Cartens
RS Speed
Scuto Laminating Graha Indosound Venture Rims Center

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 15 of 81
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/219928
  • Share on facebook
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up Tips Memilih Oli Mobil Yang sesuai dengan Mesin

    Budayakan Baca. Rate lalu Comment yang Bermutu

    Mau Tanya2 yah Monggo

    terima kasih



    Sejauh mana anda mengenal pelumas / oli yang sering anda pakai untuk ganti oli setiap 2-3 bulan atau bahkan tiap bulan pada kendaraan anda?
    Kebanyakan dari kita memilih oli hanya berdasarkan parameter SAE yang disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan kita yang biasanya tertulis 5W50, 15W50, 15W40, dst. padahal ada hal lain yang tak kalah penting untuk mengetahui KUALITAS dari pelumas yang kita gunakan yaitu sertifikasi API (American Petroleum Institute), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), ILSAC (Eropa), JASO (Japan Automotive Standard Organization) dan beberapa sertifikasi lain yang dikeluarkan khusus oleh perusahaan manufaktur/produsen untuk melegitimasi penggunaan pelumas tersebut atau yang berarti bahwa pelumas tersebut telah diuji dan dinyatakan disetujui atau approved oleh produsen untuk digunakan pada kendaraan produksi mereka.
    FUNGSI OLI
    Pada umumnya kita beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin.
    Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan, sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal.
    Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.
    Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.
    Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

    MEMILIH OLI
    Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tentunya akan membuat kita sedikit bingung, karena semua produsen oli pasti mengatakan oli mereka yang paling bagus. Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan acuan antara lain, kenali karakter kendaraan anda, spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendaraan (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

    PERHATIKAN PERUNTUKAN DAN KUALITAS PELUMAS
    Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel, 2 tak atau 4 tak, peralatan industri, dan sebagainya.
    Kualitas dari oli sendiri pada umumnya ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. Contoh API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua menunjukkan nilai kualitas oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.
    Ada dua kelompok kategori API service yaitu:
    1. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan berbahan bakar bensin
    2. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan bermesin diesel

    API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL BERBAHAN BAKAR BENSIN

    - SM = dapat dipakai untuk semua mesin mobil berteknologi baru
    dan sebelumnya(aman untuk semua Mobil). Pelumas berkategori SM dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik dan dirancang untuk penggunaan pelumas yang lebih irit. Pada beberapa oli telah memenuhi sertifikasi ILSAC atau kualifikasi sebagai hemat energi
    - SL = untuk mesin kendaraan tahun 2004 dan sebelumnya
    - SJ = untuk mesin kendaraan tahun 2001 dan sebelumnya
    - SH = untuk mesin kendaraan tahun 1996 dan sebelumnya
    - SG = untuk mesin kendaraan tahun 1993 dan sebelumnya
    - SF = untuk mesin kendaraan tahun 1988 dan sebelumnya
    - SE = untuk mesin kendaraan tahun 1979 dan sebelumnya
    - SD = untuk mesin kendaraan tahun 1971 dan sebelumnya
    - SC = untuk mesin kendaraan tahun 1967 dan sebelumnya
    - SB dan SA = sudah tidak direkomendasikan

    API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL DIESEL
    - CI-4 = Diperkenalkan pada tanggal 5 september 2002, untuk
    mesin 4T, kecepatan tinggi. Diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4
    - CH-4 = Diperkenalkan pada tahun 1998, untuk mesin 4T,
    kecepatan tinggi. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, dan CG-4
    - CG-4 = Diperkenalkan pada tahun 1995, untuk mesin 4T, beban
    berat, kecepatan tinggi yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur 0.5%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, dan CF-4
    - CF-4 = Diperkenalkan pada tahun 1990, untuk mesin 4T kecepatan
    tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, dan CE
    - CF-2 = Diperkenakan tahun 1994, untuk mesin beban berat 2T,
    Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD-II
    - CF = Diperkenalkan pada tahun 1994, untuk kendaraan off-road,
    mesin diesel indirect-injection dan mesin diesel lainnya yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur diatas 0.05%. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD
    - CE = Diperkenalkan pada tahun 1987, untuk mesin 4T, kecepatan
    tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CC, dan CD
    - CD-II = Diperkenalkan pada tahun 1987 untuk mesin 2T
    - CD Diperkenalkan pada tahun 1955. Untuk mesin turbocharger
    maupun gas buang biasa
    - CC = untuk mesin yang diperkenalkan pada tahun 1961
    - CB dan CA = sudah tidak direkomendasikan

    API SERVICE GANDA
    Pada sebagian besar oli mobil biasanya API Servicenya ada dua. Sebagai contoh API SL/CF. Artinya: API yang pertama menunjukkan penggunaan utama oli tersebut yaitu pada mesin bensin dengan kualifikasi SL namun dalam kondisi darurat oli tersebut masih dapat digunakan pada mesin diesel dengan kualifikasi CF. Demikian pula sebaliknya.

    PILIH KEKENTALAN PELUMAS YANG TEPAT
    Tingkat kekentalan pelumas yang juga disebut "Viscosity-Grade" adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu
    Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.
    Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.
    Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.
    Lihat Buku Manual Kendaraan...

    PETUNJUK SAE GRADE PELUMAS MOTOR UNTUK KENDARAAN PENUMPANG
    Grade Pelumas terbagi atas singlegrade / monograde seperti SAE 15 dan SAE 50 (digunakan pada temperatur ektrim) serta multigrade seperti SAE 5W-50 dan 15W-50 banyak digunakan (kecuali pada temperatur yang sangat panas atau sangat dingin) karena pelumas ini cukup encer untuk mengalir pada temperatur rendah dan cukup kental untuk bekerja secara memuaskan pada temperatur tinggi.
    Lebih jelasnya kita gunakan ilustrasi berikut:
    Ada 3 Oli, 1 multigrade, 2 monograde
    Oli 1 SAE 15 (encer)
    Oli 2 SAE 50 (kental)
    Oli 3 SAE 15W50 (multigrade)

    ketiga Oli tersebut dibawa tempat bersuhu dingin maka:
    Oli 1 (SAE 15) akan lebih kental karena dingin
    Oli 2 (SAE 50) dapat membeku karena asalnya sudah kental
    Oli 3 (SAE15W50) kekentalannya akan sama dengan Oli 1 (SAE15)

    Sekarang ketiga Oli tersebut dibawa ke tempat yang bersuhu panas, maka:
    Oli 1 (SAE 15) menjadi sangat encer bahkan bisa menguap semua
    Oli 2 (SAE 50) menjadi lebih encer
    Oli 3 (SAE 15W50) kekentalannya sama dengan Oli 2 (SAE 50)

    OLI MINERAL VS OLI SYNTHETIC
    Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya.

    Keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :
    - Lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile)
    sehingga kadar penguapan rendah
    - Mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
    - Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
    - Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi
    gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
    - Tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama
    sehingga lebih ekonomis dan efisien
    - Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan
    mesin lebih dingin
    - Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan
    mesin dari kerak

    Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthetic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).

    Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

    Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.

    Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

    Oli fully synthetic harganya bisa 2X - 4X lebih mahal dari yang semi synthetic.
    Oli semi synthetic harganya bisa 2x lebih mahal dari oli mineral.
    Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

    PERHATIKAN KEMASAN PELUMAS DAN HINDARI PELUMAS PALSU
    Belilah pelumas yang dikemas dengan baik, masih tersegel dengan rapi, terdapat identitas perusahaan dan tujuan penggunaan. Hindari pembelian barang yang sudah cacat kemasannya. Belilah pelumas pada Agen resmi atau di tempat-tempat yang dapat dipercaya menurut anda atau rekomendasi dari rekan anda.

    Sekarang anda tentu lebih paham dibanding sebelumnya mengenai kualitas oli. Jadi untuk saat ini oli yang beredar di Indonesia untuk mesin bensin API service SL ke bawah sedangkan untuk mesin diesel API Service CH4 ke bawah. Sebaiknya anda menggunakan oli yang memiliki sertifikasi API yang paling tinggi karena akan memberikan hasil lebih baik bagi kendaraan anda baik dari sisi performa maupun maintenance terhadap kendaraan dalam jangka panjang.
    Oli synthetic memang lebih mahal dibanding oli mineral namun kita dapat memilih semi synthetic yang lebih bagus dari oli mineral dan lebih ekonomis dari oli synthetic.

    sementara ini pengetahuan yang saya punya....
    mungkin ada yang bisa menambahkan....
    yang mau diskusi atau tanya2 juga silahkan....

    saya juga mau mempromosikan :
    Threat Toko Oli online Saya

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5257086

    Group Facebook yang baru dibikin :
    Silahkan Join dan Bisa juga diskusi disana

    http://www.facebook.com/group.php?gid=108832449181605&ref=mf

    Terima Kasih Sebelumnya

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    booking tempat dulu...

  4. #3
    Sersan Mayor
    Posts
    792
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    2 Hrs 8 Mins 39 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    nice info nih

    bagus infonya bro..terutama buat saya yang newbie di otomotif nih...

  5. #4
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    naekin lagi ah biar rame forumnya....

  6. #5
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    eh hati2x dengan oli sm,
    hanya disarankan untuk mobil di atas tahun 2000-an.

    karena ketatnya regulasi emisi di eropa dan amerika,
    beberapa bahan pelumas dan pelindung yang diperlukan oleh mobil lama di bawah tahun 2000-an,
    - sejenis bahan dari kandungan zinc kalo gak salah,
    ditiadakan atau dikurangi secara drastis kadarnya.

    saran saya,
    jika mobil anda masih menggunakan tapet pada roker armnya,
    baiknya pilih yang masih SL saja,
    karena oli tsb akan lebih melindungi komponen2x tertentu di dalam mesin.

    smoga bermanfaat.

  7. #6
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    eh hati2x dengan oli sm,
    hanya disarankan untuk mobil di atas tahun 2000-an.

    karena ketatnya regulasi emisi di eropa dan amerika,
    beberapa bahan pelumas dan pelindung yang diperlukan oleh mobil lama di bawah tahun 2000-an,
    - sejenis bahan dari kandungan zinc kalo gak salah,
    ditiadakan atau dikurangi secara drastis kadarnya.

    saran saya,
    jika mobil anda masih menggunakan tapet pada roker armnya,
    baiknya pilih yang masih SL saja,
    karena oli tsb akan lebih melindungi komponen2x tertentu di dalam mesin.

    smoga bermanfaat.
    "menggunakan tapet pada roker armnya" maksudnya apaan yah ?

    *Sorry...masih newbie BGT

  8. #7
    Sersan Dua
    Location
    Gunung Raya
    Posts
    203
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 9 Hrs 7 Mins 58 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    gw pake Toyota Motor Oil buat new limo.. gak tau sm/sl ? kata orang bengkelnya 10-40 semi synt. sebelumnya pake mobil 1 yg 5 - .. lupa , full synt.. kok perasaan sama aja ya?..

  9. #8
    Prajurit
    Posts
    4
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Bos, mobil ane twincam th 89, cocoknya pake oli apa ya?

  10. #9
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by kliwonz View Post
    gw pake Toyota Motor Oil buat new limo.. gak tau sm/sl ? kata orang bengkelnya 10-40 semi synt. sebelumnya pake mobil 1 yg 5 - .. lupa , full synt.. kok perasaan sama aja ya?..
    iya 10-40 semi syntetic. kalo mobil 1 5w-50 full syntetic.... oli bagus sebenernya.... cuma rada mahal aja harganya.... daya lumas dan perlindungan buat mesinnya bagus banget.


    Quote Originally Posted by vitonio View Post
    Bos, mobil ane twincam th 89, cocoknya pake oli apa ya?
    Pake oli yang SAE nya 10w-40 aja bro aman... kalo merk relatif ada mobil 1, shell, motul, dll

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    "menggunakan tapet pada roker armnya" maksudnya apaan yah ?

    *Sorry...masih newbie BGT

  12. #11
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    naekin lagi ah biar rame forumnya....

  13. #12
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    buset dah udah tenggelam ternyata.... naekin lagi ah....

  14. #13
    Sersan Mayor
    Posts
    792
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    2 Hrs 8 Mins 39 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    sebenernya buat urusan oli ini ada standar nya gak selain yang di buku panduannya sendiri? misal di aveo ane ada 3 jenis olie yang bisa digunakan SAE 5w10, 10w30 dan 10w40. Tp diliat dari diagramnya penggunaan jenis2 tersebut hanya untuk disesuaikan dengan temperatur wilayah dimana mobil dipake...

  15. #14
    Letnan Kolonel
    Location
    Dieburg, Germany
    Posts
    6,634
    Power
    67 
    Giro Point
    0
    Online
    9 Hrs 18 Mins 52 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    wow thread keren ini...

    itu bener tuh 15w-50 kalo lagi dingin jadi sae 10?

  16. #15
    Kopral Satu
    Posts
    62
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    2 Days 18 Hrs 1 Min 59 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Om mw nnya klo untuk city pke top 1 bgs ga ya?20/40.hehehe trs klo untuk all new crv pke top 1 bgaimana?atau mnding gnti yang lain?

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. TIPS MERAWAT & MEMILIH INTERIOR MOBIL
    By user182 in forum Tips & Artikel Interior Mobil
    Replies: 9
    Last Post: 5th September 2014, 19:18
  2. Tips Memilih Busi Mobil
    By wakaka in forum Tips & Artikel Mesin Mobil
    Replies: 43
    Last Post: 15th February 2014, 22:18
  3. Apa sih yang menjadi pertimbangan agan memilih mobil?
    By Bang.Ojink in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 26
    Last Post: 28th July 2013, 16:27
  4. Tips memilih Mobil Bekas
    By Joxer in forum Merk Lainnya
    Replies: 14
    Last Post: 24th July 2009, 07:01
Back to top
Tritala
Street Race Rajawali