Cartens
Banzai Rims
Jstyle Rim Graha Indosound Venture CS II - Dua Lima Autowork

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 20
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/168034
  • Share on facebook
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    32
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    MESIN DIESEL VS MESIN BENSIN

    MESIN DIESEL VS MESIN BENSIN ??

    Mesin Diesel seringkali dikeluhkan orang "bau asap" dan berisik. Banyak yang menganggap mesin berbahan bakar solar ini hanya cocok untuk traktor. Pendapat mereka memang tidak salah, karena mesin Diesel mengeluarkan asap yang berbau tak sedap dan suaranya bising. Tapi mesin Diesel punya keunggulan lain, yaitu lebih hemat dibanding mesin bensin. Kekuatan mesin Diesel juga tidak bisa disamakan dengan mesin bensin, karena lebih banyak daya kuda (tenaga) yang disediakan mesin bensin dibanding Diesel. Sebaliknya, torsi terbaik justru hanya bisa Anda peroleh dari mesin Diesel ketimbang bensin. Lantas, mesin mana yang paling bagus buat Anda? Sudah rahasia umum, biaya perawatan mesin Diesel lebih besar daripada mesin bensin. Diesel juga membutuhkan perawatan ekstra mengingat suku cadangnya mahal. Akan tetapi, di samping bobot mesinnya yang berat, Diesel juga punya keunggulan lebih andal dan tidak seruwet mesin bensin. Masalah ekonomi menjadi perhatian serius di saat harga bensin terus membumbung, kendati sampai sekarang bahan bakar itu masih tetap menjadi kebutuhan vital - bahkan, meski Anda tidak punya SUV besar di rumah. Kalau bicara tentang harga minyak dunia, tampaknya mesin Diesel biaya lebih sedikit dibanding bensin.
    Saat ini, agaknya peran mesin Diesel pun menjadi semakin penting dan dibutuhkan. Penampilannya tidak lagi seperti dulu -¬bersuara kasar dan sangat polutan karena dicap selalu mengepulkan asap hitam, dan kesan yang lebih buruk, kotor dan cacat ketimbang mesin bensin. Mesin Diesel masa kini jauh lebih bersih, lebih halus dan bahkan lebih bertenaga ketimbang Diesel teknologi lama. Mesin bensin di masa lalu lebih berkembang dari Diesel. Kini Anda sendiri yang menentukan pilihan mesin, Diesel atau bensin. Putuskan apa saja alasan Anda. Tenaga? Suaranya? ya, mesin bensin adalah pilihannya. Tenaga? Torsi? ya, mesin diesel pilihannya. Tentu saja, sekali lagi, pili han ada di tangan Anda. Hanya saja, Anda harus tahu pasti apa yang Anda inginkan dan harapkan dari mobil yang akan dibeli? Karena, begitu banyak ragam model mobil di pasaran. Kunjungi beberapa dealer dan coba mobil pilihan Anda , tes sejauh mungkin sampai Anda benar-benar yakin dan puas. Kenali karakter mesin Diesel dan bensin, lalu jatuhkan pilihan mesin mana yang anda suka, Selamat mencoba.
    Diesel atau Bensin: Mana ya, Mesin yang Paling Pas? Coba, tentukan pilihan Anda. Apakah Anda suka mesin Diesel yang bau solar dan berisik, atau mesin bensin dengan pengeluaran biaya (biaya konsumsi bahan bakar) lebih besar,walaupun pandangan ini bisa gugur ,sebab saat ini sudah ada penghemat bbm yg bisa menghemat hingga 100 % yaitu dengan menginjeksi hydrogen ke intake manofold tapi bagi orang yang tidak paham mesin menjadi pilihan sulit. Di Amerika, rasio pemakaian Diesel rata-rata sehari lebih sedikit dari bensin. Pembakaran mesin Diesel lebih efisien dibanding bensin. Lebih banyak mengeluarkan energi tiap liternya dengan pertimbangan kadar polusinya lebih sedikit. Meskipun demikian, harus diakui mesin Diesel tak bisa lepas dari masalah asap hitam karena tekstur solar memiliki kadar oli. Coba saja Anda tumpahkan di lantai, proses penguapannya tidak akan secepat bensin. Begitu pula proses pembakarannya, bau solar lebih menyengat dari bensin. Sekali pun jenisnya 'clean diesel', tetap saja mengandung kadar jelaga hitam. Proses pembakaran kedua jenis mesin itu juga berbeda. Lebih mudah menghidupkan mesin bensin ketimbang Diesel. Hal ini lantaran mesin bensin menggunakan pengapian busi untuk proses pembakaran mesin. Sedangkan Diesel mengandalkan kompresi tinggi di setiap silindernya, bahkan pada mesin Diesel ukuran besar dibutuhkan motor tambahan untuk menghidupkan mesin. Kelemahan lain mesin Diesel, perlu pemanasan lebih lama untuk mencapai tenaga maksimal. Itu sebabnya kenapa banyak truk berukuran besar butuh berjam¬jam memanaskan mesinnya. Selama periode pemanasan mesin belum tercapai, proses pembakaran mesin tidak effisien. Itu sebabnya mengapa banyak pabrikan memilih mesin bensin ketimbang Diesel. Dari pemakaian bahan bakar per liternya, Diesel masih lebih hemat dibanding bensin Tapi begitu masuk bengkel untuk turun mesin, biayanya lebih besar dari mesin bensin. Setiap jenis onderdil masin Diesel harganya umumnya lebih mahal. Itu sebabnya yang mengerti benar soal mesin Diesel akan beralih ke mesin bensin.
    Nah, coba pertimbangkan ini:
    • Mesin Diesel lebih awet pemakaiannya
    • Mesin bensin halus dan cepat beraksi (responsif)
    • Perawatan dan part mesin Diesel lebih mahal
    Diesel atau Bensin: Bahan Bakar Menjadi Pertimbangan Performa diesel - tenaga ekstra, efisiensi tinggi, tapi ...
    Di sisi lain, di benua Eropa, sekitar 40% mobil baru yang terjual adalah Diesel - setidaknya lebih dari 5 juta unit terjual dalam setahun. Permintaan tinggi mobil Diesel karena tingginya harga bensin (pajak yang dikenakan pada mobil Diesel jauh lebih rendah dari bensin di hampir semua negara Eropa). Selang beberapa tahun lalu, popularitas Diesel memang semakin signifikan di Eropa.Berbanding terbalik dengan di Indonesia penjualan mobil diesel penumpang jauh melorot.

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Sersan Kepala
    Posts
    570
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    26 Mins 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Kalau boleh tahu analisa data & kesimpulan ini datangnya dari mana ?

  4. #3
    Sersan Satu
    Posts
    472
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    suku cadang mesin diesel mahal-mahal karena kualitas materialnya yang sangat bagus agar bisa menahan kompressi tinggi.

    Diesel mobil penumpang jaman skr beda dng generasi sebelumnya. Yang common rail udah pake komputer dan pemanasan mesinya nggak pake lama.

    Diesel jaman skr skali oprek gak sampai 'gorok2' daleman bisa cepet dpt torsi gokil plus bonus horse power yg lumayan tinggi.

    Diesel dioprek2 solarnya gak seboros mesin bensin yg di oprek.

    Gw amati dengan makin padatnya jalan baik dalam kota maupun luar kota, yang dibutuhkan skr ini: torsi.. kenapa? karena skr buat nyalip mobil, tarikannya mesti cepat dalam waktu singkat. Kendaraan dari arah berlawan makin padat. Utk itu butuh torsi yang besar dalam rpm rendah bukan horse power tinggi2. Utk itu cocoknya di mesin diesel. Kalo mobil torsinya kecil musti teriak2 rpmnya jadi gak enak.

    Buat tanjakan panjang kayak cipularang, maknyus dah pake diesel.. gak pelru teriak2 buat lari kenceng. Kalo mesin bensin, baru enak spt itu butuh mesin gede kyk cherooke. Hohohoho.. jadi kebayangkan kan naek mobil bensin segede itu buat enjoy driving effortnya musti di konsumsi bensinnya.

    Jadi? sudah saatnya temen2 mencoba diesel2 canggih..

    Sayang, harga mobil barunya, diesel jauh lebih mahal dibandingin ama bensin..

    mpv range hrg 200 - 300 cuma dua pilihannya new phanter sama innova

    sedan range 180-200an cuma ada hyundai i20 cdi

  5. #4
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by QuyQuy View Post
    suku cadang mesin diesel mahal-mahal karena kualitas materialnya yang sangat bagus agar bisa menahan kompressi tinggi.

    Diesel mobil penumpang jaman skr beda dng generasi sebelumnya. Yang common rail udah pake komputer dan pemanasan mesinya nggak pake lama.

    Diesel jaman skr skali oprek gak sampai 'gorok2' daleman bisa cepet dpt torsi gokil plus bonus horse power yg lumayan tinggi.

    Diesel dioprek2 solarnya gak seboros mesin bensin yg di oprek.

    Gw amati dengan makin padatnya jalan baik dalam kota maupun luar kota, yang dibutuhkan skr ini: torsi.. kenapa? karena skr buat nyalip mobil, tarikannya mesti cepat dalam waktu singkat. Kendaraan dari arah berlawan makin padat. Utk itu butuh torsi yang besar dalam rpm rendah bukan horse power tinggi2. Utk itu cocoknya di mesin diesel. Kalo mobil torsinya kecil musti teriak2 rpmnya jadi gak enak.

    Buat tanjakan panjang kayak cipularang, maknyus dah pake diesel.. gak pelru teriak2 buat lari kenceng. Kalo mesin bensin, baru enak spt itu butuh mesin gede kyk cherooke. Hohohoho.. jadi kebayangkan kan naek mobil bensin segede itu buat enjoy driving effortnya musti di konsumsi bensinnya.

    Jadi? sudah saatnya temen2 mencoba diesel2 canggih..

    Sayang, harga mobil barunya, diesel jauh lebih mahal dibandingin ama bensin..

    mpv range hrg 200 - 300 cuma dua pilihannya new phanter sama innova

    sedan range 180-200an cuma ada hyundai i20 cdi

    Tapi yg aku dengar, mesin diesel zaman skarang sangat SENSITIF dengan kualitas solar yg dipakai.
    Bagaimana pendapat bro ?

  6. #5
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    Giro Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 14 Hrs 14 Mins 32 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    mesin diesel skrg lebih canggih di banding mesin diesel jaman dulu
    skrg udah pake ecu semua nya... dan akselarasinya juga responsif

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    472
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Tapi yg aku dengar, mesin diesel zaman skarang sangat SENSITIF dengan kualitas solar yg dipakai.
    Bagaimana pendapat bro ?
    preventif di saringan solarnya bos..

    Selalu rajin ganti..

    Seharusnya emang kudu minum solar bagus. Kayak mesin bensin advance ber variable valve kompressi tinggi harusnya minum minimal pertamax.

  8. #7
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    Giro Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 14 Hrs 14 Mins 32 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    permasalah mesin diesel di Indonesia adalah kualitas Solar yg kurang mumpuni
    kalo di kota2 besar seh mungkin gak masalah karena ada SPBU Asing yah

    nah buat yg di luar kota2 besar itu bermasalah
    kadar sulfur nya tinggi banget...

  9. #8
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by theansoracing View Post
    permasalah mesin diesel di Indonesia adalah kualitas Solar yg kurang mumpuni
    kalo di kota2 besar seh mungkin gak masalah karena ada SPBU Asing yah

    nah buat yg di luar kota2 besar itu bermasalah
    kadar sulfur nya tinggi banget...
    Masalah yg paling sering terjadi akibat kualitas solar yg rendah ini apa ya ?

  10. #9
    Sersan Kepala
    Posts
    570
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    26 Mins 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Kadar sulphur pada BBM lebih berimplikasi thd emission device Diesel spt EGR & Cat Conv, dimana Cat Conv cepat mampat & EGR cepat kotor.

    Low quality Diesel fuel which means ada kontaminasi air / kotoran sebetulnya bisa ditapis oleh pemasangan extra serial Fuel filter yg dilengkapi water separtor, bisa pakai extra filter spt buatan Racor, dll.

    Lalu utk perbaikan daya lumas solar bisa ditambahkan additive yg mengandung lubricity agent.

    Bila berminat utk mengetahui hal2 lain scr lebih dalam bisa visit : http://mesin-diesel.dinogroups.com/

    Mengenai kadar sulphur Diesel fuel di berbagai negara Asia Pacific :
    www.unep.org/pcfv/PDF/SulphurMatrix-AsiaPacific-Feb09.pdf

    But the good news :
    Konon ada 4 kilang di Indonesia yg direncanakan akan menghasilkan BBM ber standard Euro III & IV, dimana proyek kilang2 tsb akan selesai sekitar th 2013 - 2014, yaitu :
    - Kilang Banten
    - Kilang Bojonegoro
    - Expansion of Balongan
    - Upgrading of Cilacap (Hydrotreating)

    CMIIW

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    122
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Gan kalo diesel skrg dgn turbo dan commonrail minimal pake solar dex ato yg setara, yg harganya mahal bgt, dan kalo dipaksain solar biasa lama2 injektor common rail cpt mampet. Emang sih skrg ini saya pribadi jauh lbh prefer k mbl diesel turbo intercooler plus commonrail, tp balik lg harganya ga ketulungan dan solarnya itu loh jg mahal, coba seandainya ad clean diesel yg gak beda jauh harganya sama premium, tarolah 5000-5500, trus pjak mbl diesel dkurangi, pasti sama lakunya kyk di eropa...hehe

    Thx

  12. #11
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    Giro Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 14 Hrs 14 Mins 32 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Masalah yg paling sering terjadi akibat kualitas solar yg rendah ini apa ya ?
    sudah di jawab sama temen2 di atas

  13. #12
    Sersan Dua
    Posts
    216
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Mantab nih jd tambah wawasan nih,
    Btw gw coba ford focus diesel enak banget bro tarikannya mantab gakalah sm mesin bensin
    Namun kalau utk kebisingan ya ga usah dibandingkan dgn mesin bensinlah pasti minus dimesin diesel

  14. #13
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    224
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    2 Days 9 Hrs 30 Mins 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Karena memang Diesel itu cocok untuk pekerjaan berat karena memiliki keluaran torsi yg besar. dan mampu untuk daya kerja lama...

    Klo mau diesel tapi asepnya berkurang seperti bensin. langsung liat trit saya aja Bro

    http://www.modifikasi.com/showthread.php?p=6112549#post6112549

  15. #14
    Sersan Mayor
    Location
    JAKARTA-SOLO | SERIOUS |
    Posts
    997
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    40 Mins 2 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Setuju bro kalo buat di kota dan offroad enak diesel, kalo buat balapan ya bensin. Bos berhubung saya pake diesel lawas gimana ya cara mengakali bising suara di kabin? menghaluskan mesin? Peredam?

  16. #15
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by faizhie View Post
    Setuju bro kalo buat di kota dan offroad enak diesel, kalo buat balapan ya bensin. Bos berhubung saya pake diesel lawas gimana ya cara mengakali bising suara di kabin? menghaluskan mesin? Peredam?
    kalo akslerasi awal,
    diesel (bisa) lebih cepat dari bensin gitu ?

    dulu sih waktu nyobain panther 97 dengan kijang capsul bensin 97 juga,
    waktu masih sama2x baru kondisinya,
    rasanya panther agak berat ya d tarikan awal .....,
    tapi gak tahu kalo diesel sekarang.

    ada masukan bro ?

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. jual mesin MB W123 bensin dan diesel
    By mattsarvitto in forum Engine & Parts
    Replies: 4
    Last Post: 10th July 2012, 00:43
  2. Replies: 0
    Last Post: 17th November 2010, 02:23
  3. Replies: 0
    Last Post: 30th October 2010, 09:33
Back to top
Silikon Motorsport
Street Race Rajawali