BB : 51C94DDA
    Posts
    2,275
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Day 19 Hrs 21 Mins 16 Secs
    ini thread calon masuk ke sticky nih....................

  6. #5
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 16 Hrs 26 Mins 48 Secs
    mantabbbbbb... ...

  7. #6
    Mayor
    Location
    jkt
    Posts
    4,311
    Power
    38 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Hrs 18 Mins 48 Secs
    manthaaabsss ..

    brow gue yg atu ini emang bakat menulis dan merangkai kata2 dg indah ,,
    di barengi dgn ke akuratan detail penjelasan dan sumber 2 yg bisa di percaya ,,
    menurut gue do i penulis dg koherensi terbaik ,,
    antara masalah dan penjelasan, juga pemecahan masalah nya ,

    T.O.P.B.G.T,,,,,


  8. #7
    Jendral
    Location
    Mega Glodok Kemayoran Lt.6 B2/9-10 jakarta pusat
    Posts
    35,046
    Power
    84 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 11 Hrs 46 Mins 48 Secs
    mantapz nih

    salut buat brow wendo

    Mega Glodok Kemayoran Lt 6 Blok B2 No.9-10
    Kemayoran / Jakarta Pusat
    Tlp.021 99691521

  9. #8
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by tuing2 View Post
    manthaaabsss ..

    brow gue yg atu ini emang bakat menulis dan merangkai kata2 dg indah ,,
    di barengi dgn ke akuratan detail penjelasan dan sumber 2 yg bisa di percaya ,,
    menurut gue do i penulis dg koherensi terbaik ,,
    antara masalah dan penjelasan, juga pemecahan masalah nya ,

    T.O.P.B.G.T,,,,,

    He he he terima kasih Bro...saya hanya orang biasa yang kebetulan punya teman2 luar biasa di modcom ini...

  10. #9
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by NeuSounds View Post
    mantapz nih

    salut buat brow wendo

    Salut juga buat Bro Neusounds....ditunggu sharingnya...

  11. #10
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by n03kiku View Post
    mantabbbbbb... ...
    Thx Bro....he he he...

 

 
Page 1 of 20 12345 ... LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midbass di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Speaker
    Replies: 583
    Last Post: 11th January 2017, 19:36
  2. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Subwoofer di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 445
    Last Post: 10th January 2017, 13:04
  3. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Tweeter di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Speaker
    Replies: 401
    Last Post: 14th December 2015, 07:34
  4. Replies: 132
    Last Post: 2nd October 2014, 19:46
  5. Replies: 60
    Last Post: 13th August 2011, 19:47
Back to top