Cam question: Mengapa bisa merubah lift dan durasi?
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 48
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/18609
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Cam question: Mengapa bisa merubah lift dan durasi?

    Dear all engine Guru,
    Mengapa dengan membubut pantat kem bisa meningkatkan lift dan durasi dari kem tersebut?

    Hanya dengan membubut pantat kem 0,5mm saja, durasi dan lift bisa meningkat signifikan, bahkan efeknya bisa sangat terasa.
    Padahal, dengan membubut pantat kem, sebagian daging pada lobe akan berkurang, tapi kenapa malah performa bertambah?

    Bahkan semua tuner motor road race menerapkan metoda pembubutan kem pada motor racikannya.

    Atas penjelasannya, saya ucapkan banyak terima kasih.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,660
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 45 Mins 54 Secs
    gue juga nungguin nih... yang udah paham teknisnya
    soalnya masih cetek nih gue, cuma tau apa itu durasi dan lift
    Maaf saya newbie kk...

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Still no replies...

    Padahal pertanyaannya sangat sederhana...
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    meruya
    Posts
    930
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya betul memang pengaruh sekali perbedaannya. makanya kl cam asli bawaan mbl papas pantatnya ngak bisa banyak2.krn bisa mempengaruhi kekuatan dr cam tersebut. oleh krn itu pula banyak mekanik, abis papas pantat cam, cam tersebut di hardening, biar lbh kuat.

    nah kl di mtr, mereka ada yg buat cam dr bahan mentah, jd liftnya bs sesuka hati mekaniknya.

    setau gw disini mekanik mbl yg berani papas pantat cam sendiri sangat jarang sekali, beda dgn mtr hampir setiap mekanik mengerjakan nya sendiri.
    munkin krn kl motor pantat camnya cuman 2, nah kl mbl kan ada 16( kl yg 16v ).

    mohon koreksi bila ada kesalahan.

  6. #5
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Makanya saya tanya, kenapa bisa begitu?

    Saya juga punya kem bubutan.
    Dulu saya pakai di mobil, bisa dapet 17kecil buat 400m. Dengan kondisi mesin dan ECU stok (cuma IHE ama bubut flywheel). Malahan tiap ganti gigi ban sampai berdecit.

    Yang saya bingung, padahal sebagian daging kem berkurang (bentuk lobe mengecil), tapi kenapa malah tenaga meningkat?
    Kalo yang bikin baru (billet manufacture) sih saya paham.
    Tapi yang bubutan ini yang bikin heran...

    Ada lagi yang bisa menjelaskan?
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  7. #6
    Kapten
    Location
    Bonex, Surabaya
    Posts
    2,664
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 42 Mins 5 Secs
    nah soal pantat kem begini bro. ketika pantat kem dipapas 0,5 mm berarti rocker arm akan lebih tenggelam 0,5 dari standar. jika mempertahankan setelan klep standar pasti longgar. agar gak longgar setelan klep diputar ke kanan untuk menysuaikan dengan setelan klep aslinya. terlihat setelan klep makin panjang. karena rasio rocker arm
    angkatan klep saat kem menyundul rocker arm lift valve akan lebih tinggi.
    itu untuk mobil yang masih pakai rocker arm, sedangkan yang tidak secara otomatis sim pengganjal kem dengan batang klep harus dibuat lebih tebal.
    dari kem banyak yang perlu diperhatikan, misalnya Lobe separation angel (LSA), kurva karakter kem hingga percepatan kem. bahkan sudut klep pun punya pengaruh gede terhadap porting.
    beberapa tuner road race ada yang sudah menggunakan mesin test flowbench untuk mengetahui air flow bahan bakar ke ruang bakar.
    flow bench ini untuk mengukur debit gas di porting. beberapa ngetes sekaligus dengan klep terpasang. biasanya data diambil mulai angkatan klep 0,1 mm hingga posisi bukaan klep tertinggi.
    biar lengkap di buku 4-stroke bikinan Graham Bell dijelasin. bahkan hingga hitungan knalpotnya ada.
    NB: semoga bisa jadi rujukan.

  8. #7
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,660
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 45 Mins 54 Secs
    hehehe
    sependapat dgn bos diatas


    intinya sih yg pasti kalo di bubut bawah/pantatnya liftnya jadi lebih tinggi makanya perfoma naik

    di bubut 1 mm, lift naik 1 mm, dibubut 2 mm lift naik 2 mm begitu..

    soalnya pada posisi awal, bagian cam yang nempel dgn bagian rocker arm(gue ga tau nama tepatnya apa) yg ngatur buka tutup klep itu pantat cam nya bukan bagian atasnya yg tinggi

    jadi pengaruh bubutan itu ngaruh ke posisi awal penempatan cam dan bagian rocker arm yg nempel di cam

    hal ini berlawanan dgn bagian atas cam, dimana makin tinggi dagingnya maka liftnya makin tinggi (spt cam billet)..karena klo ini pada saat setelah cam berputar

    belibet ya...heheh
    yg gue tau sih gitu..sorry klo ga jelas
    Maaf saya newbie kk...

  9. #8
    Sersan Mayor
    Location
    meruya
    Posts
    930
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nah gw jg setuju tuh pendapat G.lee ama Dhetz.komplet n jelaS bos.

  10. #9
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by General Lee
    nah soal pantat kem begini bro. ketika pantat kem dipapas 0,5 mm berarti rocker arm akan lebih tenggelam 0,5 dari standar. jika mempertahankan setelan klep standar pasti longgar. agar gak longgar setelan klep diputar ke kanan untuk menysuaikan dengan setelan klep aslinya. terlihat setelan klep makin panjang. karena rasio rocker arm
    angkatan klep saat kem menyundul rocker arm lift valve akan lebih tinggi.
    itu untuk mobil yang masih pakai rocker arm, sedangkan yang tidak secara otomatis sim pengganjal kem dengan batang klep harus dibuat lebih tebal.
    dari kem banyak yang perlu diperhatikan, misalnya Lobe separation angel (LSA), kurva karakter kem hingga percepatan kem.
    Pada kem billet manufaktur (bikin baru), terlihat jelas bahwa lobenya gendut2 dan jenong banget. Jika dipasang di mesin, rocker arm tidak akan terlihat tenggelam, dan secara kasat mata kita bisa melihat bahwa kem baru tersebut bisa meningkatkan lift dan durasi.

    Bahkan beberapa manufaktur juga menciptakan kem performance untuk kendaraan yang menggunakan shim (TRD, Jun, Kentcams, dll). Tidak perlu ada penebalan ulang shim.

    Kalau ada lagi yang mau menjelaskan, saya akan sangat berterima kasih. Bukan apa2, karena daripada porting polish, dastek2an atau apalah namanya, lebih baik cari kem 2nd, terus dibubut ulang. Jauh lebih murah, jauh lebih berasa.

    Dengan memahami prinsip kerja dari kem bubutan (regrind), kita setidaknya bisa mengetahui, harus berapa banyak dibubutnya.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  11. #10
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,660
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 45 Mins 54 Secs
    @Beni

    justru itu yang saya bilang bos beni, kalau billet bikin baru karena manufaktur nya sudah canggih dan presisi
    dia berfokus pada bagian atas cam ( yg jenong2 itu) untuk menambah lift dengan cara menambah/membentuk bagian atasnya itu tinggi/jenong

    makanya posisi rocker arm bisa tetap seperti standarnya

    tapi kalau cam bubutan, dimana untuk menambah daging bagian atas masih bisa dibilang riskan,takut ga sama,rompal atau apalah

    maka ditempuh cara lain yg lebih mudah dengan menurunkan posisi rockerarm lebih ke bawah dr stdnya,dimana efek yg dihasilkan akan meningkatkan lift juga

    nah menurunkan rockerarm inilah itempuh dgn cara membubut pantat cam, karena bagian ini lah yg bersentuhan dengan rocker arm pada posisi awal


    *mudah2an ga salah,mohon koreksi bagi yg mengerti lebih detail*
    Maaf saya newbie kk...

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 20
    Last Post: 5th June 2014, 16:58
  2. JDM Di Motor Lokal, Kok Bisa & Mengapa?
    By surya_isamu in forum Automotive
    Replies: 67
    Last Post: 7th March 2012, 18:07
  3. Mengapa bisa boros dan loyo?
    By beni in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 40
    Last Post: 26th August 2011, 13:23
  4. (question) ane punya ban bekas, bisa jual dimana ya ?
    By hanaz in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 7
    Last Post: 31st August 2010, 09:03
  5. Mengapa begini mengapa begitu?
    By aduhaduh in forum Diskusi Mesin
    Replies: 24
    Last Post: 1st September 2006, 16:11
Back to top