Ask: Pake damper, swaybar ato strutbar?
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 8 of 8
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/213915
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    surabaya
    Posts
    36
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Ask: Pake damper, swaybar ato strutbar?

    Nanya nih, lebih baik pake yg mana dari ketiga part diatas? (yg paling ngefek, salah satu aja jgn diusulin pasang 3-3nya )... Maunya buat ngurangin efek goyang2 kiri kanan waktu lewat jalan yg nggak rata/banyak lubang, trus juga supaya lebih stabil waktu nikung... pusing euy kalo lewat jalan berlubang terlalu goyang, shock udah dicek ke bengkel katanya sehat... :rolleyes:

    Please sarannya modcomers... tq

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Antara stabil nikung dan nyaman di jalan jelek sebenarnya dua hal yg susah utk dikondisikan dalam satu tipe suspensi.

    Mobilnya apaan nih? Kalo mobilnya bukan tipe suspensi independen, efek goyang kiri kanan waktu jalan jelek susah dihindari, atau kalo mobilnya menggunakan per daun juga sama, gak sefleksibel yg menggunakan coil spring.

    Kalo mau pasang swaybar atau stabilizer bisa jadi mobilnya udah pake (biasanya yg umumnya standar udah dipasangin depan doang sih...). Swaybar emang bikin stabil buat nikung kecepatan tingg, tapi efek penggunaan swaybar buat jalan jelek justru gak menguntungkan, krn swaybar bikin independensi suspensi kiri kanan jadi berkurang.

    Penggunaan damper malah bikin bantingan suspensi jadi seakan2 keras, krn jarak main per berkurang.

    Utk mengurangi efek ayun (salah satunya goyang kiri kanan) adalah tugas dari shock absorber. Bisa jadi shock masih sehat, tapi kurang kuat utk meredam goncangan sesuai yg diinginkan. Selain itu keras/lembut per (spring rate) yg digunakan juga berpengaruh, apakah shock absorbernya mampu mengimbangi spring rate tsb.

    Jadi, sarannya coba cari shock absorber (kalau perlu sekalian ganti per) yg lebih cocok dgn karakter bantingan yg diinginkan. Tapi balik lagi ke statement awal, suspensi yg nyaman di jalan jelek kemungkinan besar limbung dan kurang stabil nikung di kecepatan tinggi.

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    surabaya
    Posts
    36
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Thanks bro Aidil buat infonya...

    Mobilnya Livina XR, kayaknya suspensi depan udah independen ya? tp malah terasa goyangnya di depan.. ada kepikiran mo ngganti shock absorber sih, cuma sayang juga ya masih bagus dah diganti dan hrgnya lumayan jg, kalo strutbar kayaknya lebih murah..

    Btw, gw baca artikel ini sih http://tinkers-sojourn.blogspot.com/...ut-braces.html, kayaknya kasusnya sama tuh dng yg gw alami...

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    414
    Power
    M-Store Point
    1
    Online
    2 Mths 3 Wks 5 Days 2 Hrs 38 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by explorer222 View Post
    Nanya nih, lebih baik pake yg mana dari ketiga part diatas? (yg paling ngefek, salah satu aja jgn diusulin pasang 3-3nya )... Maunya buat ngurangin efek goyang2 kiri kanan waktu lewat jalan yg nggak rata/banyak lubang, trus juga supaya lebih stabil waktu nikung... pusing euy kalo lewat jalan berlubang terlalu goyang, shock udah dicek ke bengkel katanya sehat... :rolleyes:

    Please sarannya modcomers... tq
    saran dari gw:

    STRUT BAR!!!

    g gaq tau teorinya yg pasti bgt g pasng g jalan d bata blok geterannya berkurang aja...
    klo dumper g gaq recommend d. bkin mobil goyang kanan kiri bos (menurut gw ya) sekarang c g masih pake va**n d boil g. t juga karena g sering angkat barang berat. klo gaq mah ogah d g..
    klo sway bar gaq tau d bos g..

    sway bar sama anti roll bar sama apa beda ya?

    mohon bantuannya para master.

  6. #5
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Quote Originally Posted by corol63412 View Post
    sway bar sama anti roll bar sama apa beda ya?
    Sway Bar = Anti-roll Bar, atau bahasa pasarnya = Stabilizer.

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    414
    Power
    M-Store Point
    1
    Online
    2 Mths 3 Wks 5 Days 2 Hrs 38 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by aidil View Post
    Sway Bar = Anti-roll Bar, atau bahasa pasarnya = Stabilizer.
    Thanks gan buat inponya..

  8. #7
    Kopral Kepala
    Location
    sudirman - cbbur
    Posts
    159
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 13 Hrs 24 Mins 45 Secs
    Sebelum pasang salah satu dari ke-3nya, saran saya coba buka shocknya aja dulu,bisa aja masih bagus tapi sdh oblak..
    Saya pake va*** juga di shock kyb+eibach rear..asli keras bgt..tapi enak stabil.

  9. #8
    Kopral Dua
    Location
    djogja
    Posts
    38
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by aidil View Post
    Sway Bar = Anti-roll Bar, atau bahasa pasarnya = Stabilizer.
    cocok....!!!!

 

 
Mitsubishi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS SWAYBAR (STRUTBAR BAWAH BLAKANG) ESTILO merk UNDERCONTROL
    By crossable99 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 15
    Last Post: 13th March 2011, 12:21
  2. WTS SWAYBAR (STRUTBAR BAWAH BLAKANG) ESTILO merk UNDERCONTROL
    By crossable99 in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 10
    Last Post: 11th January 2011, 23:44
  3. WTS SWAYBAR (STRUTBAR BAWAH BLAKANG) ESTILO merk UNDERCONTROL
    By crossable99 in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 9
    Last Post: 11th January 2011, 23:43
  4. engine torque damper & swaybar jazz
    By rocoman in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 0
    Last Post: 17th January 2009, 20:44
  5. Most Wanted : Vios 2004 strutbar & Swaybar
    By andytmed in forum Bursa Kaki Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 10th March 2008, 21:31
Back to top