Beda n kegunaan AVTUR, AVGAS, BENSOL (hujau n biru)tuh apa????
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 8 of 8
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/183852
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Location
    Nusakambangan City
    Posts
    169
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 56 Mins 43 Secs

    Beda n kegunaan AVTUR, AVGAS, BENSOL (hujau n biru)tuh apa????

    Met siang temen2 modcom semua, maaf nieh sekedar minta pendapat...
    Sesuai judul diatas, sering saya terima info tp kok simpang siur (terutama peruntukannnya) mengenai bahan bakar tersebut, terutama bagi temen2 yang sudah pernah menggunakan, (biasanya untuk keperluan bahan bakar mesin yang sudah dioprek) saya minta pencerahannya dong, dan mungkin bisa kasih pendapat disini. Sekedar berbagi info yang berguna bagi kita semua moga aja bisa bermanfaat....
    Ditunggu yah....

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    KL, MY
    Posts
    4,512
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 20 Hrs 39 Mins 44 Secs
    Sekilasnya aja:
    Avtur adalah bahan bakar buat mesin pesawat jet.
    Avgas & bensol itu sama, yaitu bahan bakar mesin pesawat yg masih pake piston.
    Jadi kalo mau dipake ke mobil, pakenya yg avgas/bensol, cuman gak boleh dipake ke mobil yg udah pake catalytic converter krn avgas/bensol itu banyak timbalnya supaya oktannya tinggi banget.
    Antara bensol biru & ijo, yg ijo oktannya plg tinggi (kalo gak salah inget waktu ratingnya bisa sampe 120) sdgkan yg biru lbh rendah dari yg ijo (gak inget yg biru brp ratingnya, mungkin sekitar 105-110).

  4. #3
    Kolonel
    Location
    Perth,Australia BB Pin: 2B5CB737 YM: spoon_ivtec@yahoo.com FB: spoon_ivtec@hotmail.com
    Posts
    9,805
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by mxs141001 View Post
    Sekilasnya aja:
    Avtur adalah bahan bakar buat mesin pesawat jet.
    Avgas & bensol itu sama, yaitu bahan bakar mesin pesawat yg masih pake piston.
    Jadi kalo mau dipake ke mobil, pakenya yg avgas/bensol, cuman gak boleh dipake ke mobil yg udah pake catalytic converter krn avgas/bensol itu banyak timbalnya supaya oktannya tinggi banget.
    Antara bensol biru & ijo, yg ijo oktannya plg tinggi (kalo gak salah inget waktu ratingnya bisa sampe 120) sdgkan yg biru lbh rendah dari yg ijo (gak inget yg biru brp ratingnya, mungkin sekitar 105-110).
    kalo yg rendah atau ga ada timbal yg mana om?
    avtur ya? :confused:

  5. #4
    Mayor
    Location
    KL, MY
    Posts
    4,512
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 20 Hrs 39 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by spoon honda View Post
    kalo yg rendah atau ga ada timbal yg mana om?
    avtur ya? :confused:
    Ya avtur, tp itu buat mesin jet/turbine, bukan buat mesin piston. Cuman avtur kalo gak salah bisa dipake di mesin diesel krn mirip dgn diesel fuel. Coba aja googling kalo mau tau lbh jelasnya.

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    selatan jakarta
    Posts
    796
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 23 Hrs 33 Mins 29 Secs
    Yoy,bener bgt.. Avtur tu buat mesin turbin, jet, dll.. Karakternya mirip kerosene,jd bisa buat kompor minyak tanah juga.. Nah kalo avgas (aviation gasoline) itu yg paling ajib yg ijo.. timbalnya banyak, oktannya 100 (lean mixture), sampe 130 (wet mixture) *bahasa karburatornya setelan basah/ jrejet2 .. biasanya dipake buat pesawat yg pake piston engine.. Nah kalo yg biru sih oktannya gak tinggi2 bgt, gw lupa angka pastinya tapi gak beda jauh sama pertamax plus kok..

  7. #6
    Kopral Kepala
    Location
    DPS 0/DPS 0/DPS 0
    Posts
    155
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 26 Mins 18 Secs
    yg paling mantap tuh aroma nya....khas bgt..heheheh...

  8. #7
    Kolonel
    Location
    Perth,Australia BB Pin: 2B5CB737 YM: spoon_ivtec@yahoo.com FB: spoon_ivtec@hotmail.com
    Posts
    9,805
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 7 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by mxs141001 View Post
    Ya avtur, tp itu buat mesin jet/turbine, bukan buat mesin piston. Cuman avtur kalo gak salah bisa dipake di mesin diesel krn mirip dgn diesel fuel. Coba aja googling kalo mau tau lbh jelasnya.
    klo byk timbal ga bgs utk mesin kan?
    jd berkerak gtu?

    avtur vs avgas oktan tinggian mana?
    hehe

  9. #8
    Mayor
    Location
    KL, MY
    Posts
    4,512
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 20 Hrs 39 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by spoon honda View Post
    klo byk timbal ga bgs utk mesin kan?
    jd berkerak gtu?

    avtur vs avgas oktan tinggian mana?
    hehe
    Sebenernya sih justru bagus krn melumasi klep tp gak bagus buat kesehatan dan lingkungan krn sangat beracun! Makanya skrg gak blh pake bensin bertimbal lagi dan mobil2 udah pada pake catalytic converter shg gak bisa pake bensin bertimbal.

    Hmm gak tau oktan tinggian mana kalo antara dua itu, tp beda peruntukkan ya, jadi jgn pake avtur buat mesin mobil bensin.

 

 
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS : Avgas murni tanpa campuran surabaya only
    By JDM99 in forum Jual Beli Barang Mobil Lain-Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 4th December 2014, 14:11
  2. JuaL bensOL biru harga 25000/Liter
    By riorosandha in forum Jual Beli Barang Mobil Lain-Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 11th July 2012, 18:57
  3. FS:BENSOL BIRU sisa,beli kebanyakan
    By sutan GBU in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 93
    Last Post: 27th October 2010, 09:10
  4. WTA BENSOL BIRU
    By vauxhel in forum Diskusi Mesin
    Replies: 27
    Last Post: 4th December 2009, 23:39
  5. Replies: 2
    Last Post: 26th October 2009, 20:09
Back to top