Konsultasi Turbo dengan Bung Mazkot - updated
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 397 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 3969
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/1666
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,661
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Hr 38 Mins 24 Secs

    Konsultasi Turbo dengan Bung Mazkot - updated

    jual piston turbo untuk estilo/grand civic, mitsubishi eterna 4g63, toyota 3sge atau absolute corona, dll, + jual turbo td04 dan ihi rhb 4. Kalau minat bisa sms ke 0818711148. ( sore - malam ).

    karena banyak yang nanya berulang-ulang maka gue tulis apa aja yang harus dilakukan untuk pasang turbo. ( umumnya untuk boost 1 bar ).

    1. Mesin harus dalam kondisi bagus, tidak boleh ngebul, tidak banyak kerak, metal tidak bunyi.

    2. Sebaiknya turunkan kompresi, dengan jalan mengganti piston low comp, atau menganti head dengan yang mempunyai ruang bakar lebih besar ( contohnya kijang 5k bisa pakai head 3k berikut pushrod-nya untuk menurunkan kompresi tanpa perlu mengganti piston ).

    contoh piston low comp teikin


    Pada saat penggantian piston jangan lupa head di slip asal rata ( jika permukaannya sudah tidak bagus / karat, blok juga perlu dislip asal rata jika memang sudah terkena korosi di permukaannya ).
    Sudut - sudut tajam pada ruang bakar head dan piston harus dihaluskan ( untuk menghindari ngelitik ).

    Gunakan paking head yang berkualitas baik, dan jangan lupa baut head yang masih bagus atau belum melar, dan harus ditorsi sesuai petunjuk pabrik.

    PEMASANGAN TURBO

    sebelum dipasang turbo disarankan untuk dibuka dahulu untuk dibersihkan dan diperiksa kodisi bushing / bearing dan juga seal-sealnya.
    housing turbo harus dilancarkan agar dapat diarahkan sesuai posisi yang paling optimum dalam pemasangan.
    juga jangan lupa menyetel wastegate ( internal ) untuk tekanan yang dikehendaki ( kadang kadang harus membuat dudukan baru pada badan turbo / jika mentok atau tidak sesuai ), bisa juga ditambah per eksternal untuk menaikkan tekanan.
    periksa juga membran wastegate bocor atau tidak, karena bisa bikin jebol mesin.


    3. Dalam pembuatan manifold turbo harus diperhatikan tempat turbo yang bagus, harus lebih tinggi minimum 5cm dari level oli dalam karter, dan pipa oli balik ke karter TIDAK BOLEH BERADA DI BAWAH LEVEL OLI.

    Usahakan meletakkan turbo jauh dari kompoen yang sensitif terhadap panas ( karet / plastik / elektronik ).

    Saluran air turbo ( jika pakai ) harus dicabang dari tempat dimana airnya mengalir, biasanya bisa mengambil pipa air radiator untuk heater kabin ( di negeri tropis heater tidak pernah digunakan, kecuali mau sauna dalam mobil.. ).

    Setelah manifold turbo jadi perhatikan apakah ada tahi las / serpihan las yang bisa lepas didalam manifold, kalau ada harus dikikir / porting / grinda, karena kalau sampai masuk ke turbo pada saat turbo bekerja akan merusak baling - baling / turbine turbo.

    Flange manifold harus di slip rata, yang ke turbo maupun ke head, lalu gunakan paking stainless / seng / asbes-seng, karena paking ringrid atau tembaga atau aluminium tidak akan tahan dengan panas turbo dan akan bocor dalam waktu singkat.

    Khusus untuk baut turbo-manifold gunakan baut baja ( hitam ), atau no 7 ke atas, jangan menggunakan baut dengan kekerasan no: 4 ( baut variasi ) karena nga kuat kena panas dan akan melar.

    Kalau sudah terpasang bikin dump pipe ke knalpot, sebaiknya pakai muffler yang tidak terlalu berisik agar kalau ngelitik bisa kedengaran.
    Untuk dump pipe sisa las tidak berbahaya karena akan terbuang ke knalpot dan tidak menimbulkan kerusakan. Jangan lupa menggunakan flexibel terutama untuk mobil front wheel drive.

    4. Bikin saluran oli masuk untuk turbo, biasanya dicabang dari swit oli, atau pada mobil tertentu seperti eterna ( 4g63 ) ada lobang oli pada head yang dipampet dan bisa dibuka untuk digunakan.

    Semua peralatan untuk oli masuk yaitu slang, fitting cabang nepel harus berkualitas baik dan tahan tekanan, panas, maupun oli, kalau sampai bocor / pecah akan merusak turbo dan mesin dalam waktu singkat ( hitungan detik ). Dan juga harus extra bersih, karena sebutir pasir saja bisa merusak bushing turbo dan menurunkan masa operasinya secara drastis.

    Pipa oli balik, jika menggunakan slang karet harus yang tahan oli, meskipun tidak bertekanan tapi kalau bocor akan pelan-pelan menghabiskan oli mesin.

    Pipa oli balik tidak boleh memiliki bagian dimana bisa terjadi genangan oli, artinya harus langsung turun kebawah, tidak boleh ada bagian yang naik ke atas lagi.

    5. Sekarang tinggal membuat pipa sambungan dari outlet turbo ke intercooler, dan dari intercooler ke pressure box ( untuk karburator ), atau throttle body ( untuk injection ). Lalu buat pipa masuk ke inlet turbo jangan lupa dipasang filter udara.

    Tidak rumit, hanya perlu diperhatikan kebersihan ( kalau ada kotoran akan merusak turbo dan mesin ) sisa-sisa pengelasan, dan jangan lupa klem-klem slang harus berkualitas baik dan pipa-pipa yang bertekanan harus dibikin bibir ( flare ), agar slang boost tidak copot.

    Filter udara usahakan taruh di tempat dimana bisa mendapatkan udara yang paling dingin.
    Jangan lupa antara pipa-pipa di mesin ( turbo / throttle body ) dan di body mobil harus ada slang karet yang panjangnya cukup agar flexibel sehingga getaran /goyangan mesin tidak tersalur ke pipa-pipa body mobil ( intercooler ).

    BERIKUTNYA ADALAH SISTEM BENSIN.

    ( KARBURATOR )

    Pada mobil karburator ( contoh kijang / feroza, dll )
    Yang penting adalah modifikasi karburator agar tidak ada tekanan yang bisa bocor keluar, memodifikasi karet boot akselerator pump dengan seal, memperbesar venturi, menyesuaikan spuyer ( untuk tiap mobil beda-beda ), dan yang penting memodifikasi bukaan katup sekunder secara mekanikal, karena aslinya menggunakan vacuum yang akan malah menutup kalau kena boost.

    memasang fuel pump injection ( biasanya merk bosch ) bisa yang kecil atau besar tergantung cc mesin, dan memasang regulator bensin khusus turbo yang menggunakan jalur bensin balik ( return fuel line ), kalau belum ada harus di buat.

    contoh fuel pressure regulator untuk karburator



    ( INJECTION )

    Untuk injection ada beberapa cara, dalam penambahan bensin.

    Pakai komputer ( ECU ) stand alone seperti HALTECH, MOTEC dll, tapi memang agak mahal, keuntungannya bisa juga mengatur timing pengapian terserah kita. Tapi juga harus ganti injector besar.

    Kalau untuk ECU yg lebih murah bisa menggunakan megasquirt, contohnya :



    Bisa menggunakan piggyback, seperti DASTEK, GREDDY, tidak perlu mengganti injector tapi bisa menggunakan injector tambahan, keuntungannya juga bisa mengatur ( retard ) timing pengapian.

    Atau menggunakan modul penambah bensin terhadap tekanan boost, lebih murah tapi tidak bisa mengatur timing pengapian. ( pada boost yang tidak terlalu besar dan dengan penurunan kompresi yang cukup, retard pengapian tidak diperlukan secara signifikan )

    contoh modul



    contoh auxillary injectors



    PENGATURAN TIMING PENGAPIAN PADA MESIN TURBO

    Pengaturan timing pada mesin turbo biasanya dilakukan dengan memodifikasi delco pada mesin karburator, caranya adalah dengan membatasi gerak dari bandul advance ( pemaju pengapian ) dalam delco, biasanya gerakannya dibatasi separuh dari aslinya.

    Untuk mobil tertentu yg aslinya sudah turbo ada yg menggunakan vacum advance yg juga bisa me-retard ( memundurkan pengapian ).
    Yg perlu diperhatikan pada mobil karburator adalah vacum delco jangan sampai bocor karena udara yg sudah bercampur bensin bisa masuk kedalam delco akibat adanya pressure turbo dan terbakar dari api delco sehingga membuat mesin tersendat-sendat dan bagian dalam delco bisa menjadi gosong.

    Guna daripada pengurangan pemajuan pengapian adalah untuk mengkompensasi bertambahnya kecepatan pembakaran yg diakibatkan oleh meningkatnya kompresi dinamis, karena kalau tidak maka akan lebih mudah terjadi knocking / ngelitik.

    Untuk mesin injection bisa dengan sedikit memundurkan timing delco trigger, kalau mesin menggunakan sensor tetap seperti langsung pada head atau kruk as / crank maka hanya bisa dengan menggunakan piggyback seperti dastek atau greddy.

    Penggunaan busi sebaiknya menggunakan tipe dingin ( seperti ND seri 20 ke atas, contohnya K20PU ), dll.
    Penggunaan pengapian racing / aftermarket dengan kemampuan lebih besar tidak wajib, tapi dapat juga menunjang kualitas pembakaran sehingga memang dianjurkan di upgrade jika memungkinkan.

    Penyetelan pengapian harus teliti, gejala ngelitik / knocking harus dihindari... " at all cost ".


    BAHAN BAKAR

    Untuk mesin dg boost rendah ( sekitar 0,5 bar ) sebaiknya menggunakan minimum pertamax plus.
    Untuk boost lebih tinggi sampai 1 bar sebaiknya menggunakan bensol murni atau juga bisa menggunakan pertamax plus dicampur dengan TOLUENE ( perbandingan 70 pertamax plus : 30 TOLUENE ), itu adalah perbandingan maksimum bisa juga toluene dikurangin tergantung dari besarnya boost dan kompresi mesin, yg penting jangan sampai terjadi ngelitik.

    Kalau kompresi tidak terlalu tinggi ( 1:7,5 misalnya ) biasanya 1 bar ke bawah masih bisa menggunakan campuran ( 90 : 10 ). Jadi bisa mengirit dari pemakaian bensol yg harganya lumayan mahal ( harga TOLUENE sekitar 25 s/d 30 ribu per liter, oktan toluene murni sekitar 117 ).




    INFO KALAU MESIN NGELITIK.

    knocking disebabkan beberapa parameter :

    kompresi tinggi
    suhu tinggi
    oktan rendah
    timing terlalu advance
    bentuk ruang bakar dan permukaan piston
    lambda atau ratio bensin udara, semakin kurus semakin gampang knocking.

    dalam menghilangkan knocking parameter parameter tsb bisa disesuaikan per parameter atau kombinasi beberapa parameter.

    contoh naikkan oktan bensin ( pertamax plus ), kalau bensol mungkin agak susah nyarinya dan mahal tapi biasanya bensol sangat tahan terhadap knocking.

    kalau masih knocking perkaya campuran bensin sampai ratio 1 : 12.

    kalau masih knocking coba pasang intercooler yg bagus dan posisi yg sesuai ( dapat aliran angin yg bagus, seperti di belakang grill / didepan radiator ).

    retard pengapian sampai knocking menghilang, tapi kalau terlalu banyak tenaga akan drop dan mesin cenderung panas.

    bisa tambahkan water + methanol injection kit.

    kalau masih knocking turunkan kompresi dengan mengganti piston yg low comp.

    kalau masih knocking .... udah ganti mesin gede aja ... yg kecil jangan dipaksa .



    .......udah ah capek, istirahat dulu besok sambung lagi, OK

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Auto_Plus
    Guest
    kalo bwt mobil new civic 1700cc.. cocoknya pake turbo apa yah?? trus dalam perakitannya butuh apa aja?? sekalian harganya yah...thanx

  4. #3
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,661
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Hr 38 Mins 24 Secs
    untuk new civic 1700 bisa pakai turbo garret, IHI rhb5, atau mitsubishi TD 05, tergantung dari target horse power-nya berapa, dan masih banyak lagi yang bisa digunakan.
    Kalau komponen pendukung cukup banyak yaitu ECU standalone, injector yang lebih besar, fuel pump, intercooler, turbo timer, blow off valve, low compression pistons, dll.
    Biaya tergantung sejauh mana modifikasinya, bisa mulai dari 25jt sampai 500jt atau bahkan lebih.

  5. #4
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    isa 500jt wahhhhhhhhhhh beli ferari aja deh

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    575
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    emang ada ferrari 500jt yah? wah jatoh bgt harganya yah..

  7. #6
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Kyknya bokap di tawarin sekitar 600an ga lebih deh, tahun 95an mobilnya. Akhirnya milih SLK aja perawatan lebih gampang (bengkel resmi MB lebih banyak)

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    M.e.L.B, JKT, NJ
    Posts
    433
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    40 Mins 6 Secs
    kalo boil gw dipasang turbo 500 jt mah ferrari jg di smoke hahaha tp maintanancenya itu lho..worth it ga?? 500 jt pasti uda buat drag car itu mah uda ga bisa buat dailyuse..wasted..

  9. #8
    Auto_Plus
    Guest
    mazkot: kalo bugjet gw 50 jt kira2 dpt barang apa aja? tlng diperinciin yah merk plus harganya..thanx

  10. #9
    Sersan Satu
    Posts
    428
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 20 Hrs 29 Mins 41 Secs
    mazkot: ada ga turbo tdo5h berapaan???? bisa ga ya buat di pasang di starlet gt?? dibuatin manifol baru ato bikinin flange aja??

  11. #10
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,661
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Hr 38 Mins 24 Secs
    piston low comp, porting & polishing, fuel pump bosch, injector besar (550cc), intercooler, haltech e6x, turbo, map sensor 3bar,modifikasi dekrup jadi dobel per diafragma, blow off valve, pengatur boost high & low, modul pengapian, coil, termasuk ongkos instalasi dan modifikasi-modifikasi lain yang diperlukan untuk mengoptimumkan instalasi turbo, biasanya sih dengan modal 25jt aja hasilnya udah bagus

 

 
Page 1 of 397 12345 ... LastLast
Datsun 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS> mesin starlet turbo 4EFTE, GT parts (update)!!!
    By bby in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 32
    Last Post: 9th September 2015, 17:30
  2. PIGGYBACK HKS F-CON Mini FOR N/A or TURBO 1 Jt Net!!!! (Update harga)
    By Elalamein in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 119
    Last Post: 31st August 2010, 04:12
  3. FOR SALE: PRECISION TURBO SCM5252....99%...MURAH....UPDATE PICTURE...
    By baks_donk in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 42
    Last Post: 10th September 2009, 16:41
  4. (WTS) filter apexi + air turbo simotta turun harga (update pic)
    By anto_team07 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 65
    Last Post: 4th February 2009, 09:03
Back to top