Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midbass di Mobil
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 60 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 591
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/224038
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midbass di Mobil

    Midbass the never ending searching for the most fundamental aspect in tonal quality.

    Tergelitik dengan pengalaman penulis selama ini ditambah lagi serangkaian pertanyaan, diskusi, ujicoba dan audisi yang penulis lakukan maka penulis sebagai seorang newbie di audio mencoba menuangkan pemikiran bagaimana memperoleh suara midbass yang berkualitas di mobil.

    Pertama, penulis menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan penulis di modcom yang turut membantu inspirasi seperti Ko Ex, Ko Caeng, Eddie Cartens, Masswork, Alex, Sugeng Adhi, Edwin Sasmito, Robert Akaz, Chris Gasoline, Handy, David Neusounds, Hwelly Unscac, Ardian ArG, Erick Mr Nice, Sawal Tuing2, Jeffrie Rising, Zigen, Fully Lebay dll yang tidak dapat ditulis satu persatu. Mereka langsung ataupun tidak langsung dari lisan maupun tulisan memberikan saran dan masukan tentang midbass ini kepada penulis.

    Langsung saja

    Kuncinya ada lima

    1. Driver Midbass berkualitas
    2. Jenis kendaraan dan Placement yang benar
    3. Cutoff frequency yang tepat dan Phase yang selaras dengan subwoofer
    4. Power yang mencukupi
    5. Settingan yang tepat

    Untuk itu penulis akan membahas satu persatu

    1. Driver Midbass berkualitas

    Banyak yang salah sangka bahwa driver midbass yang bagus harusnya bersuara serendah-rendahnya seperti subwoofer dan sekaligus mampu menghasilkan vokal yang mumpuni (biasanya pada kasus 2 way)

    Hal ini tidak sepenuhnya salah namun juga tidak sepenuhnya benar karena region midbass itu sebenarnya berada pada rentang frekuensi terbatas idealnya antara 50-300 Hz. Yaitu frekuensi dimana suara manusia, bass gitar, bass betot, orgel, tympany, snare drum, kick drum dominan bermain

    Kebetulan sekali itu frekuensi fundamental untuk pembentukan harmonisasi suara. Sehingga midbass berkualitas harusnya tidak dipaksa untuk bermain terlalu rendah dan juga bermain terlalu tinggi.

    Mengapa demikian? karena kalau dipaksakan maka tidak akan optimal hasilnya. Untuk itu carilah midbass jagoan untuk range frekuensi ini. Beberapa yang pernah penulis dengarkan adalah Scanspeak 15W dan 18W, Seas Lotus RW 165/1, a/d/s AL6, Focal PolyKevlar, Hybrid Audio Legatia L6, Venture, Morel SW6, Dynaudio 17WLQ, Skaaning atau FA 1 dll

    Semuanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun semuanya memiliki spesifikasi yang mumpuni sebagai driver midbass yang baik. Selain driver yang disebutkan di atas tidak menutup kemungkinan driver lainnya yang memang sangat layak untuk dijadikan sebagai midbass jagoan.

    Kuncinya pilih midbass dengan fs mendekati 50 dan qts di bawah 0,5

    2. Jenis Kendaraan dan placement yang tepat

    Di sini berlaku hukum fisika bahwa speaker hanya bersuara sebagus enclosurenya. Artinya jangan pernah berharap menginstall midbass dengan cara plug and play. Pintu mobil Kijang berbeda dengan Karimun, BMW dan Accord atau Livina. Harus dilakukan serangkaian treatment yang tepat dan diberikan peredam yang cukup serta sudut angling terbaik untuk mencegah bocornya suara front wave dengan backwave dari midbass yang akan membuat midbass terasa "kotor" dan dengung/gaung berkepanjangan.

    Belum lagi doortrim pada beberapa mobil memang tidak dirancang untuk driver midbass yang bertipe high excursion. Untuk itu perlu dipertimbangkan opsi membobok door trim kalau mau optimal dan atau penggunaan teknik aperiodic membrane (akan dibahas kemudian)

    Midbass perlu ruang untuk bersuara optimal untuk itu rencanakan dengan baik sehingga suara midbass akan sangat mendukung terciptanya nuansa bass upfront. Volume kubikasi yang tepat dan peredam yang efektif di pintu akan membuat suara mantab dan bertenaga tanpa rattle (geder2) doortrimnya he he he

    Prinsipnya jangan menginstalasi midbass tanpa perencanaan yang tepat apapun mobilnya!

    3. Cutoff frequency yang tepat dan Phase yang selaras dengan subwoofer


    Seperti dikemukakan sebelumnya idealnya midbass berada di rentang 50-300 Hz bahkan lebih kecil lagi misalnya 60-200 Hz sehingga midbass bersuara optimal. Namun demikian bisa saja midbass sampai pada frekuensi midrange let say sampai di 2,5 atau 3 Khz (biasanya system 2 way). Nah kalau sudah sampai di rentang midrange maka posisi midbass mutlak harus membutuhkan angling yang tepat agar suara vokal naik ke atas dashboard.

    Selalu samakan phase midbass baik antara midbass itu senditi maupun antara midbass dengan subwoofer! Baru setelah itu dengan speaker lainnya!

    Mengapa demikian? Telinga manusia cenderung sensitif terhadap pergeseran phase. Ketidakselarasan Phase di frekuensi rendah acap kali jauh lebih mengganggu daripada di frekuensi tinggi.
    Sedangkan di frekuensi tinggi amplitudo yang lebih berpengaruh.

    Untuk itu perlu dilakukan pengukuran secara seksama baik dengan hardware, software maupun dengan mempergunakan telinga agar diperoleh keselarasan phase

    Prinsipnya suara in phase akan menimbulkan midbass yang mantab dan membahana! Sedangkan Out of phase akan menimbulkan suara yang "ngambang", "maya" serta cenderung kehilangan bobot serta texture yang juga akan mempengaruhi staging secara keseluruhan.

    Mengenai mix and matchnya bisa langsung berkunjung ke link thread Bro Masswork tentang crossover di bawah ini:

    http://www.modifikasi.com/showthread...=1#post8248501

    4. Power yang mencukupi

    Jangan pelit sama power untuk midbass. Semakin besar tentu semakin baik karena headroomnya lebih besar. Saya seringkali menjumpai beberapa person mempergunakan ribuan watt untuk subnya dan 2x50 watt untuk midbassnya. Alangkah tidak seimbangnya!

    Upayakan penuhi nominal powernya misalnya 60 watt ya berarti ambil setidaknya 60 watt atau lebih

    Midbass seperti Focal, Dynaudio dan Morel sangat senang watt besar. Jadi berikanlah mereka makan sesuai dengan kapasitasnya.


    5. Settingan yang tepat


    Jangan melakukan setting suara pada midbass hanya dengan referensi satu atau dua lagu saja karena seharusnya semua frekuensi dikalibrasi sedemikian rupa mempergunakan alat bantu yang tepat guna.

    Melakukan setting midbass dengan satu dua lagu akan berakibat pada lagu lainnya akan berantakan hasilnya!

    Untuk itu upayakan datang kepada installer terpercaya yang punya kompetensi, pengalaman, tips dan trick jitu agar suara midbass bisa terdengar merdu.


    Salah satu contoh pemasangan Midbass dengan teknik aperiodic membrane (courtesy of Mr Edi Widjaja - Ko Ex) dengan tujuan mengeluarkan nada midbass secara lebih utuh. Hasilnya adalah suara midbass yang bersih dan terkontrol.

    Nah kalau ada masukan akan penulis tambahkan

    Semoga bermanfaat dan CMIIW

    Best Regards

    Wendo

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    CIKAMPEK VILLAGE
    Posts
    5,576
    Power
    51 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 15 Hrs 59 Mins 2 Secs
    Nice thread pak wendo..

  4. #3
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up

    APERIODIC MEMBRANE

    Aperiodic Membrane Enclosure adalah salah satu teknik yang dipergunakan untuk menghasilkan suara subwoofer dan atau midbass yang bersih dan terkontrol. Perhitungannya tidak sederhana dan perlu kecermatan dalam penerapannya.

    Caranya adalah dengan mempergunakan komposisi bahan fiberglass insulation yang dibentuk sebagai membrane untuk meredam driver sedemikian rupa sehingga woofer atau midbass berperilaku seolah-olah berada pada enclosure yang lebih besar.

    Enclosurenya tidak perlu besar dia hanya perlu seukuran besar driver speakernya saja dan dilakukan dengan mempergunakan membrane yang telah diisi fiberglass untuk ditaruh di belakang driver speaker (rear loaded membrane) maupun ditaruh di depan driver speaker (front loaded membrane).



    the picture is courtesy of audiogearreviews

    Prinsipnya suara dari speaker akan difilter oleh membrane sedemikian rupa seperti kalau kita meniup ke udara dengan membentangkan kain di depan mulut kita.

    Idealnya volume udara dalam enclosure tersebut harus dibuat seminimal mungkin untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Hal ini akan meningkatkan mechanical damping dan resistansi dari driver. Tebal tipisnya membrane juga akan mempengaruhi besarnya damping dan menghasilkan kontrol suara yang diinginkan.

    Kelebihan dan Kelemahannya adalah

    1. Efisiensi driver menurun drastis, kalau salah perhitungan efeknya tidak seperti yang diharapkan.
    2. Perlu driver dengan spesifikasi khusus dengan Qts di bawah 0.5 contohnya Scanspeak 15W 0.35, Focal Utopia dan Polykevlar 0.45
    3. Frekuensi terendah akan berkurang namun frequency response menjadi lebih linear
    4. Midbass akan mulai begerak dan berhenti bergetar persis seperti sinyal yang diberikan kepadanya. Hal ini akan meningkatkan transient response menjadi sangat baik. Midbass akan terdengar gesit karena bekerja dalam impedansi yang optimal dan tidak perlu bergetar hebat untuk menghasilkan suara yang nyaman

    Referensi

    http://www.audiogearreviews.com/tech...c_membrane.asp

    http://www.teamaudionutz.com/tutoria...iodic_Cookbook



    CMIIW

    Best Regards

    Wendo

  5. #4
    Kopral Kepala
    Location
    Surabaya
    Posts
    196
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 19 Hrs 55 Mins 52 Secs
    Mantap nih reviewnya om wendo...midbassku krg optimal, jd tau nih mgkn dr krg dikasih makan ama powernya hehe

  6. #5
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by a_ghost View Post
    Mantap nih reviewnya om wendo...midbassku krg optimal, jd tau nih mgkn dr krg dikasih makan ama powernya hehe
    Thx a lot Bro a_ghost

    Sekarang pakai power apa Bro dan berapa watt?

  7. #6
    Kopral Kepala
    Location
    Surabaya
    Posts
    196
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 19 Hrs 55 Mins 52 Secs
    Aku midbass pake dynaudio 17wlq, power genesis DM kyknya ditest certificate 150watt...

  8. #7
    Kopral Kepala
    Location
    Surabaya
    Posts
    196
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 19 Hrs 55 Mins 52 Secs
    Btw om wendo, apa accoustic dr mobil jg pengaruh jg ya? Doortrimku sih udah dibobok sih, cm aku msh merasa dentuman dr midbass agak krg terasa. Sedang kl ditambah settingan bass subwoofer dr PXA jdnya agak dengung gitu...jd diset di level "0". Dan apakah kualitas kabel (speaker+RCA) jg bisa pengaruhi midbass utk bekerja optimal selain supply dr power misalnya?
    Sorry kl ada yg membingungkan, nubie, krg paham ttg audio bro wendo... Thanks!

  9. #8
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by a_ghost View Post
    Aku midbass pake dynaudio 17wlq, power genesis DM kyknya ditest certificate 150watt...
    17 WLQ memang rakus daya Bro. Genesis DM harusnya cukup tapi dia akan lebih happy kalau dikasih di atas 200 watts. Coba aja berikan Dynaudio 17WLQ 300 watts maka dia akan menunjukan taring sebenarnya.
    CMIIW

    Best Regards

    Wendo

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,049
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 5 Hrs 9 Mins 46 Secs
    Mantap sangat tutor dr bos Wendo,ijin bookmarks dl n srg baca biar klw ane ke toko n instaler punya pilihan patokan gk cuma ngikut n ngikut smw sm instalernya

    Thank tutornya

  11. #10
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Smile

    Quote Originally Posted by a_ghost View Post
    Btw om wendo, apa accoustic dr mobil jg pengaruh jg ya? Doortrimku sih udah dibobok sih, cm aku msh merasa dentuman dr midbass agak krg terasa. Sedang kl ditambah settingan bass subwoofer dr PXA jdnya agak dengung gitu...jd diset di level "0". Dan apakah kualitas kabel (speaker+RCA) jg bisa pengaruhi midbass utk bekerja optimal selain supply dr power misalnya?
    Sorry kl ada yg membingungkan, nubie, krg paham ttg audio bro wendo... Thanks!
    Definitely acoustic mobil sangat berpengaruh Bro...sorry settingan subwoofernya di cutoff di berapa Bro?

    Salah satu mengurangi dengung dan turbulensi suara midbass adalah mempergunakan karpet beludru di lantai sedangkan kalau untuk subwoofer saya mempergunakan boneka berbahan lembut.

    Kabel pergunakan sesuai aturan standard industri Bro 12 AWG semestinya cukup.

    CMIIW

    Best Regards

    Wendo

 

 
Page 1 of 60 12345 ... LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250 GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Subwoofer di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 445
    Last Post: 10th January 2017, 14:04
  2. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Tweeter di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Speaker
    Replies: 401
    Last Post: 14th December 2015, 08:34
  3. Tutorial Bagaimana Mengoptimalkan Midrange di Mobil
    By asawendo in forum Diskusi Speaker
    Replies: 196
    Last Post: 15th July 2015, 00:59
  4. Replies: 132
    Last Post: 2nd October 2014, 20:46
  5. Replies: 60
    Last Post: 13th August 2011, 20:47
Back to top