EPS Malfunction HONDA - kah?
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/238298
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Depok, Jawa Barat
    Posts
    335
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 5 Mins 14 Secs

    EPS Malfunction HONDA - kah?

    Mau minta bantuan tentang penjelasan 'masalah' EPS yg baru kejadian ma gw dan hampir menyelakakan gw, sodara dan nyokap gw krn hampir nyungsep ke parit. mungkin ada teknisi yang bisa menjelaskan secara detail apa yang gw alamin.

    Jadi ceritanya gini, waktu sore cuaca agak mendung jalan kering sama skali dan mulus. karena sesuatu gw mau muter balik, dan kebetulan jalanannya singgle line dah kiri-kanan itu ada parit yg lumayan gede. jadi dengan sedikit terburu2 karena khawatir ada kendaraan lain yang mau lewat gw ambil posisi melintang di jalanan trus langsung mundur 'patah' dan disini masalah terjadi tiba2 stir gw ga bisa 'dibanting' ke arah berlawanan, gw sempat panik krna gw ga bisa 'nyiapin reflek' soal stir krn melihat kondisi aspal yg mulus dan lumayan datar tersebut jdi bannya ga mungkin ke-ganjel apa2, tapi alhamdulillah wktunya tepat kali tgl dikit lgi gw langsung reflek nge-rem.

    gw sempat shock bntar, trus merhatiin panel speedometer gw ternyata lampu indikator EPS nya nyala, gw heran ada apa itu EPS nyala bukannya cmn berfungsi utk mngendalikan traksi ban klo jalan licin ato apalah namanya, lalu gw coba lgi muter stir ke arah berlawanan dan tebak apa yg terjadi, tetep ga bisa bgerak stirnya dalam keadaan belok 'patah' itu, dgn reflek gw suruh sodara gw turun dari mobil dan ngecek kedua ban depan kali aja keganjal sesuatu, tetapi ga ada sesuatu.

    mungkin ada sekitar 1mnt gw coba balikin ke posisi semula stir gw, dan ga berhasil-bhasil. ya tiba2 terlintas di otak gw buat matiin mesin dan idupin kembali. Alhasil indikor EPS padam stir bisa bergerak lagi dan gw berhasil mutar balik dengan selamat.

    Apa mang gitu cara kerja EPS ? ato memang bermasalah? kalo bermaslah knp indikatornya baru nyala pada saat itu?

    Boil Gw, Honda FIT 2002 Full Standard with EPS, ABS, SRS Airbag. Dan dalam kondisi prima.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    Bandung
    Posts
    2,181
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 9 Hrs 42 Mins 50 Secs
    Setau ane sih EPS bukan buat traksi ban..
    EPS = Electronic Power Steering = Power Steering elektrik..
    Kalo power steering biasa kan pake pompa hidraulis yang digerakan oleh V-belt..
    Kalo EPS ada dinamo listrik nempel di batang kemudi buat bantu belok2in roda jadi terasa ringan di tangan..



    kita tunggu yang lebih ahli deh..

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    Depok, Jawa Barat
    Posts
    335
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 5 Mins 14 Secs
    oh gitu ya, brarti kalo mang ia ada 'cacat' system utk mendeteksi masalah lebih dini dari EPS nya... tapi kok padam lgi pas abis 'restart' msin.

    thx atas responnya.

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    Oil City Balikpapan
    Posts
    1,753
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 3 Hrs 36 Mins 34 Secs
    Perkiraan gw tu masalah d kelistrikannya...ada yg konslet plg...soalnya EPS tu elektronikal banget...cek d bengkel resmi dl om...bahaya tu....

  6. #5
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,296
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 16 Hrs 51 Mins 22 Secs
    thread ane pindahin dari suara konsumen ke forum mesin, karena thread anda lebih bersifat pertanyaan/diskusi bukan kritik saran/keluhan.

    dibilang cacat sistem sih kayanya ga juga bro...
    honda jenis apa dan tahun brp?
    definisi eps sendiri dan kegunaannya sudah dijelaskan diatas.
    nah kalo sampe lampu indikator eps nyala, berarti eps itu ga bekerja, dan tentu stir mobil jadi berat karena power steering ga bekerja, jadi perlu tenaga ekstra dibanding biasanya, terlebih saat muter setir di putaran, dan kalau hal ini terjadi saat di tengah2 tentu biasanya orang kaget dan umumnya orang skrg sudah terbiasa dengan stir yang ringan, sebetulnya kalau diputer tetap bisa cuma beratnya jauh berbeda dibanding saat eps bekerja, simpelnya bisa bro coba saat mesin mati dan bro putar stirnya, kurang lebih beratnya sama spt saat eps ga bekerja.

    nah tuk penyebab eps ga bekerja bs banyak sebab, bisa dari ecu trouble, atau cuma sensor kotor atau sensor rusak, dan bisa juga yang paling ringan yaitu kabel kendor atau kelistrikan drop (altenator, aki ada yang ga beres). jadi penyebabnya musti di cek baru bisa divonis apa yang rusak.

    thx

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    Depok, Jawa Barat
    Posts
    335
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 5 Mins 14 Secs
    @ blinxatan : klo masalah kelistrikannya kyknya bukan soalnya power window, engine start dll ga ada masalah, tapi srng mulai ngerti gw brarti berhubung dgn powersteering

    @ ad_s : maaf kalo salah tempat

    mobilnya Honda Fit 2002,
    oh gitu ya, ngerti2 jadi kyk kita ngendarain mobil yg mogok ya,.. soalnya gw kaget bgt timing ga berfungsinnya itu 'tepat' kali terjadi, soalnya gw harus banting stir utk sejajar di tepi parit malah ga mau belok.

    jadi byk penyebabnya, tadinya gw mau bawa kebengkel resmi cmn EPS-nya dah padam ampe skrng ga nyala2 lgi, jdi takutnya ntar gw disuruh bayar yg ga2 lagi soalnya kurang ngerti sistem EPS menyangkut apa2 aja jadi mnding konsultasi dlu dimari

    brarti memang pringatan sistemnya cmn bekerja pada saat ga berfungsi aja ya ga bisa mendeteksi lbih awal. kalo gitu nanti gw bawa ke bengkel resmi aja buat dicek,.

    btw thx all atas responnya

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    Around Tambun
    Posts
    429
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 32 Mins 45 Secs
    Quote Originally Posted by Andi_1089 View Post
    Mau minta bantuan tentang penjelasan 'masalah' EPS yg baru kejadian ma gw dan hampir menyelakakan gw, sodara dan nyokap gw krn hampir nyungsep ke parit. mungkin ada teknisi yang bisa menjelaskan secara detail apa yang gw alamin.

    Jadi ceritanya gini, waktu sore cuaca agak mendung jalan kering sama skali dan mulus. karena sesuatu gw mau muter balik, dan kebetulan jalanannya singgle line dah kiri-kanan itu ada parit yg lumayan gede. jadi dengan sedikit terburu2 karena khawatir ada kendaraan lain yang mau lewat gw ambil posisi melintang di jalanan trus langsung mundur 'patah' dan disini masalah terjadi tiba2 stir gw ga bisa 'dibanting' ke arah berlawanan, gw sempat panik krna gw ga bisa 'nyiapin reflek' soal stir krn melihat kondisi aspal yg mulus dan lumayan datar tersebut jdi bannya ga mungkin ke-ganjel apa2, tapi alhamdulillah wktunya tepat kali tgl dikit lgi gw langsung reflek nge-rem.

    gw sempat shock bntar, trus merhatiin panel speedometer gw ternyata lampu indikator EPS nya nyala, gw heran ada apa itu EPS nyala bukannya cmn berfungsi utk mngendalikan traksi ban klo jalan licin ato apalah namanya, lalu gw coba lgi muter stir ke arah berlawanan dan tebak apa yg terjadi, tetep ga bisa bgerak stirnya dalam keadaan belok 'patah' itu, dgn reflek gw suruh sodara gw turun dari mobil dan ngecek kedua ban depan kali aja keganjal sesuatu, tetapi ga ada sesuatu.

    mungkin ada sekitar 1mnt gw coba balikin ke posisi semula stir gw, dan ga berhasil-bhasil. ya tiba2 terlintas di otak gw buat matiin mesin dan idupin kembali. Alhasil indikor EPS padam stir bisa bergerak lagi dan gw berhasil mutar balik dengan selamat.

    Apa mang gitu cara kerja EPS ? ato memang bermasalah? kalo bermaslah knp indikatornya baru nyala pada saat itu?

    Boil Gw, Honda FIT 2002 Full Standard with EPS, ABS, SRS Airbag. Dan dalam kondisi prima.
    EPS = electric power steering
    fungsi nya seperti layak nya power steering lain nya... akan tetapi yang satu ini mempunyai kelebihan dengan sensor kecepatan... pada kecepatan tertentu steer akan terasa berat... dan pada saat diam steer akan terasa enteng....
    jika lampu eps menyala... sudah pasti steer akan terasa berat ... karna motor di rack powersteering tidak mendapat kan tegangan... ada 1 rangakain elektronik. tepat nya dekatdi bawah dashboard kemudi.. yang diatas nya melintas saluran pendingin ac.... ada kemungkinn rangkain itu terkena air dari pengembunan ac.. yg menyebab kan rangkain itu terjadi hubungan singkat....
    selama ini .. kejadian di honda fit maupun jazz sama... dalam hitungan 10 mobil yg kasus nya seperti itu ... penyakit nya semua berada di sana ( rangkaian EPS nya terjadi hubungan singkat)
    semoga bermanfaat

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    Oil City Balikpapan
    Posts
    1,753
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 3 Hrs 36 Mins 34 Secs
    Sekalian om jazz gw kok feedbacknya stirnya lemah banget ya? Jd hbs puter blk gt misalnya tu stir ngga bs blk sendiri hrs dibantu putar tangan...mmg jazz begitu semua ya? Ato masalah EPS lg nih?

  10. #9
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,296
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 16 Hrs 51 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by blinxatan View Post
    Sekalian om jazz gw kok feedbacknya stirnya lemah banget ya? Jd hbs puter blk gt misalnya tu stir ngga bs blk sendiri hrs dibantu putar tangan...mmg jazz begitu semua ya? Ato masalah EPS lg nih?
    kalo ini dari tapak ban yang kelebaran atau juga dari setelan camber yang ga bener kayanya juga bisa d...
    cmiiw....

  11. #10
    Quote Originally Posted by Andi_1089 View Post
    Mau minta bantuan tentang penjelasan 'masalah' EPS yg baru kejadian ma gw dan hampir menyelakakan gw, sodara dan nyokap gw krn hampir nyungsep ke parit. mungkin ada teknisi yang bisa menjelaskan secara detail apa yang gw alamin.

    Jadi ceritanya gini, waktu sore cuaca agak mendung jalan kering sama skali dan mulus. karena sesuatu gw mau muter balik, dan kebetulan jalanannya singgle line dah kiri-kanan itu ada parit yg lumayan gede. jadi dengan sedikit terburu2 karena khawatir ada kendaraan lain yang mau lewat gw ambil posisi melintang di jalanan trus langsung mundur 'patah' dan disini masalah terjadi tiba2 stir gw ga bisa 'dibanting' ke arah berlawanan, gw sempat panik krna gw ga bisa 'nyiapin reflek' soal stir krn melihat kondisi aspal yg mulus dan lumayan datar tersebut jdi bannya ga mungkin ke-ganjel apa2, tapi alhamdulillah wktunya tepat kali tgl dikit lgi gw langsung reflek nge-rem.

    gw sempat shock bntar, trus merhatiin panel speedometer gw ternyata lampu indikator EPS nya nyala, gw heran ada apa itu EPS nyala bukannya cmn berfungsi utk mngendalikan traksi ban klo jalan licin ato apalah namanya, lalu gw coba lgi muter stir ke arah berlawanan dan tebak apa yg terjadi, tetep ga bisa bgerak stirnya dalam keadaan belok 'patah' itu, dgn reflek gw suruh sodara gw turun dari mobil dan ngecek kedua ban depan kali aja keganjal sesuatu, tetapi ga ada sesuatu.

    mungkin ada sekitar 1mnt gw coba balikin ke posisi semula stir gw, dan ga berhasil-bhasil. ya tiba2 terlintas di otak gw buat matiin mesin dan idupin kembali. Alhasil indikor EPS padam stir bisa bergerak lagi dan gw berhasil mutar balik dengan selamat.

    Apa mang gitu cara kerja EPS ? ato memang bermasalah? kalo bermaslah knp indikatornya baru nyala pada saat itu?

    Boil Gw, Honda FIT 2002 Full Standard with EPS, ABS, SRS Airbag. Dan dalam kondisi prima.
    Kalo ini yang gue dapet dari service manualnya civic gue ni gan...
    Condition 1
    .The vehicle was traveling at least 12.4mph(20km/h) then a rapid change in vehicle speed was detected,then the vehicle(or the vehicle speed sensor signals) stopped for 5 seconds.
    Condition2:
    After the vehicle has stopped for at least 10 seconds while the engine speed was still at 1,640rpm or higher for atleast 20 seconds.
    Condition3: When the engine speed is 280rpm or less and the vehicle is traveling at a speed of 6,2mph(10km/ho)or more for 3 seconds

    Jadi menurut manualnya dalam kondisi2 ini mobil emang akan matiin EPSnya kalo menurut yang lain gimana? ada pengalaman juga mungkin?

    Smoga membantu

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mega Glodok Kemayoran Tekiro

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 1
    Last Post: 11th May 2013, 00:57
  2. Replies: 20
    Last Post: 28th October 2012, 09:37
  3. (WTS) Stiir Ori ex Honda Civic Hybrid untuk Honda Jazz/Honda Freed
    By 16Corp in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 4th March 2012, 05:35
  4. Replies: 12
    Last Post: 7th December 2011, 09:16
  5. Replies: 5
    Last Post: 3rd August 2008, 03:15
Back to top