Beberapa Kesalahpahaman Pengendara Mobil Mengenai Proses Perawatan Kaki - Kaki Mobil
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 53 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 526
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/199780
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs

    Beberapa Kesalahpahaman Pengendara Mobil Mengenai Proses Perawatan Kaki - Kaki Mobil

    Seperti pada thread - thread ane sebelonnya, kali ini ane mao sharing mengenai beberapa pengalaman ane dengan pelanggan - pelanggan ane sebelonnya, mengenai kesalahpahaman proses perawatan kaki - kaki mobil, oleh beberapa pelanggan setia bengkel ane selama ini. moga - moga setelah ente semuanya membaca thread ane ini, mata ama pikiran ente jadi melek akan proses - proses perawatan kaki - kaki mobil ente.

    1. Proses Mencari Setelan Kaki - Kaki Mobil Yang Pas

    Beberapa pelanggan setia bengkel ane selama ini sering mengeluh, kok setelan kaki - kaki mobil nya setelah spooring di bengkel ane, masih ada yang kurang pas, sehingga mereka harus bolak - balik bengkel ane.

    - Kang, mencari setelan kaki - kaki yang pas untuk mobil ente, itu gak segampang memesan fast food delivery. butuh yang namanya proses trial and error dengan pengetesan langsung di jalanan. jika ente orang yang doyan modif mesin dan audio, pasti ente sering merasakan yang harus bolak - balik bengkel, demi mendapatkan setelan yang pas. meskipun kekurangan setelan tersebut merupakan hal yang sepele, seperti tata letak/ sudut speaker yang masih kurang pas, yang bisa mengganggu setelan audio ( buat audioholic ), atau mesin mobil ente yang campuran bensin dengan udara nya masih kurang pas ( buat speedholic ), atau posisi setir yang masih belum lurus ( buat standardholic ).

    Kita pun sebagai pihak bengkel, sekali ente datang mengurus masalah ke bengkel kita, setelan kaki - kaki nya langsung pas dengan mobil ente. namun, seberapa pengalamannya pun SDM suatu bengkel dalam spesialisasinya masing - masing, PASTI MEMBUTUHKAN PROSES TRIAL AND ERROR UNTUK MENCOBA HASIL KERJANYA. dan itu MEMBUTUHKAN WAKTU YANG TIDAK SEBENTAR.

    Beberapa alasan yang ane sering temui oleh pelanggan - pelanggan setia bengkel ane selama ini :

    1. Gak ada waktu ( atau lebih tepatnya sering lebih banyak malas ) untuk bolak balik/ sibuk dengan pekerjaan nya.

    Kang, mobil ente itu adalah sahabat setia ente, yang selalu setia menemani ente dalam segala aktivitas ente, kemanapun atau dengan siapapun ente bepergian. ente sudah terbayang, jika dia sakit, aktivitas ente sedikit banyaknya akan terhalang, yang mengharuskan ente mencari kendaraan alternative? nah, anggaplah dia itu punya nyawa seperti kita. JIKA KAWAN BAIK/ SETIA ENTE sedang TERBARING SAKIT, apakah ente punya jiwa yang besar untuk paling tidak MELUANGKAN WAKTU UNTUK BOLAK - BALIK MENJENGUK DIA SESEMPAT ENTE setiap hari DISEGALA KESIBUKAN ENTE? nah, anggaplah dia sedang melakukan perawatan jalan, yang memngharuskan dia sering bolak balik rumah sakit, untuk proses perawatan nya. hal itu juga sama berlaku dalam proses TRIAL AND ERROR untuk perawatan kaki - kaki mobil ente.

    2. Sebelumnya ke bengkel lain, setelah dua kali bolak balik, berikutnya dicuekin oleh mekanik bengkel nya.

    Kang, bengkel yang BENAR - BENAR SERIUS BERKOMITMEN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK UNTUK PELANGGAN - PELANGGAN NYA SEBISA MUNGKIN, PASTI AKAN MELAYANI KELUHAN PELANGGAN - PELANGGAN NYA WALAU HARUS SAMPAI RATUSAN KALI SEKALIPUN MENGENAI SETELAN KAKI - KAKI MOBIL NYA ( SELAMA FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SETELAN NYA BUKAN BERASAL DARI SPARE PART KAKI - KAKI YANG SUDAH TEWAS ). ane sudah sering menerima keluhan - keluhan seperti itu, justru pelanggan ane yang merasa nggak enak hati karena katanya udah nyusahin ane. buat ane justru ane senang, karena paling tidak, ane uda berhasil mencoba memberikan pelayanan yang terbaik, yang ane bisa berikan. ente masih ragu? silakan tanya langsung ke beberapa pelanggan ane, yang sudah memberikan testi akan hasil kerja bengkel ane di thread ane. oh ya, 1 HAL LAGI. TIDAK PERNAH SEKALIPUN ANE MEMINTA DIBUATKAN TESTI YANG MANIS - MANIS KEPADA PELANGGAN ANE SELAMA INI. ITU SEMUANYA ATAS KERELAAN PELANGGAN - PELANGGAN ANE MASING - MASING. DAN ANE TIDAK PERNAH SEKALIPUN MEMINTA DIKIRIMIN CENDOL BIAR TERKESAN REPUTATION POINT ANE DI MODCOM TERLIHAT WAH. ane hanya ingin, bagus tidak nya pelayanan SDM di bengkel ane selama ini, bisa dilihat langsung oleh para MODCOMERS semuanya.

    3. Pelanggan ane menganggap, jika sudah memakai alat spooring 3D canggih, harusnya hasilnya lebih akurat

    Kang, sebelumnya ane mao bertanya dolo ama ente. ENTE BERANI JAMIN 100% BAHWA SEMUA KOMPONEN KAKI - KAKI MOBIL ENTE, YANG SUDAH ENTE PAKAI DALAM WAKTU YANG LAMA DAN RUTIN SETIAP HARI ATAU HANYA MALAM MINGGUAN, DARI DEPAN SAMPAI KE BELAKANG SELURUHNYA DALAM KONDISI 100% MASIH SEHAT WALAFIAT DENGAN KONDISI JALANAN DI INDO SAAT INI? kalau iya, kami dari pihak bengkel mengaku kalau kami hanya orang bodoh yang berani asal ngomong aja, dan kami tidak LAYAK DIREKOMENDASIKAN DAN NAMA BAIK BENGKEL KAMI SILAKAN ENTE CELA HABIS - HABISAN DI MODCOM. mobil gres baru dari showroom saja, ada yang cacat produksi sehingga di recall lagi oleh pabrikan, apalagi mobil yang sudah lama dipakai. atau diibaratkan manusia, orang berdosa mengaku orang suci.

    Alat spooring canggih 3D, jika SDM nya kurang kompeten, sama saja boong. begitupun sebaliknya. namun, ada tambahan lagi, yaitu jika alat spooring 3D nya sudah canggih, SDM nya kompeten, TAPI SPARE PART KAKI - KAKI MOBIL NYA SUDAH TIDAK DAPAT DITOLERANSI UNTUK SPOORING/ TIDAK LAYAK PAKAI LAGI, mau di spooring sampai hari kiamat datang juga, tidak akan maksimal hasilnya. itulah kenapa di bengkel kita, ada yang namanya proses pra spooring, untuk mengecek kelayakan spare part kaki - kaki mobil ente, apakah masih layak spooring atau tidak. selain itu, proses pra spooring juga berguna, untuk crosscek keluhan ente, dengan kondisi spare part kaki - kaki mobil ente.

    4. Pelanggan ane juga menganggap, walaupun sudah ganti spek kaki - kaki mobilnya, data spooring 3D canggih pasti bisa menyamakan dengan kondisi ubahan spek kaki - kaki nya saat ini

    Alat spooring 3D canggih dari pabrikan, data- data spek kaki - kaki tiap merk dan type mobil didalamnya, adalah untuk kondisi standard mobil. dari jenis suspensi atau per yang dipakai, ukuran velg yang dipakai, dan lain - lain nya, alias semuanya kudu STANDARD DAN KONDISI SPARE PART KAKI - KAKI KESELURUHAN DALAM KONDISI 100% SEHAT WALAFIAT. karena fungsi SPOORING YANG SEBENARNYA ADALAH : MENGEMBALIKAN SUDUT MAIN KAKI - KAKI MOBIL YANG SUDAH BERANTAKAN, KEMBALI KE NORMAL SEPERTI SEDIAKALA DENGAN CATATAN KOMPONEN KAKI - KAKI SEMUANYA STANDARD YANG DIPAKAI OLEH MOBIL TERSEBUT, KARENA DATA - DATA YANG DIBERIKAN DIDALAM MESIN SPOORING, ADALAH LANGSUNG DARI PABRIKAN MOBILNYA. nah, kendala - kendala yang sering ditemui diantaranya adalah :

    1. Suspensi sudah ganti type sport/ coilover, yang membuat mobil jadi lebih kontet dari standardnya. akibatnya, bobot mobil lebih banyak memberikan gaya tekan ke bawah, sehingga sedikit banyak nya mengubah sudut main kaki - kaki mobil, yang seharusnya tegak lurus, jadi miring keluar demi menahan bobot mobil. contohnya sudut chamber yang mulai bergeser sedikit dari normal sampai yang paling extreme untuk aplikasi balap maupun penganut aliran hellaflush.

    2. Pemakaian per custom bekas potong atau press ( maap2 aja kalau ente tersinggung, tapi inilah yang sebenarnya. yaitu orang TOLOL, yang demi mengejar tampilan bergaya ceper dengan budget terbatas, tapi mengorbankan safety pengemudinya ( biasanya orangnya cuek aja kalau dibilangin resiko nya, jadi ane tinggal tunggu dia kena batu nya aja sendiri aja dulu cepat atau lambat... ) dan umur spare part kaki - kaki mobilnya ( kalau urusan nya tinggal memohon belas kasihan ortu sih lain cerita. tapi gimana yang dari hasil peras keringat sendiri ). ibarat kata, kalau mau melakukan sesuatu, JANGAN TANGGUNG - TANGGUNG BIAR HASILNYA JUGA GAK TANGGUNG - TANGGUNG. contoh, mau main ceper aman buat speedholic, pakai coilover. buat daily atau eleganis, pakai air suspension. DARIPADA ENTE PAKAI BUDGET BUAT POTONG ATAU PRESS PER, KENAPA BUDGET NYA GAK ENTE ALOKASIKAN BUAT PERAWATAN KAKI - KAKI MOBIL ENTE AJA....

    Pemakaian per custom potong atau press, BISA MEMBUAT SUDUT MAIN KAKI - KAKI MOBIL ENTE JADI GAK SEIMBANG SAAT DI SPOORING. kenapa?

    - SILAKAN TANYA LANGSUNG SAMA PENJUAL JASA POTONG ATAU PRESS PER NYA ATAU SAMA ORANG YANG KOMPOR - KOMPORIN ENTE PERTANYAAN INI :

    PINTERAN MANA SIH DIA AMA ALAT POTONG DAN PRESS PER NYA DIA YANG SEADANYA AJA, DENGAN RATUSAN INSINYUR PABRIKAN PER NYA DENGAN SPESIALISASI MEREKA MASING - MASING DAN ALAT - ALAT PENDUKUNG KERJA MEREKA YANG SPEK NYA SUDAH JANGAN DITANYA LAGI?

    - Kalau dia jawab " kita uda pengalaman selama ini potong atau press per mobil - mobil pelanggan kita selama ini, dan hasil nya so far fine - fine saja ", coba tanyakan ini :

    PUNYA SERTIFIKAT LANGSUNG DARI PABRIKAN PER NYA, YANG MENYATAKAN DIA SUDAH QUALIFIED UNTUK MELAKUKAN POTONG ATAU PRESS PER? standard safety SNI aja dia pasti gak akan pernah lulus sampai kiamat, apalagi sampai standard safety FIA.... PALING STANDARD SAFETY DIA : FUCK WITH YOUR SAFETY AND COMFORT, MY CASH 1ST....

    - Dia masih berani jawab juga? silakan tanyakan ini :

    MATA SDM DIA DENGAN ALAT - ALAT UKUR, PRESS ATAU POTONG PER NYA YANG SEADANYA SAJA, LEBIH TAJAM MANA DENGAN MATA KOMPUTER MESIN PEMBUAT PER DI PABRIKAN NYA, DALAM MENGUKUR SAMPAI SKALA 1/ 10. 000 mm? dia berani jamin... ???

    Kalau semuanya sudah ente tanyakan, tapi ente tetap mau nekat juga, silakan lanjutkan. TAPI JIKA CEPAT ATAU LAMBAT ENTE SUDAH KENA BATUNYA ENTE SENDIRI, TOLONG ANE MOHON DENGAN AMAT SANGAT, JANGAN SEKALI - KALI ENTE COBA BILANG ANE DARI AWAL TIDAK PERNAH MENGINGATKAN ENTE DAN JANGAN BAWA - BAWA NAMA BAIK BENGKEL ANE JUGA.

    Nah, kenapa hasil spooring bakal ngaco/ gak maksimal kalau pakai per custom bekas potong atau press?

    - Seperti yang ane sudah katakan diatas sebelumnya, karena ukuran kasat mata nya meleset 1/ 1000 bahkan 1/ 10. 000 mm disalah satu sisi nya, akibatnya setelan spooring jadi ngaco, karena mata mesin spooring menggunakan mata optic komputer, sedangkan tukang custom per nya pakai mata duitan.... akibatnya jangan heran hasil spooring ente akan sedikit banyak jadi ngaco. kalau sudah begini, masih berani salahin ane ama rekan - rekan mekanik ane dan mesin spooring ane?

    - Per custom bekas potong atau press, density/ kepadatan molekul baja per nya pasti sudah berubah drastis akibat di press ulang dan hasil panas mesin gerinda pemotong per tukang custom per nya yang mata duitan.... akibatnya, sifat/ massa baja per nya tidak bisa stabil alias ibarat kata kayak jelly yang gampang lentur sana - sini. jadi hasil spooring juga bakalan ngaco.

    Ente gak percaya kalau sifat baja per mobil itu bisa seperti itu kalau tiba - tiba di press atau dipanaskan secara tidak konstan/ mendadak? kalau ente punya kawan yang bekerja/ ahli di bidang METALURGI, silakan tanyakan langsung saja.... ente mao tao kok ane bisa tao sampai sejauh ini? jawaban nya simple kok : rajin membaca..membaca...dan membaca...buku yang mendidik...bukan PLAYBOY....

    - Per custom bekas potong dan press juga bisa mengganggu kinerja kerja komponen kaki - kaki lain nya, yang mengakibatkan pendeknya umur masa pakai komponen - komponen laen nya tersebut. imbasnya diantaranya kemampuan suspensi meredam guncangan menjadi terganggu/ tidak maksimal karena tidak stabil nya sifat per dalam menahan bobot body mobil. dari hal ini, berlanjut ke tidak konstannya hasil hitungan mesin spooring terhadap sudut main kaki - kaki mobil.

    Faktor lain nya yang juga bisa membuat proses pengukuran spooring menjadi tidak maksimal

    - Body/ chassis mobil yang sebelumnya sudah pernah tabrakan atau bergeser

    Percaya atau tidak, body/ chassis mobil yang sudah pernah tabrakan atau bergeser, bisa mempengaruhi setelan spooring. akibat sudut body/ chassis yang sudah tidak simetris lagi dengan sudut kaki - kaki mobil, efeknya akan terasa saat mobil melaju kencang di jalan tol, dikarenakan permukaan satu sisi mobil yang tidak simetris dilewati oleh angin yang berhembus dari depan. akibatnya, sudut kaki - kaki sudah pas, tapi karena tekanan angin yang melewati body/ chassis mobil tersebut tidak rata di satu sisi, sehingga berperan mengacaukan setelan spooring.

    - Tekanan angin ban yang tidak rata pada satu sisi dan permukaan grip ban yang sudah tidak rata

    Jawaban nya simple, tinggi mobil menjadi tidak seimbang di satu sisi. ibarat kita memakai sepatu yang sol sepatu nya tidak rata. jadi jangan langsung menyimpulkan kalau setelan spooring yang masih kurang pas, selalu berasal dari spare part kaki - kaki mobil ente.

    - Pemasangan spare part kaki - kaki mobil yang masih kurang benar

    Hal ini mengakibatkan bobot mobil di satu sisi menjadi berbeda dengan sisi lain nya. ibarat seperti orang yang pincang.

    Mungkin ini dulu yang bisa ane sharing kepada ente semuanya. moga - moga bisa membantu membuat mata dan pikiran ente menjadi melek bahwa PROSES PENGUKURAN SPOORING TIDAK SEGAMPANG YANG ENTE PIKIRKAN DENGAN SEKALI DATANG SEMUANYA LANGSUNG BERES. BUTUH WAKTU UNTUK MELAKUKAN PROSES TRIAL AND ERROR DALAM WAKTU YANG BELUM DAPAT DIPASTIKAN DEMI MENDAPATKAN HASIL YANG PAS.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    Seperti pada thread - thread ane sebelonnya, kali ini ane mao sharing mengenai beberapa pengalaman ane dengan pelanggan - pelanggan ane sebelonnya, mengenai kesalahpahaman proses perawatan kaki - kaki mobil, oleh beberapa pelanggan setia bengkel ane selama ini. moga - moga setelah ente semuanya membaca thread ane ini, mata ama pikiran ente jadi melek akan proses - proses perawatan kaki - kaki mobil ente.

    1. Proses Mencari Setelan Kaki - Kaki Mobil Yang Pas

    Beberapa pelanggan setia bengkel ane selama ini sering mengeluh, kok setelan kaki - kaki mobil nya setelah spooring di bengkel ane, masih ada yang kurang pas, sehingga mereka harus bolak - balik bengkel ane.

    - Kang, mencari setelan kaki - kaki yang pas untuk mobil ente, itu gak segampang memesan fast food delivery. butuh yang namanya proses trial and error dengan pengetesan langsung di jalanan. jika ente orang yang doyan modif mesin dan audio, pasti ente sering merasakan yang harus bolak - balik bengkel, demi mendapatkan setelan yang pas. meskipun kekurangan setelan tersebut merupakan hal yang sepele, seperti tata letak/ sudut speaker yang masih kurang pas, yang bisa mengganggu setelan audio ( buat audioholic ), atau mesin mobil ente yang campuran bensin dengan udara nya masih kurang pas ( buat speedholic ), atau posisi setir yang masih belum lurus ( buat standardholic ).

    Kita pun sebagai pihak bengkel, sekali ente datang mengurus masalah ke bengkel kita, setelan kaki - kaki nya langsung pas dengan mobil ente. namun, seberapa pengalamannya pun SDM suatu bengkel dalam spesialisasinya masing - masing, PASTI MEMBUTUHKAN PROSES TRIAL AND ERROR UNTUK MENCOBA HASIL KERJANYA. dan itu MEMBUTUHKAN WAKTU YANG TIDAK SEBENTAR.

    Beberapa alasan yang ane sering temui oleh pelanggan - pelanggan setia bengkel ane selama ini :

    1. Gak ada waktu ( atau lebih tepatnya sering lebih banyak malas ) untuk bolak balik/ sibuk dengan pekerjaan nya.

    Kang, mobil ente itu adalah sahabat setia ente, yang selalu setia menemani ente dalam segala aktivitas ente, kemanapun atau dengan siapapun ente bepergian. ente sudah terbayang, jika dia sakit, aktivitas ente sedikit banyaknya akan terhalang, yang mengharuskan ente mencari kendaraan alternative? nah, anggaplah dia itu punya nyawa seperti kita. JIKA KAWAN BAIK/ SETIA ENTE sedang TERBARING SAKIT, apakah ente punya jiwa yang besar untuk paling tidak MELUANGKAN WAKTU UNTUK BOLAK - BALIK MENJENGUK DIA SESEMPAT ENTE setiap hari DISEGALA KESIBUKAN ENTE? nah, anggaplah dia sedang melakukan perawatan jalan, yang memngharuskan dia sering bolak balik rumah sakit, untuk proses perawatan nya. hal itu juga sama berlaku dalam proses TRIAL AND ERROR untuk perawatan kaki - kaki mobil ente.

    2. Sebelumnya ke bengkel lain, setelah dua kali bolak balik, berikutnya dicuekin oleh mekanik bengkel nya.

    Kang, bengkel yang BENAR - BENAR SERIUS BERKOMITMEN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK UNTUK PELANGGAN - PELANGGAN NYA SEBISA MUNGKIN, PASTI AKAN MELAYANI KELUHAN PELANGGAN - PELANGGAN NYA WALAU HARUS SAMPAI RATUSAN KALI SEKALIPUN MENGENAI SETELAN KAKI - KAKI MOBIL NYA ( SELAMA FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SETELAN NYA BUKAN BERASAL DARI SPARE PART KAKI - KAKI YANG SUDAH TEWAS ). ane sudah sering menerima keluhan - keluhan seperti itu, justru pelanggan ane yang merasa nggak enak hati karena katanya udah nyusahin ane. buat ane justru ane senang, karena paling tidak, ane uda berhasil mencoba memberikan pelayanan yang terbaik, yang ane bisa berikan. ente masih ragu? silakan tanya langsung ke beberapa pelanggan ane, yang sudah memberikan testi akan hasil kerja bengkel ane di thread ane. oh ya, 1 HAL LAGI. TIDAK PERNAH SEKALIPUN ANE MEMINTA DIBUATKAN TESTI YANG MANIS - MANIS KEPADA PELANGGAN ANE SELAMA INI. ITU SEMUANYA ATAS KERELAAN PELANGGAN - PELANGGAN ANE MASING - MASING. DAN ANE TIDAK PERNAH SEKALIPUN MEMINTA DIKIRIMIN CENDOL BIAR TERKESAN REPUTATION POINT ANE DI MODCOM TERLIHAT WAH. ane hanya ingin, bagus tidak nya pelayanan SDM di bengkel ane selama ini, bisa dilihat langsung oleh para MODCOMERS semuanya.

    3. Pelanggan ane menganggap, jika sudah memakai alat spooring 3D canggih, harusnya hasilnya lebih akurat

    Kang, sebelumnya ane mao bertanya dolo ama ente. ENTE BERANI JAMIN 100% BAHWA SEMUA KOMPONEN KAKI - KAKI MOBIL ENTE, YANG SUDAH ENTE PAKAI DALAM WAKTU YANG LAMA DAN RUTIN SETIAP HARI ATAU HANYA MALAM MINGGUAN, DARI DEPAN SAMPAI KE BELAKANG SELURUHNYA DALAM KONDISI 100% MASIH SEHAT WALAFIAT DENGAN KONDISI JALANAN DI INDO SAAT INI? kalau iya, kami dari pihak bengkel mengaku kalau kami hanya orang bodoh yang berani asal ngomong aja, dan kami tidak LAYAK DIREKOMENDASIKAN DAN NAMA BAIK BENGKEL KAMI SILAKAN ENTE CELA HABIS - HABISAN DI MODCOM. mobil gres baru dari showroom saja, ada yang cacat produksi sehingga di recall lagi oleh pabrikan, apalagi mobil yang sudah lama dipakai. atau diibaratkan manusia, orang berdosa mengaku orang suci.

    Alat spooring canggih 3D, jika SDM nya kurang kompeten, sama saja boong. begitupun sebaliknya. namun, ada tambahan lagi, yaitu jika alat spooring 3D nya sudah canggih, SDM nya kompeten, TAPI SPARE PART KAKI - KAKI MOBIL NYA SUDAH TIDAK DAPAT DITOLERANSI UNTUK SPOORING/ TIDAK LAYAK PAKAI LAGI, mau di spooring sampai hari kiamat datang juga, tidak akan maksimal hasilnya. itulah kenapa di bengkel kita, ada yang namanya proses pra spooring, untuk mengecek kelayakan spare part kaki - kaki mobil ente, apakah masih layak spooring atau tidak. selain itu, proses pra spooring juga berguna, untuk crosscek keluhan ente, dengan kondisi spare part kaki - kaki mobil ente.

    4. Pelanggan ane juga menganggap, walaupun sudah ganti spek kaki - kaki mobilnya, data spooring 3D canggih pasti bisa menyamakan dengan kondisi ubahan spek kaki - kaki nya saat ini

    Alat spooring 3D canggih dari pabrikan, data- data spek kaki - kaki tiap merk dan type mobil didalamnya, adalah untuk kondisi standard mobil. dari jenis suspensi atau per yang dipakai, ukuran velg yang dipakai, dan lain - lain nya, alias semuanya kudu STANDARD DAN KONDISI SPARE PART KAKI - KAKI KESELURUHAN DALAM KONDISI 100% SEHAT WALAFIAT. karena fungsi SPOORING YANG SEBENARNYA ADALAH : MENGEMBALIKAN SUDUT MAIN KAKI - KAKI MOBIL YANG SUDAH BERANTAKAN, KEMBALI KE NORMAL SEPERTI SEDIAKALA DENGAN CATATAN KOMPONEN KAKI - KAKI SEMUANYA STANDARD YANG DIPAKAI OLEH MOBIL TERSEBUT, KARENA DATA - DATA YANG DIBERIKAN DIDALAM MESIN SPOORING, ADALAH LANGSUNG DARI PABRIKAN MOBILNYA. nah, kendala - kendala yang sering ditemui diantaranya adalah :

    1. Suspensi sudah ganti type sport/ coilover, yang membuat mobil jadi lebih kontet dari standardnya. akibatnya, bobot mobil lebih banyak memberikan gaya tekan ke bawah, sehingga sedikit banyak nya mengubah sudut main kaki - kaki mobil, yang seharusnya tegak lurus, jadi miring keluar demi menahan bobot mobil. contohnya sudut chamber yang mulai bergeser sedikit dari normal sampai yang paling extreme untuk aplikasi balap maupun penganut aliran hellaflush.

    2. Pemakaian per custom bekas potong atau press ( maap2 aja kalau ente tersinggung, tapi inilah yang sebenarnya. yaitu orang TOLOL, yang demi mengejar tampilan bergaya ceper dengan budget terbatas, tapi mengorbankan safety pengemudinya ( biasanya orangnya cuek aja kalau dibilangin resiko nya, jadi ane tinggal tunggu dia kena batu nya aja sendiri aja dulu cepat atau lambat... ) dan umur spare part kaki - kaki mobilnya ( kalau urusan nya tinggal memohon belas kasihan ortu sih lain cerita. tapi gimana yang dari hasil peras keringat sendiri ). ibarat kata, kalau mau melakukan sesuatu, JANGAN TANGGUNG - TANGGUNG BIAR HASILNYA JUGA GAK TANGGUNG - TANGGUNG. contoh, mau main ceper aman buat speedholic, pakai coilover. buat daily atau eleganis, pakai air suspension. DARIPADA ENTE PAKAI BUDGET BUAT POTONG ATAU PRESS PER, KENAPA BUDGET NYA GAK ENTE ALOKASIKAN BUAT PERAWATAN KAKI - KAKI MOBIL ENTE AJA....

    Pemakaian per custom potong atau press, BISA MEMBUAT SUDUT MAIN KAKI - KAKI MOBIL ENTE JADI GAK SEIMBANG SAAT DI SPOORING. kenapa?

    - SILAKAN TANYA LANGSUNG SAMA PENJUAL JASA POTONG ATAU PRESS PER NYA ATAU SAMA ORANG YANG KOMPOR - KOMPORIN ENTE PERTANYAAN INI :

    PINTERAN MANA SIH DIA AMA ALAT POTONG DAN PRESS PER NYA DIA YANG SEADANYA AJA, DENGAN RATUSAN INSINYUR PABRIKAN PER NYA DENGAN SPESIALISASI MEREKA MASING - MASING DAN ALAT - ALAT PENDUKUNG KERJA MEREKA YANG SPEK NYA SUDAH JANGAN DITANYA LAGI?

    - Kalau dia jawab " kita uda pengalaman selama ini potong atau press per mobil - mobil pelanggan kita selama ini, dan hasil nya so far fine - fine saja ", coba tanyakan ini :

    PUNYA SERTIFIKAT LANGSUNG DARI PABRIKAN PER NYA, YANG MENYATAKAN DIA SUDAH QUALIFIED UNTUK MELAKUKAN POTONG ATAU PRESS PER? standard safety SNI aja dia pasti gak akan pernah lulus sampai kiamat, apalagi sampai standard safety FIA.... PALING STANDARD SAFETY DIA : FUCK WITH YOUR SAFETY AND COMFORT, MY CASH 1ST....

    - Dia masih berani jawab juga? silakan tanyakan ini :

    MATA SDM DIA DENGAN ALAT - ALAT UKUR, PRESS ATAU POTONG PER NYA YANG SEADANYA SAJA, LEBIH TAJAM MANA DENGAN MATA KOMPUTER MESIN PEMBUAT PER DI PABRIKAN NYA, DALAM MENGUKUR SAMPAI SKALA 1/ 10. 000 mm? dia berani jamin... ???

    Kalau semuanya sudah ente tanyakan, tapi ente tetap mau nekat juga, silakan lanjutkan. TAPI JIKA CEPAT ATAU LAMBAT ENTE SUDAH KENA BATUNYA ENTE SENDIRI, TOLONG ANE MOHON DENGAN AMAT SANGAT, JANGAN SEKALI - KALI ENTE COBA BILANG ANE DARI AWAL TIDAK PERNAH MENGINGATKAN ENTE DAN JANGAN BAWA - BAWA NAMA BAIK BENGKEL ANE JUGA.

    Nah, kenapa hasil spooring bakal ngaco/ gak maksimal kalau pakai per custom bekas potong atau press?

    - Seperti yang ane sudah katakan diatas sebelumnya, karena ukuran kasat mata nya meleset 1/ 1000 bahkan 1/ 10. 000 mm disalah satu sisi nya, akibatnya setelan spooring jadi ngaco, karena mata mesin spooring menggunakan mata optic komputer, sedangkan tukang custom per nya pakai mata duitan.... akibatnya jangan heran hasil spooring ente akan sedikit banyak jadi ngaco. kalau sudah begini, masih berani salahin ane ama rekan - rekan mekanik ane dan mesin spooring ane?

    - Per custom bekas potong atau press, density/ kepadatan molekul baja per nya pasti sudah berubah drastis akibat di press ulang dan hasil panas mesin gerinda pemotong per tukang custom per nya yang mata duitan.... akibatnya, sifat/ massa baja per nya tidak bisa stabil alias ibarat kata kayak jelly yang gampang lentur sana - sini. jadi hasil spooring juga bakalan ngaco.

    Ente gak percaya kalau sifat baja per mobil itu bisa seperti itu kalau tiba - tiba di press atau dipanaskan secara tidak konstan/ mendadak? kalau ente punya kawan yang bekerja/ ahli di bidang METALURGI, silakan tanyakan langsung saja.... ente mao tao kok ane bisa tao sampai sejauh ini? jawaban nya simple kok : rajin membaca..membaca...dan membaca...buku yang mendidik...bukan PLAYBOY....

    - Per custom bekas potong dan press juga bisa mengganggu kinerja kerja komponen kaki - kaki lain nya, yang mengakibatkan pendeknya umur masa pakai komponen - komponen laen nya tersebut. imbasnya diantaranya kemampuan suspensi meredam guncangan menjadi terganggu/ tidak maksimal karena tidak stabil nya sifat per dalam menahan bobot body mobil. dari hal ini, berlanjut ke tidak konstannya hasil hitungan mesin spooring terhadap sudut main kaki - kaki mobil.

    Faktor lain nya yang juga bisa membuat proses pengukuran spooring menjadi tidak maksimal

    - Body/ chassis mobil yang sebelumnya sudah pernah tabrakan atau bergeser

    Percaya atau tidak, body/ chassis mobil yang sudah pernah tabrakan atau bergeser, bisa mempengaruhi setelan spooring. akibat sudut body/ chassis yang sudah tidak simetris lagi dengan sudut kaki - kaki mobil, efeknya akan terasa saat mobil melaju kencang di jalan tol, dikarenakan permukaan satu sisi mobil yang tidak simetris dilewati oleh angin yang berhembus dari depan. akibatnya, sudut kaki - kaki sudah pas, tapi karena tekanan angin yang melewati body/ chassis mobil tersebut tidak rata di satu sisi, sehingga berperan mengacaukan setelan spooring.

    - Tekanan angin ban yang tidak rata pada satu sisi dan permukaan grip ban yang sudah tidak rata

    Jawaban nya simple, tinggi mobil menjadi tidak seimbang di satu sisi. ibarat kita memakai sepatu yang sol sepatu nya tidak rata. jadi jangan langsung menyimpulkan kalau setelan spooring yang masih kurang pas, selalu berasal dari spare part kaki - kaki mobil ente.

    - Pemasangan spare part kaki - kaki mobil yang masih kurang benar

    Hal ini mengakibatkan bobot mobil di satu sisi menjadi berbeda dengan sisi lain nya. ibarat seperti orang yang pincang.

    Mungkin ini dulu yang bisa ane sharing kepada ente semuanya. moga - moga bisa membantu membuat mata dan pikiran ente menjadi melek bahwa PROSES PENGUKURAN SPOORING TIDAK SEGAMPANG YANG ENTE PIKIRKAN DENGAN SEKALI DATANG SEMUANYA LANGSUNG BERES. BUTUH WAKTU UNTUK MELAKUKAN PROSES TRIAL AND ERROR DALAM WAKTU YANG BELUM DAPAT DIPASTIKAN DEMI MENDAPATKAN HASIL YANG PAS.
    --------

    Appppppppp...

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    --------

    Appppppppp...
    ------

    Appppppp lageeeeee...

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    ------

    Appppppp lageeeeee...
    -------

    Appppppp...apppppp...

  6. #5
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    -------

    Appppppp...apppppp...
    ----------

    Mangappppppp...

  7. #6
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    lah man ,sama ya? http://modifikasi.com/showthread.php?t=199781
    gw jd bingung pas lagi nyari postingan gw sama liat thread kaki2 kok ga syncron.

  8. #7
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by fritz-empit View Post
    lah man ,sama ya? http://modifikasi.com/showthread.php?t=199781
    gw jd bingung pas lagi nyari postingan gw sama liat thread kaki2 kok ga syncron.
    --------

    Sama atuh, kang. cuma beda ruangan nya aja, kang...

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    --------

    Sama atuh, kang. cuma beda ruangan nya aja, kang...
    --------

    Appppppppp...

  10. #9
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    --------

    Appppppppp...
    -------

    Appppppp lageeeeeee...

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,862
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 23 Hrs 19 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    -------

    Appppppp lageeeeeee...
    ------

    Apppppp...apppppp...

 

 
Page 1 of 53 12345 ... LastLast
Mega Glodok Kemayoran Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 1648
    Last Post: 27th November 2013, 13:23
Back to top