strut bar
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 34
Thread: strut bar
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/203662
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Surabaya
    Posts
    400
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 7 Mins 47 Secs

    strut bar

    Pak bos, mau nanya ni..apakah kelebian dan kekurangan menggunakan strut bar pada mobil??
    makasi banyak

  2. SbcAgent
  3. #2
    Kapten
    Posts
    2,276
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 4 Wks 13 Hrs 47 Mins 15 Secs
    Kelebihan: handling lebih enak terutama jika sering main tikungan, pas kecepatan tinggi juga lebih stabil, tidak mudah limbung.
    Kekurangan: bantingan menjadi sedikit lebih keras (karena ban kiri dan kanan lebih sinkron, ga independen).

  4. #3
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Sorry dikoreksi yah...

    Secara umum kelebihan dan kekurangan yg ditulis bro art086 ada benarnya.

    Tapi...

    Penggunaan strut bar atau tower bar gak akan ngebikin pergerakan suspensi kiri dan kanan jadi lebih sinkron atau jadi gak independen. Yg bikin lebih sinkron dan (sedikit) gak independen itu lebih tepatnya adalah sway bar atau anti-roll bar atau lebih dikenal dgn stabilizer.

    Penggunaan strutbar intinya adalah body atau chassis reinforcement, untuk memperkuat chassis bagian strut tower. Suspensi yg independen dgn dipasang strut bar akan tetap independen dan tidak akan terjadi sinkronisasi antara suspensi kiri & kanan yg independen tsb.

    Desain chassis tempat pegangan shockabsorber secara umum memang punya kelemahan, terutama pada tipe suspensi Macpherson Struts. Bentuknya yg menjulang ke atas seperti menara/tower dimana ujung atasnya harus menanggung beban kendaraan & gaya yg bekerja dari pergerakkan suspensi, punya potensi melentur/melengkung (flex). Hal ini diperparah pada suspensi depan yg umumnya independen, dimana gaya yg diterima strut tower kiri dan kanan bisa ber-beda2, serta ditengah2 kedua strut tower tsb chassis hrs menanggung beban mesin. Makanya penggunaan strut bar dapat membantu menguatkan chassis supaya tidak terjadi flex tsb.

    Utk lebijh jelasnya, bisa meminjam gambar dari thread salah satu sponsor mod.com, bung Coki deAuto, tanpa ada maksud promosi:

    Before strut bar application:



    After strut bar (and underbrace/lower arm bar) application:



    Mengenai kelemahan penggunaan strut bar yg bikin bantingan jadi sedikit keras memang ada benarnya. Hal ini krn sebelum menggunakan strut bar, strut tower bisa melentur yg se-akan2 membuat traveling suspensi nambah. Padahal, chassis yg melentur/flex tsb lama kelamaan bisa menjadi melengkung permanen atau paling parah bisa patah.

    Secara umum perbedaan kekerasan bantingan stlh penggunaan strut bar tidak akan banyak beda, krn yg lebih pengaruh kpd keras tidaknya bantingan adalah komponen suspensi (terutama per dan shock absorber) dan ban (profil/ketebalan & tekanan anginnya).

  5. #4
    Kapten
    Posts
    2,276
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 4 Wks 13 Hrs 47 Mins 15 Secs
    Mantaappp om aidil, cek kulkasnya

  6. #5
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    makasih om art086

    Buat bro N 'T' R yg kayaknya lagi pengen pasang strut bar (buat Yaris ya?), pasang aja bro... Sebenernya gak ada ruginya kok selain hrs keluar duit... hehe...

    Paling gak kalo lihat mobil2 baru kelas atas, walau bukan mobil balap sekalipun, secara standar udah ada yg dipasangin strutbar.

  7. #6
    Sersan Kepala
    Location
    Rawamangun - East Jakarta - Indonesia
    Posts
    613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 56 Mins 7 Secs
    Gak percuma dong gue udah pake strutbar dan stabilizer belakang... Dapat yang murmer di forum tetangga..

  8. #7
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,229
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 14 Hrs 58 Mins 45 Secs
    Quote Originally Posted by art086 View Post
    Kelebihan: handling lebih enak terutama jika sering main tikungan, pas kecepatan tinggi juga lebih stabil, tidak mudah limbung.
    Kekurangan: bantingan menjadi sedikit lebih keras (karena ban kiri dan kanan lebih sinkron, ga independen).
    paling demen gue kalo master ini udah ngasi nasihat... ... bos....ceritanya kan strut bar buat mobil saya jarang yang bikin nih... kalo mo bikin custom kira2 dudukan yang nempel dengan shock absorber bagian atas itu kira2 tebelnya berapa millimeter ya boss...???? soalnya kalo ketebelan takutnya baut shock absorber nya mlah patah.. ... buat oom TS .. maap ya oom.... numpang tanya yah... .....

  9. #8
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,229
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 14 Hrs 58 Mins 45 Secs
    Quote Originally Posted by aidil View Post
    Sorry dikoreksi yah...

    Secara umum kelebihan dan kekurangan yg ditulis bro art086 ada benarnya.

    Tapi...

    Penggunaan strut bar atau tower bar gak akan ngebikin pergerakan suspensi kiri dan kanan jadi lebih sinkron atau jadi gak independen. Yg bikin lebih sinkron dan (sedikit) gak independen itu lebih tepatnya adalah sway bar atau anti-roll bar atau lebih dikenal dgn stabilizer.

    Penggunaan strutbar intinya adalah body atau chassis reinforcement, untuk memperkuat chassis bagian strut tower. Suspensi yg independen dgn dipasang strut bar akan tetap independen dan tidak akan terjadi sinkronisasi antara suspensi kiri & kanan yg independen tsb.

    Desain chassis tempat pegangan shockabsorber secara umum memang punya kelemahan, terutama pada tipe suspensi Macpherson Struts. Bentuknya yg menjulang ke atas seperti menara/tower dimana ujung atasnya harus menanggung beban kendaraan & gaya yg bekerja dari pergerakkan suspensi, punya potensi melentur/melengkung (flex). Hal ini diperparah pada suspensi depan yg umumnya independen, dimana gaya yg diterima strut tower kiri dan kanan bisa ber-beda2, serta ditengah2 kedua strut tower tsb chassis hrs menanggung beban mesin. Makanya penggunaan strut bar dapat membantu menguatkan chassis supaya tidak terjadi flex tsb.

    Utk lebijh jelasnya, bisa meminjam gambar dari thread salah satu sponsor mod.com, bung Coki deAuto, tanpa ada maksud promosi:

    Before strut bar application:



    After strut bar (and underbrace/lower arm bar) application:



    Mengenai kelemahan penggunaan strut bar yg bikin bantingan jadi sedikit keras memang ada benarnya. Hal ini krn sebelum menggunakan strut bar, strut tower bisa melentur yg se-akan2 membuat traveling suspensi nambah. Padahal, chassis yg melentur/flex tsb lama kelamaan bisa menjadi melengkung permanen atau paling parah bisa patah.

    Secara umum perbedaan kekerasan bantingan stlh penggunaan strut bar tidak akan banyak beda, krn yg lebih pengaruh kpd keras tidaknya bantingan adalah komponen suspensi (terutama per dan shock absorber) dan ban (profil/ketebalan & tekanan anginnya).
    mantaaffffffff.......... ................ :smt023:smt023:smt023 ............

  10. #9
    Kapten
    Posts
    2,276
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 4 Wks 13 Hrs 47 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by n03kiku View Post
    paling demen gue kalo master ini udah ngasi nasihat... ... bos....ceritanya kan strut bar buat mobil saya jarang yang bikin nih... kalo mo bikin custom kira2 dudukan yang nempel dengan shock absorber bagian atas itu kira2 tebelnya berapa millimeter ya boss...???? soalnya kalo ketebelan takutnya baut shock absorber nya mlah patah.. ... buat oom TS .. maap ya oom.... numpang tanya yah... .....
    Masa Ultra Racing ga jual? Biasanya kan range produknya lengkap.
    Kalo mo bikin custom coba kontak yang bikin Under Control, sepertinya mereka terima buat custom.

  11. #10
    Mayor
    Posts
    3,753
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 20 Hrs 54 Mins 13 Secs
    Quote Originally Posted by art086 View Post
    Quote Originally Posted by n03kiku View Post
    paling demen gue kalo master ini udah ngasi nasihat... ... bos....ceritanya kan strut bar buat mobil saya jarang yang bikin nih... kalo mo bikin custom kira2 dudukan yang nempel dengan shock absorber bagian atas itu kira2 tebelnya berapa millimeter ya boss...???? soalnya kalo ketebelan takutnya baut shock absorber nya mlah patah.. ... buat oom TS .. maap ya oom.... numpang tanya yah... .....
    Masa Ultra Racing ga jual? Biasanya kan range produknya lengkap.
    Kalo mo bikin custom coba kontak yang bikin Under Control, sepertinya mereka terima buat custom.
    Bener tuh coba cek Ultra Racing dulu.

    Emangnya bro n03kiku cari strut bar buat mobil apa? Yg di avatar bukan (City yg masih karburator)? Kalo iya bisa cek ini: http://www.ultraracing.com.my/Bars.asp?ID=2695.

    Catet kode barangnya, trus pesen ke agennya yg sponsor mod.com juga.

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Suspensi Udara 4 titik Universal Air (tipe Strut-Strut)
    By catalunya_jogja in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 26
    Last Post: 27th December 2014, 18:27
  2. Replies: 6
    Last Post: 19th December 2012, 13:36
  3. WTB: Rear Upper Strut Bar ( Strut Bar bagasi ) for civic ferio (EK) 96-00..
    By B 1086 UFK in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 9th March 2012, 10:27
  4. WTB : Strut bar
    By luxuriouscars in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 28th June 2011, 13:26
  5. STRUT BAR, UNDER BRACE, REAR STRUT TANABE
    By [jpn] in forum Bursa Kaki Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 3rd February 2008, 23:05
Back to top