How do I...
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 22
Thread: How do I...
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/17848
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs

    How do I...

    mesin, pada mass production cars dilimit demi tercapainya keseimbangan antara performa, efisiensi dan kenyamanan...

    tapi dikala performa jadi prioritas, bisa dilirik teori2 berikut... praktek tuning tergantung bengkel masing2 walaupun intinya sama...



    for daily use...



    mesin 4 langkah punya parts bergerak vital meliputi piston, conrod, krukas, klep, per klep, camshaft...

    dudukan parts bergerak bernama bearing..

    plat tipis untuk menyambungkan 2 parts besar untuk bernama gasket...


    hal2 yang membuat mesin menghasilkan intinya hanya dari

    a. bahan bakar... octane berpengaruh besar pada hal ini. makin tinggi makin baik.
    b. api... berasal dari sektor pengapian. makin besar, makin baik
    c. udara... atau oksigen (O2) yang menjadi kebutuhan pembakaran. makin banyak makin baik
    d. kompresi... tekanan melebihi atmosfir iniyang memadatkan campuran udara dan bahan bakar yang kemudian dinyalakan oleh api... hasil dari inilah yang berujung pada power mesin

    makin banyak atau tinggi 4 hal disebut diatas, makin besar output mesin yang dihasilkan.

    untuk mengimbangi dan efisiensi... dilakukan

    e. timing... meliputi timing dan setting berbagai hal dalam mesin seperti pengapian, derajad camshaft, valve timing, boost, dll... ini juga menyelarasan air-fuel ratio.
    f. pengurangan bobot... berat = power loss (power to weight ratio)
    g. pengurangan parts bergerak. dalam segi extreme, valve timing pada mesin modern dicabut. kurva power bwerubah. namun memudahkan setting dan dapat menerima output lebih besar serta mengurangi parts bergerak. bgitu pula mencopot AC dan powersteering.



    penjelasan lengkapnya...







    1. bagaimana menaikkan kapasitas mesin??

    mesin 4 langkah punya dimensi per silidernya dgn istilah bore x stroke...

    a. bore adalah diameter silinder dimana piston bergerak... menaikkan kapasitas mesin bisa dilakukan dengan cara bore-up atau memperbesar diameter dan mengganti piston dengan yg berdiameter lebih lebar... lebih mudah dilakukan karena gak menyentuh blok bawah

    b. stroke adalah langkah dimana piston bergerak menghisap debit udara dan bahan bakar... makin besar langkah makin besar pula kapasitas... ini biasanya dilakukan dengan mengaplikasi stroker-kit... atau mengganti conrod lebih panjang dan krukas diameter lebih besar serta piston demdek utk memastikan kompresi tetap. atau mengganti dengan piston panjang utk high comp (N/A)/low comp (forced induction)

    pembesaran kapasitas via stroke lebih aman dikarenakan diameter silinder tidak berubah... perubahan diameter silinder membuat dinding lebih mudah retak

    bore yang besar lebih identik utk power di rpm tinggi...

    sedangan stroke besar dengan krukas diameter kecil dan flywheel berat lebih identik utk torsi di rpm rendah... ini seperti halnya di mesin V8 yg mempunyai torsi besar di rpm rendah

    dan stroke besar dibanding bore atau dimensi "kotak" alias sama bore dan strokenya serta krukas diameter besar dan enteng buat torsi galak di rpm atas dan redline tinggi seperti halnya vtec di hobda

    namun kedua hal ini dapat mengubah rentan redline yang lebih tinggi


    2. apa gunanya camshaft, klep dan per klep?

    tiga serangkai ini bekerja saling membantu... camshaft mempunyai lobe yg menggerakkan klep pada sudut dan durasi tertentu dan kemudian menutup kembali dengan adanya per klep

    penggantian camshaft biasanya menaikkan sudut dan/atau durasi dimana lobe membuka klep utk menambahkan debit udara dan bahan bakar sebelum TMA... ini dapast menubah karakter mesin utk mendapatkan peak powernya... seperti mendapatkan low-end power atau high end power. dan juga dapat mengubah redline.

    penggantian klep biasanya menggunakan yg berdiameter lebih lebar... jika lebar melebihi dudukan klep di head, proses bubut dilakukan... ini bisa dilakukan dengan angle job dimana derajad dudukan klep terhadap head disesuaikan...

    per klep biasanya dganti utk mengimbangi kerja camshaft yg lebih berat... penggantian per yg lebih keras utk memberikan respon yg cepat dari klep

    stel klep adalah utk memberikan respon yang cepat/lambat dari camshaft. bukaan in dan ex berbeda utk tiap mobil. namum membesarkan in dan out ini dapat memberikan output lebih sebelum TMA

    penggantian camgear bisa dijadikan opsi utk meringankan beban mesin dan pengaturan derajad bukaan camshaft seuai keinginan. seperti mendapatkan low-end power atau high-end power ataupun mid-range power

    penggantian head dengan mesin sejenis yang mungkin mempunyai kelebihan seperti diamter lebih besar, valve lebih banyak, SOHC-DOHC pun dapat dilakukan. hal2 terrsebut dapat mengubah karakter mesin secara total.


    3. apa itu kompresi??

    kompresi itu diartikan dengan tekanan dalam silinder... teorinya adalah makin tinggi kompresi, makin besar tenaga... ada bbrp cara menaikkan kompresi

    a. paking lebih tipis... pemakaian paking tipis otomatis menaikkan kompresi walaupun sedikit... aplikasi mudah dan paling murah

    b. papas head... walaupun tidak dianjurkan karena melemahkan head itu sendiri dan jg lebih rumit karena memerlukan ketelitian agar piston tidak nyentuh klep dan/atau busi... kenaikkan kompresi beragam...

    c. aplikasi piston high-comp... piston high comp lebih dianjurkan karena tidak menyentuh blok itu sendiri...

    kompresi yang tinggi dan dipakai pada pemakaian extreme (N/A) atau boost besar dlm waktu lama... akan memberikan beban berlebh pada parts di head (klep... klo extreme sampe per klep dan bahkan camshaft) dan/atau blok bawah (piston, conrod, bearing2 bahkan krukas)... dan utamanya paking yang cepat bocor dan baut2 yang kendor


    4. kapan harus menaikkan kompresi dan kapan harus diturunkan??

    disini disaat dimana penentuan mau kemana tahap beikut mesin mau dibangun...

    a. menaikkan kompresi utk mesin yg layak disebut N/A atau naturally aspirated... kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi utk mencegahnya adanya detonasi...

    mesin dibangun N/A mempunyai membutuhkan kemampuan volumetric efisiensi melebihi mesin standar... ini harus dioptimalkan dengan adanya porting-polishing... ini adalah membuat ulang saluran intake dan/atau exhaust utk melancarkandemi kebutuhan dan menghaluskannya...

    b. menurunkan kompresi baik dilakukan utk mobil yang akan memasang forced induction... forced induction adalah memaksa udara melebihi kemampuan mesin utk menghisap yang kemudian diimbangi oleh bahan bakar dengan pembacaan dari sensor oleh ECU, atau settingan spuyer di karburator.

    udara melebihi batas ini mengakibatkan tekanan berlebih di ruang bakar. stess berlebih ini berdampak besar ke piston terutama conrod... penurunan kompresi ini meminimalkan beban yang ditangung parts tersebut. dan memberikan kemampuan untuk menerima boost lebih besar walaupun dengan efek yaitu lag... ini akan dialami mesin turbo yang berkompresi rendah.

    kompresi direndahkan lebih optimal jika dibarengioleh conrod dan piston utk low-comp serta paking yang mumpuni...


    5. kapan upgrade air-filter/replacement/cold air intake??

    a. replacement adalah menganti saringan udara standar yang lebih bagus menahan debu dan juga lebih menahan udara dengan yang lebih plong... opsi terbaik utk daily use

    b. air-filter atau ra-air intake adalah mengganti saringan udara dan memindahkan posisi saringan udara ke posisi yang lebih layak. saluran ini dapat berbahan plastik/laret/aluminium/stainless steel... lebih bagus dalam menerima udara karena lebh terbuka, namun utk harian, panas mesin ikut terhisap sehingga otomatis kadar O2 juga berkurang... performa dikala mesin panas malah bikin performa menurun

    cold-air intake adalah opsi terbaik. ini dalah membuat saluran baru dari luar body langsung ke filter. ini bisa diambil dari air-duct di bumper, bisa di grill ataupun membolongi bagian body. udara yang dihisap langsung dari luar body yang lebih dingin dari ruang mesin


    6. apa bedanya udara panas/dingin dan bensin panas/dingin??

    prinsipnya sama. makin dingin suatu zat, makin besar kadar O2. makin panas suatu zat, makin sedikit O2. mesin membutuhkan O2 sebanyak mungkin demi performa. oleh karena itu doping tenaga nitrous pun dilakukan. kegunaan wrap atau pembungkus seperti pada exhaust, intake dll adalah utk mengurangu panas yang ada di mesin dan mengurangi panas yang masuk ke mesin.

    penggunaan intercooler/aftercooler akan menaikkan performa dan menambah lag. performa nambah karena udara lebih dingin. lag akan terjadi karena udara padat akan lebih lama untuk masuk ke intake


    7. apa itu nitrous?

    mengandung N2O atau nitrous oxide. benda ini berbentuk cair dalam botol terkompresi dan langsung berubah menjadi gas saat bertemu tekanan atmosfir.

    N2O ini disuntikan dengan berbagai cara yang umumnya adalah wet, dry dan direct system.

    N2O+bahan bakar+udara+kompresi+api pada 4 langkah pertama akan memcahkan senyawa ini menjadi 2 unsur yaitu N dan O2... pada 4 langkah berikut, O2 akan menambah debit udara langsung di ruang bakar. O2 murni ini menambah debit udara langsung di silinder sehingga menimbulkan lonjakan tenaga spontan sekaligus panas berlebih. disini gunanya N atau nitrogen utk mendinginkannya


    8. apa itu porting-polishing?

    porting polish adalah serangkai yg nyaris gak terpisahkan. 2 hal ini adalah demi meningkatkan volumetric efisiensi mesin

    a. porting adalah membentuk ulang saluran intake dan/atau exhaust seusai keinginan dan kondisi mesin baik mencapaian tenaga, efisiensi maupun forced induction n N/A

    porting pada mesin N/A dan forced induction beda. porting di bagian intake untuk forced induction lebih besar dibanding N/A

    b. polishing adalah mengaluskan permukaan kasar "kulit jeruk" dibagian intake dan/atau exhaust. polishing blm dilakukan di hampir semua mass production cars kecuali sebagian mobil sport dan exotic

    porting mewajibkan polishing.


    9. kapan harus pasang piggback/standalone??

    piggyback adalah "penipu" ECU standar yang mengolah data dari sensor mobil sebelum diinput ke ECU standar. ini dapat diset oleh tuner sesuai kebutuhan. piggback sekarang punya fitur yang hampir gak kalah dibanding standlone, namun masih mempunyai batas dalam settingannya

    standalone adalah mengganti ECU pabrik dengan dasar pencapaian keharmonisan antara spek baru yang melebihi kemampuan piggyback dlm mengolah dan/atau kemampuan ECU stadar dalam menerima ubahan.

    fitur yang rata2 dimiliki adalah speed delimiter,rev delimiter, anti-lag, launch control, timing control, igintion timing, turbo module, boost controller, valve timing, nitrous, dll


    10. kapan ganti injektor, fuel pump, fuel rail, fuel pressure??

    dikala parts standar gak bisa menyanggupi keinginan ECU dalam menerima penambahan debit udara... fuel rail jarang disentuh karena rata2 masih dapat meladeni selama tidak ada ubahan extreme dan masih daily use

    a. injektor adalah parts yang menyemprotkan bahan bakar ke tiap silinder
    b. fuel rail adalah part yang meerima bahan bakar dari fuelpump dan meneruskan ke injektor
    c. fuel pump adalah pompa bensin yang mengambil bahan bakar dari tangki dan mensuplai kebutuhan debit
    d. fuel pressure adalah alat utk meningkatkan tekanan bahan bakar sebelum masuk ke injektor


    11. kenapa bubut flywheel??

    flywheel atau roda hila berhubungan dengan krukas sebelum penyaluran tenaga berlanjut ke gearbox.

    pengentengan flywheel bisa ambil part aftermarketnya atau dengan custom bubut.

    bubut rekomendasi utk harian adalah 10%-20% dari berat standar. proses bubut harus dilakukan balancing agar tidak bergetar

    penyaluran daya dari sebelum bertemu gearbox akan memberikan perubahan kurva torsi... pengentengan baik di bagian flywheel ataupun krukas akan membuat torsi maks berubah ke rpm lebih tinggi. utk harian, mobil akan lebih susah menanjak dan start pada posisi diam. namun pencapaian torsi lebih singkat dikarenakan ringannya parts bergerak ini mengurangi beban mesin utk mencapai rpm lebih tinggi dan menigkatnya juga throttle respons


    12. apa itu balancing??

    balancing adalah untuk mengurangi beban mesin dikarenakan getaran berlebih. getaran adalah tenaga yang hilang. makin kurang getaran, tenaga hilang percuma pun berkurang

    balancing atau rekonstruksi ulang mesin secara manual bisa disebut juga blueprint yang menambahkan aspek kesimbangan aspek komponen bergerak dengan blok itu sendiri dalam pencapaian output sesuai kebutuhan. contohnya seperti setting celah piston yang berbeda utk mobil harian dan mobil balap. kehamonisan ini akan berujung ke performa yang keluar seperti apa adanya dan keselarasan antara komponen2 baru dengan blok itu sendiri.

    balancing meliputi semua parts bergerak dalam blok mesin sampai drivetrain.


    13. kapan ganti knalpot??

    ganti knalpot utk performa harus ada kalkulasinya... penggantian knalpot demi performa biasanya mengakibatkan suara yang lebih keras.

    namun kalkulasi yang salah bisa mungkin mengakibatkan tenaga berkurang. jadi berisik blm tentu kenceng..

    disini adanya keuntungan dan kelemahan backpressure... tekanan balik dari exhaust sistem ke mesin ini memang merugikan. karena mencegah gas buang untuk kluar dengan cepat. namun ketiadaannya bisa berakibat menurunnya kompresi ruang bakar karena debit udara dan bensin ikut kluar sebelum klep exhaust menutup sempurna. kebutuhan backpressure berbeda utk tiap kapasitas


    14. upgrade pengapian??

    pengapian meliputi busi, kabel busi, koil, distributor dan module CDI atau platina parts ini bisa diupgrade

    namun mesin modern rata2 udh mempunyai CDI dan koil independent utk tiap silinder. ini sudah tidak perlu upgrade karena sudah optimal dan menutup semua kemungkinan upgrade kecuali utk busi

    busi bisa dicari sesuai spek yang diinginkan. celah atau gap, tpe, ukuran sesuaikan dengan mesin dan kebutuhan

    koil upgrade dengan kemampuan lebih tinggi

    kabel busi upgrade dengan yang berdiameter lebih besar dan lebih kecil. lebih baik diaplikasi dengan grounding cables. ini dikarenakan akan megalami interferensi storing dengan audio mobil


    15. settingan sesuai kebutuhan itu apa aja??


    setting yang jamak dilirik...

    a. pengapian.. ini merubah derajad pengapian... bisa diset minus bbrp derajad sampe plus bbrp deraad sebelum TMA

    b. celah klep... ini merubah kecepatan pembukaan dan penutupan klep via kerapatan klep

    c. sudut camshaft... ini diubah via cam gear... sudut derajad dimajukan atau dimundurkan sesuai end power yang diinginkan

    d. boost... ini dapat diset manual via wastegate ataupun dengan boost controller. ini memungkinkan mengubah boost yang diterima oleh mesin.

    e. valve timing... pada mesin modern, timing bukaan valve yg sudah diatur ECU dapat dioptimalkan. seperti halnya vtec honda dengan vtec controller, vafc...





    semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan... mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan atau pengetikan


    thx..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,601
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 5 Days 12 Hrs 41 Mins 47 Secs
    waw nice topic... :smt023

    btw untuk nomor 13 tentang back pressure kayaknya sangat tidak diperlukan bos...

    BACKPRESSURE = TORQUE?
    An old hot-rodder's tall tale: Engines need some backpressure to work properly and make torque. That is not true. What engines need is low backpressure, but high exhaust stream velocity. A fast-moving but free-flowing gas column in the exhaust helps create a rarefaction or a negative pressure wave behind the exhaust valve as it opens. This vacuum helps scavenge the cylinder of exhaust gas faster and more thoroughly with less pumping losses. An exhaust pipe that is too big in diameter has low backpressure but lower velocity. The low velocity reduces the effectiveness of this scavenging effect, which has the greatest impact on low-end torque.


    ini kutipan yang gw dapet dari forum di luar, semoga membantu...

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by std aja de
    waw nice topic... :smt023

    btw untuk nomor 13 tentang back pressure kayaknya sangat tidak diperlukan bos...

    BACKPRESSURE = TORQUE?
    An old hot-rodder's tall tale: Engines need some backpressure to work properly and make torque. That is not true. What engines need is low backpressure, but high exhaust stream velocity. A fast-moving but free-flowing gas column in the exhaust helps create a rarefaction or a negative pressure wave behind the exhaust valve as it opens. This vacuum helps scavenge the cylinder of exhaust gas faster and more thoroughly with less pumping losses. An exhaust pipe that is too big in diameter has low backpressure but lower velocity. The low velocity reduces the effectiveness of this scavenging effect, which has the greatest impact on low-end torque.


    ini kutipan yang gw dapet dari forum di luar, semoga membantu...
    backpressure msih dibutuhkan bos... seperti halnya mobil berisik blm tentu larinya keceng...

    diameter pipa dan muffler berbeda untuk tiap konfigurasi dan kapasitas mesin.

    ini untuk menjaga backpressure tetp ada dan juga melancarkan gas buangmelebihi spek pabrik.


    mesin dengan spek tinggi. baru tidak membutuhkan backpressure...


    klo harian masih butuh...

    dengan minimnya/tiadanya backpressure, low-end emg nambah. tp pengorbanannya di high end... ini mengakibatkan mesin jadi lebih "bodoh" diatasnya... overall, akan lebih buruk bagi tarikan panjang dan konsumsi bahan bakar itu sendiri...

  5. #4
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,601
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 5 Days 12 Hrs 41 Mins 47 Secs
    back pressure sih gak dihilangkan bos, cuman dikurangin sebisa mungkin...

    menurut gw sih bener kutipan di atas yang dibutuhkan itu kan kestabilan arus udara di dalem exhaust system untuk nguras gas sisa pembakaran...

    back pressure sih pasti tetep ada kan dari desain header tetep menghasilkan back pressure

  6. #5
    Kapten
    Location
    Somewhere In The Earth
    Posts
    2,157
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 30 Mins 11 Secs
    thx
    berguna banget nieh

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta Bogor Bandung
    Posts
    10,763
    Power
    69 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 20 Hrs 59 Mins 13 Secs
    nice topic..

    thanks
    if you have everything under control, then you don't drive fast enough

  8. #7
    Letnan Dua
    Posts
    1,224
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 10 Hrs 33 Mins 9 Secs
    nice topic... patut jd sticky kali nih....

    ada satu hal yg g pengen tanya...
    kenapa mesin D16 sama B16 output tenaganya bisa beda jauh?
    dengan kapasitas mesin yg sama, memangnya perbedaan lainnya mis desain head, cam, dll bisa berpengaruh sejauh itu? padahal komsumsi bbmnya gak jauh2 amat.... duh bner2 g gak habis pikir, DOHC Vtec...
    ada yg bisa bantu jawab or comment maybe...?

  9. #8
    Kapten
    Location
    S.O.E.R.A.B.A.I.A
    Posts
    2,207
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Hr 6 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by Hendra14
    nice topic... patut jd sticky kali nih....

    ada satu hal yg g pengen tanya...
    kenapa mesin D16 sama B16 output tenaganya bisa beda jauh?
    dengan kapasitas mesin yg sama, memangnya perbedaan lainnya mis desain head, cam, dll bisa berpengaruh sejauh itu? padahal komsumsi bbmnya gak jauh2 amat.... duh bner2 g gak habis pikir, DOHC Vtec...
    ada yg bisa bantu jawab or comment maybe...?
    perbandingannya kayak kita muter sesuatu pake satu tangan n dua tangan mana yg lebih kenceng? 1 Vs 2?

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    The macet and banjir city
    Posts
    757
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 5 Hrs 37 Mins 55 Secs
    Wah... jadi nambah banyak ilmu neh..

    Thanks Bro

  11. #10
    Kapten
    Location
    Bandung
    Posts
    2,153
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 16 Hrs 35 Mins 4 Secs
    TOP deh...
    085720525678

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
MBtech Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top