ASK: Ngelitik
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 49
Thread: ASK: Ngelitik
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/169222
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    gunung putri - Princess's mountain
    Posts
    3,273
    Power
    59 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 3 Wks 2 Days 13 Hrs 58 Mins 29 Secs

    ASK: Ngelitik

    All,

    Mau tanya, sebenernya ngelitik tuh bisa disebabkan apa aja selain bahan bakar yang kurang sesuai?

    soalnya soluna 5AFE ane, pake shell super ekstra aja kadang ngelitik, (dengan timing yang sama) anehnya kalo abis nge DCS baru bisa ilang tuh ngelitiknya,

    ngelitik ada ketika mesin sudah panas gara2 kena macet biasanya, misal kalo mesin udah 1 jam dipake kliling2 kota, baru deh ngelitiknya kedengeran....
    ngelitik alus siy, paling kalo gigi 3 kondisi 60 an kpj, ato gigi 5 speed 100an kpj, ngga ngukur lewat RPMnya soalnya belum ada takometernya ....
    tapi misalnya si gigi 5 tadi diembat lagi misal jadi 120-140 gitu ilang ngelitiknya.....ini biasanya kenapa yah?

    bengkel bilang siy kudu turun separo, apa bener ky gitu yah?

    thanks atas pencerahannya.....

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    Depok
    Posts
    4,566
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 16 Mins 49 Secs
    ngelitik bisa disebabkan dari penumpukan kerak yang sudah banyak. jadi ada penyempitan di combustion chamber yang bisa mengakibatkan terjadi pembakaran dini / knocking / ngelitik.
    kalo mesin panas akan terjadi pemuaian piston, ring yang mengakibatkan mesin agak berat, hal ini juga dapat menimbulkan ngelitik juga.

    Biasanya kalo di dcs, gzook, ato sejenisnya bisa mengurangi sedikit kerak pada ruang bakar tapi hanya lapisan tipis teratas saja yang terangkat keraknya.
    turun setengah mesin untuk dibersihkan kerak2nya merupakan salah satu solusi.

    CMIIW

  4. #3
    Mayor
    Location
    gunung putri - Princess's mountain
    Posts
    3,273
    Power
    59 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 3 Wks 2 Days 13 Hrs 58 Mins 29 Secs
    Quote Originally Posted by Speedo Loco View Post
    ngelitik bisa disebabkan dari penumpukan kerak yang sudah banyak. jadi ada penyempitan di combustion chamber yang bisa mengakibatkan terjadi pembakaran dini / knocking / ngelitik.
    kalo mesin panas akan terjadi pemuaian piston, ring yang mengakibatkan mesin agak berat, hal ini juga dapat menimbulkan ngelitik juga.

    Biasanya kalo di dcs, gzook, ato sejenisnya bisa mengurangi sedikit kerak pada ruang bakar tapi hanya lapisan tipis teratas saja yang terangkat keraknya.
    turun setengah mesin untuk dibersihkan kerak2nya merupakan salah satu solusi.

    CMIIW
    Ok deh makasi pencerahannya....
    anggap misalnya turun setengah, apa ngelitik ini bisa disebabkan juga karena per klep yang sudah lemah? selain karena volume combustion chamber yang menyempit karena kerak tadi?
    ngeri aja uy, begitu turun setengah ternyata yang diganti kudu banyak ....heuheuheuheuheu....
    ada solusi lain kah selain turun setengah mesin?
    thanks for the info boss....

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,803
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 19 Hrs 3 Mins 53 Secs
    Per klep kyanya ga bpngruh kyknya mah.. Bisa nglitik jg krn busi yg overheat,karbon numpuk jg naekin kompresi walau dikit,suhu udara tinggi,,

  6. #5
    Mayor
    Location
    gunung putri - Princess's mountain
    Posts
    3,273
    Power
    59 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 3 Wks 2 Days 13 Hrs 58 Mins 29 Secs
    Quote Originally Posted by Alpha-510 View Post
    Per klep kyanya ga bpngruh kyknya mah.. Bisa nglitik jg krn busi yg overheat,karbon numpuk jg naekin kompresi walau dikit,suhu udara tinggi,,
    fyi
    kalo busi udah pake versi lebih dingin dari standarnya....
    K16RU-11 --> K20RU-11 (pake denso standar),

    kalo karbon numpuk naekin kompresi tapi dikit?
    jadi pertanyaan lagi, kira2 setelah menempuh berapa KM siy mesin mobil rata2 kudu di turun setengah?

    suhu udara tinggi jelas, soalnya kan macet di jakarta gitu .....hhmmm

    per klep mahal ngga yah

  7. #6
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,803
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 19 Hrs 3 Mins 53 Secs
    Klo turun stgh gw rasa tergantung make nya, bisa aja baro 20 rebu Km tapi karena make nya brutal jadi nya seal klep nya udah ga nge seal lagi,, kmren sih gw di Km 100 rebuan,, ganti seal klep,HLA,,

  8. #7
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Alpha-510 View Post
    Klo turun stgh gw rasa tergantung make nya, bisa aja baro 20 rebu Km tapi karena make nya brutal jadi nya seal klep nya udah ga nge seal lagi,, kmren sih gw di Km 100 rebuan,, ganti seal klep,HLA,,
    HLA ganti ?? Kan mahal tuh .....

  9. #8
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by Speedo Loco View Post
    ngelitik bisa disebabkan dari penumpukan kerak yang sudah banyak. jadi ada penyempitan di combustion chamber yang bisa mengakibatkan terjadi pembakaran dini / knocking / ngelitik.
    kalo mesin panas akan terjadi pemuaian piston, ring yang mengakibatkan mesin agak berat, hal ini juga dapat menimbulkan ngelitik juga.

    Biasanya kalo di dcs, gzook, ato sejenisnya bisa mengurangi sedikit kerak pada ruang bakar tapi hanya lapisan tipis teratas saja yang terangkat keraknya.
    turun setengah mesin untuk dibersihkan kerak2nya merupakan salah satu solusi.

    CMIIW
    Turun Setengah Mesin cukup kan utk masalah kerak2 di ruang bakar + ring seher & seal klep aus ?

    Trus biayanya kira2 berapa ya ?

    Thanks

  10. #9
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,803
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 19 Hrs 3 Mins 53 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    HLA ganti ?? Kan mahal tuh .....
    Hmm kalo gasalah 1 ekor nya 160 rebu deh buat mesin gw..
    Abisnya udah brisik bro,,

  11. #10
    Mayor
    Location
    KL, MY
    Posts
    4,512
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 20 Hrs 39 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by F3174FO View Post
    Ok deh makasi pencerahannya....
    anggap misalnya turun setengah, apa ngelitik ini bisa disebabkan juga karena per klep yang sudah lemah? selain karena volume combustion chamber yang menyempit karena kerak tadi?
    ngeri aja uy, begitu turun setengah ternyata yang diganti kudu banyak ....heuheuheuheuheu....
    ada solusi lain kah selain turun setengah mesin?
    thanks for the info boss....
    Ya bersih2 pake DCS/GZox aja mulai dari TB, intake, combustion chamber (via lubang busi), trus injector, trus mundurin dikit aja timingnya lah sampe ngelitiknya hilang. Check jg gas buang pake gas analyzer utk liat nilai lambdanya apakah masih masuk.
    Alternatif laen coba cari carbon clean service di bengkel yg pake alat & obat khusus, itu jg mayan membantu kalo alatnya & obatnya bagus.
    Sementara gitu aja utk ngakalin dulu.

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA Innova ngelitik
    By *W.K* in forum Diskusi Mesin
    Replies: 18
    Last Post: 15th November 2011, 19:39
  2. Livina 1.5 AT ngelitik
    By herysusanto in forum Diskusi Mesin
    Replies: 63
    Last Post: 5th October 2011, 11:18
  3. x-trail ngelitik
    By x-trailer in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 10th December 2009, 07:09
  4. Ngelitik...
    By siburukrupa in forum Diskusi Mesin
    Replies: 15
    Last Post: 30th December 2005, 10:01
Back to top