Kapan Ganti Oli?
Scuto Laminating Simota Gelap.net

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 7 of 7
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/217716
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    Jatengsel
    Posts
    41
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Kapan Ganti Oli?

    Pada kondisi mesin normal lalulintas lancar kendaraan dipacu pada kecepatan relatif konstan, rekomendasi penggantian pada manual book kendaraan dapat dipakai. Pada lalulintas bervariasi seperti lalulintas macet, kerja mesin akan sulit diprediksi.
    Kondisi lalulintas dan kebiasaan pengendara turut berperan terhadap durasi penggantian oli. Penggantian oli yang terlalu pendek membuat boros pengeluaranan dan tidak akan meningkatkan kinerja mesin secara signifikan. Keterlambatan penggantian oli akan memperpendek usia mesin meempercepat deposit di ruang bakar. A.Graham Bell dalam buku Modern Engine Tuning tidak sepenuhnya setuju dengan rekomendasi produsen dalam manual book kendaraan.

    Tabel rekomendasi A. Graham Bell untuk Pelumas Mineral :

    Kondisi Pemakaian Temperatur Udara Luar < 10C
    * Rutin tiap hari kurang dari 15 menit, start dingin ganti 3200 km/60 hari
    * Lalulintas padat , macet gati 3200 km/60 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j) ganti 6400 km/90 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j), turbo ganti 4800 km/90hari
    * Rutin tiap hari kurang dari 1 jam, start dingin, kecepatan <70 mph (113 km/jam) ganti 6400 km/120 hari

    Kondisi Pemakaian Temperatur Udara Luar > 10C
    * Rutin tiap hari kurang dari 15 menit, start dingin ganti 4800 km/90 hari
    * Lalulintas padat , macet ganti 4800 km/90 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j) 8000 km/120 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j), turbo ganti 4800 km/90 hari
    * Rutin tiap hari kurang dari 1 jam, start dingin, kecepatan <70 mph (113 km/jam) ganti 9600 km/180hari

    Menurut A. Graham Bell pemakaian pelumas sintetik diyakini dapat memperpanjang durasi penggantian sampai dua kali pelumas mineral, tetapi tidak boleh lebih dari 240 hari (8 bulan).

  2. Autopro
  3. #2
    Honoured Member
    Posts
    3,375
    Power
    33 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 20 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Detail info nya bos.. Mantab.
    Klo saya si pemakaian normal tertera 5ribu KM tapi biasanya klo sering macet tiap hari paling 4ribuan udah ganti

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    Jatengsel
    Posts
    41
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by ekoin View Post
    Pada kondisi mesin normal lalulintas lancar kendaraan dipacu pada kecepatan relatif konstan, rekomendasi penggantian pada manual book kendaraan dapat dipakai. Pada lalulintas bervariasi seperti lalulintas macet, kerja mesin akan sulit diprediksi.
    Kondisi lalulintas dan kebiasaan pengendara turut berperan terhadap durasi penggantian oli. Penggantian oli yang terlalu pendek membuat boros pengeluaranan dan tidak akan meningkatkan kinerja mesin secara signifikan. Keterlambatan penggantian oli akan memperpendek usia mesin meempercepat deposit di ruang bakar. A.Graham Bell dalam buku Modern Engine Tuning tidak sepenuhnya setuju dengan rekomendasi produsen dalam manual book kendaraan.

    Tabel rekomendasi A. Graham Bell untuk Pelumas Mineral :

    Kondisi Pemakaian Temperatur Udara Luar < 10C
    * Rutin tiap hari kurang dari 15 menit, start dingin ganti 3200 km/60 hari
    * Lalulintas padat , macet gati 3200 km/60 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j) ganti 6400 km/90 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j), turbo ganti 4800 km/90hari
    * Rutin tiap hari kurang dari 1 jam, start dingin, kecepatan <70 mph (113 km/jam) ganti 6400 km/120 hari

    Kondisi Pemakaian Temperatur Udara Luar > 10C
    * Rutin tiap hari kurang dari 15 menit, start dingin ganti 4800 km/90 hari
    * Lalulintas padat , macet ganti 4800 km/90 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j) 8000 km/120 hari
    * Rutin kecepatan > 80 mph (129 km/j), turbo ganti 4800 km/90 hari
    * Rutin tiap hari kurang dari 1 jam, start dingin, kecepatan <70 mph (113 km/jam) ganti 9600 km/180hari

    Menurut A. Graham Bell pemakaian pelumas sintetik diyakini dapat memperpanjang durasi penggantian sampai dua kali pelumas mineral, tetapi tidak boleh lebih dari 240 hari (8 bulan).

    Viskositas berapa yang tepat untuk mobil?
    Peranyaan paling sering diajukan oleh pemakai kendaraan, namun jawaban yang diperoleh sangat variatif dan tidak memuaskan.
    Grafik dibawah ini memudahkan pengguna untuk pemilihan viskositas oli sesuai dengan kondisi lingkungan udara luar.


  5. #4
    Kopral Dua
    Location
    Jatengsel
    Posts
    41
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Durasi Ganti Oli

    Sebuah pertanyaan selalu muncul berapa lama durasi penggantian oli? Beberapa pemilik kendaraan selalu masih merasa ragu dengan rekomendasi BPKB (Buku Petunjuk Kendaraan Bermotor). Pemilik kendaraan dengan asumsi sendiri dan saran beberapa teknisi yang tidak mengikuti perkembangan teknologi oli, durasi pemakaian oli hanya 50% bahkan 25% dari rekomendasi BPKB. Kekhawatiran yang berlebihan bila mengikuti BPKB akan memperpendek usia mesin.

    Beberapa konsep durasi penggantian oli mesin.
    • Setiap 5000 km atau 6 bulan
      Konsep ini paling banyak dipakai oleh mayoritas pemilik kendaraan dan beberapa teknisi bengkel juga sering merekomendasikan konsep ini. Dengan meningkatnya teknologi proses pembuatan oli, bila konsep ini diikuti hanya membuang uang percuma.

    • Berdasarkan lampu indikator oli
      Beberapa kendaraan terkini dilengkapi indikator penggantian oli. Pada saat ganti oli, modul akan di-reset oleh bengkel. Sejauh yang saya ketahui, konsep kerja indikator ini berdasarkan jarak tempuh kendaraan yang menghitung mundur sesuai dengan setelan pabrik, yang menyala bila perhitungan mencapai 0 km.
      Indikator akan tepat bila kendaraan beroperasi pada kondisi normal dan dioperasian secara teratur. Pada kendaraan dioperasikan pada kondisi ekstrim, pedoman berdasarkan lampu ini tidak berlaku.
      Idealnya indikator menyala bila batasan parameter kritis oli terlewati. Bila konsep batasan parameter oli dapat diaplikasikan pada kendaraan, diperoleh benefit penghematan oli dan maintenance cost.

    • Berdasarkan analisa used oil
      Secara berkala tiap menempuh jarak tertentu, oli dianalisa laboratorium untuk uji parameter kritis. Bila parameter terlewati, oli diganti. Konsep ini sulit diaplikasikan pada kendaraan pribadi, biaya analisa yang dikeluarkan hampir sama dengan ganti oli baru. Konsep lebih tepat diaplikasikan pada armada kendaraan banyak seperti taxi dan kendaraan rental dengan merek, tipe mesin dan tahun pembuatan sama. Pada interval tertentu oli diambil sample secara acak, hasil analisa oli dapat dipakai untuk menentukan penggantian oli.
      Keuntungan dari analisa laboratorium, dapat mengidentifikasi masalah mesin, sehingga dapat mencegah kerusakan mesin lebih parah.

    • Kublin Method
      Ted Kublin memformulasikan penggantian oli menggunakan parameter TBN oli baru (TBN virgin), isi silinder, daya, dan kapasitas oli.

      Persamaan ini mengakomodasi beberapa aspek :
      TBN (Total Base Number) tinggi mencerminkan kemampuan oli untuk bekerja lebih lama.
      Daya dalam satuan Net HP, mesin berdaya besar bekerja lebih berat.
      Isi silinder dalam satuan inchi kubik.
      Konsumsi BBM dalam satuan mile pergallon (mpg), kendaraan yang lebih hemat mencerminkan beban yang lebih ringan.
      Kapasitas oli, kapasitas oli yang lebih besar akan mendistribusikan beban lebih merata.

    • Paradise Garage Method
      Konsep ini membandingkan TBN oli baru dengan oli setelah menempuh jarak tertentu.

      Persamaan tersebut memprediksi berapa km diganti, asumsi kendaraan dipakai pada kondisi stabil, dan laju penurunan angkan TBN dianggap linear. Konsep ini tidak berlaku pada kendaraan yang pemakaiannya tidak teratur dan jarang dipakai.

    • Heidebrecht Method
      Konsep Paradise Garage Method, oleh Gary Heidebrecht dikembangkan menjadi pemodelan formula matematika lebih kompleks.




      Persamaan ini mengakomodasi aspek-aspek :
      Total konsumsi oli, termasuk adanya topping up kerena berkurangnya oli selama durasi pemakaian.
      TBN target rekomendasi Blackstone Labs = 2 mg KOH/gr.
      Diameter silinder yang mencerminkan volume mesin.
      Laju penurunan TBN


    • Pembuktian Konsep Kublin Method, Paradise Garage Method, dan Heidebrecht Method
      Untuk membuktikan apakah konsep-konsep diatas dapat diaplikasikan dengan kondisi sesungguhnya, Amerika telah melakukan uji coba dengan 3 target jarak tempuh 9.660 km, 19.320 km, 28.980 km. Tiap target yang dicapai, oli dianalisa dan dilakukan perhitungan jarak tempuh teoritis.
      1. Oli baru :
      Analisa laboratorium oli baru yang di uji mempunyai TBN = 8,0 mgKOH/gr.
      Garansi pembuat oli, mampu menempuh jarak sejauh 28.980 km.
      Jarak tempuh teoritis formula Kublin sejauh 26.680 km.
      2. Setelah memempuh jarak 9.660 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 13.710 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
      3. Setelah menempuh jarak 19.320 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 24.559 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
      4. Setelah menempuh jarak 28.980 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 37.085 km.
      Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 27.839 km.
      Dari uji coba tersebut, tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.

    • Kesimpulan :
      1. Tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.
      2. Oli modern (oli sintetik dan semi sintetik) pada umumnya mempunyai TBN >8,0 mgKOH/gr, secara teoritis mampu melayani kendaraan sampai 28.000 km.
      3. Memperpanjang durasi penggantian oli minimum 10.000 km sesuai BPKB, baru menggunakan 30% dari seluruh potensi oli.
      4. Konsep penggantian oli tiap 5000 km sudah tidak realistis, selain membuang uang sia-sia, kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3.

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Posts
    11,810
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 19 Hrs 38 Mins 25 Secs
    very nice info..
    Kenwood 7016 | Gramond Alpha 6c | Gramond MD55 | Audio System 75.4 | Audio System MX12 | Pitch & Timbre

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Bogor
    Posts
    758
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 15 Hrs 28 Mins 19 Secs
    Bro Ekoin,
    Kalo diliat, semua formula hanya memperhitungkan TBN sebagai acuan. Apakah formula ini berlaku untuk semua level API Service dan semua SAE?

  8. #7
    Kopral Dua
    Location
    Jatengsel
    Posts
    41
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by daretojazz View Post
    Bro Ekoin,
    Kalo diliat, semua formula hanya memperhitungkan TBN sebagai acuan. Apakah formula ini berlaku untuk semua level API Service dan semua SAE?

    Dari literaturliteratur yang ada, hampir semua mencantumkan parameter TBN sebagai acuan ganti oli.
    Idealnya perubahan viskositas, flash point, hexane insolube, oil dulluent, metal content juga perlu dianalisis.
    Perameter diatas lebih disebabkan faktor kondisi mesin, misalnya karena ada kebocoran katup, gap silinder dengan piston terlalu besar akan menyebabkan sebagian bahan bakar masuk ke oli (analisis hexane, oil dilluent, viskositas, flash point.
    Sedangkan metal content merupakan akibat dari perubahan parameter diatas.
    Alasan lain hanya analisis TBN, hasil cepat dan biaya murah.

    Formula acuan TBN berlaku untuk semua oli, termasuk untuk mesin statis. Perhitungan mesin statis jarak diganti dengan waktu (hour meter).

 

 
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. KAPAN GANTI PLAT KOPLING DAN MATAHARI?
    By kijang_super in forum Diskusi Mesin
    Replies: 17
    Last Post: 23rd June 2012, 17:28
  2. kapan timing belt harus ganti??
    By adi sasmita in forum Diskusi Mesin
    Replies: 12
    Last Post: 7th November 2010, 16:31
  3. Kapan waktu ganti aki mobil ?
    By vivian in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 19
    Last Post: 9th March 2009, 19:21
  4. ganti ban.. kapan ?
    By hanif in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 24
    Last Post: 30th October 2007, 19:57
  5. WTA: kapan waktu ganti skok
    By h0n33y in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 4
    Last Post: 15th June 2007, 11:45
Back to top