Cartens
RS Speed
TimeAttack CK & DRD Rims Center

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 49 12345 ... LastLast
Results 1 to 15 of 725
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/174152
  • Share on facebook
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Pertanyaan2 Seputar Perawatan Spooring & Balancing

    Apa itu wheel alignment/ spooring?

    Wheel alignment/ spooring adalah proses untuk mengembalikan sudut2 kaki2 mobil, yang sudah tidak beraturan lage, kembali ke setelan standard pabrik/ default, atau sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik mobil.

    Kapan wheel alignment/ spooring harus dilakukan?

    Mengingat kondisi jalanan ibukota kita ini hampir seluruhnya nggak semulus dada cewek cungkuo atau artis bokep import..., wheel alignment/ spooring amat disarankan dilakukan setiap 1 bulan sekali ( jika mobil dipakai setiap hari ) dan pada saat :

    1. Setelah pergantian parts kaki2 mobil seperti suspensi, per, tie dan long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll.

    2. Setelah melakukan pergantian velg, baik dari diameter standard ke diameter yang lebih besar maupun sebaliknya.

    3. Jika mobil sering dipakai kebut2an atau menikung dengan kecepatan tinggi.

    4. Jika mobil sering membawa beban berlebihan dari kapasitas maksimum mobil ( seperti penumpang ataupun barang/ sound system ).

    5. Jika mobil ente mengaplikasikan sudut chamber yang besar.

    6. Jika mobil sering ente serudukin ke jalanan berlobang seukuran lebih jumbo darepada lobang janda ato bekas tambalan jalan yang sudut nya gak serata PALKON...

    Jika handling mobil masih terasa baik2 saja, apakah kita gak perlu rutin melakukan wheel alignment/ spooring?

    Ente pikir jika mobil ente kendarai setiap hare dan handling nya baik2 aja, itu berarti jaminan 100% kondisi parts kaki2 boil ente sehat2 aja? Maap, ente salah besar, kang. Pernah dengar istilah Mencegah jauh lebih baik darepada mengobati? . nah, jika ada salah 1 komponen parts kaki2 mobil ente yang sudah tewas, tapi belum terasa pada handling mobil ente, mau tunggu sampai semua komponen parts kaki2 mobil ente tewas dolo semuanya?

    Apa akibat jika lalai melakukan wheel alignment/ spooring secara rutin biarpun handling mobil ente masih terasa baik2 saja?

    1. Ente jadi bahan sumpah serapahan pengemudi lain dibelakang mobil ente dan ente pusing mencari bantuan.

    Contoh : Saat ente mengendarai boil ente pada kecepatan rendah, karena ente lalai melakukan general check up/ wheel alignment kaki2 mobil ente secara rutin, tiba2 dudukan shock mobil ente goyang. Imbas selanjutnya tie rod dan long tie rod mobil ente jadi ikut goyang dan membuat pegangan nya tidak kuat kepada batang as setir. Kemudian berlanjut kepada bearing/ laher roda ente jadi godek, dan velg ente mulai goyang ngebor. Saat velg ente goyang ngebor perlahan tapi pasti, baut2 velg ente gak kuat lage memegang velg mobil ente, dan as roda mobil ente mulai gak stabil akibat goyangan ngebor velg ente.

    Nah, tiba2 mobil ente nyunsep di jalan, dan ente ngeliat VELG MOBIL ENTE GELINDING SENDIRI DAN SUSPENSI MOBIL ENTE PATAH.

    Kalau sudah kejadian kayak gini, ente mao jawab apa lage ama ane....

    2. Nyawa ente melayang konyol.

    Ini buat ente yang doyan ngebut. Anggap saja kejadian nya sama seperti di point 1 diatas, Cuma kejadian nya pas kecepatan sedang atau tinggi. Pertanyaan ane : PERNAH LIAT MOBIL SALTO DI UDARA TERUS JUNGKIR BALIK DI JALANAN? GIMANA KALAU KEJADIAN ITU TERJADI AMA MOBIL ENTE, KANG...atau mao nunggu dolo sampai ente ngalamin langsung...

    3. Mobil ente minta kenaikan uang jajan

    Saat ente ngecek kondisi kaki2 boil ente di bengkel, tiba2 terdeteksi bahwa tie rod mobil ente uda tewas. Anggap saja harga tie rod mobil ente 300 rb. Tapi ente nunda ganti dolo dengan alasan lage gak ada duit. Tapiiiiiiiiiii...Bego nya ente, uda tao tie rod mobil ente uda tewas, masih aja dipake jalan tiap hare, bukan nya dikandangin dolo. Pas sebulan kemudian, ente coba bawa ke bengkel lage, jangan kaget kalo daftar parts kaki2 boil ente yang uda tewas bertambah lage kawan2nya dari tie rod, long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll, yang mengakibatkan tagihannya naek dari 300 ribu menjadi 3 juta, belom termasuk ongkos perbaikannya lage. Jadi, itu yang ente mao, kang....

    Apa itu wheel balancing?

    Wheel balancing adalah proses untuk mencari titik berat utama velg ente kembali ke titik yang ideal, setelah berubah akibat benturan yang diterima oleh velg dan ban, saat melewati kondisi jalanan yang rusak/ tidak rata.

    Apa gunanya wheel balancing?

    Wheel balancing berguna untuk meratakan jumlah putaran/ rotasi velg dan ban mobil ente di sisi kiri dan kanan, agar handling menjadi sama rata antara bagian sisi kiri dan kanan mobil ente. Selain itu, berguna untuk menjaga agar bagian alur grip ban mobil ente sama rata habis nya. wheel balancing hasilnya akan lebih maksimal, jika kondisi alur grip ban mobil ente sama di setiap sisi nya, agar tidak terjadi kepincangan. Karena perbedaan 1/ 1000 mm saja pada kondisi alur grip ban mobil ente tidak sama rata, maka hasil balancingnya akan kurang maksimal antara sisi kiri dan kanan mobil ente. Solusinya? Gantilah dengan ban baru....

    Apa akibat jika lalai rutin melakukan wheel balancing?

    Satu hal yang pasti, velg ente akan terasa bergetar akibat sudah tidak seimbangnya rasio putaran velg dan ban mobil ente antara dibagian sebelah kiri dan kanan. Selain itu berimbas kepada umur pakai ban mobil ente akan jauh lebih pendek.

    Kenapa saat setelah selesai melakukan wheel alignment/ spooring, ada saja setir rasanya masih kurang lurus sehingga harus bolak balik menyetting ulang, padahal sudah menggunakan alat spooring yang canggih?

    Begini, alat wheel alignment/ spooring canggih, salah 1 gunanya hanya untuk MENDETEKSI perubahan2 sudut main kaki2 mobil ente aja, kang. Bukan Jaminan 100% kalau setir mobil ente langsung lurus. Karena penyetelan untuk meluruskan setir, berada pada Long tie rod dan itu memerlukan penyetelan dengan Feeling mekanik itu sendiri, namun si alat wheel alignment/ spooring ini membantu menunjukkan seberapa jauh pelencengan sudut miring setirnya pada layar display.

    Mendapatkan sudut setir yang lurus itu susah2 gampang. Kadangkala kita bisa hoki sekali setel langsung dapat sudut setir nya. kadang juga harus berkali kali trial and error. Anggap saja mencari sudut setir yang lurus itu seperti mencari settingan turbo ( bagi penggemar kecepatan ) atau settingan audio ( bagi penggemar audio ), yang butuh bolak balik trial and error dalam proses mencari settingan yang ideal nya.

    Beberapa pelanggan setia ane, sering SALAH PAHAM akan hal ini, sehingga mereka menulis complaint kekecewaan akan hal ini di thread ane. Ya memang mereka gak salah sih, dan ane juga tetap dengan sabar untuk menjelaskannya kepada mereka. Cuma SAYANGNYA, setelah sudah mendapat penjelasan dan yang bersangkutan sudah merasa jelas, dan setir mobil nya sudah di tangani oleh rekan mekanik ane dan hasilnya sudah ok, yang bersangkutan LUPA untuk mengoreksi tulisannya pada thread yang pernah dia tulis sebelonnya, sehingga mengakibatkan SALAH PAHAM pada Modcomers laennya, yang membaca thread ane ini.

    Beberapa hal yang ane pernah temui yang mengakibatkan susahnya mendapat setelan setir lurus diantaranya :

    1. Kondisi part kaki2 mobil ( misal komponen sebelah kanan masih sehat, yang sebelah kiri uda sehat ), tapi masih dalam batas toleransi untuk proses wheel alignment/ spooring.

    2. Kondisi jalanan yang sering dilalui oleh pelanggan ane ( misal sudut jalanan yang miring sebelah )

    3. Kondisi struktur chassis mobil, yang terlahir cacat produksi dari pabrikannya ( ini dari pengalaman salah satu rekan mekanik ane, yang pernah bekerja di bengkel resmi pusat suatu merk mobil di indo )

    4. Kondisi struktur chassis mobil bekas serempetan/ tabrakan, yang setelah diperbaiki, masih ada pelencengan 1/ 1000 mm dari sudut chassis lurus orisinil pabrikan nya.

    Seperti apa contoh2 hasil jika ente tetap membandel kalo dinasehatin ama ane...

    Mangga ketik nick ane di search page, dan cari thread ane yang berjudul Kebiasaan buruk pengendara mobil di indo . Disitu ane ada sharing pengalaman beberapa pelanggan2 setia ane sebelonnya, yang bandel kalo ane bilangin berikut nasep2nya ( true story lhoooooooo, ama orang2nya mase idup ampe saat ini, kang )....

    Mangga juga search thread ane yang berjudul Kelalaian perawatan kaki2 mobil yang sering dianggap remeh oleh pengendara mobil di indo dan Beberapa akibat kelalaian perawatan kaki2 mobil . Cobalah simak seluruh point tulisan2 ane disitu dan jangan tunda lebih lama lage untuk mengecek kondisi kaki2 mobil ente demi kebaikan ente sendiri. semoga bisa menambah pengetahuan ente mengenai penting nya perawatan rutin kaki2 mobil. Matur nuwun pisan semuanya...

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    Apa itu wheel alignment/ spooring?

    Wheel alignment/ spooring adalah proses untuk mengembalikan sudut2 kaki2 mobil, yang sudah tidak beraturan lage, kembali ke setelan standard pabrik/ default, atau sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik mobil.

    Kapan wheel alignment/ spooring harus dilakukan?

    Mengingat kondisi jalanan ibukota kita ini hampir seluruhnya nggak semulus dada cewek cungkuo atau artis bokep import..., wheel alignment/ spooring amat disarankan dilakukan setiap 1 bulan sekali ( jika mobil dipakai setiap hari ) dan pada saat :

    1. Setelah pergantian parts kaki2 mobil seperti suspensi, per, tie dan long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll.

    2. Setelah melakukan pergantian velg, baik dari diameter standard ke diameter yang lebih besar maupun sebaliknya.

    3. Jika mobil sering dipakai kebut2an atau menikung dengan kecepatan tinggi.

    4. Jika mobil sering membawa beban berlebihan dari kapasitas maksimum mobil ( seperti penumpang ataupun barang/ sound system ).

    5. Jika mobil ente mengaplikasikan sudut chamber yang besar.

    6. Jika mobil sering ente serudukin ke jalanan berlobang seukuran lebih jumbo darepada lobang janda ato bekas tambalan jalan yang sudut nya gak serata PALKON...

    Jika handling mobil masih terasa baik2 saja, apakah kita gak perlu rutin melakukan wheel alignment/ spooring?

    Ente pikir jika mobil ente kendarai setiap hare dan handling nya baik2 aja, itu berarti jaminan 100% kondisi parts kaki2 boil ente sehat2 aja? Maap, ente salah besar, kang. Pernah dengar istilah Mencegah jauh lebih baik darepada mengobati? . nah, jika ada salah 1 komponen parts kaki2 mobil ente yang sudah tewas, tapi belum terasa pada handling mobil ente, mau tunggu sampai semua komponen parts kaki2 mobil ente tewas dolo semuanya?

    Apa akibat jika lalai melakukan wheel alignment/ spooring secara rutin biarpun handling mobil ente masih terasa baik2 saja?

    1. Ente jadi bahan sumpah serapahan pengemudi lain dibelakang mobil ente dan ente pusing mencari bantuan.

    Contoh : Saat ente mengendarai boil ente pada kecepatan rendah, karena ente lalai melakukan general check up/ wheel alignment kaki2 mobil ente secara rutin, tiba2 dudukan shock mobil ente goyang. Imbas selanjutnya tie rod dan long tie rod mobil ente jadi ikut goyang dan membuat pegangan nya tidak kuat kepada batang as setir. Kemudian berlanjut kepada bearing/ laher roda ente jadi godek, dan velg ente mulai goyang ngebor. Saat velg ente goyang ngebor perlahan tapi pasti, baut2 velg ente gak kuat lage memegang velg mobil ente, dan as roda mobil ente mulai gak stabil akibat goyangan ngebor velg ente.

    Nah, tiba2 mobil ente nyunsep di jalan, dan ente ngeliat VELG MOBIL ENTE GELINDING SENDIRI DAN SUSPENSI MOBIL ENTE PATAH.

    Kalau sudah kejadian kayak gini, ente mao jawab apa lage ama ane....

    2. Nyawa ente melayang konyol.

    Ini buat ente yang doyan ngebut. Anggap saja kejadian nya sama seperti di point 1 diatas, Cuma kejadian nya pas kecepatan sedang atau tinggi. Pertanyaan ane : PERNAH LIAT MOBIL SALTO DI UDARA TERUS JUNGKIR BALIK DI JALANAN? GIMANA KALAU KEJADIAN ITU TERJADI AMA MOBIL ENTE, KANG...atau mao nunggu dolo sampai ente ngalamin langsung...

    3. Mobil ente minta kenaikan uang jajan

    Saat ente ngecek kondisi kaki2 boil ente di bengkel, tiba2 terdeteksi bahwa tie rod mobil ente uda tewas. Anggap saja harga tie rod mobil ente 300 rb. Tapi ente nunda ganti dolo dengan alasan lage gak ada duit. Tapiiiiiiiiiii...Bego nya ente, uda tao tie rod mobil ente uda tewas, masih aja dipake jalan tiap hare, bukan nya dikandangin dolo. Pas sebulan kemudian, ente coba bawa ke bengkel lage, jangan kaget kalo daftar parts kaki2 boil ente yang uda tewas bertambah lage kawan2nya dari tie rod, long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll, yang mengakibatkan tagihannya naek dari 300 ribu menjadi 3 juta, belom termasuk ongkos perbaikannya lage. Jadi, itu yang ente mao, kang....

    Apa itu wheel balancing?

    Wheel balancing adalah proses untuk mencari titik berat utama velg ente kembali ke titik yang ideal, setelah berubah akibat benturan yang diterima oleh velg dan ban, saat melewati kondisi jalanan yang rusak/ tidak rata.

    Apa gunanya wheel balancing?

    Wheel balancing berguna untuk meratakan jumlah putaran/ rotasi velg dan ban mobil ente di sisi kiri dan kanan, agar handling menjadi sama rata antara bagian sisi kiri dan kanan mobil ente. Selain itu, berguna untuk menjaga agar bagian alur grip ban mobil ente sama rata habis nya. wheel balancing hasilnya akan lebih maksimal, jika kondisi alur grip ban mobil ente sama di setiap sisi nya, agar tidak terjadi kepincangan. Karena perbedaan 1/ 1000 mm saja pada kondisi alur grip ban mobil ente tidak sama rata, maka hasil balancingnya akan kurang maksimal antara sisi kiri dan kanan mobil ente. Solusinya? Gantilah dengan ban baru....

    Apa akibat jika lalai rutin melakukan wheel balancing?

    Satu hal yang pasti, velg ente akan terasa bergetar akibat sudah tidak seimbangnya rasio putaran velg dan ban mobil ente antara dibagian sebelah kiri dan kanan. Selain itu berimbas kepada umur pakai ban mobil ente akan jauh lebih pendek.

    Kenapa saat setelah selesai melakukan wheel alignment/ spooring, ada saja setir rasanya masih kurang lurus sehingga harus bolak balik menyetting ulang, padahal sudah menggunakan alat spooring yang canggih?

    Begini, alat wheel alignment/ spooring canggih, salah 1 gunanya hanya untuk MENDETEKSI perubahan2 sudut main kaki2 mobil ente aja, kang. Bukan Jaminan 100% kalau setir mobil ente langsung lurus. Karena penyetelan untuk meluruskan setir, berada pada Long tie rod dan itu memerlukan penyetelan dengan Feeling mekanik itu sendiri, namun si alat wheel alignment/ spooring ini membantu menunjukkan seberapa jauh pelencengan sudut miring setirnya pada layar display.

    Mendapatkan sudut setir yang lurus itu susah2 gampang. Kadangkala kita bisa hoki sekali setel langsung dapat sudut setir nya. kadang juga harus berkali kali trial and error. Anggap saja mencari sudut setir yang lurus itu seperti mencari settingan turbo ( bagi penggemar kecepatan ) atau settingan audio ( bagi penggemar audio ), yang butuh bolak balik trial and error dalam proses mencari settingan yang ideal nya.

    Beberapa pelanggan setia ane, sering SALAH PAHAM akan hal ini, sehingga mereka menulis complaint kekecewaan akan hal ini di thread ane. Ya memang mereka gak salah sih, dan ane juga tetap dengan sabar untuk menjelaskannya kepada mereka. Cuma SAYANGNYA, setelah sudah mendapat penjelasan dan yang bersangkutan sudah merasa jelas, dan setir mobil nya sudah di tangani oleh rekan mekanik ane dan hasilnya sudah ok, yang bersangkutan LUPA untuk mengoreksi tulisannya pada thread yang pernah dia tulis sebelonnya, sehingga mengakibatkan SALAH PAHAM pada Modcomers laennya, yang membaca thread ane ini.

    Beberapa hal yang ane pernah temui yang mengakibatkan susahnya mendapat setelan setir lurus diantaranya :

    1. Kondisi part kaki2 mobil ( misal komponen sebelah kanan masih sehat, yang sebelah kiri uda sehat ), tapi masih dalam batas toleransi untuk proses wheel alignment/ spooring.

    2. Kondisi jalanan yang sering dilalui oleh pelanggan ane ( misal sudut jalanan yang miring sebelah )

    3. Kondisi struktur chassis mobil, yang terlahir cacat produksi dari pabrikannya ( ini dari pengalaman salah satu rekan mekanik ane, yang pernah bekerja di bengkel resmi pusat suatu merk mobil di indo )

    4. Kondisi struktur chassis mobil bekas serempetan/ tabrakan, yang setelah diperbaiki, masih ada pelencengan 1/ 1000 mm dari sudut chassis lurus orisinil pabrikan nya.

    Seperti apa contoh2 hasil jika ente tetap membandel kalo dinasehatin ama ane...

    Mangga ketik nick ane di search page, dan cari thread ane yang berjudul Kebiasaan buruk pengendara mobil di indo . Disitu ane ada sharing pengalaman beberapa pelanggan2 setia ane sebelonnya, yang bandel kalo ane bilangin berikut nasep2nya ( true story lhoooooooo, ama orang2nya mase idup ampe saat ini, kang )....

    Mangga juga search thread ane yang berjudul Kelalaian perawatan kaki2 mobil yang sering dianggap remeh oleh pengendara mobil di indo dan Beberapa akibat kelalaian perawatan kaki2 mobil . Cobalah simak seluruh point tulisan2 ane disitu dan jangan tunda lebih lama lage untuk mengecek kondisi kaki2 mobil ente demi kebaikan ente sendiri. semoga bisa menambah pengetahuan ente mengenai penting nya perawatan rutin kaki2 mobil. Matur nuwun pisan semuanya...
    ----------

    Apppppppppppp...

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    ----------

    Apppppppppppp...
    --------

    Apppppppp lageeeeeeee...

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    --------

    Apppppppp lageeeeeeee...
    ---------

    Appppppppppp...appppppppp...

  6. #5
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    ---------

    Appppppppppp...appppppppp...
    -------

    Mangapppppppppp...

  7. #6
    Kopral Kepala
    Location
    Manado
    Posts
    142
    Power
    Online
    4 Days 15 Hrs 5 Mins 58 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    Apa itu wheel alignment/ spooring?

    Wheel alignment/ spooring adalah proses untuk mengembalikan sudut2 kaki2 mobil, yang sudah tidak beraturan lage, kembali ke setelan standard pabrik/ default, atau sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik mobil.

    Kapan wheel alignment/ spooring harus dilakukan?

    Mengingat kondisi jalanan ibukota kita ini hampir seluruhnya nggak semulus dada cewek cungkuo atau artis bokep import..., wheel alignment/ spooring amat disarankan dilakukan setiap 1 bulan sekali ( jika mobil dipakai setiap hari ) dan pada saat :

    1. Setelah pergantian parts kaki2 mobil seperti suspensi, per, tie dan long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll.

    2. Setelah melakukan pergantian velg, baik dari diameter standard ke diameter yang lebih besar maupun sebaliknya.

    3. Jika mobil sering dipakai kebut2an atau menikung dengan kecepatan tinggi.

    4. Jika mobil sering membawa beban berlebihan dari kapasitas maksimum mobil ( seperti penumpang ataupun barang/ sound system ).

    5. Jika mobil ente mengaplikasikan sudut chamber yang besar.

    6. Jika mobil sering ente serudukin ke jalanan berlobang seukuran lebih jumbo darepada lobang janda ato bekas tambalan jalan yang sudut nya gak serata PALKON...

    Jika handling mobil masih terasa baik2 saja, apakah kita gak perlu rutin melakukan wheel alignment/ spooring?

    Ente pikir jika mobil ente kendarai setiap hare dan handling nya baik2 aja, itu berarti jaminan 100% kondisi parts kaki2 boil ente sehat2 aja? Maap, ente salah besar, kang. Pernah dengar istilah Mencegah jauh lebih baik darepada mengobati? . nah, jika ada salah 1 komponen parts kaki2 mobil ente yang sudah tewas, tapi belum terasa pada handling mobil ente, mau tunggu sampai semua komponen parts kaki2 mobil ente tewas dolo semuanya?

    Apa akibat jika lalai melakukan wheel alignment/ spooring secara rutin biarpun handling mobil ente masih terasa baik2 saja?

    1. Ente jadi bahan sumpah serapahan pengemudi lain dibelakang mobil ente dan ente pusing mencari bantuan.

    Contoh : Saat ente mengendarai boil ente pada kecepatan rendah, karena ente lalai melakukan general check up/ wheel alignment kaki2 mobil ente secara rutin, tiba2 dudukan shock mobil ente goyang. Imbas selanjutnya tie rod dan long tie rod mobil ente jadi ikut goyang dan membuat pegangan nya tidak kuat kepada batang as setir. Kemudian berlanjut kepada bearing/ laher roda ente jadi godek, dan velg ente mulai goyang ngebor. Saat velg ente goyang ngebor perlahan tapi pasti, baut2 velg ente gak kuat lage memegang velg mobil ente, dan as roda mobil ente mulai gak stabil akibat goyangan ngebor velg ente.

    Nah, tiba2 mobil ente nyunsep di jalan, dan ente ngeliat VELG MOBIL ENTE GELINDING SENDIRI DAN SUSPENSI MOBIL ENTE PATAH.

    Kalau sudah kejadian kayak gini, ente mao jawab apa lage ama ane....

    2. Nyawa ente melayang konyol.

    Ini buat ente yang doyan ngebut. Anggap saja kejadian nya sama seperti di point 1 diatas, Cuma kejadian nya pas kecepatan sedang atau tinggi. Pertanyaan ane : PERNAH LIAT MOBIL SALTO DI UDARA TERUS JUNGKIR BALIK DI JALANAN? GIMANA KALAU KEJADIAN ITU TERJADI AMA MOBIL ENTE, KANG...atau mao nunggu dolo sampai ente ngalamin langsung...

    3. Mobil ente minta kenaikan uang jajan

    Saat ente ngecek kondisi kaki2 boil ente di bengkel, tiba2 terdeteksi bahwa tie rod mobil ente uda tewas. Anggap saja harga tie rod mobil ente 300 rb. Tapi ente nunda ganti dolo dengan alasan lage gak ada duit. Tapiiiiiiiiiii...Bego nya ente, uda tao tie rod mobil ente uda tewas, masih aja dipake jalan tiap hare, bukan nya dikandangin dolo. Pas sebulan kemudian, ente coba bawa ke bengkel lage, jangan kaget kalo daftar parts kaki2 boil ente yang uda tewas bertambah lage kawan2nya dari tie rod, long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll, yang mengakibatkan tagihannya naek dari 300 ribu menjadi 3 juta, belom termasuk ongkos perbaikannya lage. Jadi, itu yang ente mao, kang....

    Apa itu wheel balancing?

    Wheel balancing adalah proses untuk mencari titik berat utama velg ente kembali ke titik yang ideal, setelah berubah akibat benturan yang diterima oleh velg dan ban, saat melewati kondisi jalanan yang rusak/ tidak rata.

    Apa gunanya wheel balancing?

    Wheel balancing berguna untuk meratakan jumlah putaran/ rotasi velg dan ban mobil ente di sisi kiri dan kanan, agar handling menjadi sama rata antara bagian sisi kiri dan kanan mobil ente. Selain itu, berguna untuk menjaga agar bagian alur grip ban mobil ente sama rata habis nya. wheel balancing hasilnya akan lebih maksimal, jika kondisi alur grip ban mobil ente sama di setiap sisi nya, agar tidak terjadi kepincangan. Karena perbedaan 1/ 1000 mm saja pada kondisi alur grip ban mobil ente tidak sama rata, maka hasil balancingnya akan kurang maksimal antara sisi kiri dan kanan mobil ente. Solusinya? Gantilah dengan ban baru....

    Apa akibat jika lalai rutin melakukan wheel balancing?

    Satu hal yang pasti, velg ente akan terasa bergetar akibat sudah tidak seimbangnya rasio putaran velg dan ban mobil ente antara dibagian sebelah kiri dan kanan. Selain itu berimbas kepada umur pakai ban mobil ente akan jauh lebih pendek.

    Kenapa saat setelah selesai melakukan wheel alignment/ spooring, ada saja setir rasanya masih kurang lurus sehingga harus bolak balik menyetting ulang, padahal sudah menggunakan alat spooring yang canggih?

    Begini, alat wheel alignment/ spooring canggih, salah 1 gunanya hanya untuk MENDETEKSI perubahan2 sudut main kaki2 mobil ente aja, kang. Bukan Jaminan 100% kalau setir mobil ente langsung lurus. Karena penyetelan untuk meluruskan setir, berada pada Long tie rod dan itu memerlukan penyetelan dengan Feeling mekanik itu sendiri, namun si alat wheel alignment/ spooring ini membantu menunjukkan seberapa jauh pelencengan sudut miring setirnya pada layar display.

    Mendapatkan sudut setir yang lurus itu susah2 gampang. Kadangkala kita bisa hoki sekali setel langsung dapat sudut setir nya. kadang juga harus berkali kali trial and error. Anggap saja mencari sudut setir yang lurus itu seperti mencari settingan turbo ( bagi penggemar kecepatan ) atau settingan audio ( bagi penggemar audio ), yang butuh bolak balik trial and error dalam proses mencari settingan yang ideal nya.

    Beberapa pelanggan setia ane, sering SALAH PAHAM akan hal ini, sehingga mereka menulis complaint kekecewaan akan hal ini di thread ane. Ya memang mereka gak salah sih, dan ane juga tetap dengan sabar untuk menjelaskannya kepada mereka. Cuma SAYANGNYA, setelah sudah mendapat penjelasan dan yang bersangkutan sudah merasa jelas, dan setir mobil nya sudah di tangani oleh rekan mekanik ane dan hasilnya sudah ok, yang bersangkutan LUPA untuk mengoreksi tulisannya pada thread yang pernah dia tulis sebelonnya, sehingga mengakibatkan SALAH PAHAM pada Modcomers laennya, yang membaca thread ane ini.

    Beberapa hal yang ane pernah temui yang mengakibatkan susahnya mendapat setelan setir lurus diantaranya :

    1. Kondisi part kaki2 mobil ( misal komponen sebelah kanan masih sehat, yang sebelah kiri uda sehat ), tapi masih dalam batas toleransi untuk proses wheel alignment/ spooring.

    2. Kondisi jalanan yang sering dilalui oleh pelanggan ane ( misal sudut jalanan yang miring sebelah )

    3. Kondisi struktur chassis mobil, yang terlahir cacat produksi dari pabrikannya ( ini dari pengalaman salah satu rekan mekanik ane, yang pernah bekerja di bengkel resmi pusat suatu merk mobil di indo )

    4. Kondisi struktur chassis mobil bekas serempetan/ tabrakan, yang setelah diperbaiki, masih ada pelencengan 1/ 1000 mm dari sudut chassis lurus orisinil pabrikan nya.

    Seperti apa contoh2 hasil jika ente tetap membandel kalo dinasehatin ama ane...
    makasih nfonya kang

  8. #7
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by cheetor View Post
    makasih nfonya kang
    -------

    Matur nuwun sami2 juga, kang...

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    -------

    Matur nuwun sami2 juga, kang...
    ------------

    Apppppppppppp...

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,269
    Power
    Online
    2 Wks 4 Days 18 Hrs 45 Mins 4 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    nice info bos !
    gw jalan tiap hari sekitar 50 km, brati sebulan 1500 km
    klo tiap bulan spooring balancing mah nyerah deh ane
    klo per kali service/ganti oli masih okelah...

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by D 1010 MC View Post
    nice info bos !
    gw jalan tiap hari sekitar 50 km, brati sebulan 1500 km
    klo tiap bulan spooring balancing mah nyerah deh ane
    klo per kali service/ganti oli masih okelah...
    ---------

    Maksud ane itu, direkomendasikan setelah spooring balancing pada hare ini, 1 bulan kemudian itu datang ke bengkel untuk general check up kondisi kaki2 nya dolo, kang. jadi kalo gak ada kerusakan parts ato sudut2 kaki yang banyak berubah, ya good to go aja, kang. kan ente lebih nyaman pake boil ente kemana mana kalo kondisi nya terpantau secara teratur kan, kang...

    Matur nuwun pisan buat pujian nya ente yak, kang...

  12. #11
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    ---------

    Maksud ane itu, direkomendasikan setelah spooring balancing pada hare ini, 1 bulan kemudian itu datang ke bengkel untuk general check up kondisi kaki2 nya dolo, kang. jadi kalo gak ada kerusakan parts ato sudut2 kaki yang banyak berubah, ya good to go aja, kang. kan ente lebih nyaman pake boil ente kemana mana kalo kondisi nya terpantau secara teratur kan, kang...

    Matur nuwun pisan buat pujian nya ente yak, kang...
    ----------

    Appppppppp...

  13. #12
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    ----------

    Appppppppp...
    -------------

    Appppppppp lageeeeeeeeeeee...

  14. #13
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    -------------

    Appppppppp lageeeeeeeeeeee...
    -------

    Appppppp...appppppp...

  15. #14
    Letnan Dua
    Location
    Bandung
    Posts
    1,166
    Power
    Online
    1 Mth 5 Days 5 Hrs 1 Min 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    infonya mantep boss..

    oia, saya punya pertanyaan nih boss..
    mobil ane bergetar nih di kecepatan 100km/jam
    kata temen sih kemungkinan peleknya ada yg peang, jadi disaranin balancing..
    apa bener balancing bsia ngilangin geternya?? maaf nih ane ga behitu ngerti masalah balancing and spooring..

  16. #15
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    17,807
    Power
    28 
    Online
    1 Wk 22 Hrs 10 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by B253XI4U View Post
    -------

    Appppppp...appppppp...
    ---------

    Mangappppppppppp...

 

 
Page 1 of 49 12345 ... LastLast
Scuto Laminating Jstyle Rim Otostereo

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 7
    Last Post: 4th April 2012, 14:12
  2. Replies: 19
    Last Post: 16th December 2009, 01:26
  3. Replies: 8
    Last Post: 9th December 2009, 13:46
Back to top
Tritala
Street Race Rajawali