(ASK) ukuran spacer paling aman
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/204583
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    22
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 2 Hrs 5 Mins 29 Secs

    (ASK) ukuran spacer paling aman

    salam brother2 modcom....
    mohon pencerahan dari senior2 modifikasi..
    mobil gw jazz vtec GD3 '07, gw pake velg OEM jass RS tapi mentok kaliper terpaksa pake spacer 8mm.
    nanya2 di mbah google, ternyata bahaya klo pake spacer ketebelan,.
    batas toleransi aman ukuran spacer berapa sihh? mohon bantuan brother modcom.. thx b4

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Location
    di selatan jakarta
    Posts
    4,622
    Power
    61 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 22 Hrs 51 Mins 1 Sec
    kalo 8mm masih aman laah bro...
    setau gw paling tebel yang aman (dengan kondisi baut standar) mungkin sekitar 20mm...
    kalo misalnya mau lebih tebel boleh, tapi gw saranin bautnya juga diganti yang lebih panjang, dan spacernya sendiri bisa dibaut ke teromol biar aman...

    btw, di amrik aja juga banyak yang main pake spacer 1 inch, jadi kalo cuma 8mm masih aman lah bro...yang penting itu baut dipasangnya kenceng dah...

  4. #3
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    .. .... ada 2 pilihan nih yang musti dirubah akibat pengaplikasian spacer...

    1. ke tukang bubut minta drat untuk mur roda yang di cakram nya dipanjangin 8 mm...
    2. mur roda nya diganti dengan yang lebih pendek 8mm ...

    demi alasan keamanan kalo gue memilih yang pertama... ...........

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Quote Originally Posted by n03kiku View Post
    .. .... ada 2 pilihan nih yang musti dirubah akibat pengaplikasian spacer...

    1. ke tukang bubut minta drat untuk mur roda yang di cakram nya dipanjangin 8 mm...
    2. mur roda nya diganti dengan yang lebih pendek 8mm ...

    demi alasan keamanan kalo gue memilih yang pertama... ...........
    bro n03kiku...

    Yg no. 1 maksudnya apa ya drat utk mur roda yg di cakram dipanjangin 8mm?

    Di City 2003-2007 kan baut velgnya tertanam pada disc/tromol dan diiket pake mur (drat dalam/berlubang), bukan tipe mobil yg tromol roda berlubang dan velg diiket bake baut (drat luar).

    Kalo spacer dipasang di City tsb, berarti panjang baut yg menonjol menjadi berkurang. Jd drat pd baut yg menonjol keluar utk ngiket velg tsb menjadi makin pendek. Dlm keadaan spt ini kalo drat mur dipanjangin (ini yg saya gak ngerti apa maksudnya? Apa sama dgn ganti mur roda yg drat dalamnya lebih panjang?), tetap aja gak bisa ngiket velg dgn baik, krn bautnya sendiri cuma sedikit yg atau bahkan sama sekali gak menonjol keluar.

    Bisa diperjelas lagi bro apa maksud yg no. 1 ini?


    Trus yg no. 2 kenapa juga pengaplikasian spacer malah mur roda diganti yg lebih pendek 8mm?

    Kalo mur roda diganti yg lebih pendek malah kemungkinan besar velg gak bisa lagi diiket krn baut yg lebih pendek tsb stlh melewati lubang velg gak menonjol keluar lagi dan gak bisa masuk lubang mur.


    Justru saran bro shuto13 udah bener, kalo pasang spacer, baut roda sebaiknya diganti yg lebih panjang.

  6. #5
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by aidil View Post
    bro n03kiku...

    Yg no. 1 maksudnya apa ya drat utk mur roda yg di cakram dipanjangin 8mm?

    Di City 2003-2007 kan baut velgnya tertanam pada disc/tromol dan diiket pake mur (drat dalam/berlubang), bukan tipe mobil yg tromol roda berlubang dan velg diiket bake baut (drat luar).

    Kalo spacer dipasang di City tsb, berarti panjang baut yg menonjol menjadi berkurang. Jd drat pd baut yg menonjol keluar utk ngiket velg tsb menjadi makin pendek. Dlm keadaan spt ini kalo drat mur dipanjangin (ini yg saya gak ngerti apa maksudnya? Apa sama dgn ganti mur roda yg drat dalamnya lebih panjang?), tetap aja gak bisa ngiket velg dgn baik, krn bautnya sendiri cuma sedikit yg atau bahkan sama sekali gak menonjol keluar.

    Bisa diperjelas lagi bro apa maksud yg no. 1 ini?


    Trus yg no. 2 kenapa juga pengaplikasian spacer malah mur roda diganti yg lebih pendek 8mm?

    Kalo mur roda diganti yg lebih pendek malah kemungkinan besar velg gak bisa lagi diiket krn baut yg lebih pendek tsb stlh melewati lubang velg gak menonjol keluar lagi dan gak bisa masuk lubang mur.


    Justru saran bro shuto13 udah bener, kalo pasang spacer, baut roda sebaiknya diganti yg lebih panjang.
    .. ....yang no. 1 maksudnya yaitu bro... drat baut nya yang diperpanjang kali yah maksud ogut... sehingga mur nya tetap mengikat baut pada roda dengan jumlah drat yang sama.. ....

    yang no. 2 maksudnya .. .... pake mur roda yang tengahnya bolong (tembus) gitu bro... bukan mur roda yang sisi luar nya tertutup... heheheeee.... ....

    .. .. kadang suka lupa yah mana yang baut , mana yang mur..., ya pokonya sepengetahuan ogut baut itu yang "cowo".., mur itu yang "cewe" ...

  7. #6
    Mayor
    Location
    di selatan jakarta
    Posts
    4,622
    Power
    61 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 22 Hrs 51 Mins 1 Sec
    yah intinya... kalo misal kita kasih spacer, bagian berdrat yang panjang (alias baut ) sebaiknya ditambah panjangnya... hehehe... agar si mur dapat mencengkeram velg dengan jumlah drat yang minimal sama atau kalau bisa lebih...
    kemaren sih kalau nggak salah, rata2 standarnya adalah 5 1/2 putaran. tapi ada yang lebih bener lagi, yaitu pake kunci torsi... (tapi besar torsinya berapa gw lupa :p)

    eh, bros... kalo kita pake mur racing/ racing lugnuts (yang asli...) bedanya apaan ya???

  8. #7
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by shuto13 View Post
    yah intinya... kalo misal kita kasih spacer, bagian berdrat yang panjang (alias baut ) sebaiknya ditambah panjangnya... hehehe... agar si mur dapat mencengkeram velg dengan jumlah drat yang minimal sama atau kalau bisa lebih...
    kemaren sih kalau nggak salah, rata2 standarnya adalah 5 1/2 putaran. tapi ada yang lebih bener lagi, yaitu pake kunci torsi... (tapi besar torsinya berapa gw lupa :p)
    manstabb master......... asli padat dan jelas penjelasannya.. ....

    Quote Originally Posted by shuto13 View Post
    eh, bros... kalo kita pake mur racing/ racing lugnuts (yang asli...) bedanya apaan ya???
    lug nuts biasanya bahannya lebih ringan... tp dengan metode pengencangan yang salah (torsi yang tidak tepat).. membuat lug nut ini mudah patah katanya.. .........

  9. #8
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Back to topic. Pengaplikasian spacer yg seberapa tebal yg aman?

    Kalo spacer yg dipakai yg banyak beredar di pasaran (foto yg atas), selama ketebalan spacer tsb masih membuat center hub (bagian yg menonjol di tengah2 hub roda) menonjol keluar dan center bore (lubang di tengah) velg yg dipasang masih bisa duduk ke center hub tsb, berarti gak masalah.

    Tapi kalo spacer terlalu tebal sampai center hub gak menonjol lagi, berarti udah hrs pakai spacer model yg ada nok di tengah2 (foto yg bawah). Tentu diameter nok tsb disesuaikan dgn center bore velg yg dipasang.



    Spacer biasa yg banyak dijual di pasaran



    Spacer yg memiliki nok di tengahnya

  10. #9
    Mayor
    Location
    bandung
    Posts
    3,454
    Power
    44 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 2 Days 5 Hrs 25 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by aidil View Post
    Back to topic. Pengaplikasian spacer yg seberapa tebal yg aman?

    Kalo spacer yg dipakai yg banyak beredar di pasaran (foto yg atas), selama ketebalan spacer tsb masih membuat center hub (bagian yg menonjol di tengah2 hub roda) menonjol keluar dan center bore (lubang di tengah) velg yg dipasang masih bisa duduk ke center hub tsb, berarti gak masalah.

    Tapi kalo spacer terlalu tebal sampai center hub gak menonjol lagi, berarti udah hrs pakai spacer model yg ada nok di tengah2 (foto yg bawah). Tentu diameter nok tsb disesuaikan dgn center bore velg yg dipasang.



    Spacer biasa yg banyak dijual di pasaran



    Spacer yg memiliki nok di tengahnya
    bro, kalo pake spacer yg gbr no 1, posisi yg berongga nya di menghadap ke depan ato ke belakang yah??

  11. #10
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Biasanya sih yg berongga dipasang menghadap ke luar. Tapi sebenarnya sama aja mau yg berongga ngadap ke luar atau ke dalam, krn inti kekuatannya bukan pada bagian yg berongga tsb tapi bagian2 yg solid (tulang2 utamanya).

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. [WTA]Panjang Spacer MAXimal/Adaptor MINimal yg aman?
    By agung in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 15
    Last Post: 12th December 2008, 09:05
  2. TIPS PARKIR MOBIL PALING AMAN
    By E200K in forum Automotive
    Replies: 58
    Last Post: 18th June 2008, 08:36
  3. [WTS] SPACER UNIVERSAL MACAM2 UKURAN..
    By ndaCuteboynie in forum Bursa Kaki Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 23rd April 2008, 11:58
Back to top