Apa benar pakai pertamax merusak knalpot di banding dgn pemakaian premium sob?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 40
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/166423
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    33
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Question

    Apa benar pakai pertamax merusak knalpot alias mudah berkarat di banding dgn pemakaian premium sob? Yg sy tau pertamax hanya bagus utk di karburator jd bersih, tapi kalau ke knalpot header pipe jd cpt bocor, apa benar ya?? Pakai premium malah lebih awet buat pipa knalpot. Mohon infonya please suhu2. Thx sblmnya :confused:

  2. Inibet188
  3. #2
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    karat atau oksidasi terjadi karena adanya air...

    klo kita ngomongin pembakaran, bensin ataupun solar adalah senyawa hidrokarbon. kandungan yg terdiri dari oksigen, hidrogen dan karbon... klo kebakar secara 100%, niscaya hasil yg keluar dari knalpot cuma gas karbon dioksida dan air yg bisa diminum...

    sayangnya pembakaran gak ada yg 100%. dan bensin pun ada campuran lainnya yg bersifat sebagai pemberat, zat additif dan bahan yg bersifat "korupsi" timbangan... oleh karena itu makanya ada kerak karbon dan gas beracun...



    makanya knalpot gak ada yg terbuat dari besi. pasti campuran... seperti stainless steel. awet kena becek air dari luar, dan juga awet dalemnya...

  4. #3
    Kopral Dua
    Posts
    33
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Lalu alasan apa sob si tukang knalpot bilang pake pertamax lebih keras pembakarannya lewat pipa & terjadilah corrusion/karat ataupun cpt bocordi banding premium yg msh ramah ke pipa/tdk mudah karat di pipa atw mau lbh awet lg mungkin pake bio premium??

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    makin efisien hasil pembakaran, makin byk terbentuknya air...

    coba perhatiin gas buang dengan cara naro tangan deket ujung pipa knalpot. pasti lembab... ya itu uap air...



    bisa tanya kembali maksud si tukang knalpot utk lebih jelas apa maksudnya...
    atau mungkin yg lain bisa menjawab bro...



    lagipula, seandainya itu benar; premium yg lebih dikenal dengan penyebab deposit kerak karbon, gw lebih prefer knalpot gw ngarat dibanding mesin gw brantakan...

  6. #5
    Kapten
    Location
    jakarta + solo
    Posts
    2,055
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 9 Hrs 6 Mins 37 Secs
    Emg sih bos...g pke pertamax tiap manasin mbil,di ujung knalpot ada uap air gt,tp apa mungkin yah ini pengaruh dr catalyc nya,yg bkin gas buang kendaraan jadi uap air buat ngurangin efek polusi..??tp innova bkap g pke premium malah di ujung knalpotnya ada kerak gt..

  7. #6
    Letnan Satu
    Posts
    1,832
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 49 Mins 34 Secs
    klo menurut gw nggak deh, klo gw pikir pk pertamax pembakaran pasti lebi sempurna,ya pasti baik premium dan pertamax bakalan ada uap air sisa pembakaran tp setaw gw uap air di premium lebi banyak...

  8. #7
    Brigadir Jendral
    Posts
    10,112
    Power
    228 
    M-Store Point
    0
    Online
    23 Hrs 46 Mins 51 Secs
    kl menurut gw sih semakin tinggi octane yg ada di bensin semakin bagus juga pembakarannya trus apakah ada masalah di knalpot????menurut gw sih enggak,hal apa yg bisa buat knalpot bocor????berapa banyak persentase yg bisa mengatakan bahwa tingginya octane yg buat knalpot jd gampang bocor???kl emang ada kasus seperti itu berarti banyak terjadi dong pada mbl2 yg keperluannya untuk balap atau yg suka kebut2an,gmn menurut bro2 sekalian???kl gw pribadi sih knalpot bocor bukan krn bensin tp krn tukang lasnya gak jago ngelas knalpot atau emang pada bagian2 sambungannya plat yg digunakan untuk menutup bagian2 yg terbuka kurang banyak jd gampang bocor bro,hehehehehe...

  9. #8
    Kopral Dua
    Posts
    25
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    juga gua pake pertamax, dan alhasil ujung kenalpot bersih ga ada kerak..kebetulan kakak gua pake mobil sama dan pake premium, ujung kenalpotnya emang berkerak tuh, padahal perawatan sama2 teratur di atpm yg sama...kalo gua ngebayanginnya diujung kenalpot aja udah berkerak apalagi dimesinnya..salah yah? hehee

  10. #9
    Letnan Satu
    Posts
    1,832
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 49 Mins 34 Secs
    setuju ama yg di atas! soalnya emank bnyak tukang knalot yg pipanya jelek banget,,...dan gw pk shell ok2 aja tuh,,,

  11. #10
    Kolonel
    Posts
    9,258
    Power
    42 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 2 Hrs 17 Mins 45 Secs
    kayanya ga ad mslh d bos.....klo pk bensol iya bs lbh kropos knalpot u.
    soalnya gw udh perna ngalamin...lg jaman2nya doyan ngetrek n bnsol msh 3rb/lt

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
NGK Busi GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Pertamax ke Premium
    By m_michoo in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 27th July 2016, 21:27
  2. Pemakaian Matic yg baik dan benar
    By davey in forum Diskusi Mesin
    Replies: 14
    Last Post: 8th July 2014, 10:47
  3. PERTAMAX ke PREMIUM trus balik PERTAMAX??
    By AP in forum Diskusi Mesin
    Replies: 17
    Last Post: 29th July 2013, 16:38
  4. premium dan pertamax
    By ray_bakajuku in forum Diskusi Mesin
    Replies: 71
    Last Post: 27th July 2010, 21:13
  5. premium + pertamax plus = pertamax
    By loomax in forum Diskusi Mesin
    Replies: 67
    Last Post: 3rd October 2008, 23:51
Back to top