Please, advice on polishing Swift ST using rotary
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/199611
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    186
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 24 Mins 53 Secs

    Question Please, advice on polishing Swift ST using rotary

    Master-master detailer, minta saran dong tentang moles suzuki swift st menggunakan rotary - makita 9227c - kisaran product used, pad used, technique, dll. Apakah termasuk dalam kategori soft atau hard paint, gampang atau sulit untuk di poles? Tips dan tricks untuk menghindari hologram dan swirl to create 100% or near perfect result.

    Thanks in advance...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Posts
    6,098
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 26 Mins 56 Secs
    Always keep the pad flat,that's all you need to do bro8)
     

  4. #3
    Kopral Kepala
    Posts
    186
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    Quote Originally Posted by Detailling_addict View Post
    Always keep the pad flat,that's all you need to do bro8)
    Thanks bro, kalau tipe cat nya normal-normal aja ya bro? takut termasuk cat yang sulit untuk di detail, karena masih noob nih... :-)
     

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,574
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 18 Mins 20 Secs
    Untuk penggunaan rotary, yang perlu dikuasai bener2 adalah mesinnya, setelah mesinnya dikuasai yang perlu diperhatikan adalah hal-hal sebagai berikut :

    1. Keep the pad flat, harus rata kecuali di tekukan
    2. RPM sekitaran 1000 - 1400
    3. pad harus dalam kondisi bersih
    4. tidak perlu menggunakan produk terlalu banyak
    5. tangan harus stabil
    6. lakukan ditempat yang teduh

    sukses bro
     

  6. #5
    Kopral Kepala
    Posts
    186
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    udah di coba nih bos... tapi di Gran Max, kayanya Gran Max warna hitam itu single stage ya cat nya? kok pad polish nya jadi ada titik-titik hitam gitu, ngga rata satu pad sih. Dimasukin ke mesin cuci ngga bersih juga. Apa karena ngga di clay dulu langsung polish sesudah di cuci dan dikeringin ya?

    Dari coba-coba ini kayaknya udah mulai ngeh beberapa hal deh
    * kalau ngga ditekan pad polish juga ngga ada correcting powernya, kadang perlu pake high rpm sambil ditekan baru mau ada efek correcting nya buat scratch yang agak dalam.
    * mulai ngerti RIDS - maklum saingan ama angkot parkirnya, mulai dari disenderin orang, jadi tempat ajang kreatifitas coret-coret kalau pas kotor, dll
    * pad finishing + 205 bikin mirror finish. really cool, hehehe...
    *kalau ngga pakai pad finishing cuma pakai pad polishing hasilnya juga mirror finish, cuman beda tipis di glarenya aja dibandingkan dengan di finishing sekali lagi pakai finishing pad
    * kalau kebanyakan product jadi gumming, dan hasil ngga maksimal
    * prime the pad penting banget, kalau di prime properly smooth buffing experience dah.
    * burnishing paint
    * dll

    Cuman yang masih bingung dan masih ngga PD,
    * Swift itu single stage atau ada clear coat ya catnya? beda tipe cat apakah beda hal-hal yang perlu diperhatikannya?
    * Kalau misalnya di bersihin pakai tar and bug remover (ada kena titik-titik aspal gara-gara ada perbaikan jalan) tapi ngga di clay apa bisa langsung di polish ngga ya? any drawback? so far di gran max ngga di apa2in cuma wash dan keringin aja langsung polish kayanya ok ok aja sih.
    * Yang ini iseng aja sih, kalau misalnya ngga diapa-apain dan kondisi panel ada titik-titik aspal gitu, di polish kira-kira gimana ya? :-) mau lumer ngga aspalnya?
    * kalau di tekukan atau lengkungan bagusnya diapain ya? Yang sempat dilakuin sih ikutin permukaan rata nya aja, dan dititik tekukannya ngga diapa-apain, jadi kalau ada tekukan dibagi jadi 2 section gitu, yang mudah untuk gerakin rotarynya sih. Cuman kalau lengkungan ini agak ribet, soalnya padnya ngga mungkin rata, jadi dikira-kira gitu, yang bagian bawah lengkungan di work dulu, abis itu bagian atasnya, nanti terakhir pas di lengkungan nya gitu. Cuman yang bener kaya gimana ngga tahu sih, please advice dong..
    * Selama ini sih pakai 600 s/d 2000 rpm sih, jadi dikira-kira gitu naiknya, nanti pas turunnya juga. soalnya pake mesinnya, pertama kali di soft start dulu buat spread product, abis spreading baru dinaikin dan di lock mesinnya di rpm 600, setelah 1 s/d 2 x pass itu di naikin lagi sak dapat nya jempol mutar wheel speed selector jadi kira-kira di posisi 2 = 900 rpm atau deket-deket 3 <= 1500 rpm, sesudah 1x atau 2x pass naikin lagi di deket2 4 <=2100 rpm biasanya 1x slow pass, dan finishing nya diturunin step by step juga sak dapatnya jempol muter wheel speed selectornya, bisa 1x atau 2x pass setiap step, sampai akhirnya finish di 600 rpm 2x pass. so far ngga ada hologram dan swirl. Minta saran dong apa perlu ada yang dirubah/diperhatikan...


    Thanks...

    Quote Originally Posted by MI DOG View Post
    Untuk penggunaan rotary, yang perlu dikuasai bener2 adalah mesinnya, setelah mesinnya dikuasai yang perlu diperhatikan adalah hal-hal sebagai berikut :

    1. Keep the pad flat, harus rata kecuali di tekukan
    2. RPM sekitaran 1000 - 1400
    3. pad harus dalam kondisi bersih
    4. tidak perlu menggunakan produk terlalu banyak
    5. tangan harus stabil
    6. lakukan ditempat yang teduh

    sukses bro
     

  7. #6
    Kopral Kepala
    Posts
    186
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    kok kayanya swift ini catnya lengket-lengket gitu ya? test di kap mesin
    1 pass 600 rpm - spread wax
    1 pass 900 rpm
    1 pass 1100 rpm - begin cutting
    udah hop gitu dan panas banget, tapi RIDS nya masih. jadi ragu untuk lanjutin pakai zenith point technique.
    kira--kira gara-gara apa ya? any solutions?

    FYI:
    pad di prime dengan #205 - tetap hop
    pad di prime dengan di mist distilled water +#205 - tetap juga hop
    dikasih agak banyakan #205 tetap hop dan ada serpihan dari 205 bentuknya remah-remah kenyal-kenyal gitu...
     

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Posts
    6,098
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 26 Mins 56 Secs
    205 dengan pad polish atau finish bro?
    Try slowest RPM bro:-),dan agak cepat passingnya agar
    panelnya jangan terlanjur panas dan productnya keburu
    cook up:-)
     

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    ɐʇɹɐʞɐɾ
    Posts
    19,962
    Power
    121 
    M-Store Point
    0
    Online
    12 Hrs 9 Mins 19 Secs
    pernah poles swift GT pake rotary ini hasil ny bro



     

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,574
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 18 Mins 20 Secs
    Untuk Cat Single Stage sekarang ini sudah sangat jarang, meskipun ada hanya ada di mobil2 High End, cat yang sampai sekarang diketahui masih single stage :

    • Lancer Evo 6-9 warna merah, yang 10 blum pernah liat hehehe...
    • Lexus 460h warna hitam tipe paling atas klo gak salah
    • Beberapa tipe Land Cruiser
    • Suzuki SX4 merah cabe

    Diluar itu apalagi untuk mobil umum semua dipastikan sudah pakai Clear Coat. apabila ada partikel yang menempel di permukaan pad sehabis polishing atau compounding, bisa diakibatkan oleh :

    1. kontaminasi yang ada diatas permukaan, sebaiknya sebelum polishing clay dulu
    2. Clear Coatnya burn out alias strike through ke cat

    Tapi jujur untuk ke Grand max belum coba sih, kalau mau buktiin mudah, pakai applicator pad, kasih compound, gosok ke bodi mobil, kalau 3x pass langsung hitam, brarti single stage.

    Untuk aspal jangan di compound / polish untuk amannya bro, nanti bisa ketutup clear coat, malah repot hehehe..

    Dan kalau polish sbenernya ikutin aja pakai feeling, jangan terpaku sama RPM, biasa in denger suara mesin, kalau menurut saya polishing diatas 1500rpm udah termasuk BAHAYA, mendingan kalau gak bisa 100% jangan dipaksain, kan mobil juga pasti dipakai harian hehehe.. (kecuali kalau penasaran :p)

    untuk pad hopping sebenernya masih termasuk wajar, tinggal pembiasaan tangan, nanti lama2 juga dapet feel controlnya supaya pad nya gak terlalu hopping

    Happy Detailing
     

  11. #10
    Letnan Satu
    Location
    N.K.R.I. ( Negara Kesatuan Republik Indonesia )
    Posts
    1,897
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 45 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by buatandi View Post
    pernah poles swift GT pake rotary ini hasil ny bro



    Emang beda dah kalo master turun tangan
     

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. How to : Realize Your Mistakes and Their Solutions in Rotary Polishing
    By KIOS3R in forum Tips & Artikel Perawatan Mobil
    Replies: 241
    Last Post: 1st August 2015, 15:09
  2. Replies: 15
    Last Post: 12th September 2012, 22:40
Back to top