Bagi kalangan klub maupun komunitas otomotif di tanah air mungkin dua nama klub seperti Holden Indonesia dan juga TKCI atau Toyota Kijang Club Indonesia sudah tidak asing lagi di dengar, mengingat kedua klub ini sudah lumayan lama berdiri, bahkan membernya pun nyaris tersebar rata seantero Indonesia.

Di gelaran acara-acara otomotif dua klub ini juga lumayan aktif, salah satu contohnya pada gelaran final battle Clas Mild Accelera Auto contest kemarin yang berlangsung pada Desember di Balai Kartini Jakarta. Tak hanya sekadar hadir dan meramiakan aja, namun juga kedua klub ini ikutan memejengkan mobil modifikasi yang mereka miliki.

HOLDEN INDONESIA



Kita bahas mengenai klub Holden dulu yang merupakan salah satu klub pecinta mobil-mobil muscle lawas Amerika di Indonesia.

Holden Indonesia mulai berdiri sejak 1 September 1991 silam, namun sebelumnya di tahun 1980 Holden Indonesia juga pernah ada hanya saja nama yang digunakan masih menyandang nama Holden Owner yang kemudian berlanjut menjadi Holden Jakarta hingga akhirnya finish di Holden Indonesia.

Besarnya club ini ditunjukan dengan jumlah membernya yang ada, kurang lebih sekitar 70-an member yang ada di Jakarta, sedangkan membernya yang ada dikeseluruhan Indonesia kira-kira mencapai 500 member, woow … cukup besar juga kan. Sedangkan daerah jajahan dari Holden hampir mencapai semua kepulauan di Indonesia, yang diantaran ada di Jawa termasuk Jakarta, Bali, Sumatera, dan juga Sulawesi. Salah satu klub yang ada di Jakarta diwakili oleh klub Holden yang biasa nongkrong di Circle K Gandaria, Jakarta Selatan setiap Jumat malam. Oke suskses buat Holden Indonesia yaah broy….

Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI)



Pindah ke klub satunya lagi yang juga keberadaanya sudah cukup lama yaitu Toyota Kijang Club Indonesia atau lebih beken disapa dengan nama TKCI. Saat gelaran final battle kemarin klub ini juga cukup heboh, karena selain memajang bebrapa kendaraanya klub ini juga cukup ramai mengundang masanya, bahkan diantaranya ada yang datang dari Jambi juga.

Awalnya TKCI berdiri sejak tahun 2000 silam tepat pada 25 November yang diprakarsai oleh 6 orang formasi pendirinya. Tak lama kemudian resmilah berdiri nama TKCI Jakarta (pusat) yang lalu kemudian berkembang untuk melebarkan wilayah jajahanya atau melebarkan sayapnya yang hanya dalam kurung waktu kurang dari satu tahun akhirnya memiliki beberapa cabang yang resmi didirikan seperti, TKCI Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Subang, Tasikmalaya, Bali, Semarang, Jambi, Palembang, Bogor dan juga lainnya. Alhasil dengan menyebarnya TKCI maka klub ini memilki kebesaran namanya di mana-mana hingga akhirnya mereka bisa selalu eksist dimanapun mereka berada …. Tetap Eksis dan Solid yaah ….

Gambar selengkapnya ---> http://www.bosmobil.com/page_detail.html?ne=301