[WTA] Modif mitsu eterna untuk harian?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/205426
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Question [WTA] Modif mitsu eterna untuk harian?

    hi all. gw pemakai mitsu eterna gti taun 93.

    beberapa bulan lalu, mobil gw pernah overheat, dan semenjak itu suara mesin jadi agak kasar dan temperature selalu di tengah2 (sebelumnya gak pernah lebih dari setengah).
    itu kira2 kenapa? mungkin gak headnya melenting? jadi ada kebocoran kompresi?

    buat langkah awal, gw mau ngelakuin ini :
    - ganti timing belt karena uda waktunya
    - kuras tangki bensin, bersihin/ganti filter bensin
    - bersihin injector/ultrasonic clean injector

    lalu untuk urusan naikin performa, gw mau lakuin ini :
    - pnp, dan slyp head (mau naikin kompresi sedikit. sekalian ngeratain karena ditakutkan headnya uda gk terlalu rata karena overheat itu
    - ganti air filter jadi open air filter, penempatan di belakang lampu depan bagian sisi driver dan diberi heat shield. jadi aki di relokasi ke bagasi
    - ganti header full set sampe muffler ( kalo untuk harian enak 4-1 apa 4-2-1 ? )
    - pengaplikasian water injection sebagai kompensasi naik kompresi. untuk mengurangi knocking kalo pake premium ( masuk akal gak ? )
    - pasang throttle body spacer dan reamer throttle body. rencanya mau pasang nozzle water injection di throttle body spacer itu biar gk usah ngebolongin TB.
    - upgrade sektor pengapian. kira2 ganti apa aja? yang masi terjangkau dan gk terlalu ekstrim untuk harian. sekedar menyempurnakan pengapian aja.
    - yang terakhir pasang piggyback ( perlu gak? dan kalau perlu, pake merk apa yang gk terlalu mahal karena hanya untuk harian )

    kira2 bisa nambah berapa hp kalo gw uda ngelakuin semua itu. sekitar 20 hp ada gak ya?

    mohon saran, komentar dan bantuannya untuk step2 naikin performa yang gw sebut diatas tadi.

    kayaknya untuk pilihan bengkel jatuh ke art ototechnic di daerah mampang karena dekat dari rumah dan kayaknya sudah sering megang mitsu. gimana? ada review untuk bengkel ini?

    thx all

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 7 Hrs 14 Mins 25 Secs
    Hadir gan! Ane pemakai Eterna '93 juga =) Ane coba bantu ya.

    Lebih baik memang head di slip sedikit aja biar rata. Jangan lupa sekalian di skir klep2nya, biar kompresiya bagus lagi. Boleh PnP sekalian untuk memperbaiki saluran udara diruang intake & exhaust.

    Untuk sektor pengapian, karena masih dipake untuk harian, cukup ganti kabel busi & busi aja.
    Untuk kabel busi, bisa pake merk MSD, Power Cable, Ultra. Jangan yang abal2, gan, karena yang abal2 gede di casingnya aja, dalemannya mah kecil2 juga =D Yang penting lihat dari resistornya juga.
    Busi pake yang iridium juga boleh. Yang penting disesuaikan dengan budgetnya aja =)

    Header bebas pilih. Pake 4-2-1 or 4-1 juga enak kok. Minimal bahannya pake galvanis biar awet.

    Reamer TB juga boleh buat nambah suplai udara yang masuk ke intake manifold. Lumayan membantu juga kok.

    Untuk piggyback, bisa pake Apexi SAFC II, Dastek Unichip or Greddy E-manage. Lagi2...tergantung budget juga.

    Masalah peningkatan tenaga, tergantung hasil pengerjaan portingan, slip head, dll dari bengkelnya itu sendiri, gan. Harusnya bisa naik jadi sekitar 170hp (on engine dengan Pertamax).

  4. #3
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Turbo_inside View Post
    Hadir gan! Ane pemakai Eterna '93 juga =) Ane coba bantu ya.

    Lebih baik memang head di slip sedikit aja biar rata. Jangan lupa sekalian di skir klep2nya, biar kompresiya bagus lagi. Boleh PnP sekalian untuk memperbaiki saluran udara diruang intake & exhaust.

    Untuk sektor pengapian, karena masih dipake untuk harian, cukup ganti kabel busi & busi aja.
    Untuk kabel busi, bisa pake merk MSD, Power Cable, Ultra. Jangan yang abal2, gan, karena yang abal2 gede di casingnya aja, dalemannya mah kecil2 juga =D Yang penting lihat dari resistornya juga.
    Busi pake yang iridium juga boleh. Yang penting disesuaikan dengan budgetnya aja =)

    Header bebas pilih. Pake 4-2-1 or 4-1 juga enak kok. Minimal bahannya pake galvanis biar awet.

    Reamer TB juga boleh buat nambah suplai udara yang masuk ke intake manifold. Lumayan membantu juga kok.

    Untuk piggyback, bisa pake Apexi SAFC II, Dastek Unichip or Greddy E-manage. Lagi2...tergantung budget juga.

    Masalah peningkatan tenaga, tergantung hasil pengerjaan portingan, slip head, dll dari bengkelnya itu sendiri, gan. Harusnya bisa naik jadi sekitar 170hp (on engine dengan Pertamax).
    thx gan buat jawabannya

    skrg nambah lagi pertanyaannya. gpp ya?

    - kabel busi msd dan busi iridium kira2 berapa harganya?
    pengaruhnya signifikan gak? efeknya apa?
    busi iridium yang bagus merk apa? perlu banget gk ganti ke busi iridium?
    - untuk piggyback kayaknya mau pake dastek unichip type Q. gimana? mubazir gak? atau SAFC II aja udah cukup?

    itu dulu deh. thx

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 7 Hrs 14 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by apa_aja_deh View Post
    thx gan buat jawabannya

    skrg nambah lagi pertanyaannya. gpp ya?

    - kabel busi msd dan busi iridium kira2 berapa harganya?
    pengaruhnya signifikan gak? efeknya apa?
    busi iridium yang bagus merk apa? perlu banget gk ganti ke busi iridium?
    - untuk piggyback kayaknya mau pake dastek unichip type Q. gimana? mubazir gak? atau SAFC II aja udah cukup?

    itu dulu deh. thx
    Kabel busi MSD buat 4G63 setahun yang lalu harganya 1jt. Mungkin sekarang sekitar 1,2jt'an kali.
    Karena masih untuk harian, busi cari yang heat range'nya gak terlalu tinggi (max 6-7). Misalnya NGK G-Power BPR-6 (heat range 6). Bahan elektrodanya platinum.

    Penggantian busi & kabel busi lebih terasa kalo port intake & exhaust mesin udah di porting. Pembakarannya jadi lebih sempurna.

    Piggyback SAFC II & Dastek ada plus-minusnya masing2.
    - SAFC II -
    •Plus: Ada displaynya seperti: RPM, Throttle, Correction, Battery, dll. Bisa setting sendiri. Harganya lebih murah dibanding Dastek. Bisa nyimpen 2-file mapping berbeda.
    •Minus: Cuma bisa setting fuel aja.

    -DASTEK Q -
    •Plus: Bisa setting fuel + timing pengapian. Bisa nyimpen 5-file (mapping) yang berbeda.
    •Minus: Harga lebih mahal dibanding SAFC II. Gak bisa setting sendiri. Gak ada displaynya.

  6. #5
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Turbo_inside View Post
    Kabel busi MSD buat 4G63 setahun yang lalu harganya 1jt. Mungkin sekarang sekitar 1,2jt'an kali.
    Karena masih untuk harian, busi cari yang heat range'nya gak terlalu tinggi (max 6-7). Misalnya NGK G-Power BPR-6 (heat range 6). Bahan elektrodanya platinum.

    Penggantian busi & kabel busi lebih terasa kalo port intake & exhaust mesin udah di porting. Pembakarannya jadi lebih sempurna.

    Piggyback SAFC II & Dastek ada plus-minusnya masing2.
    - SAFC II -
    •Plus: Ada displaynya seperti: RPM, Throttle, Correction, Battery, dll. Bisa setting sendiri. Harganya lebih murah dibanding Dastek. Bisa nyimpen 2-file mapping berbeda.
    •Minus: Cuma bisa setting fuel aja.

    -DASTEK Q -
    •Plus: Bisa setting fuel + timing pengapian. Bisa nyimpen 5-file (mapping) yang berbeda.
    •Minus: Harga lebih mahal dibanding SAFC II. Gak bisa setting sendiri. Gak ada displaynya.
    ohh gitu. yauda berarti pasang piggyback itu yang paling terakhir ya?
    oh iya, hasilnya lebih maksimal PnP dan slyp head baru ganti I/H/E apa I/H/E dulu baru PnP dan slyp head?
    thx

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    bintaro
    Posts
    5,162
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 15 Hrs 11 Mins 36 Secs
    semua rencana anda sudah benar bro

    mulai aja dari kerjain mesin, plus aksesorisnya, baru full exhaust yg sesuai spek mesin, lalu selesaikan dengan piggyback untuk final tuningnya naik 20 hp mungkin aja kalau benar2 dari standar (mesin blm pnah diapa2in)
    ホンダモータースポーツ

  8. #7
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by jenxters View Post
    semua rencana anda sudah benar bro

    mulai aja dari kerjain mesin, plus aksesorisnya, baru full exhaust yg sesuai spek mesin, lalu selesaikan dengan piggyback untuk final tuningnya naik 20 hp mungkin aja kalau benar2 dari standar (mesin blm pnah diapa2in)
    oh okok.
    btw ada yang pernah modif sektor mesin di bengkel art ototechnic yang di daerah mampang? penasaran ni reviewnya
    thx

  9. #8
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    up up up up

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    Indonesia
    Posts
    1,315
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 56 Mins 58 Secs

    Talking Maks tune 4G63

    Bro cuma saran sy nih klo memang dana cukup dan ingin modifan N/A jangan tanggung skalian ke POLOMAS ato Garden Speed...sy dah liat sendiri hasilnya langsung maknyoss jd ga trial n error.
    Polomas dah bikin 4G63 di mobil Lancer gti setingan N/A ngacir brader di ASAF warna biru warna lancernya ada sutiker POLOMAS.
    Btw ni dgn syapa ya keknya kenal pernah mampir ke POnjay ya ?

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    punclak cisarua
    Posts
    1,465
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 2 Hrs 11 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by dewakembar12 View Post
    Bro cuma saran sy nih klo memang dana cukup dan ingin modifan N/A jangan tanggung skalian ke POLOMAS ato Garden Speed...sy dah liat sendiri hasilnya langsung maknyoss jd ga trial n error.
    Polomas dah bikin 4G63 di mobil Lancer gti setingan N/A ngacir brader di ASAF warna biru warna lancernya ada sutiker POLOMAS.
    Btw ni dgn syapa ya keknya kenal pernah mampir ke POnjay ya ?
    polomas dimana yyaa oomm???

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mega Glodok Kemayoran Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [WTA] modif Feroza biar irit untuk harian
    By irwan.sst in forum Diskusi Mesin
    Replies: 32
    Last Post: 24th November 2012, 00:03
  2. WTB COILOVER BUAT MITSU ETERNA
    By shandie in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 3
    Last Post: 5th December 2011, 10:29
  3. (WTB) Kopling ACT mitsu eterna 4G63<<<
    By vjar in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 1st August 2011, 19:52
  4. [wta] lowering kit eterna yang masi nyaman untuk harian
    By apa_aja_deh in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 12
    Last Post: 25th July 2010, 14:46
  5. WTB: Mitsu Eterna 93 - GTi / Lemans / VR4
    By d3nn1sh in forum Merk Lainnya
    Replies: 17
    Last Post: 18th July 2009, 15:35
Back to top