All About Engine with EFI (Electronic Fuel Injection)
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/16960
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    All About Engine with EFI (Electronic Fuel Injection)

    MENGHIDUPKAN DAN MEMANASKAN MESIN EFI (Electronic Fuel Injection)
    1. Hidupkan mesin dengan pedal gas yang tidak diinjak sedikitpun;
    2. ECU (Electronic Control Unit) pada mesin EFI yang masih dingin akan mengkompensasi putaran mesin secara otomatis, dimana ketinggian putaran mesin tergantung pada suhu udara luar. Semakin dingin udara luar, semakin tinggi putaran mesin. Jadi jangan menginjak pedal gas sama sekali;
    3. Putaran mesin akan turun secara otomatis. Untuk suhu pagi hari di Jakarta, biasanya putaran mesin akan turun dalam waktu 5-10 detik semenjak mesin hidup;
    4. Mulai jalankan kendaraan perlahan-lahan, jangan di-akselerasi tiba-tiba atau dipaksa berputar pada RPM tinggi atau pada RPM terlalu rendah. Kisaran 2.000 s/d 3.000 RPM cukup ideal untuk periode pemanasan mesin ini. Ya, mesin Anda masih butuh pemanasan, namun bukan pemanasan di tempat seperti yang dilakukan kebanyakan orang melainkan pemanasan sambil jalan!

    PERAWATAN MESIN SISTIM ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI)
    Pada dasarnya, sistem EFI dibuat tangguh untuk segala kondisi jalan, suhu dan cara mengemudi. Kerusakan atau masalah pada sistem EFI terutama disebabkan oleh:
    1. Kualitas BBM yang buruk (nilai oktan yang rendah, bensin oplosan, kandungan sulfur yang amat tinggi pada semua jenis BBM di Indonesia dan ketiadaan aditif pada BBM Pertamina);
    2. Kelembapan udara tropis yang sangat tinggi sehingga kandungan sulfur pada BBM bereaksi dengan uap air menjadi asam sulfat di sistem bahan bakar kendaraan dan menimbulkan sumbatan-sumbatan pada injektor dan saluran bahan bakar;
    3. Modifikasi sistem kelistrikan kendaraan yang tidak benar, termasuk penggantian kabel busi non-OEM (Original Equipment Manufacturer) maupun pemasangan alarm;
    4. Upaya membersihkan injector dengan sistem Ultrasound;
    5. ECU (electronic Control Unit) yang kemasukan air;
    6. Melepas aki dengan cara yang tidak benar, melakukan jump start dengan cara yang tidak benar serta melepas ECU dengan sembarangan (lihat tips mengenai cara-cara yang benar untuk melakukan hal ini).

    Oleh karenanya, lakukankah Tips berikut ini:
    1. Ketika menghidupkan mesin perhatikan bilamana indikator tulisan/gambar "Check Engine" pada panel instrumen (tergantung merek mobil) tetap menyala setelah mesin hidup selama beberapa detik, segeralah hubungi mekanik anda;
    2. Ketika sedang berkendara dan bilamana indikator Check Engine menyala, segeralah hubungi mekanik anda;
    3. Bersihkan dan gantilah saringan udara secara berkala atau tepat pada waktunya;
    4. Gantilah saringan bensin (fuel filter) secara berkala, sebaiknya setiap 15.000km atau lebih sering mengingat kondisi BBM di Indonesia yang memiliki kandungan sulfur teramat tinggi;
    5. Bersihkanlah throttle body dan idle regulator/ stepper motor secara berkala;
    6. Bersihkanlah connector sensor-sensor, connector pengapian dan connector ECU secara berkala;
    7. Ganti busi secara berkala dan periksa keregangan celah busi setiap 5.000km atau lebih sering. Gunakan busi tipe R, yaitu yang menggunakan resistor;
    8. Hindari ECU (Electronic Control Unit) dari air;
    9.Usahakan aki dan sistem pengisian kelistrikan (altenator dan voltage regulatornya) selalu dalam kondisi prima;
    10. Jangan sekalipun berpikir untuk memodifikasi voltage regulator dengan sistem cut-out, Anda akan merusak ECU maupun modul pengapian (igniter/ CDI);
    11. Jangan berusaha menghidupkan mesin ketika soket injektor dalam posisi terlepas;
    12. Jangan sekalipun berusaha menghubungkan injektor dengan arus aki langsung (12 volts) karena injektor beroperasi dengan tegangan 9 volts;
    13. Bersihkanlah injektor dan sistem bahan bakar secara berkala dengan sistem pembersih yang aman, misalnya Interject Service;
    14. Jangan sekalipun menggunakan sistem pembersih injektor Ultrasound;
    15. Jika handak memasang alarm, yakinkan alarm itu dibuat oleh pabrikan besar dan memiliki reputasi internasional, misalkan merek Clifford, Alpine, Kenwood, Avital, dll. Lakukan pemasangan alarm hanya di authorized dealer. Alarm buatan pabrikan yang tidak memiliki reputasi internasional dapat menimbulkan RFI/ MRI yang akan mengganggu fungsi ECU;
    16. Jika hendak mengganti kabel busi dgn tipe high performance/ racing, yakinkan bahwa kabel terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan RFI/MRI yang dapat mengganggu fungsi ECU.

    Danke schon..

  2. Bandargua
  3. #2
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,570
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 4 Days 15 Hrs 7 Mins 5 Secs
    bos, nanya neh, no 14. Jangan sekalipun menggnakan sistem pembersih injektor ultrasound, maksudnya yang ultrasonik?? ada alasannya bos?

  4. #3
    Sersan Dua
    Location
    semarang
    Posts
    253
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bos untuk no.6 perawatan EFI..tipsnya bs diliat dmn ya bos? thx bfr

  5. #4
    Mayor
    Location
    www.zapfin.com
    Posts
    4,037
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 7 Hrs 31 Mins 17 Secs

    Re: Tips :All engine with EFI (Electronic Fuel Injection)

    Quote Originally Posted by Fuego
    ...
    13. Bersihkanlah injektor dan sistem bahan bakar secara berkala dengan sistem pembersih yang aman, misalnya Interject Service;
    14. Jangan sekalipun menggunakan sistem pembersih injektor Ultrasound;
    ...

    Danke schon..
    ehm.. bawa2 merk nih, penasaran knp gak boleh nya.

    thanks,
    www.zapfin.com

    ZAPFinance, your way out of Ur financial problems. Get Ur Financial Planner, NOW!

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta Bogor Bandung
    Posts
    10,763
    Power
    69 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 20 Hrs 59 Mins 13 Secs

    Re: Tips :All engine with EFI (Electronic Fuel Injection)

    Quote Originally Posted by alim ulama
    Quote Originally Posted by Fuego
    ...
    13. Bersihkanlah injektor dan sistem bahan bakar secara berkala dengan sistem pembersih yang aman, misalnya Interject Service;
    14. Jangan sekalipun menggunakan sistem pembersih injektor Ultrasound;
    ...

    Danke schon..
    ehm.. bawa2 merk nih, penasaran knp gak boleh nya.

    thanks,
    emang itu merk ya pat?
    if you have everything under control, then you don't drive fast enough

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    ultrasound bukan hanya merk..tp teknik atau metode pembersihan.

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Maksudnya gimana"tips no 6 bs diliat dimana?" ,maksudnya posisi sensor2 mobil ada dimana aja gt?

  9. #8
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    .......................

  10. #9
    Letnan Jendral
    Location
    Palembang.
    Posts
    27,744
    Power
    167 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 10 Hrs 51 Mins 52 Secs
    nice tipssss

    SOHC VTEC

  11. #10
    Kopral Satu
    Location
    Depok
    Posts
    92
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Fuego View Post
    Maksudnya gimana"tips no 6 bs diliat dimana?" ,maksudnya posisi sensor2 mobil ada dimana aja gt?
    Gw bantuin bos....
    maksudnya yg ini neh...

    "6. Melepas aki dengan cara yang tidak benar, melakukan jump start dengan cara yang tidak benar serta melepas ECU dengan sembarangan (lihat tips mengenai cara-cara yang benar untuk melakukan hal ini). "

    kan ada petunjuk untuk liat tips tuh...nah kamsutnya di ruli...lihatnya dmn gitu bos..

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Mitsubishi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. All about Toyota engine..
    By satyr in forum Diskusi Mesin
    Replies: 3349
    Last Post: 13th September 2016, 10:10
  2. ALL ABOUT ENGINE MOUNTING
    By ibhonez in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 7th September 2010, 12:21
  3. [INFO] All about Fuel...
    By kambingbiru in forum Diskusi Mesin
    Replies: 55
    Last Post: 14th December 2008, 02:16
  4. All about Avanza engine
    By kentang in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 8th September 2006, 19:50
Back to top