Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 2 of 2
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/224533
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    17
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    25 Mins 4 Secs

    Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?

    Teman2 mohon pencerahannya donks...

    Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium BKR6EIX di bmw e36 m52 gak? gw pingin tau pengalamannya...mesin gw standar, cuma air filternya aja pake k&n...cocok gak klo pake busi iridium? gw baca di thread2 yg ada byk yg pro kontra di berbagai macam mbl tp gw blm nemu post2 yg udh pernah pake utk e36 m52 ...ada jg yg bilang klo yg pake ECU kayak BMW gak cocok pake iridium, pake yg standar aja..tolong info ya, tks

  2. #2
    Prajurit
    Posts
    17
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    25 Mins 4 Secs
    ada yg komentar positif ttg busi iridium utk e36 320i m52 di bmwlover milis.....gw mau coba dehhh.....


    Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?

    Post Yesterday at 17:29
    Bro...gw udh pake NGK Iridium BKR6EIX, busi kode ini memang didisain utk BMW kita (e36 M52 320i) dan juga didisain utk mesin berkompresi tinggi (kompresi m52 320i = 11) tapi dengan mesin standar..(kode angka 6 memang utk mesin standar). di manual book m52 , busi yg direkomendasikan oleh pabrik cuma merk NGK & Bosch jd ya gw gak akan pake merk lain walaupun ada jg merk lainnya yg iridium & lbh murah.

    Mesin gw jg standar, cuma pake K&N filter replacement aja...tadinya busi gw NGK standar kode BKR6E, pas gw ganti perbedaan lumayan signifikan kok...

    1. Tarikan jauh lebih responsif. Lebih terasa banget perbedaannya waktu di rpm >3000...cepet banget naik rpmnya...klo utk macet2an iridium gak terlalu beda rasanya dgn busi standar

    2. Injekan gasnya lebih efisien utk mencapai rpm tinggi dgn kata lain injekan gasnya tidak sedalam waktu pake busi standar utk mencapai rpmnya.

    3. mesin lebih halus suaranya, hal ini jg didukung dgn k&n air filter

    4. gw ambil contoh, sewaktu pake busi standar m52 gw utk bisa tembus 190kpj, rpmnya sekitar 5900...sewaktu udh ganti iridium, di rpm 5900 ternyata sdh tembus di 200kpj (ini sdh bbrp kali gw buktikan di tol manapun) berarti ada kenaikan torsi minimal 10% kira2 (klo menurut gw hehe)

    5. krn pemakaian gas yg lbh efisien (selama gak elo bejek2 gak karuan krn enteng) sdh pasti bikin bbm lbh irit. gw jg sdh tes, waktu pake busi standar perjalanan pp jkt-bdg lwt cipularang ditambah jln2 dikit di bdg yg maceeetttttttt, bensin gw (pake shell 95) 1 liter = 7.90 km ....sewaktu udh ganti iridium 1 liter = 8.49 km (kondisi perjalanan 80% hampir sama, rpm gw gak pernah kurang dari 4000 di tol he he he)...sekitar hampir 10% keiritannya...klo gw jalan santai aja (main rpm rendah2 aja) pasti gw yakin akan lebih dari 10% (tapi kpn sampenya hehe)

    6. So far ecu gw gak ada masalah dgn busi iridium ini. gw yakinlah pabrik sekelas NGK tdk bakalan bikin busi sampai ngerusak ecu krn mrk pasti sudah melalui penelitian dan percobaan2 yg sangat amat teliti. apalagi BKR6EIX ini memang didisain utk bmw e36 m52. klo sampe ada yg ngaco, gw yakin banget pasti kode businya salah spek utk mblnya ato mblnya emang udh ngaco. jgn pake kode yg bkr6eix-11, ini bukan utk bmw tp utk mbl jepang klo gak salah. gw coba baca di website2 ttg bmw yg ada di seluruh dunia, belum nemuin ada masalah dgn pemakaian busi iridium. jadi ya gw yakin lah akan aman2 aja.

    7. Yg gw baca di websitenya ngk, busi iridium ini harus memakai bensin dgn oktan tinggi trus pake air filter yg bagus (k&n yg paling top lah saat ini) utk bisa memaksimalkan efek dari busi ini. di manual book m52 320i memang di haruskan memakai bensin oktan minimal 95. gw sdh coba pertamax plus, petronas 95, total 95 & shell 95 utk di mbl gw sejak pake iridium. ternyata pake shell 95 gw ngerasa paling mantap utk power & torsi mobil gw. Kualitas shell 95 memang terbukti paling OK diantara 4 merk tsb, jd wajar dia paling mahal skr seliternya (Rp. 7100)

    8. Harga busi ini emang mahal, gw beli di jayapura motor duta mas fatmawati hrg 6 pcs = Rp. 495.000,- . Udh hrg yg paling bagus disini dan asli. Ada yg jual cuma 420.000 - 480.000 di bbrp website tp dikirim via pos, mrk gak mau cod...gw gak yakin, takut palsu barangnya. Tapi pemakaian busi ini bisa hingga 50.000 km (klaim dari pihak NGK), yg penting maintenance mesin elo bener2 hrs dijaga. Jgn coba2 diamplas ya busi ini, bakal hancur jarumnya (cuma 0.6 mm), selama pengapian elo bagus busi ini gak perlu di apa2in hingga 50.000 km (tp klo udh 10.000an lbh baik di cek aja biar yakin). Utk jangka panjang jelas lebih irit kantong. Busi NGK/bosch standar harganya sekitar 20.000 per pc x 6 = Rp. 120.000. mesti ganti tiap 10.000. kalo di kali hingga 50.000 berarti elo hrs ngeluarin hingga 600.000 utk ganti businya. lbh murah kan?

    9. kesimpulan gw, klo dilihat dr teknologinya kayaknya busi iridium ini cocoknya utk mesin yg berkompresi tinggi (minimal 10.5 keatas). terus harus pake bensin oktan tinggi (mgkn supaya panas tinggi dari bensinnya bisa memaksimalkan percikan api di businya). pake air filter replacement berkualitas (menghasilkan udara yg bener2 bersih). Nah klo di m52 ini kan busi langsung ke koil (gak pake kabel busi), kekuatan iridium ini lgs masuk ke koil shg bener2 bisa maksimal. klo elo sering main di rpm tinggi, ya busi iridium akan mendukung elo deh tp klo elo ternyata lebih seringnya di daerah macet2an ya sayang pake iridium. utk mbl2 dgn kompresi rendah & cuma make premium, klo menurut gw gak usah pake iridium, gak akan maksimal dan duit terbuang percuma (ini menurut gw yaaa). krn yg gw baca, busi iridium ini memang bener2 didisain utk mbl yg berkompresi tinggi dan butuh bensin oktan tinggi. Dan yg paling penting, sblm elo pake iridium pastikan kondisi mobil elo semuanya sehat wal-afiat yaaaaa.......

    10. Elo punya mobil secanggih BMW ya jgn mikirin rupiahnya. Memang mahal di awal tp lbh irit utk jangka panjangnya. K&N filter emang mahal bgt tp utk pemakaian seumur hidup mobil elo. Busi iridium mahal (tp klo utk dipake hingga 50.000 km jelas lebih irit dari busi standar). Shell 95 jg mahal (7100/liter) tp lbh irit dibanding memakai oktan 92 (udh gw buktikan). Ada harga ada kualitas boss

    11. Krn gw setiap hari klo ngantor pasti lewat tol, hal2 diatas jd lumayan agak2 maksimal pemakaiannya.

    Selamat mencoba...

 

 
Vkool Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. busi ngk iridium sama hurricane iridium
    By Danny.Rachmad in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 28th September 2012, 14:49
  2. Seberapa beda sih Busi iridium dibanding busi biasa??
    By javaromeo in forum Diskusi Mesin
    Replies: 48
    Last Post: 15th March 2012, 19:50
  3. Replies: 15
    Last Post: 23rd June 2009, 01:34
  4. WTB busi 2nd NGK Iridium BKR6EIX atau Denso Iridium VK-20
    By olga_thehacker in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 18
    Last Post: 28th May 2009, 12:57
  5. dijual busi ngk iridium bekas kijang - baru pake sebulan
    By ray_dvr in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 34
    Last Post: 6th March 2008, 10:55
Back to top