jangan Polish Intake manifoldmu for NA Engine
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 110
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/220852
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Posts
    4,386
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 2 Mins 8 Secs

    jangan Polish Intake manifoldmu for NA Engine

    Banyak dikalangan balap menghaluskan intake manifold dipercaya sebagai langkah yang cukup efektif menaikkan daya mesin (hp) dan membuat mobil berakselerasi makin cepat..

    Benarkah itu?

    Intake standar oem biasanya bagian dalamnya tidak halus bahkan dibeberapa merk mempunyai alur seperti Mitsubishi dengan istilah cyclone dan honda freed dengan istilah torque boost resonator.Alur sengaja dibuat oleh pabrik agar timbul efek turbulence didalam intake sehingga kecepatan udara masuk bertambah diharapkan mesin mempunyai akselerasi spontan lebih baik dan kulit jeruk didalamnya jg membantu menghambat transfer panas dari head ke intake yang bisa memanaskan intake akhirnya mempengaruhi suhu udara yang lewat di intake dan merugikan karena udara panas bisa menimbulkan pre ignition (ping) atau ngelitik.

    NASA Amerika yang melakukan riset sejak taun 1950-skarang menyimpulkan

    "Laminar flow is unattainable using only a highly polished surface as you actually induce drag by increasing the surface area between the air and metal surface. (NASA and its predecessor did a lot of research on this beginning in the 1950's) For this reason, in areas with subsonic aiflows, a lightly textured surface which induces micro vortexes will actually increase the airflow, as it creates a buffer zone that works like a lubricant. It doesn't matter if you are talking before or after the injection of fuel, as we are talking about airflow itself.

    http://www.gencoupe.com/engine/26862-polishing-intake-manifold-bad.html

    polish intake walau terlihat indah dan hebat dilihat tapi sebenarnya justru merugikan karena aliran udara masuk yang dirancang turbulen oleh pabrikan justru menjadi laminer.

    Lalu kenapa masih banyak tuner2 mempolish intake atau produsen intake ternama tetap memproduksi intake yang dihaluskan?

    Tuner2 secara tidak langsung mereka ada yang riset by analitis ada juga yang belajar dari seniornya tanpa dicek dulu kebenarannya.Tuner yang riset secara analitis seperti tuner F1 tentunya belajar mendalam seperti engineer sebelum memutuskan apa yang dilakukannya.Bahkan untuk porting mereka menggunakan alat flowbench,tentunya klo mereka percaya polish intake itu lebih baik mereka akan mengundang ahli mekanika fluida dari akademis untuk menjelaskan ato minimal mengukur kecepatan aliran udara dengan flowbench.

    Sedangkan yang belajar dari seniornya tanpa dicek kebenarannya umumnya menerima mentah2 sebelum dicek kebenarannya.Yah mungkin dia merasa cukup dengan ilmu otodidaknya atau dari seniornya.Ya itu pilihan mereka sih

    Produsen intake manifold ada yang membuat halus intakenya biasanya untuk aplikasi mesin F/I atau turbo.Dimana udara dari turbo sudah memiliki kecepatan tinggi tinggal memaksimalkan intake untuk memuat volume udara sebesar2nya dan tekanan setinggi2nya.Sedangkan intake manifold yang halus untuk mesin NA terkadang konsumen masih banyak yang percaya klo intake halus lebih baik,jd mereka cuma mau beli intake klo permukaan dalamnya halus,demi memenuhi tuntutan konsumen akhirnya pihak pabrikan memenuhi hal tersebut.

    terkadang polished intake dilakukan bengkel2 karena ingin memuaskan konsumennya bahwa biaya untuk PnP mereka itu worth it dan berharap konsumennya senang melihat intake yang halus2 itu.Padahal untuk keefektifannya perlu dikaji ulang secara mendalam.

  2. Inibet188
  3. #2
    Mayor
    Posts
    4,386
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 2 Mins 8 Secs
    Mohon maaf bila ada pihak yang merasa kurang berkenan terhadap isi dari threadnya.Semuanya kembali ke diri masing2 untuk mempolish atau tidak intakenya

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    Dumai - Riau
    Posts
    402
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah,nice info.
    makasi bos sudah memberikan informasi.
    jadi tambah pengetahuan..

  5. #4
    Mayor
    Posts
    4,386
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 2 Mins 8 Secs
    sama2 bos,.Jadi klo mau porting lebih baik porting saja tidak usah polish intake,.Klo bisa milih saya lebih baik memilih polish header atau exhaust manifold.header2 yang bagus permukaan dalamnya halus karena kebalikan dari intake,permukaan tidak rata dari exhaust manifold atau header justru menghambat laju gas buang karna transfer panas keluar terlalu cepat membuat gas buang kehilangan panasnya akhirnya kecepatannya turun. (gas buang yang memiliki panas semakin tinggi densitynya semakin rendah sehingga massanya lebih rendah daripada gas buang yang suhunya lebih rendah)

  6. #5
    Kopral Satu
    Location
    5 hours on the road, 5 hours sleep & 14 hours GGB
    Posts
    86
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 28 Mins 36 Secs
    ikut nyimak....sama bantu up
    mana nih pakar2 PnP ada comment gak?

  7. #6
    Mayor
    Posts
    4,386
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 2 Mins 8 Secs
    just share..bukan ajang berdebat atau memancing adu argumen,.btw thanks dah bantu up

  8. #7
    Mayor
    Location
    http://www.modifikasi.com/showthread.php?361090-Farewell-from-me&p=2055539088
    Posts
    3,968
    Power
    46 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 14 Hrs 19 Mins 1 Sec
    kl gt pnp hanya optimal pada sistim F/I donk?..

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    jakarta
    Posts
    6,768
    Power
    53 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 12 Hrs 47 Mins 33 Secs
    Klo di bengkel tempat gw maen2 sih intake manifold tetep ada pengerjaannya juga koq,dan sejauh ini hasilnya OK waktu dynotest jg hasilnya bagus ,dipake jalan harian dan utk beberapa mbl yg suka diikutin dragrace jg hasilnya ok koq.
    Ibarat orang bikin sambel aja,bahan2nya utk bikin boleh aja sama smua,tp komposisi racikannya dan siapa yg nguleknya bisa menentukan hasilnya enak ato ngga.hehehe.

  10. #9
    Kopral Satu
    Location
    5 hours on the road, 5 hours sleep & 14 hours GGB
    Posts
    86
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 28 Mins 36 Secs
    Quote Originally Posted by red avg View Post
    Klo di bengkel tempat gw maen2 sih intake manifold tetep ada pengerjaannya juga koq,dan sejauh ini hasilnya OK waktu dynotest jg hasilnya bagus ,dipake jalan harian dan utk beberapa mbl yg suka diikutin dragrace jg hasilnya ok koq.
    Ibarat orang bikin sambel aja,bahan2nya utk bikin boleh aja sama smua,tp komposisi racikannya dan siapa yg nguleknya bisa menentukan hasilnya enak ato ngga.hehehe.
    firna ya?

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Maka namana Porting and Polish.

    Porting lebih utama dilakukan,
    polish adalah sifatnya minor dan menyusul pengerjaannya setelah porting berhasil dengan baik dan benar.

    Kebanyakan orang hanya mengkonotasikan Porting dengan membesarkan "Lubang" saja.

    Padahal ilmu Porting itu amat Njlimet jika kita mau mempelajarinya (coba gugling dah).

    Terakhir untuk polish,
    sebaiknya yang kinclong cuma untuk Exhaust aja,
    beberapa yang intakenya juga dikinclongin,
    mengaku mendapatkan tambahan tenaga dari hasil pnp tsb,
    kebayangkan (tenaga yg lebih dahsyat) jika intakenya gak dipolish ???

    Terakhir untuk mobil yang udah pake ECU,
    setelah polish,
    wajib hukumnya untuk juga mengubah header (dengan yang sesuai) dan memprogram ulang komputer mobil,
    agar hasil akhir maksimal.

    semoga bermanfaat.

 

 
Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. FS : intake std Honda Ferio - polish
    By carbonized in forum Air Filter & Intake System
    Replies: 4
    Last Post: 14th December 2012, 12:39
  2. FS.::. Intake skunk2 for mitsubishi lancer cb5/gti 4g93 engine
    By evo3 GTi ijo in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 27
    Last Post: 20th May 2012, 18:09
  3. Intake Manifold 4 Honda D 16 engine
    By Beginner1 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 23rd May 2009, 18:30
  4. *SOLD* WTS : Intake 4 barrel fur engine Honda D series
    By dab in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 11
    Last Post: 12th April 2009, 19:18
Back to top