WTA : swap cylinder head 12 valve ke 24 valve, apa perlu ganti ECU?
Rgotogel Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/185691
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    Bdg-Medan
    Posts
    1,226
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 11 Hrs 24 Mins 9 Secs

    WTA : swap cylinder head 12 valve ke 24 valve, apa perlu ganti ECU?

    untuk suhu2 dimari mau tanya nih

    sy punya cressida dgn mesin 1G-E 2000cc, 6 silinder 12 valve.
    lalu sy punya mesin ex singapore cressida built up dgn kode 1G-FE, 2000cc, 24 valve. tanpa ECU n wiring.
    .

    karena sy gak mau repot urusan gesek2 nomer mesin, sy ada rencana untuk memindahkan cylinder headnya aja komplit (utuh) ke blok mesin asal, termasuk intake dan exhaust.
    pokoknya dijamin masuk ke mesin asli tanpa rubahan sedikitpun. blok mesin dan isinya sama persis ukurannya.

    apa kasus begini perlu penggantian ECU yg khusus 24 valve atau mobil sy bisa tetap hidup dgn ECU bawaannya mobil??
    soalnya takut jg kl udah mindahin ternyata mobil tidak bisa hidup.......

    mohon bimbingannya dr teman2 yg biasa ngoprek2 nih.......

  2. Hokinusa
  3. #2
    Kopral Kepala
    Posts
    196
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by bl4ck clio View Post
    untuk suhu2 dimari mau tanya nih

    sy punya cressida dgn mesin 1G-E 2000cc, 6 silinder 12 valve.
    lalu sy punya mesin ex singapore cressida built up dgn kode 1G-FE, 2000cc, 24 valve. tanpa ECU n wiring.
    .

    karena sy gak mau repot urusan gesek2 nomer mesin, sy ada rencana untuk memindahkan cylinder headnya aja komplit (utuh) ke blok mesin asal, termasuk intake dan exhaust.
    pokoknya dijamin masuk ke mesin asli tanpa rubahan sedikitpun. blok mesin dan isinya sama persis ukurannya.

    apa kasus begini perlu penggantian ECU yg khusus 24 valve atau mobil sy bisa tetap hidup dgn ECU bawaannya mobil??
    soalnya takut jg kl udah mindahin ternyata mobil tidak bisa hidup.......

    mohon bimbingannya dr teman2 yg biasa ngoprek2 nih.......

    Kalo teorinya,
    gak perlu ganti ecu.

    Kemungkinan besar mobil masih bisa idup,
    cuma campurannya jadi kurang ideal,
    bisa jadi rich atau lean.

    Coba diakalin ecu-nya aja bos.

    CMIIW

  4. #3
    Mayor
    Location
    http://www.modifikasi.com/showthread.php?361090-Farewell-from-me&p=2055539088
    Posts
    3,968
    Power
    46 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 14 Hrs 19 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by kiamad View Post
    Kalo teorinya,
    gak perlu ganti ecu.

    Kemungkinan besar mobil masih bisa idup,
    cuma campurannya jadi kurang ideal,
    bisa jadi rich atau lean.

    Coba diakalin ecu-nya aja bos.

    CMIIW
    tepatnya mungkin remap x ya?..atau perlu tambahan piggyback barangkali buat ngatur bensinnya?

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    bintaro
    Posts
    5,162
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 15 Hrs 11 Mins 36 Secs
    kalau pasang tinggal plek gada ubahan, dan mesinnya masih konvensional (blm vvti) sepertinya sih bisa nyala hanya pasti tidak maksimal bos.

    mungkin bisa diakalin dengan piggyback.

    selain itu juga mungkin injector di-spec up buat mengimbangi peningkatan jumlah klep.

    maap kalau sotoy
    ホンダモータースポーツ

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    Bdg-Medan
    Posts
    1,226
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 11 Hrs 24 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by kiamad View Post
    Kalo teorinya,
    gak perlu ganti ecu.

    Kemungkinan besar mobil masih bisa idup,
    cuma campurannya jadi kurang ideal,
    bisa jadi rich atau lean.

    Coba diakalin ecu-nya aja bos.

    CMIIW
    Quote Originally Posted by Damar.N View Post
    tepatnya mungkin remap x ya?..atau perlu tambahan piggyback barangkali buat ngatur bensinnya?
    Quote Originally Posted by jenxters View Post
    kalau pasang tinggal plek gada ubahan, dan mesinnya masih konvensional (blm vvti) sepertinya sih bisa nyala hanya pasti tidak maksimal bos.

    mungkin bisa diakalin dengan piggyback.

    selain itu juga mungkin injector di-spec up buat mengimbangi peningkatan jumlah klep.

    maap kalau sotoy
    ohhh..bisa hidup ya
    nah, hidup disini artinya tuh kondisi mesin berjalan normal tp performanya gak maksimal (sia2 donk)
    atau hidup tp kondisi gak normal (pincang / brebet / atau aneh2....)

    nah, kl masalah injector...cylinder head yg 24valve tuh udah komplit sama injector semua.
    ampe kabel busi bawaan jg masih ada kok, sensor2 jg ada.

    @ all...thx infonya
    btw, ada masukan lain..????

  7. #6
    Mayor
    Location
    http://www.modifikasi.com/showthread.php?361090-Farewell-from-me&p=2055539088
    Posts
    3,968
    Power
    46 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 14 Hrs 19 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by bl4ck clio View Post
    ohhh..bisa hidup ya
    nah, hidup disini artinya tuh kondisi mesin berjalan normal tp performanya gak maksimal (sia2 donk)
    atau hidup tp kondisi gak normal (pincang / brebet / atau aneh2....)

    nah, kl masalah injector...cylinder head yg 24valve tuh udah komplit sama injector semua.
    ampe kabel busi bawaan jg masih ada kok, sensor2 jg ada.

    @ all...thx infonya
    btw, ada masukan lain..????
    kayaknya cuman perlu settingan bensinnya diatur lagi bro..

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,803
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 19 Hrs 3 Mins 53 Secs
    Dulu smpt mau rubah head juga di mesin gw (C20LE) yg ber cam 1 dgn 8 katup, dengan head DOHC punya opel blazer yg stlh diselidiki sama jalur2 oli sgala macem,,konsul ama ahli nya trnyata rubahan nya banyak (bukan di head nya) tpi nambah tensioner lg,trus harus ganti ecu,dsb gw lupa hehe,,trus gajadi,,

    Trus gw bingung mksd nya gw nulis ini apaan huahahahaha,,maap cuman share aja kalo di mesin gw sih harus ganti ecu sama bawaan head nya...

    Peace love and koprol!

  9. #8
    Sersan Dua
    Posts
    203
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 15 Hrs 21 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by bl4ck clio View Post
    untuk suhu2 dimari mau tanya nih

    sy punya cressida dgn mesin 1G-E 2000cc, 6 silinder 12 valve.
    lalu sy punya mesin ex singapore cressida built up dgn kode 1G-FE, 2000cc, 24 valve. tanpa ECU n wiring.
    .

    karena sy gak mau repot urusan gesek2 nomer mesin, sy ada rencana untuk memindahkan cylinder headnya aja komplit (utuh) ke blok mesin asal, termasuk intake dan exhaust.
    pokoknya dijamin masuk ke mesin asli tanpa rubahan sedikitpun. blok mesin dan isinya sama persis ukurannya.

    apa kasus begini perlu penggantian ECU yg khusus 24 valve atau mobil sy bisa tetap hidup dgn ECU bawaannya mobil??
    soalnya takut jg kl udah mindahin ternyata mobil tidak bisa hidup.......

    mohon bimbingannya dr teman2 yg biasa ngoprek2 nih.......
    Bos, kalo menurut gw ada 2 hal besar yang mempersulit ubahan ini :
    1. Piston, biasanya lekukan di kepala piston ikut bentuk valvenya, kalo mesin asli 12 valve pistonnya juga lekkukannya buat 2 valve, bukan 4 valve, terus takutnya beda spek angkatan katupnya, bisa2 mentok valve ama pistonnya, coba dites fit dulu mentok gak.
    2. ECU pasti harus cari yang punya 1GFE karena dah beda banget airflow, fuel, dan ignition mapnya dibanding 1GE, belum lagi masalah sensor2 (Crank angle, Throttle position, dsb) buat ECUnya sama gak?

    Solusinya sih menurut gw dengan asumsi valve gak mentok piston, ganti EFI jadi karburator, 3x2 barel Mikuni misalnya.

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    Bdg-Medan
    Posts
    1,226
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 11 Hrs 24 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Damar.N View Post
    kayaknya cuman perlu settingan bensinnya diatur lagi bro..
    berarti hubungan ama ECU y....

    Quote Originally Posted by Alpha-510 View Post
    Dulu smpt mau rubah head juga di mesin gw (C20LE) yg ber cam 1 dgn 8 katup, dengan head DOHC punya opel blazer yg stlh diselidiki sama jalur2 oli sgala macem,,konsul ama ahli nya trnyata rubahan nya banyak (bukan di head nya) tpi nambah tensioner lg,trus harus ganti ecu,dsb gw lupa hehe,,trus gajadi,,

    Trus gw bingung mksd nya gw nulis ini apaan huahahahaha,,maap cuman share aja kalo di mesin gw sih harus ganti ecu sama bawaan head nya...

    Peace love and koprol!
    waduhh....kok jd ribet bgt
    gpp bos nulis panjang lebar jg...namanya jg sharing, bagi2 ilmua ama yg polos nih

    itu C20LE tuh maksudnya mesin blazer montera yg SOHC atau bukan?

    Quote Originally Posted by dailyfastrwd View Post
    Bos, kalo menurut gw ada 2 hal besar yang mempersulit ubahan ini :
    1. Piston, biasanya lekukan di kepala piston ikut bentuk valvenya, kalo mesin asli 12 valve pistonnya juga lekkukannya buat 2 valve, bukan 4 valve, terus takutnya beda spek angkatan katupnya, bisa2 mentok valve ama pistonnya, coba dites fit dulu mentok gak.
    2. ECU pasti harus cari yang punya 1GFE karena dah beda banget airflow, fuel, dan ignition mapnya dibanding 1GE, belum lagi masalah sensor2 (Crank angle, Throttle position, dsb) buat ECUnya sama gak?

    Solusinya sih menurut gw dengan asumsi valve gak mentok piston, ganti EFI jadi karburator, 3x2 barel Mikuni misalnya.
    kl dr masalah piston kayaknya lolos d
    nah kl harus ganti ECU gw nyerah deh, susah nyarinya lagian dananya jg gak ada

    ini rencana ganti head coz sodara gw punya n nganggur gitu
    yah paling dr gw keluar part2 aja, kayak packing2.....kl sensor2 perasaan miriipppppp deh.......ada n nemplok tuh di mesin 1G-FE.....

    kl ganti jadi karbu ogah ahhh....... gak demen tuh, aplg 3x2 barrel bikin kantong jebol...
    ane prefer baut harian, ini mau ganti 24valve tuh spy tarikan bawah enteng jadi gas ga banyak dibejek2 (ujung2nya irit khan,,,,,cmkckkckkcckkck.......)



    btw, ada yg udah pernah swap2an mesin 1G toyota sapa y?

  11. #10
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,803
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 19 Hrs 3 Mins 53 Secs
    Hehe,,mobil gw daewoo espero bro, mesin nya C20LE kalo balzer montera tampaknya C22NE,, beda di cc sama kompresi nya head nya sama2 SOHC hehe,,

 

 
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS: valve 4x150, valve 2x200, T1000
    By anyi in forum Power Amplifier
    Replies: 85
    Last Post: 7th November 2012, 21:44
  2. Swap Head Vitara Karb. 8 Valve menjadi 16 Valve (JDM)
    By Iwan_Tng in forum Diskusi Mesin
    Replies: 52
    Last Post: 3rd July 2012, 08:27
  3. Swap Cylinder Head ke 1SZ-FE
    By oldvitz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 17th September 2007, 13:57
Back to top