[INFO] All about Fuel...
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 56
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/19901
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs

    [INFO] All about Fuel...

    Bahan bakar minyak... baik bensin biasa, avtur, solar, kerosene, minyak tanah sampai bahan bakar rocket, dll adalah senyawa yang menyimpan tenaga. dalam keseharian bahan bakar yang kita jumpai mengandung senyawa hidrokarbon. ini adalah gabungan dari unsur karbon dan hidrogen dalam suatu konfigurasi yang mempunyai ukuran, berat dan bentuk yang berbeda-beda.

    bahan bakar minyak mempunyai karakter tersendiri. dan karakter ini mempunyai parameter yang berbeda pula. dan karakter ini terbentuk dari asal-usul bahan bakar tersebut diambil dari tanah dan proses pengambilannya. jadi bukanlah tidak mungkin jika dalam satu tangki, terdapat lebih dari 100 karakter.

    karakter ini juga diperoleh dari perbedaan cuaca, temperatur, kelembaban udara, ketinggian daratan, umur dan waktu saat itu. bahkan telah tercatat lebih dari 144 jenis karakter berbeda untuk sautu daerah untuk 1 jenis bahan bakar.

    walaupun bahan bakar minyak diekstrak dari minyak mentah, namun daerah asal minyak mentah itu juga berpengaruh. ini dipengaruhi oleh gas bumi pada tempat tersebut. gas bumi yang mempengaruhi adalah Methane, (CH4), Propane (C3H8) dan Butane (C4H10). gas bumi ini mempoengaruhi senyawa hidrokarbon bahan bakar. dan juga mempengaruhi titik didih bahan bakar tersebut.

    proses pembakaran walaupun terlihat simple, ternyata lebih complex dari yang dibayangkan. senyawa hidrokarbon ini pecah menjadi unsur-unsur dan bergabung dengan oksigen yang masuk via intake. pembakaran menghasilkan energi berupa panas. panas yang diredam menjadikannya tenaga untuk mendorong piston turun. sisa panas akan lepas ke udara, makin tinggi oktan, makin tinggi juga panas yang dihasilkan. jika pembakaran ini sempurna dengan bahan bakar sempurna pula, gas buang yang ada harus hanya berupa air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). namun kejadian ni adalah suatu hal yang tidak mungkin karena gas buang kendaraan masih mengandung bahan beracun seperti timbal (Pb), karbon monoksida (CO), dll. ini disebabkan oleh tidak mungkinnya terjadi pembakaran 100% sempurna.

    bahan bakar beroktan rendah, seperti premium dinegara kita. mempunyai struktur rantai hidrokarbon yang lurus. ini mengakibatkan mudahnya senyawa itu pecah. bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax dan avtur, mempunyai struktur yang bercabang sehingga menjadikannya lebih berat. senyawa lebih berat inipastilah mempunyai unsur hidrogen dan karbon yang lebihpadat. oleh karena itu, oktan pun lebih tinggi dan tenaga yang disimpannya juga lebuh tinggi.

    Pb atau timbal merupakan keajaiban dimasanya. timbal dapat menaikkan kopresi di ruang bakar secara signifikan. namun penarikannya dari peredaran dikarenakan unsur tersebut adalah lethal. unsur Pb telah membunuh lebih dari 100 orang per hari pada masanya.

    oktan additives, rata-rata mempunyai kandungan yang dapat menaikkan kompresi ruang bakar. kini dengan cara yang lebih aman. pada umumnya, additive ini mengandung oksigen, ataupun tambahan senyawa hidrokarbon. campuran yang mengandung alkohol merupakan addtitive yang termasuk aman, murah dan efisien. alkohol adalah senyawa hidrokarbon dengan oksigen. begitu pula dengan ethanol. alkohol dan ethanol akan mengurangi kadar karbon monoxida dengan memberikan peluang lebih bagi oksigen untuk bergabung dengan hidrogen sehingga kadar karbon dioksida meningkat dan juga meningkatkan kadar air. ini semua dilihat dari gas buang.

    udara sangat berpengaruh dalam pembakaran, udara panas mengandung sedikit oksigen. dan kebalikannya udara dingin mempunyai lebih banyak oksigen. disini adalah bagaimana caranya membuat bahan bakar sedingin mungkin. disini hanya dibahas mengenai bahan bakar jadi udara yang dihisap mesin ditak dibahas. coba buka tutup bahan bakar. apakah terdengar suara "psssttt"?? suara ini adalah suara uap bahan bakar minyakyang telah menguap yang merupakan hal yang mubazir. uap bahan bakar initidak dapat diterima oleh internal combustion sehingga merupakan kendala di ajang motorsport. kini, sebagian kendaraan dilengkapi dengan tank breather. ini memberikan kemudahan untuk tangki mengeluarkan uap mubazir ini sehingga bahan bakar di tangki murni dapat dibakar dan juga mendinginkan tangki. tangki lebih dingin ini otomatis mempunyai oksigen lebih yang akan kemudian masuk ke ruang bakar, bergabung dengan pecahan unsur dari hidrokarbon dan debit oksigen dari intake sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebij efisien.

    sebuah funny car dragster, memakai bahan bakar yang dalam kondisi atmosfir dalam keadaan cair. temperatur dingin ini mempunyai oksigen lebih. dan juga kandungan yang jauh lebih complex daripada hanya sebuah hidrokarbon. bahan bakar ini akan bercampur dengan udara di ruang pembakaran dalam kondisi cair setelah melewati fuel line. sebelum bahan bakar ini beruban menjadi gas, haruslah terbakar terlebih dahulu. bahan bakar yang dipakai mengandung oxygen cair, nitrogen tetroksida, nitrogen tetroksida and hidrogen peroksida. bisa dilihat bahwa tiap senyawa tersebut mempunyai unsur oksigen

    kesimpulannya adalah semakin berat dan complex senyawa hidrokarbon, semakin banyak kadar oksigen, semakin besar pula tenaga yang disimpan dan dapat dihasilkannya.

    hal-hal kecil ini kadang dianggap sepele buat sebagian orang. namun di ajang motorsport, hal ini dapat menentukan menang dan kalah.



    semoga membantu bagi yang ingin tahu...


    ^^

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    good facts makes good read..... bravo..!!!

    andaikan gw jago chemistry.....

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by sugarfree
    good facts makes good read..... bravo..!!!

    andaikan gw jago chemistry.....
    i hate chemistry juga bos...

    hahahaa

  5. #4
    Letnan Jendral
    Location
    Palembang.
    Posts
    27,744
    Power
    167 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 10 Hrs 51 Mins 52 Secs
    wahhh panjang nya..
    hehehhee
    TOP
    SOHC VTEC

  6. #5
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,621
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 22 Mins 45 Secs
    mau tanya.. kalo di indo sini misal kaya pertamax atau pertamax plus octan nya di claim 95 disini itu sama ga sih jumlah octannya ama bensin dengan octan (claim) yg sama di luar negeri misal di US gitu ?
    Maaf saya newbie kk...

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    http://www.detailermart.com
    Posts
    5,147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 9 Hrs 25 Mins 18 Secs
    so bro kambing biru, mnurut lo apakah avtur cocok dipakai untuk mbl? mgk sebagai aditive jadi bukan menggantikan bensin
    ?
    http://www.postimage.org/aVVrdbS.jpg
    :smt016 Optimum Results demand Optimum Products :smt007

  8. #7
    Letnan Dua
    Posts
    1,224
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 10 Hrs 33 Mins 9 Secs
    bukan oktan yang bikin mobil kenceng.... tapi lebih karena kompresi mesin kompresi dan majunya pengapian....
    betul kan bos kambing biru...?

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by Hendra14
    bukan oktan yang bikin mobil kenceng.... tapi lebih karena kompresi mesin kompresi dan majunya pengapian....
    betul kan bos kambing biru...?
    bensin beroktan tinggi, seperti dijelasin diatas, punya rantai yang lebih padat. jadi buat pecah n gabung dengan oksigen lebih susah... oleh karena itu butuh kompresi lebih tinggi. klo gak, knocking atau kebakarnya bensin jadi gak beraturan. bensin jadi kebakar bukan karena percikan busi, yaitu bukan tepat di ruang bakar atau telat. ini mengakibatkan hilangnya tenaga dgn percuma.

    percikan busi terjadi hanya bbrp saat sebelum TMA. ini agar ledakan udara dan bensin punya waktu utk terbakar dan menghasilkan tekanan sebelum kompresi tertinggi. klo oktan tinggi di kompresi rendah, panas percikan busi belum membuat bensin kebkar sempurna. sisa bensin baru kebakar pas TMA. jadi terjadi lebih dari 2x ledakan pada satu langkah piston. ini adalah knocking...

  10. #9
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by maestrotyper
    so bro kambing biru, mnurut lo apakah avtur cocok dipakai untuk mbl? mgk sebagai aditive jadi bukan menggantikan bensin
    ?
    klo bahan bakar avtur, murni ataupun tidak, harus diimbangi sm debit udara lebih besar. klo gak udara yang kurang ini malah ntr bikin "ngempos". avtur bakal kebuang percuma tanpa terbakar lewat knalpot... penambahan debit udara harus diimbangi sm kenaikkan kompresi disini... klo gak tetep aja gak maksimal...

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by dhetz
    mau tanya.. kalo di indo sini misal kaya pertamax atau pertamax plus octan nya di claim 95 disini itu sama ga sih jumlah octannya ama bensin dengan octan (claim) yg sama di luar negeri misal di US gitu ?
    lo tau indonesia... bensin sini gak bener... banyak campuran "korup" yang bikin bensin gak murni bensin... otomatis oktan 95 bukan 95...

    ^^

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Venom 300x250 Vkool

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. info fuel rail
    By buick in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 9th July 2011, 19:35
  2. Info dong, Fuel Dist 300E Berapa..??
    By Rully_maestro91 in forum Mercedes-Benz
    Replies: 3
    Last Post: 7th March 2010, 07:15
  3. [INFO] WALBRO Fuel Pump Asli dan Palsu
    By sonic speed team in forum Diskusi Mesin
    Replies: 28
    Last Post: 13th October 2009, 14:51
  4. Info,buat yg mo pake Fuel Addtf dll.
    By rian idsr in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 30th May 2008, 03:20
  5. Info,buat yg mo pake Fuel Addtf dll.
    By rian idsr in forum Automotive
    Replies: 3
    Last Post: 29th May 2008, 21:21
Back to top