[ask] rpm naik turun waktu idle
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/175281
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta sonoan dikit
    Posts
    303
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Mins 21 Secs

    Thumbs up [ask] rpm naik turun waktu idle

    dear modcomer,

    Mau nanya neh, mobil gwe avanza vvti 1.3 thn 2006.
    Akhir2 ini gwe perhatiin kok kl waktu idle (ac mati) rpmnya naik turun, kl diliat di rpmmeter jarumnya naik turun dr dibawah 1000 trus naik smp 1000 lbh dikit trus turun lagi, begitu seterusnya, suara mesinnya jg begitu naik turun.
    Apakah ini normal ato gak ya ?
    Soalnya dulu ga begitu perhatiin sih waktu masih baru.

    Trus yg kedua, sekali2 keluar suara mencicit kaya tikus kalo ac lg nyala dan jalanan berair (mis pas hujan) dari mesin, ini jarang banget sih, tp kl dibandingin waktu baru dulu ga pernah mencicit satu kalipun. Kira2 kenapa yah?

    Thx buat pencerahannya.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kopral Kepala
    Posts
    196
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Coba bersih2x filter, tune up dulu.

    Mudah2x masalahnya hilang,
    dan problem bukan dari Airflownya.

    Bunyi mencicit, coba kasih sedikit oli bekas di belt AC tsb.

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta sonoan dikit
    Posts
    303
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Mins 21 Secs
    Quote Originally Posted by kiamad View Post
    Coba bersih2x filter, tune up dulu.

    Mudah2x masalahnya hilang,
    dan problem bukan dari Airflownya.

    Bunyi mencicit, coba kasih sedikit oli bekas di belt AC tsb.
    ini mobil servicenya rutin sesuai buku pedoman dari toyota.
    Kira2 knp ya.

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 6 Hrs 20 Mins 3 Secs
    Bisa dari setelan C0 yang gak pas atau dari airflow sensor tuh, bos.
    Coba aja di tune-up dulu pake Lambda. Mudah2an sih bukan AFSnya.

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta sonoan dikit
    Posts
    303
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Mins 21 Secs
    Quote Originally Posted by Turbo_inside View Post
    Bisa dari setelan C0 yang gak pas atau dari airflow sensor tuh, bos.
    Coba aja di tune-up dulu pake Lambda. Mudah2an sih bukan AFSnya.
    afs apaan tuh bro?

  7. #6
    Kopral Kepala
    Posts
    196
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by pr3m4n View Post
    ini mobil servicenya rutin sesuai buku pedoman dari toyota.
    Kira2 knp ya.
    Gak jaminan bro,
    beres itu menang tempat dan fasilitas/alat lengkap.

    Tapi kadang skill dan kemampuan mekaniknya,
    ntah kenapa,
    pengalaman saya dengan beberapa beres (Toyota, Daihatsu, Mitsubishi),
    tdk pernah memuaskan .......

  8. #7
    Kopral Satu
    Posts
    72
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Talking

    Quote Originally Posted by pr3m4n View Post
    dear modcomer,

    Mau nanya neh, mobil gwe avanza vvti 1.3 thn 2006.
    Akhir2 ini gwe perhatiin kok kl waktu idle (ac mati) rpmnya naik turun, kl diliat di rpmmeter jarumnya naik turun dr dibawah 1000 trus naik smp 1000 lbh dikit trus turun lagi, begitu seterusnya, suara mesinnya jg begitu naik turun.
    Apakah ini normal ato gak ya ?
    Soalnya dulu ga begitu perhatiin sih waktu masih baru.

    Trus yg kedua, sekali2 keluar suara mencicit kaya tikus kalo ac lg nyala dan jalanan berair (mis pas hujan) dari mesin, ini jarang banget sih, tp kl dibandingin waktu baru dulu ga pernah mencicit satu kalipun. Kira2 kenapa yah?

    Thx buat pencerahannya.


    Sebelumnya salam kenal

    Bos hal ini sama terjadi waktu gw punya Mazda Astina sm Great Corrola dulu.

    1. Untuk masalah Rpm naik turun coba check Injectornya mampet apa gx ?? Atau Injectornya masih layak atau gx ??

    2. Masih seputar Rpm naik turun, hal terburuk yang gw takutin adalah ECU bos dah kena.



    Bunyi Ngedecit tikus kejepit asalnya dari mesin pas nyalain AC aja atau tetep bunyi cit cit...walau AC mati ????

    Kalo cuma bunyi pas Nyalain AC aja, Bos Ganti Laher Pulley ACnya...sm Pully tensionernya (bentuknya paling kecil, biasanya sebagai peregang Tali Kipas yang menghubungkan Pully Mesin dengan Pully AC atau Pully power steering).

    Note : Jangan sepelekan masalah laher pulley, penyebab laher Pulley AC jadi bunyi adalah Pulley TENSIONER yang ukurannya kecil.

    Kronologis : Awalnya tuh pully tensioner yang getar..., karena sulit untuk diketahui kondisi pulley tersebut masih layak atau gx. Kebanyakan orang menyepelkannya, padahal getaran pulley tensioner yang kecil tersebut akan mempengaruhi gerak tali kipas yang menghubungkan Pully Mesin dengan Pully AC.., getaran Pully tensioner yang rusak dihantarkan oleh tali kipas yang ikut bergetar ke Pully Ac, sehingga lambat laun Laher Pully AC ikut Goyang, dan jika sudah kena akan timbul suara berdecit. Dan Jika sudah berdecit, saya sarankan untuk ganti Laher Pully AC dan Pully Tensioner yang rusak, karena jika tidak..maka karet dan magnet pad motor AC akan terkikis akbiat tersentuh gerakan piringan laher yang bergetar akibat pengaruh getaran Pully Tensioner tersebut, dan lambat laun magnet motor Ac anda akan jebol.

    Dan jika sudah terlambat maka anda perlu ganti full set Baru motor AC berikut pullynya dengan harga sekitar 2,5 jt

    NB : estimasi penggantian biaya pully tensioner dengan Laher Pully AC adalah sebesar 450rb. paling mahal 700rb patokannya hanya untuk mobil avanza punya bos ya...(tanya-tanya sam tukang servis AC pasti tau) diatas harga segitu...berarti gx wajar harganya...

  9. #8
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta sonoan dikit
    Posts
    303
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Mins 21 Secs
    Quote Originally Posted by dimasip View Post
    Sebelumnya salam kenal

    Bos hal ini sama terjadi waktu gw punya Mazda Astina sm Great Corrola dulu.

    1. Untuk masalah Rpm naik turun coba check Injectornya mampet apa gx ?? Atau Injectornya masih layak atau gx ??

    2. Masih seputar Rpm naik turun, hal terburuk yang gw takutin adalah ECU bos dah kena.



    Bunyi Ngedecit tikus kejepit asalnya dari mesin pas nyalain AC aja atau tetep bunyi cit cit...walau AC mati ????

    Kalo cuma bunyi pas Nyalain AC aja, Bos Ganti Laher Pulley ACnya...sm Pully tensionernya (bentuknya paling kecil, biasanya sebagai peregang Tali Kipas yang menghubungkan Pully Mesin dengan Pully AC atau Pully power steering).

    Note : Jangan sepelekan masalah laher pulley, penyebab laher Pulley AC jadi bunyi adalah Pulley TENSIONER yang ukurannya kecil.

    Kronologis : Awalnya tuh pully tensioner yang getar..., karena sulit untuk diketahui kondisi pulley tersebut masih layak atau gx. Kebanyakan orang menyepelkannya, padahal getaran pulley tensioner yang kecil tersebut akan mempengaruhi gerak tali kipas yang menghubungkan Pully Mesin dengan Pully AC.., getaran Pully tensioner yang rusak dihantarkan oleh tali kipas yang ikut bergetar ke Pully Ac, sehingga lambat laun Laher Pully AC ikut Goyang, dan jika sudah kena akan timbul suara berdecit. Dan Jika sudah berdecit, saya sarankan untuk ganti Laher Pully AC dan Pully Tensioner yang rusak, karena jika tidak..maka karet dan magnet pad motor AC akan terkikis akbiat tersentuh gerakan piringan laher yang bergetar akibat pengaruh getaran Pully Tensioner tersebut, dan lambat laun magnet motor Ac anda akan jebol.

    Dan jika sudah terlambat maka anda perlu ganti full set Baru motor AC berikut pullynya dengan harga sekitar 2,5 jt

    NB : estimasi penggantian biaya pully tensioner dengan Laher Pully AC adalah sebesar 450rb. paling mahal 700rb patokannya hanya untuk mobil avanza punya bos ya...(tanya-tanya sam tukang servis AC pasti tau) diatas harga segitu...berarti gx wajar harganya...
    Wah, detail banget informasinya. thx banget.
    Untuk dua problem tsb, sebaiknya saya langsung cek ke bengkel resmi apa ke bengkel umum aja ya ?

  10. #9
    Kopral Satu
    Posts
    72
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Smile

    Quote Originally Posted by pr3m4n View Post
    Wah, detail banget informasinya. thx banget.
    Untuk dua problem tsb, sebaiknya saya langsung cek ke bengkel resmi apa ke bengkel umum aja ya ?
    oke bos sama-sama..

    Rekomendasi : kalo budget bos cukup banyak atau banyak bangetzzzzz hehehe...:eek::eek: , ogut saranin ya ke bengkel resmi.

    tp kalo bos lebih suka ke bengkel umum bisa juga (tp yang high recomended ya-jangan asal bengkel umum ya).

    Pertimbangan Bengkel Resmi / Umum :
    - Bengkel resmi itu gx ribet, tinggal datang sampaikan keluhan pasti Doi bos langsung di bedah, kemudian part kendaraan yang dibedah sudah pasti ready stock, finally bos bisa duduk manis ngopi-ngopi baca koran sambil nunggu doi selesai dibedah

    - Bengkel Umum yang recomended, bos harus janjian dulu biasanya untuk booking service.. karena tuh bengkel pasti rame terus.., kemudian part yang dibutuhkan rata-rata tidak ready stock. karena pasti laris terus.

    soal kualitas keduanya gx ada beda, bengkel resmi pasti memberikan garansi service sama halnya dengan bengkel umum yang di recomended..(pengalaman lapangan : baik bengkel resmi / umum recomended, biasanya memiliki jagoan tekhnisi yang skillnya sudah tidak diragukan lagi...) intinya cuma beda paltform resmi dan umum.

    soal pilihan bengkel umum yang high recomended Bos bisa tanya-tanya dengan modcomers yang lain mengenai bengkel umum yang direkomendasikan sesuai dengan wilayah tempat bos tinggal.

    jadi pilihan opsi ada ditangan bos...

  11. #10
    Kopral Satu
    Posts
    72
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Smile

    Quote Originally Posted by kiamad View Post
    Coba bersih2x filter, tune up dulu.

    Mudah2x masalahnya hilang,
    dan problem bukan dari Airflownya.

    Bunyi mencicit, coba kasih sedikit oli bekas di belt AC tsb.
    ide bos boleh juga nih..

    Sekedar menambahkan.. Kalo hanya bunyi dari belt aja.. berarti pemasangan belt tidak sempurna alias agak kendor..

    Solusi : kencangkan posisi belt (minta sm montir trus kasih duit rokok ceban juga mau) atau ganti belt baru bila kondisi belt agak retak-retak..(saran sih 2x ganti Oli belt diganti 1x, toh fan belt atau belt Ac atau belt power steering gx mahal-mahal bngt, kecuali timming belt agak mahal-karena materialnya agak lebih solid)


    Note : untuk menambahkan Oli ke belt saya rasa itu kurang tepat, material belt mirip dengan Ban mobil..waterproof tapi gx Oil resistant,dimana kalo kena minyak..justru malah selip terus.., intinya fan belt itu harus kenceng, kering..keset and rapet.. heheheh

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. (ask) idle c200 '97 naek turun
    By smj75 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 3
    Last Post: 29th November 2010, 22:41
  2. (help) masalah stater dingin dan idle naek turun
    By WRX in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 15th May 2010, 20:26
  3. WTA: idle kadang turun
    By tiar in forum Diskusi Mesin
    Replies: 11
    Last Post: 2nd June 2008, 20:50
  4. RPM naik/ turun pada saat idle dan AC on
    By davey in forum Diskusi Mesin
    Replies: 6
    Last Post: 14th February 2008, 00:51
  5. Mesin Panther drop waktu idle, kondisi baru start/dingin
    By willy.parman in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 17th January 2007, 06:39
Back to top