Potensi mesin SOHC dan A/T
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 7 of 7
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/164741
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs

    Thumbs up Potensi mesin SOHC dan A/T

    Ok guys, seperti yg uda kita2 pada tau, SOHC adalah Single Over Head Cam dan DOHC adalah Double Over Head Cam dan semua jg tau DOHC lebih bagus. Tapi sayangnya, sebagian besar mobil2 yg ada di Indonesia umumnya adalah SOHC. Hal ini menyebabkan sebagian orang yg memodifikasi mesin beralih ke Engine Swap, misalkan Civic yg standarnya bermesin D16 / D17 ganti ke B16 / B18 / K20 contoh lainnya misalkan pemilik Mitsubishi ganti mesinnya ke 4G63 atau pemilik Toyota SOHC ganti mesin ke 2JZ / 3SGTE dsb... Sedangkan untuk transmisi umumnya adalah Manual Transmision (M/T), tp bagaimana dgn pemilik mobil Automatic Tansmision (A/T) yg ingin mobilnya jd lebih mantap.

    Jadi,
    Bagaimana cara meningkatkan performa SOHC?

    dan

    Bagaimana cara memaksimalkan potensi mobil bertransmisi AUTOMATIC?


    Silakan buat rekan2 yg sekiranya rela memberikan saran dan masukan kepada kami para pengguna mobil SOHC, Mohon pencerahannya, semoga thread ini berguna jg bagi yg lain. Thanks

    (Jawaban2 yg sekiranya menurut khalayak sbg jawaban bagus akan saya post halamannya disini)

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    362
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 21 Hrs 23 Mins 58 Secs
    coba bantu ya....

    kalo secara teoritis:
    - naik kompresi
    - main pengapian (katanya ni pengaruh bgt kalo matic)
    - PNP
    - main knalpot (tapi resiko, kalo salah itungan bisa ilang torsinya)
    - nggeser durasi cams dengan sproket geser atau cam yg durasinya advance
    - turbo (tapi matic kadang nggak tahan)


    ini pengalaman ane...

    ane pengguna honda civic EG3 (mesin 1300cc SOHC karbu - matic)

    awal mula ane punya ni mobil karburator engkel dan masih ada katalisnya....
    tenaga mesin rasanya kaya sengsara ngangkat body... ane pikir ni mungkin emang kemampuan mesin 1300+matic pula...

    skarang ane mulai modif dikit2
    1. ane setel kickdownnya sampai setelannya enak buat kota2 (di gas dikit udah kick down)
    2. ane ganti muffler racing2an (ane dapet ni mobil udah kaya gitu) dengan model standar.. lumayan tenaga lebih ngisi
    3. ternyata katalis ane udah mampet jadinya mumpung nemu Header 4-2-1 murmer ane beli dan pasang... power lumyaan untuk menengah ampe atas... berhubung ane sete kick down agak sensi jadi kalo kurang tinggal gas lagi...tapi bensin jadi lebih boros timbang standar...
    4. Ane beli karbu dobel limbah buat Honda. Ane pasang dan hasilnya bagus bgt... Perasaan ane power (Hp) berada di RPM atas2 tetapi torsi mulai ngisi dari bawah sampai nengah...

    jadinya dengan kombinasi karbu dan header power terasa naik cukup sigificant dengan BBM yang menyamai standartnya.....


    salam

  4. #3
    Sersan Dua
    Posts
    203
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 15 Hrs 21 Mins 25 Secs
    Sebenarnya tenaga/hp dan torsi gak selalu berhubungan dengan konfigurasi kem dan valve, OHV, SOHC, DOHC, 2/3/4/5 valve per silinder, semua bisa aja dibikin kencang.

    Yang harus diingat mesin pembakaran dalam (artinya mesin bensin dan diesel) itu pada dasarnya adalah sebuah pompa udara. Udara disedot dari luar, dan ditendang lagi keluar, cuma ditengah proses itu dikasih bensin dan api untuk meledakkan campuran udara dan bensin sehingga menciptakan tenaga n torsi lebih besar.
    Jadi kunci menaikkan tenaga mesin, mau OHV, SOHC, DOHC, bensin diesel, NA, turbo/sc sebenarnya itu :
    1. Airflow, aliran udara masuk ataupun keluar, makin lancar dan besar volume udara maka potensi tenaga n torsi makin gede
    2. Bensin kalo bisa ngikutin besar aliran udara, maka cukup untuk membakar udara, kelebihan/kekurangan bensin maka tenaga n torsi gak optimal.
    3. Api pada saat yang tepat, kecepatan/kelambatan bikin gak optimal

    Mesin OHV/SOHC/DOHC selama 3 hal diatas bagus pasti tenaganya gede dan gak jauh beda tenaganya. Contoh kita lihat beberapa mesin dari sisi hp/liter(1000cc) :
    1. OHV 2 valve/cyl NA, harian : GM LS7, 505 hp/7000cc, kira2 72hp/liter; balap NASCAR minimal 700 hp/5800cc, kira2 120hp/liter
    2. SOHC 4 valve/cyl NA, harian : Honda Accord Cielo VTEC 14 5hp/2200cc, kira2 70hp/liter; balap sori gw gak inget
    3. DOHC 4 valve/cyl NA, harian : Kijang Innova 136 hp/2000cc, kira2 68 hp/liter; balap 4AGE TRD kira2 240 hp/1600cc, kira2 150 hp/liter

    Terus harus diingat kalo rumus tenaga(hp) itu : torsi(dalam lb-ft) x rpm/5252, jadi rpm itu berpengaruh pada hp (kenapa ada rumus begitu, panjang jelasinnya, buka aja wikipedia horsepower dan torque). Artinya kalo torsi dua mesin sama2 100 lb-ft, tapi yang satu dicapai pada 3000 rpm, kedua pada 5000 rpm, maka yang kedua akan punya hp lebih besar.

    Tapi bukan berarti yang kedua punya tenaga lebih besar. Kalo sama-sama dipasang pada mobil dengan berat sama 1 ton dan spek lain sama semua, maka yang ke 1 akan mempunyai akselerasi awal lebih baik, cuma napasnya pendek, yang kedua akselerasi awal kurang tapi napas lebih panjang.

    Semakin berat mobilnya maka semakin bagus kalo hp dan torsi didapat di rpm rendah karena akan memberikan akselerasi awal lebih baik untuk mulai bergerak, makanya truk dan bis pake diesel yang karakter hp dan torsi di putaran rendah. Yang penting bisa gerak, geraknya gak perlu cepat.

    Sebaliknya semakin enteng mobil maka semakin torsi bisa digeser ke rpm lebih tinggi buat dapetin hp lebih gede, contohnya mesin 4AGE TRD diatas. Tapi mesin 4AGE ini meski hpnya gede 240 hp udah pasti gak kuat gerakin truk 10ton seperti Fuso yang hpnya cuma 190hp (koncinya torsinya Fuso jauh lebih gede).

    Jadi gak peduli apa sistem kem/valve mobil, dengan cara tingkatin airflow, tingkatin bensin sesuai airflow, dan kasih api disaat tepat, pasti torsi naik. Tinggal masalahnya peningkatan airflow dan bensin itu diset di rpm berapa untuk tentukan hp naik berapa besar.Caranya mulai dari ganti air filter, pasang header dan knalpot high flow, port n polish, ganti kem, ganti koil busi racing, pasang turbo, NOS, dsb.

    Kalo untuk matic, justru mobil2 drag race dengan tenaga diatas 1000 hp pake matic karena lebih kuat. Yang jadi masalah matic standar itu setting perpindahan giginya itu dirancang halus. Tapi ini bisa dirubah, seperti di mobil-mobil drag itu, pindah gigi, kickdown, semuanya agresif dan lebih cepat dari manual tanpa resiko gak pas masukin gigi dan kopling yang bisa bikin manual jebol. Caranya gimana? Mungkin master-master matic di modcom bisa bantu.

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs
    I learn a lot from this. Thanks guys. More comments are all welcome

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    New Anugerah Racing Performance-Listyomoto Racing Fabrications
    Posts
    6,224
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 8 Hrs 21 Mins 45 Secs
    SAVE THE SOHC...

  7. #6
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs
    Ada yg tau ga dimana yg bs setting matic biar setingan RPM nya lbh besar. Skrg 2500 RPM ganti gigi, saya mau di 4000 RPM.

    Mohon infonya

  8. #7
    Kopral Satu
    Posts
    65
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 48 Mins 20 Secs
    Quote Originally Posted by Gran Turismo View Post
    Ok guys, seperti yg uda kita2 pada tau, SOHC adalah Single Over Head Cam dan DOHC adalah Double Over Head Cam dan semua jg tau DOHC lebih bagus. Tapi sayangnya, sebagian besar mobil2 yg ada di Indonesia umumnya adalah SOHC. Hal ini menyebabkan sebagian orang yg memodifikasi mesin beralih ke Engine Swap, misalkan Civic yg standarnya bermesin D16 / D17 ganti ke B16 / B18 / K20 contoh lainnya misalkan pemilik Mitsubishi ganti mesinnya ke 4G63 atau pemilik Toyota SOHC ganti mesin ke 2JZ / 3SGTE dsb... Sedangkan untuk transmisi umumnya adalah Manual Transmision (M/T), tp bagaimana dgn pemilik mobil Automatic Tansmision (A/T) yg ingin mobilnya jd lebih mantap.

    Jadi,
    Bagaimana cara meningkatkan performa SOHC?

    dan

    Bagaimana cara memaksimalkan potensi mobil bertransmisi AUTOMATIC?


    Silakan buat rekan2 yg sekiranya rela memberikan saran dan masukan kepada kami para pengguna mobil SOHC, Mohon pencerahannya, semoga thread ini berguna jg bagi yg lain. Thanks

    (Jawaban2 yg sekiranya menurut khalayak sbg jawaban bagus akan saya post halamannya disini)
    Sebernarnya, pada dasarnya, untuk menaikan performance di setiap mesin pembakaran dalam sama saja.. Entah itu SOHC atau DOHC, bahkan di mesin diesel pun tak berbeda jauh cara untuk menikan performance nya.. Tapi berhubung pertanyaanya adalah bagaimana cara Untuk memaksimalkan performance engine SOHC, gw akan coba jawab setau gw, cara pertama bisa dengan di porting polish, yaitu dengan menghaluskan atau membesarkan lubang tempat masuk nya udara dan bahan bakar, dan lubang tempat di buangnya aliran gas sisa pembakaran.. Cara ke dua bisa dengan menaikan kompresi pada mesin, dengan cara ini otomatis tekanan semakin tinggi dan ledakan pun akan lebih besar, yang mengakibatkan tenaga pun bertambah, tapi ada konsekuensi atas penaikan kompresi ruang bakar ini, konsekuensinya adalah, bahan bakar harus menggunakan oktan yang lebih tinggi dari sebelum kompresi mesin di naikan.. Cara ketiga bisa dengan cara mengganti camshaft, dan juga kalau perlu sekalian mengganti katup (klep) dengan yang lebih besar.. Dan cara ke empat, dengan cara meng'upgrade sistem pengepian, dari koil, CDI (bagi mesin karburator) ecu (bagi mesin injeksi) lalu langkah terahkir, bisa dengan'bore up mesin itu sendiri, dengan menggunakan piston yang berdiameter lebih besar atau mengganti stang piston yang panjang dari standartnya.. Lalu setelah perubahan itu, harus juga di maksimalkan dengan penggantian komponen transmisi seperti kopling, dan kawan2 nya.. Jangan lupakan juga bagian kaki2 dan juga yang pasti sistem pengereman.. Ini penting..!! Tapi banyak di sepelekan olah kebanyakan orang.. Bayangkan saja jika performance besar, tapi sisitem pengeremennya tidak mumpuni, apa yang terjadi??

 

 
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Potensi Mesin 7A-FE
    By ancb10 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 408
    Last Post: 25th June 2014, 12:28
  2. potensi mesin 1NZ-FE VS L15A
    By ssracing in forum Diskusi Mesin
    Replies: 41
    Last Post: 30th October 2013, 12:48
  3. Potensi mesin mazda lantis BP1800cc??
    By Lantis17 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 20
    Last Post: 13th July 2011, 19:46
  4. <<<WTB>>> mesin dangan SOHC
    By dcboy in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 26th February 2009, 12:54
  5. Mesin SOHC ZC VTEC
    By Iwan_Tng in forum Diskusi Mesin
    Replies: 116
    Last Post: 12th July 2008, 05:34
Back to top