How do I know...
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 37
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/17163
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs

    How do I know...

    sesuai topic... merangkum bbrp pertanyaan disini sekaligus nambahin info...

    info kaki2 buat daily use car...


    bagaimana caranya agar saya tahu....


    1. apakah mobil saya punya LSD???

    - untuk mobil jepang n sebagian mobil eropa...
    angkat bagian mobil (FWD, angkat bagian depan... RWD, angkat bagian belakang)... lalu putar salah satu rodanya... jika roda satunya lg ikut muter, tandanya mobil ada LSD...

    - buat sebagian mobil eropa lainnya, bisa jg untuk mobil jepang... jalanin mobil dengan kecepatan menengah sampe rpm merah... injek n tahan kopling, turunin gigi.. tunggu bbrp saat dan lgsg lepas koplingnya... jika mobil "ngeden" 2x, ada skid mark 2x... tandanya mobil ada LSD...


    2. kapan waktunya ganti brakepad???

    - klo direm kurang gigit... dan ada bunyi decitan...
    - ampas rem udah kasar...


    3. kapan waktunya ganti rotor (piringan rem)???

    - liat permukaan rotor... ada bagian yg dapit n dilalui brakepad, dan ada jg yg tidak. bagian yg tidak, pegang apaah udh tidak rata...

    - klo ngerem gak gigit lg...

    - klo lg jalan di kecepatan tinggi, injek rem perlahan... klo terasa peda rem bergetar. tandanya rotor bergelombang...


    4. apakah mobil saya punya ABS???

    - jalani mobil dengan keceptan biasa trs rem mendadak... klo ada ABS, mobil akan berusaha tetep mengigit aspal dengan cara memompa rem secara otomatis... ini kerasa di pedal rem ada getaran cepet selama bbrp kli sampai mobil berhenti....


    5. kapan mobil saya butuh dipasangi strutbar??

    dikala menikung tajam, apakah mobil kerasa understeer sekali? seakan2 roda depan gak ada grip... imbangi dengan performa mobil...


    6. apakah beda strutbar dengan swaybar??

    - strutbar dipasang diatas dudukan shock decara independen dan lalu disambungkan ke kaki2 sebelahnya.. ini berguna utk rigiditas kaki bagian atas agar lebih "nyatu" dengan body atas...

    - swaybar dipasang dibawah... menyambungkan dudukan shock dan arm bawah dai kiri ke kanan secara independen... besi berbentuk trapezium tanpa alas ini nyambung ke sasis bawah utk menambah rigiditas kaki2 bagian bawah... mobil standar sekarang udh rata2 dilengkapi dengan swaybar depan...

    7. kapan harus ganti kopling??

    - dikala kenaikkan rpm gak berimban dengan kenaikkan kecepatan...

    - di jalan rata n posisi diam, masukkan gigi 4... lepas kopling perlahan2... jka mobil mati, kopling masih bagus... jka mobil tetep jalan, kopling sudah habis...

    8. kapan harus mengganti brake lines (selang rem)???

    - selang rem pabrik sudah bagus utk harian... utk pemakaian circuit atau rough driving yg banyak membutuhkan akselerasi dan deselerasi rutin... minyak rem akan cepet mendidih... brake line akan memuai dan kerapatan serta vakum rem berkurang sehingga rem terasa blong... jika mobil dipakai rough driving dan rem kerasa kurang gigit, ganti selang rem dengan bahan braided steel/karbon...


    9. kapan harus upgrade kaki2???

    - shock
    1. dikala shock mati... mobil kerasa rebound bbp kali (naek-turun)
    2. coba bermanuver liku2... jika grip berkurang lebih banyak dibanding efek bodyroll

    - per
    1. penggantian shock performa lebih baik diganti barengan dengan per performa jg...
    2. selama gak rusak gak perlu diganti... per jarang rusak selama gak patah dan kemakan korosi...

    - balljoint
    1. angkat satu roda... coba puter dengan tangan... jika ada bunyi besi dan putaran kerasa terhambat/tersendat... mirip sama kerusakan laher... cm klo balljoint, pas diputer, ban rada oblak naek-turun
    2. bisa jg dengan cara digoyangin naek-turun dikala didongkrak... cm kadang jg jadi salah arti dgn bushing rusak...
    3. utk lebih pasti, liat kondisi karet luarnya balljoint dulu...


    - tierod
    1. belok patah dan jalankan mobil... jika bunyi, ada masalah di tierod
    2. putaran mobil (kiri-normal-kanan) gak imbang...

    - bushing
    1. jalankan mobil di medan gak rata, jika setir seakan gak mau kompromi, atau bergeetar berlebihan... cek bushing kaki2 depan... bahan polyurethane diutamakan

    - rem
    1. upgrade performa gak selalu harus upgrade rem...
    2. coba laju mobil dikecepaan tinggi di jalan lurus... coba rem dan lihat apakah grip berkurang karena
    ban gak gigit?? apa karena rem gak gigit??

    jika ban gak gigit, dahului penggantian ban
    jika rem gak gigit, baru upgrde sistem rem

    kenaikkan power 20% lebih baik upgrade rem... mulai dari brake pad
    kenaikkan power 30%-50% mutlak harus upgrade... brake rotor/caliper
    kenaikkan powe 50% keatas.... wajib upgrade... beserta brake lines

    -ban
    1. dikala thread wear sudah muncul.... (untuk ban 2 arah, coba tyre rotation tiap 10.000 km utk meratakan keausan ban)
    2. upgrade ban sesuai kebutuhan penyaluran power...


    3. ban dengan angin kurang, punya thread wear lebih bayak di dekat dinding ban.. ban dengan tekanan angin berlebih, punya thread wear di bagian tengah ban... tiap ban di tiap mobil punya ukuran optimal yg berbeda...

    - x-brace
    1. aplikasi ini buat yg doyan rough driving secara extreme... aplikasinya masih jarang karena rumit. menghubungkan keseluruhan kaki2 bagian bawah dengan sasis mobil... ini diaplikasi jika kondisi upgrade (shock, per atau coilover, strutbar, upgrade swaybar, rigiditas sasis via rollbar) maish kerasa kurang...


    10. kapan butuh spooring dan balancing???

    - spooring
    1. jalankan mobil dengan normal... apakah setir ngebuang ke kiri/kanan
    2. jika setir tidak lurus
    3. jika keausan ban tidak rata kiri dan kanan
    4. setelah bongkar bushing/tierod/arm

    - balancing
    1. jalankan mobil dengan normal... apakah setir bergetar??
    2. setelah velg dipasang di ban baru



    semoga berguna...



    jika ada yang kurang/salah... mohon dibenarkan/dikasih tahu...


    thx...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Posts
    883
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 6 Days 22 Hrs 8 Mins 37 Secs
    bagus bgt nih infonya bozz..

    berguna bwt ane yg awam...

    thx

  4. #3
    Sersan Dua
    Posts
    298
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 7 Hrs 22 Mins 46 Secs
    good good...


    bagus nih pencerahan nya....

  5. #4
    Mayor
    Location
    sumbagteng
    Posts
    4,861
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 6 Hrs 39 Mins 41 Secs
    bagus nih..

  6. #5
    Kolonel
    Location
    (tomang, jakbar)
    Posts
    7,781
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 31 Mins 4 Secs
    nice info...save to hard disk thx...

  7. #6
    Letnan Dua
    Posts
    1,284
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 6 Days 12 Hrs 41 Mins 7 Secs
    ada beberapa pertanyaan nih bos... :smt006

    "- untuk mobil jepang n sebagian mobil eropa...
    angkat bagian mobil (FWD, angkat bagian depan... RWD, angkat bagian belakang)... lalu putar salah satu rodanya... jika roda satunya lg ikut muter, tandanya mobil ada LSD..."

    kijang gw klo diputer sebelah yg belakang,sebelah lg ikutan gerak juga tapi lawan arah..
    lsd tuh klo ga salah biar muter ban kiri/kanan searah ?

    "- balljoint
    1. angkat satu roda... coba puter dengan tangan... jika ada bunyi besi dan putaran kerasa terhambat/tersendat"

    balljoint ngetestnya digoyang atas-bawah karena pergerakannya cenderung begitu. kalo diputer sih kyanya buat ngetest bearing..bener ga ?

    "3. ban dengan angin kurang, punya thread wear lebih bayak di dekat dinding ban.. ban dengan tekanan angin berlebih, punya thread wear di bagian tengah ban... tiap ban di tiap mobil punya ukuran optimal yg berbeda..."

    threadwear itu apa sih ? misalnya thread wear 280,maksudnya gimana ?


    thanx..

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    368
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah... sip banget infonya bro... thanx...

    bwt master2 lain yg mau nambahin di tunggu ya..

  9. #8
    Sersan Satu
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    368
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    mobil saya timor, udh 7 thn tapi kaki2 nya smpe skrg baru shockbreaker yg di ganti.. normal gk ya bro? kata bengkel spooring balancing sih gk ada masalah.. gmana itu bro?

  10. #9
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by D 1010 MC
    ada beberapa pertanyaan nih bos... :smt006

    "- untuk mobil jepang n sebagian mobil eropa...
    angkat bagian mobil (FWD, angkat bagian depan... RWD, angkat bagian belakang)... lalu putar salah satu rodanya... jika roda satunya lg ikut muter, tandanya mobil ada LSD..."

    kijang gw klo diputer sebelah yg belakang,sebelah lg ikutan gerak juga tapi lawan arah..
    lsd tuh klo ga salah biar muter ban kiri/kanan searah ?

    "- balljoint
    1. angkat satu roda... coba puter dengan tangan... jika ada bunyi besi dan putaran kerasa terhambat/tersendat"

    balljoint ngetestnya digoyang atas-bawah karena pergerakannya cenderung begitu. kalo diputer sih kyanya buat ngetest bearing..bener ga ?

    "3. ban dengan angin kurang, punya thread wear lebih bayak di dekat dinding ban.. ban dengan tekanan angin berlebih, punya thread wear di bagian tengah ban... tiap ban di tiap mobil punya ukuran optimal yg berbeda..."

    threadwear itu apa sih ? misalnya thread wear 280,maksudnya gimana ?


    thanx..
    1. sebagian mobil bisa... sebagian lg gak bisa dicoba bgitu... jika differensialnya gak ngunci alias open differensial.. masih bisa diputer satu ban n ban mobil satunya berputar searah...

    klo yg closed lsd... malah susah...

    mobil semuanya ada differensial... tp sebagian yg ada limited slip differensialnya... klo roda satu muter kedepan n satu lg muter kebelakang, itu gak punya lsd...

    makanya mending dipake jalan n engine brake... klo ada skid mark, mobil ada lsd...

    bisa jg dicoba dengan bawa mobil n taro satu ban ke tempat licin n satu ban lg ke tempat kasar... trs gas deh... klo mobil gak bergerak, tandanya mobl gak ada lsd. klo ada lsd, lsd akan nyalurin power mobil ke ban yg ada gripnya sesuai kiriman torsi dari mobil...

    nambahin lg... coba lakukan burnout... klo pas start mobil seperti loncat 2x baru spin tandanya mobil ada lsd... coba cek skid marksnya... ntr ada 2 skid marksnya...


    2. cek balljoint itu dengan ban diputerin biasa pake tangan... masalah balljoint klo ada bunyi gesekan berlebih (klo sedikit gpp, normal itu suara muternya laher)

    coba puter ban trs lepas. klo rada ngadat2. sebelum sugesti balljoint salah, cek lahernya dulu. klo laher masih bergemuk, tandanya balljoint rusak...

    cek atas bawah biasanya utk cek bushing n shock... balljoint itu utk muter bukan gerak atas-bawah


    3. thread wear itu umur ban dari baru sampai habis...

    suatu produk ban, umpama bridgestone. pengen merelease produk barunya... dia ngebandingkan ban barunya dengan contoh ban grade paling rendah. contoh ban grade paling rendah ini disebut "thread wear 100"

    pas dites, ban produk baru ini umpama berumur 2x dari ban contoh... jadinya, ban baru ini punya "thread wear 200"

    makin tinggi thread wear makin awet..

    namum byk produk ban malah merelease ban2 "thread wear 0"... ini biasanya dipake buat balap yg mengoptimalkan grip daripada umur ban... "thread wear 0" ini berumur 100% lebih cepet dari ban tes contoh di pabrik asal pas dibikin...

    jangan bandingin suatu merek ban dengan ban lainnya... bandingin dengan merek yg sama... beda merek, beda contoh ban. walaupun mirip tp tetep jadi beda perbandingan thread wearnya..

    contoh...

    bandingin bridgestone sm bridgestone... michelin sm michelin... jangan bridgstone sm michelin... seperti potenza sm turanza bisa dibandingkan karena sm2 punya bridgestone



    ribet jg ya gw jelasinnya... hehee...

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by GiE_bAgAs
    mobil saya timor, udh 7 thn tapi kaki2 nya smpe skrg baru shockbreaker yg di ganti.. normal gk ya bro? kata bengkel spooring balancing sih gk ada masalah.. gmana itu bro?
    coba teken mobil trs lepas... klo ngayun lebih dari 2x, tandanya shock perlu diganti..

    atau mobil klo direm terlalu nukik... klo tikungan kerasa grip ban kacau... atau pas poldur anjrut2an walaupun gak pendek mobilnya...

    ini tandanya shock perlu diganti...


    cek kondisi shock tiap tahun atau 10rb km sekali... cek kebocoran dan kondisi...

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top