ngitung ratio gear ?
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 8 of 8
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/2321
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 21 Secs

    ngitung ratio gear ?

    eh kan gigi 1, 2, 3, dst itu ada rationya.. trus ada final lagi..
    itu itungannga gmn ya?
    hubungannya ama kecapatan gmn?
    misal gigi 1 sampe kecepatan 40kmh di 4000rpm, itu ngitungnya gmn?

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Bahamuth
    Guest
    kalo gak salah.. dari rpm mesin trus masuk ke gigi di ratio trus ke final diff di ratio lagi.. itu baru jadi puteran ban.

    kalo gak salah gear 4 itu 1 banding 1..
    jadi dari mesin rpmnya lewatin ke final diff.. trus disitu tergantung rationya.. di final dif sono puterannya jd pelanan (kalo gak pelan... wah itu ban muternya sama ama mesin.. 4000 puteran per menit hahaha kenceng aje)

    itung speednya agak rumit.. tergantung lingkaran ban lagi.
    cmiiw

  4. #3
    Kapten
    Posts
    2,148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 12 Hrs 18 Mins 42 Secs

    Re: ngitung ratio gear ?

    Quote Originally Posted by [Ctrl
    +[Alt]+[Del]]eh kan gigi 1, 2, 3, dst itu ada rationya.. trus ada final lagi..
    itu itungannga gmn ya?
    hubungannya ama kecapatan gmn?
    misal gigi 1 sampe kecepatan 40kmh di 4000rpm, itu ngitungnya gmn?
    cm mau nambahin,
    yg pasti seiap gigi punya 2 gir,nah perbandingan keduanya itu yang menentukan gir rasio.
    semuanya,termasuk juga final gear, menentukan kecepatan dan akselerasi.
    pada dasarnya gigi 1,2,3 dst punya rasio gigi yang kecil,jadi butuh final gear (yang rasionya jauh lebih besar) untuk meneruskan tenaga ke roda,kalo ga pasti berat.
    hubungan dengan kecepatan,semakin gede rasio gigi semakin kecil top speednya tapi semakin cepat akselerasinya.begitu pula sebaliknya...
    CMIIW

  5. #4
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    eh.... dru, jgn lupa, putaran mesin itu formatnya rpm loh (alias radius per minute). so, satuannya ga sama. kalo speedometer elo itu itungannya linear, tp yg tachometer itu itungannya angular. jd, ga bisa langsung di convert. lo mesti jadiin 1 satuan unit, kmudian baru di bikin perbandingannya. agak ribet sih, but i think it will be more accurate.

  6. #5
    Bahamuth
    Guest
    Quote Originally Posted by sugarfree
    eh.... dru, jgn lupa, putaran mesin itu formatnya rpm loh (alias radius per minute). so, satuannya ga sama. kalo speedometer elo itu itungannya linear, tp yg tachometer itu itungannya angular. jd, ga bisa langsung di convert. lo mesti jadiin 1 satuan unit, kmudian baru di bikin perbandingannya. agak ribet sih, but i think it will be more accurate.
    rasanya gak perlu yah, soalnya putaran mesin kan directly nyambung ama puteran ban, cuman beda ratio puterannya. pas di ban baru dihitung lingkaran ban per menit trus tinggal dihitung jadi km per jam.

  7. #6
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    ah ya... gitu jg bisa.

  8. #7
    Bahamuth
    Guest
    eh.. kok setelah liat2.. pertanyaan pertama nanyain gimana itung gear ratio yah.. bukan speednya.. lol, salah ngebahas neh :oops:

  9. #8
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 21 Secs
    misal ada ratio gigi 1.5, final 2.70

    rpm 5000 dapet kecepatan brp ?
    keliling roda 2 meter..

 

 
Vkool Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA: setting gear ratio avanza
    By cloud17 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 13
    Last Post: 25th August 2015, 23:51
  2. Final Gear Ratio For EG
    By JayPhen84 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 26th December 2011, 19:58
  3. FS: ATS 1st gear ratio 3.077 (u/ Bseries final gear 4.4) SOLD!
    By te37 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 11
    Last Post: 2nd December 2011, 20:36
  4. FS: Used ATS 1st gear ratio 3.077 for Bseries
    By te37 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 26th October 2010, 20:55
  5. gear ratio, mengirit bbm???
    By [368] in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 16th October 2005, 23:28
Back to top