Cap bank buat HU, segimana efek nya?
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/222648
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Serpong
    Posts
    372
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 17 Mins 24 Secs

    Cap bank buat HU, segimana efek nya?

    para suhu, master, bro n sis, ...
    Mohon pencerahan ttg penambahan cap bank untuk HU. Kemaren ditawarin alat ini, merk Flux.
    Seberapa signifikan jika sebuah HU ditambahkan alat ini?
    Dari dulu sy tau nya cuma cap bank utk power aja.
    Malah kemarin seller menawarkan capbank untuk PXA.
    Memang efek yah?
    Mohon input dari anda-anda sekalian...
    Thanx.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Smile

    Quote Originally Posted by Imron* View Post
    para suhu, master, bro n sis, ...
    Mohon pencerahan ttg penambahan cap bank untuk HU. Kemaren ditawarin alat ini, merk Flux.
    Seberapa signifikan jika sebuah HU ditambahkan alat ini?
    Dari dulu sy tau nya cuma cap bank utk power aja.
    Malah kemarin seller menawarkan capbank untuk PXA.
    Memang efek yah?
    Mohon input dari anda-anda sekalian...
    Thanx.
    Fungsinya untuk menstabilkan daya listrik di head unit Bro. Sebagaimana kita ketahui semakin stabil daya listrik maka semakin optimal kinerja komponen audio. CMIIW

    Best Regards

    Wendo

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    Serpong
    Posts
    372
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 17 Mins 24 Secs
    Quote Originally Posted by asawendo View Post
    Fungsinya untuk menstabilkan daya listrik di head unit Bro. Sebagaimana kita ketahui semakin stabil daya listrik maka semakin optimal kinerja komponen audio. CMIIW

    Best Regards

    Wendo

    Thanx buat info nya, bro Wendo...
    Tapi memang ada efek terhadap kualitas suara?
    Maksud saya kan perancang HU pasti sudah memikirkan mengenai system listrik di mobil, dan mereka pasti udah memikirkan solusi nya.
    Apa masih perlu kita menambahkan cap bank lagi?
    Worthed ga yah terhadap efek yg didapat?
    Soalnya lumayan mahal juga yah harga itu cap bank...
    Hehehehe

  5. #4
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by Imron* View Post
    Thanx buat info nya, bro Wendo...
    Tapi memang ada efek terhadap kualitas suara?
    Maksud saya kan perancang HU pasti sudah memikirkan mengenai system listrik di mobil, dan mereka pasti udah memikirkan solusi nya.
    Apa masih perlu kita menambahkan cap bank lagi?
    Worthed ga yah terhadap efek yg didapat?
    Soalnya lumayan mahal juga yah harga itu cap bank...
    Hehehehe
    Ya Bener produsen HU pasti sdh memperhitungkan hal tersebut makanya beberapa HU mesti direct ke accu langsung contoh Alpine V-Drive. Nah worthed atau ngga tergantung aplikasinya contohnya kalau pakai HU lebih dari satu jadi worthed. He he he

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    =BANDUNG=
    Posts
    976
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 23 Mins 40 Secs
    Kalau pengalaman pribadi saya, merasakan cap bank buat HU peran nya bisa digantikan oleh relay..

    Sebelumnya ketika blum menggunakan cap atau relay, settingan di hu kenwood suka reset sendiri.. Lalu karena cap mahal saya coba dulu bandingkan ketika menggunakan relay, untuk suara hampir tidak ada perbedaan, dan yg jelas menggunakan salah satu dr keduanya settingan ga pernah reset lg.. So?...

    Cmiiw

  7. #6
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Smile

    Quote Originally Posted by entut View Post
    Kalau pengalaman pribadi saya, merasakan cap bank buat HU peran nya bisa digantikan oleh relay..

    Sebelumnya ketika blum menggunakan cap atau relay, settingan di hu kenwood suka reset sendiri.. Lalu karena cap mahal saya coba dulu bandingkan ketika menggunakan relay, untuk suara hampir tidak ada perbedaan, dan yg jelas menggunakan salah satu dr keduanya settingan ga pernah reset lg.. So?...

    Cmiiw
    Ini juga bener pakai relay biar lebih stabil

    Kalau masalah kualitas suara kayaknya benar tidak signifikan bedanya. CMIIW

    Best Regards

    Wendo

  8. #7
    Kapten
    Posts
    2,010
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 10 Hrs 30 Mins 19 Secs
    Peralatan elektronik yang memerlukan arus listrik, sebaiknya memperoleh arus listrik dengan tegangan konstan. Kalau flutuaktif, naik turun berubah ubah, apalagi perubahannya cukup besar dan sering, akan mengakibatkan peralatan elektronik tadi gampang rusak.
    Selain itu, peralatan elektronik memerlukan daya minimal supaya dapat bekerja, dimana daya ini dipengaruhi besarnya arus dan tegangan. Nah, kalau tegangan dari accu dropped,.. maka peralatan elektronik tadi, bisa jadi akan bekerja tidak optimal...
    Cap bank, digunakan sebagaipenyelaras tegangan, sehingga tegangan dari accu setelah melewati alat ini tetap konstan. Gitu kali ya....
    Jadi tidak ada hubungannya secara lansung dengan kualitas suara

  9. #8
    Prajurit
    Location
    surabaya
    Posts
    15
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 48 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by ntoeng View Post
    Peralatan elektronik yang memerlukan arus listrik, sebaiknya memperoleh arus listrik dengan tegangan konstan. Kalau flutuaktif, naik turun berubah ubah, apalagi perubahannya cukup besar dan sering, akan mengakibatkan peralatan elektronik tadi gampang rusak.
    Selain itu, peralatan elektronik memerlukan daya minimal supaya dapat bekerja, dimana daya ini dipengaruhi besarnya arus dan tegangan. Nah, kalau tegangan dari accu dropped,.. maka peralatan elektronik tadi, bisa jadi akan bekerja tidak optimal...
    Cap bank, digunakan sebagaipenyelaras tegangan, sehingga tegangan dari accu setelah melewati alat ini tetap konstan. Gitu kali ya....
    Jadi tidak ada hubungannya secara lansung dengan kualitas suara
    ini baru mantab ....jelas....dan tegas....thanks gan....ilmu baru nich

  10. #9
    Kopral Kepala
    Location
    GBJ - Gn. Putri
    Posts
    109
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 6 Mins 23 Secs
    Harga Cap Bank emang berapa yah ?

    Jadi kesimpulannya perlu atau nggak menambahkan Cap Bank ?

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    =BANDUNG=
    Posts
    976
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 23 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by ntoeng View Post
    Peralatan elektronik yang memerlukan arus listrik, sebaiknya memperoleh arus listrik dengan tegangan konstan. Kalau flutuaktif, naik turun berubah ubah, apalagi perubahannya cukup besar dan sering, akan mengakibatkan peralatan elektronik tadi gampang rusak.
    Selain itu, peralatan elektronik memerlukan daya minimal supaya dapat bekerja, dimana daya ini dipengaruhi besarnya arus dan tegangan. Nah, kalau tegangan dari accu dropped,.. maka peralatan elektronik tadi, bisa jadi akan bekerja tidak optimal...
    Cap bank, digunakan sebagaipenyelaras tegangan, sehingga tegangan dari accu setelah melewati alat ini tetap konstan. Gitu kali ya....
    Jadi tidak ada hubungannya secara lansung dengan kualitas suara
    Dasar teorinya benar, tapi mungkin ada sedikit yang berbeda dengan sepengetahuan saya:

    Ketika kondisi mobil jalan, maka peran aki sepenuhnya digantikan oleh alternator.. lalu masalah kestabilan arus alternator mobil, saya rasa tidak terlalu besar fluktuatifnya, karena arus yang dihasilkan pun tidak terlalu besar. (setau saya 4 volt itu udah termasuk ekstrim buat dinamo mobil, cmiiw). Oleh karena itu, sangat jarang ada produsen HU membekalinya dengan capasitor bank mandiri, karena perhitungan tegangan tidak terlalu dipikirkan oleh produsen HU.

    Dan saya juga setuju, penambahan capbank HU pengaruhnya ke suara benar2 tidak signifikan seperti yang pak wendo katakan, Kecuali perangkat audio, terutama HU nya, banyak.

    Jadi menurut kesimpulan otak nubi saya ini, penambahan cap bank HU tidak diperlukan. Perannya bisa diambil alih oleh relay saja.. berhubung harga cap yang sangat tinggi, berbanding relay yang kadang di kasih gratisoleh installer. (ini sekaligus menjawab pertanyaan pak gado2enak berdasar sudut pandang saya)

    CMIIW

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mega Glodok Kemayoran Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 34
    Last Post: 8th September 2014, 21:28
  2. WTS Power, Monoblok, subwoofer, cap bank, + box buat Vios
    By lemak_udel in forum Power Amplifier
    Replies: 9
    Last Post: 25th July 2010, 10:42
  3. Replies: 28
    Last Post: 17th January 2009, 12:22
  4. Warning.....Bank-Bank Yang Akan Tutup....!!!
    By Super Bejo in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 20
    Last Post: 31st October 2005, 07:29
Back to top