Pengalaman Salah Pengertian Seputar Perawatan Dan Modifikasi Kaki2 Mobil Di Indo
Scuto Laminating Simota Gelap.net

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 31
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/222642
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,850
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 10 Hrs 7 Mins 39 Secs

    Pengalaman Salah Pengertian Seputar Perawatan Dan Modifikasi Kaki2 Mobil Di Indo

    Kebanyakan orang Indo berpikir bahwa perawatan mesin atau memodifikasi mesin ( bagi yang memiliki duit lebih ), menjadi prioritas utama. ibarat kata, mesin harus tokcer untuk mendampingi kegiatan harian. ditambah lagi dengan buruknya kualitas pelayanan prasarana angkutan di ibukota ( plus ditambah bumbu gengsi & ogah kehujanan atau berpanas - panasan di halte ), menjadi tambahan alasan utama bagi orang - orang yang sudah mempunyai mobil, lebih memfokuskan untuk merawat mesin. mulai dari bela - belain untuk mengganti oli mesin, transmisi, dan lain - lainnya secara teratur dan sesuai dengan hitungan kilometer, hingga modif mesin untuk mendapatkan performa lebih baik demi mengejarn kepuasan.

    Demikian juga dengan sektor audio visual di kendaraan. dengan alasan sebagai teman perjalanan di saat menghadapi kemacetan jalanan ibukota yang semakin hari semakin sangat memprihatinkan. tidak jarang banyak uang terhambur untuk urusan yang satu ini, yang jumlah budgetnya sering tidak masuk akal lagi secara akal sehat.

    Dilanjutkan dengan sektor mempercantik tampilan mobil demi menaikkan imej dari mobil std ke mobil gaul ibukota. mulai dari aplikasi body kit, ganti velg, ceperin mobil ( lebih sering dengan cara yang salah jalan alias maksa, yaitu potong per dengan alasan budget terbatas tapi maksa buat gaya ).

    Sebenarnya tidak ada yang salah dengan alasan - alasan tersebut diatas. mesin mobil memang kudu tokcer agar kegiatan harian tidak terhambat. audio visual memang dibutuhkan sebagai kawan perjalanan disaat menghadapi kemacetan di jalanan ibukota. aplikasi body kit, velg aftermarket, dan lain - lainnya ( kecuali untuk urusan pemotongan per yang ane sangat tidak rekomendasikan ) untuk mendongkrak penampilan kendaraan agar tampil beda.

    Tapi yang amat disayangkan adalah, pikiran skeptikal orang indo, yang menganggap bahwa perawatan kaki - kaki kendaraan, baru dilakukan jika sudah mulai keluar bunyi - bunyian aneh dari kaki - kaki kendaraan, dan jika handling kendaraan sudah tidak nyaman lagi. plus ditambah dengan anggapan bahwa yang penting mobil bisa jalan dolo, urusan kaki - kaki belakangan aja, soalnya masih bisa dikendalikan lewat setir.

    Nah, dibawah ini, ane coba share lagi dengan ente beberapa pengalaman, yang ane pernah dapatkan dari pelanggan - pelanggan bengkel ane. semoga paling tidak, bisa membuat mata ente melek dan merubah pikiran skeptikal ente.

    1. Nyunsep ke bengkel ane dengan keluhan - keluhan seputaran kaki - kaki. setelah di general check up, ternyata beberapa bagian parts kaki - kaki sudah waktunya minta jajan. setelah ditanyakan sudah berapa lama kejadian ini berlangsung, ada yang menjawab paling cepat 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang sampai lupa, kapan dia terakhir kalinya spooring kaki - kaki mobilnya. walaupun hal tersebut membuat ane sempat geleng - geleng kepala, tapi sudahlah.

    Setelah diberikan catatan mengenai part - part yang perlu diganti, dan ditanyakan apakah yang empunya kendaraan sudah punya toko rujukan spare part kaki - kaki nya sendiri atau mau dibantu dipesankan melalui link dari bengkel ane, yang bersangkutan menyatakan dia mau ambil dari toko langganannya sendiri. bagi ane, silakan saja.

    Ane juga mewanti - wanti, demi kebaikan dan keselamatan nyawanya sendiri, jika masih belum sempat atau keuangan belum mencukupi, mobilnya sebaiknya dirumahkan terlebih dahulu setelah keluar dari bengkel ane, agar penyebaran penyakit kaki - kaki mobilnya tidak bertambah luas lagi untuk menekan biaya perbaikan.

    Kurang lebih 1 bulan kemudian dia kembali lagi ke bengkel ane berikut dengan spare part kendaraannya. seperti biasa, prosedur kerja standard di bengkel ane, sebelum melakukan service perbaikan maupun spooring, terlebih dahulu kondisi kaki - kaki kendaraan kudu di cek ulang lagi. ternyata....daftar belanjaan part kaki - kaki mobilnya sudah bertambah lagi dari sejak terakhir kalinya dia nyunsep di bengkel ane.

    Setelah ane sempat interogasi, ternyataaaaaa...( maaf ) gobloknya dia, pesan ane pada dia sebelumnya diabaikan. ane sudah katakan : JIKA BELUM SANGGUP/ SEMPAT UNTUK MENGGANTI PART KAKI - KAKI MOBILNYA SESEGERA MUNGKIN, MOBIL LEBIH BAIK DIRUMAHKAN TERLEBIH DAHULU SAMBIL MENABUNG UNTUK MEMBELI PARTS, SEKALIGUS JUGA UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN PENYAKITNYA BERTAMBAH LUAS LAGI.

    Mobil justru nekad dipakai setiap hari dengan alasan cuma punya 1 mobil. dan ane sepertinya sudah tidak perlu lagi menjelaskan kepada ente - ente semua, bagaimana kondisi permukaan aspal jalanan di ibukota bukan? nah, giliran sudah kejadian seperti ini, SALAH SIAPA.... kalaupun alasannya cuma punya 1 mobil, jika ente orangnya gak GENGSIAN ATAU MALAS, angkutan umum seperti taxi atau bus transjakarta bisa dipakai dulu jasanya untuk sementara sambil menunggu rejeki buat membeli parts baru bukan?

    Kalaupun ente sudah capek dengan biaya perawatan mobil ente, ente mao jual ke pedagang, ente sudah siap harga mobil ente ditekan habis - habisan? kan ente dianggap lagi BU oleh mereka. kalaupun ente menjual langsung ke pemakai, coba sekarang bayangkan jika pemakai tersebut adalah diri ente sendiri. apakah ente mao membeli mobil yang kondisi kaki - kaki nya sudah rusak parah sehingga nantinya ente kudu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk mengurus kaki - kakinya?

    2. Pakai velg extra gede, jauh diatas ukuran std boilnya. misal std nya 14 atau 15, lompat ke 17 atau 18. atau untuk SUV bela - belain pakai ring 20, 22, bahkan sampai 24 inch. tapiiiiiii....ngarep kalau bearing ( laher ) roda, tie rod dan long tie rod, bushing, arm kaki, dan lain - lainnya bakal bisa awet lama, ckckckckck, c spasi d....

    Kang...yang pakai ring std aja sudah banyak korban parts kaki - kaki nya oleh kondisi permukaan jalanan ibukota + beban berlebih yang sering dipanggul oleh kendaraan ente seperti jumlah penumpang atau beban audio, apalagi dengan ukuran ring velg ente, kang. yang ane bingung, BERANI BERBUAT TAPI GILIRAN DISODORKAN TAGIHAN MENGENAI HARGA SPARE PART pengganti, LANGSUNG KERINGAT DINGIN. ini dia contoh orang yang tidak berani " BERTANGGUNG JAWAB " atas akibat perbuatannya pada tunggangannya.... KALAU TANGGUNG JAWAB SEPERTI INI SAJA GAK BERANI, GIMANA KALAU DISERAHI TANGGUNG JAWAB YANG JAUH LEBIH BESAR LAGI.... atau kira - kira memalukan gak kalau misalnya : ENTE SANGGUP BELI JAZZ, SANGGUP MODIF SANA - SINI, TAPIIII...GILIRAN KELUAR BIAYA PERAWATAN, BELUM SANGGUP BELI TAPI MOBIL MASIH NEKAD DIPAKAI BUAT HARIAN DENGAN BERBAGAI MACAM ALASAN...

    Atau gini aja, kang...coba tanya kawan - kawan ente, yang mungkin sudah pernah nyunsep ke bengkel ane. coba tanya, ANE PERNAH GAK NGOMONG begini :

    - Kang...kalau keuangan ente masih belum ada lebih, jangan pikirin buat modif dolo. lebih baik duitnya ditabung aja dulu buat biaya perawatan mobil ente...

    - Kang...kalau kondisi mesin, KAKI - KAKI, dan lain - lainnya mobil ente sehat dan terpantau rutin, dan juga ente bisa kendarai boil ente dengan batin yang tenang, dan....MOBIL ENTE JADI JARANG JAJAN......YANG UNTUNG SIAPA...

    - Kang...50% keselamatan ente dalam bekendara ditentukan oleh cara menyetir dan kondisi fisik ente.....dan sisanyaaaaaaaa...50% dari KONDISI PARTS DAN SETTINGAN KAKI - KAKI MOBIL ENTE. sisanya....TERGANTUNG DENGAN YANG DIATAS...

    - Kang...ente pake per potongan? ane cuma mao tanya 3 hal aja :

    Itu OTAK tukang potong per dengan peralatan potong per yang apa adanya aja berikut dengan angin surgawinya...PINTERAN MANA DENGAN OTAK RATUSAN BAHKAN RIBUAN INSINYUR RESEARCH AND DEVELOPMENT PABRIKAN PER TERSEBUT BERIKUT DENGAN PERLENGKAPAN PEMBUATAN ATAU PEMOTONGAN PER MEREKA...

    Atau minimal paling tidak...itu tukang potong per PUNYA SERTIFIKAT IJIN DARI PABRIKAN PER NYA GAK BUAT MELAKUKAN PERUBAHAN PADA PRODUK PER MEREKA...

    50% safety driving ada pada cara/ gaya mengemudi, sisa 50% ada pada KONDISI KAKI - KAKI MOBIL ENTE KESELURUHAN. extra lebihnya kembali kepada YANG MAHA KUASA.... alasan kalau cuma dipake jalan pelan2 saja? ente tunggu aja sampai ente kena getah ulah ente sendiri, kang...ini bukan ancaman buat nakut2in yak, melainkan memang kenyataannya seperti bom waktu, yang setiap saat bisa meledak. jadi...mau tunggu sampai shit happen dolo, kang....

    Selain itu, efek samping mobil yang memakai per custom/ potongan/ press, sudut kaki - kaki nya saat diukur dengan mesin spooring, pasti hasilnya tidak akan akurat walau terlihat dengan kasat mata, sudut sebelah kiri dan kanan mobil etrlihat seimbang. tinggi mobil terpangkas 1/ 1000 mm saja, mesin spooring 3D pasti bisa membacanya. kalaupun dengan alasan, yang penting setir mobil bisa lurus saja, ente gak pikirin kalau akibat meleset tersebut, berakibat kepada cepat berkurangnya umur parts kaki - kaki disatu sisi + permukaan ban habisnya tidak merata?


    3. Orang Indo kebanyakan umumnya berpikir bahwa spooring itu berpatokan tiap berapa Km atau hitungan bulan bahkan tahun : SALAH BESAR. spooring dengan kondisi jalanan ibukota saat ini tidak lagi berpatokan kepada hitungan Km, melainkan seberapa sering kaki2 boil ente melewati jalanan yang kondisinya bergelombang atau rusak. karena pada saat terkena guncangan, kondisi parts kaki - kaki mobil rawan berubah sudut, yang nantinya akan berimbas kepada daya tahan parts kaki - kaki mobil ente.

    Jika alasannya nggak sering melewati jalanan rusak, tapi sering bawa penumpang lebih dari 2 orang dan beban di bagasi, seperti audio contohnya? begini saja...coba ente berdiri tegak dengan memanggul beban 10 kg di punggung anda. tiba - tiba ada beban tambahan lagi anggaplah beban berat umum seorang dewasa 60 kg. kira - kira kaki ente bakal bisa berdiri tegak lagi gak? pasti akan mulai menekuk bukan? nah...prinsip ini berbanding lurus dengan kondisi parts kaki - kaki mobil ente, yang menahan beban berlebihan, yang berimbas kepada cepat berubahnya sudut main kaki - kaki mobil ente + berkurangnya umur masa pakai parts kaki - kaki mobil ente. jikalaupun anda memaksakan untuk berdiri tegak, tetap saja kaki ente memaksakan otot - otot nya untuk menahan beban tersebut bukan? nah...inipun sama kondisinya dengan kaki - kaki mobil ente.

    Dengan spooring, bisa diibaratkan kaki - kaki mobil ente " DIPIJAT " dulu agar " OTOT - OTOT KAKI " nya berkurang pegalnya dengan mengembalikan sudut main kaki - kaki mobil ente kembali normal. dengan begitu, bisa membantu MEMPERPAJANG UMUR MASA PAKAI PARTS KAKI - KAKI MOBIL ENTE.

    4. Mobil jarang dipakai kok, kebanyakan hanya di garasi saja. paling hanya keluar seminggu sekali atau sebulan sekali. ok...pertanyaan ane : ente tau kan GRAVITASI BUMI ? begini...ente pernah gak merasa pegal berdiri terus saat tidak melakukan apapun? pasti ente akan mencari tempat buat duduk bukan? nah...demikian juga dengan mobil, hanya saja...mobil gak butuh duduk, tapi " PIJATAN " dengan kata lain spooring. parts kaki - kaki mobil ente saat mobil ente berdiam di garasi, harus menanggung beban menahan bobot chassis body mobil, mesin, bahkan audio sekalipun. dan juga MELAWAN GRAVITASI. ibarat juga seperti kulit kita, makin bertambah umur, elastisitas kulit akan berkurang hingga makin keriput. memang imbas aus nya masa pakai parts kaki - kaki tidak akan se drastis jika dipakai harian. tapi tetap saja, kaki - kaki mobil membutuhkan PERAWATAN BERKALA.

    5. Pertanyaan " Kapan ideal/ sebaiknya melakukan pengecekan kondisi parts kaki - kaki mobil dan melakukan perawatan spooring + balancing " ?

    Jika mobil ente dipakai setiap hari melewati kondisi jalanan yang bervariasi, dengan catatan tidak ada beban dibagasi seperti audio, dan hanya dinaiki maksimum 2 orang : ane sarankan tiap 1 - 1. 5 ( maximal ) bulan sekali melakukan pengecekan kondisi kaki - kaki.

    Jika mobil ente dipakai setiap hari melewati kondisi jalanan yang bervariasi, dengan catatan tidak ada beban dibagasi seperti audio, tapi sering diisi penuh dengan penumpang : ane sarankan tiap 1 bulan sekali melakukan pengecekan kondisi kaki - kaki.

    Jika mobil ente dipakai setiap hari melewati kondisi jalanan yang bervariasi, dengan membawa beban di bagasi seperti audio, juga sering membawa penumpang penuh di dalam kabin mobil : ane sarankan tiap 1 bulan sekali melakukan pengecekan kondisi kaki - kaki mobil.

    Jika mobil ente sering dipakai buat ngebut/ zig zag di jalanan dengan/ tanpa part aftermarket di kaki - kaki seperti suspensi atau per aftermarket, ayau coilover sekalipun, dan velg aftermarket, yang ukurannya sudah naik 1, 2, bahkan lebih inch dari standard pabrikannya : ane sarankan tiap 1 bulan sekali melakukan pengecekan kondisi kaki - kaki.

    Jika mobil ente jarang dipakai, mungkin 1 minggu sekali baru keluar, dengan catatan tidak ada beban berlebih dalam mobil seperti audio, ataupun velg aftermarket inch up dari standard pabrikannya : ane sarankan tiap 2 - 3 bulan sekali melakukan pengecekan kondisi parts kaki kaki mobil.

    Ingat saja, jika ente rutin melakukannya secara teratur, kondisi parts kaki - kaki mobil jadi lebih rutin terpantau. dan jika ada penyakit yang masih ringan, bisa segera terdeteksi dan disarankan langsung di obati, sehingga nantinya tidak akan bertambah parah, yang berakibat bertambah parah nya juga tagihan perbaikan kaki - kaki mobil ente.

    Gimana jika di Modcom sepertinya antusias dengan memberikan pujian dan mengatakan " iya, nanti diusahakan secepatnya datang selagi ada waktu ", tapi gak pernah nongol - nongol setelah sekian lama?

    Gampang...ane tinggal katakan matur nuwun pisan buat pujian ente, selebihnya akibat yang terjadi karena ente menunda - nunda perawatan kaki - kaki mobil ente...itu NASIP Tanggungan ente sendiri, kang...yang penting ane sudah mencoba untuk mengingatkan ente.... lagipula...KALAU KONDISI PARTS KAKI - KAKI MOBIL ENTE TERPANTAU SECARA RUTIN DAN PARTS KAKI - KAKI SEHAT, SEHINGGA MOBIL ENTE JARANG JAJAN DAN ENTE MERASA TENANG BATIN MENGENDARAINYA...YANG UNTUNG SIAPA, KANG...

    Mungkin ini dulu yang ane bisa sharing dengan ente, akang - akang ama eneng - eneng Modcomers semuanya. pesan ane : ENTE MAU TUNGGU DULU SAMPAI SHIT BARU HAPPEN, atau...sedia payung sebelum hujan dengan melakukan pengecekan kondisi parts kaki - kaki mobil dan perawatan kaki - kaki mobil secara berkala...

    Matur nuwun pisan buat perhatian ente semuanya yak, akang - akang ama eneng - eneng Modcomers...

  2. Hokinusa
  3. #2
    Kopral Dua
    Location
    up on the sky roof
    Posts
    48
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Thumbs up Info nya Mantabb!!!

    Wah aseli kang...jadi kpikiran nih...heheheee
    minta saran aja ni boss, kalo mobil yaris ane pake velg R17 ban 215/45 + Lowering spring Eibach, dipakai sehari-hari melalui jalan yang bervariasi dengan kondisi mostly berpenumpang sndiri dan gak ada beban audio.
    itu gmana? spooring+balancing nya tiap berapa bulan skali??

    Thanks
     

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,850
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 10 Hrs 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by iyaRIZ7 View Post
    Wah aseli kang...jadi kpikiran nih...heheheee
    minta saran aja ni boss, kalo mobil yaris ane pake velg R17 ban 215/45 + Lowering spring Eibach, dipakai sehari-hari melalui jalan yang bervariasi dengan kondisi mostly berpenumpang sndiri dan gak ada beban audio.
    itu gmana? spooring+balancing nya tiap berapa bulan skali??

    Thanks
    ---

    profil ban tebal 45 lumayan tipis juga kalo dibandingkan dengan profil ban pabrikan boil pada umumnya yang antara rentan 55 sampai 60. ane sarankan setiap 1. 5 bulan sekali melakukan spooring, kang. disitu juga ente bisa sekalian sambil cek kondisi part kaki2 boil ente. jika semuanya gak ada masalah, ente pun bisa mengemudi dengan tenang, kang.

    Matur nuwun sami2 juga, kang...
     

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    Side of Jakarta
    Posts
    1,127
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 17 Hrs 13 Mins 1 Sec
    Wah kang, bahasanya lebih mantep ni
    Maw tanya kang, kalo mobil city pake spek velg R16 sm ban 195/45 n pake coilover sama ngelewatin jalanan sangat bervariasi, ga ad beban audio, mobil dipake rata2 2 orang dan dipakai setiap hari, perawatan spooring + balancing kira2 berapa bulan sekali yak? Terus pengen taw ni, info2 harga kaki2 spareparts dari tie rod, long tie rod, bearing, balljoint dan teman2nya berapaan ya?
     

  6. #5
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,850
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 10 Hrs 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by rwin View Post
    Wah kang, bahasanya lebih mantep ni
    Maw tanya kang, kalo mobil city pake spek velg R16 sm ban 195/45 n pake coilover sama ngelewatin jalanan sangat bervariasi, ga ad beban audio, mobil dipake rata2 2 orang dan dipakai setiap hari, perawatan spooring + balancing kira2 berapa bulan sekali yak? Terus pengen taw ni, info2 harga kaki2 spareparts dari tie rod, long tie rod, bearing, balljoint dan teman2nya berapaan ya?
    -------

    Mangga, tanya aja, kang....

    Ane sarankan, walaupun handling mobil ente masih enak ataupun uda mulai gak enak, setiap 1 bulan sekali ente routine nyunsep ke bengkel, kang. jangan langsung berpikiran bakal langsung spooring ato balancing dolo yak, kang. melainkan melakukan general check up kondisi kaki2 mobil ente dulu. jika semua kondisinya aman, ya gak perlu spooring, langsung jalan aja lage. ini cuma untuk antisipasi, jika ada penyakit kecil yang mulai terdeteksi, bisa langsung segera ditangani sebelon bertambah parah nantinya.

    Untuk harga2nya, mangga ente colok aja ke 021 569 40 310 setiap jam kerja, kang. minta bicara dengan cecep. dia bagian sparepart disitu. soalnya ane di divisi settingan kaki2, kang.
     

  7. #6
    Sersan Kepala
    Location
    07' LS & 112' BT
    Posts
    543
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 18 Hrs 31 Mins 17 Secs
    nice info broo
    btw mau nanya nih kang, klo ganti pcd boilny misal dari baut 4 jadi baut 5 tuh aman ga y buat dipake sehari"? soalny sy denger dari org" sih ga pernah ada masalah, tp kykny bakal lbh afdol kalo uda dapet penjelasan dari dokternya dulu nih..mohon infonya y kang
     

  8. #7
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    12,669
    Power
    105 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Mths 1 Wk 1 Day 11 Hrs 34 Mins 48 Secs
    eh gw nebeng ngejunk ya hahahahahhaha
     

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,850
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 10 Hrs 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by chriztianz View Post
    nice info broo
    btw mau nanya nih kang, klo ganti pcd boilny misal dari baut 4 jadi baut 5 tuh aman ga y buat dipake sehari"? soalny sy denger dari org" sih ga pernah ada masalah, tp kykny bakal lbh afdol kalo uda dapet penjelasan dari dokternya dulu nih..mohon infonya y kang
    -------

    Cara safety adalah mengganti konstruksi kaki2nya dengan donor yang sama, kang. seperti galant hiu lokal dengan baut 4 diganti dengan galant hiu vr4 yang sudah 5. tinggal plug and play, gak perlu gerinda sana gerinda sini dll. ente tinggal cari aja donor kembaran mobil ente, kang.

    Matur nuwun pisan buat pujiannya ente juga, kang....
     

  10. #9
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,850
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 10 Hrs 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by Junior [P.I.M.P] View Post
    eh gw nebeng ngejunk ya hahahahahhaha
    ---

    Pantas aja mobilnya kaya junk juga, hehehehehe...
     

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    12,669
    Power
    105 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Mths 1 Wk 1 Day 11 Hrs 34 Mins 48 Secs
    Sori nih ye,ane european ga japanese junk lagi wkakakakakaka
     

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 379
    Last Post: 21st October 2015, 11:37
  2. Replies: 1648
    Last Post: 27th November 2013, 13:23
Back to top