[WTA]: Baca AFR/Lambda utk taHu kondisi Settingan mesiN
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 31
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/164209
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    Lupa...gw..?? Disini klo ga salah ~..~
    Posts
    280
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 21 Hrs 59 Mins 46 Secs

    Question [WTA]: Baca AFR/Lambda utk taHu kondisi Settingan mesiN

    Permisi moD' atau miN' MOD.COM,
    numpang ambil kue bandwithnya yaH...


    Sebelumnya gw tampilin duLu gambar grafik stoichiometric dr webnya oM saft7.com



    Asumsikan-lah smua kondisi yg ada pd kendaraan kita standar,
    yg mau gw tanya:

    1. Apakah grafik diatas,ukuran yg mutlak utk mengetahui kondisi settingan mesin kita

    2. Grafik diatas berlaku dlm kondisi gas idLe atau harus disesuaikan tiap RPM??
    Asumsikanlah kita cek AFR/Lambda hanya mengandalkan mesin uji emisi dan kendaraan kita yg bsa diubah hanya nilai CO

    3. Gw sempet email oM saft sendiri, doi bilang yg penting utk dikejar bukanlah nilai lambda melainkan nilai CO,krn berdasarkan pengalaman doi tenaga yg plg enak berada antara CO = 1,2-1,4%
    Baru dicek nilai lambdanya,nah bnr ga asumsi ini??

    4. Klo cman nilai CO dr kendaraan kita yg bisa diubah-ubah,gmana caranya biar nilai lambda bsa kek grafik diatas??
    CTH: Lambda skrg = 1,05 trus mau dibikin 1,00 berarti harus perbanyak nilai CO/bagaimana?!

    Mohon bantuannya para master engiNe modification disini utk jawabin pertanyaan gw

    TerimakasiH banyaK yah ^___^

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nomor 2:
    Kata orang bengkel yg masih karbu, nilai lambda berdasarkan setelan airmix,
    hanya berlaku signifikan saat idle.
    saat rpm di atas 1500-an, campuran bensin udara udah dari sumber inlet lain di karbu.

    nomor 3:
    Hasil CO dan lambda didapat daril perubahan air mix.
    jadi bisa aja kita kejar CO-nya dulu, dan otomatis hasil lambda langsung keluar di layar monitor.

    nomor 4:
    Seperti no 3, yang diadjust setelan skrup airmix-nya.

  4. #3
    Sersan Dua
    Location
    Lupa...gw..?? Disini klo ga salah ~..~
    Posts
    280
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 21 Hrs 59 Mins 46 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    nomor 2:
    Kata orang bengkel yg masih karbu, nilai lambda berdasarkan setelan airmix,
    hanya berlaku signifikan saat idle.
    saat rpm di atas 1500-an, campuran bensin udara udah dari sumber inlet lain di karbu.

    nomor 3:
    Hasil CO dan lambda didapat daril perubahan air mix.
    jadi bisa aja kita kejar CO-nya dulu, dan otomatis hasil lambda langsung keluar di layar monitor.

    nomor 4:
    Seperti no 3, yang diadjust setelan skrup airmix-nya.
    tQ br0' bwat reply nya,
    klo boleh gw nanya lg,

    grafik diatas brarti hanya berlaku saat mesin idLe kan??

    Trus gmana caranya bwat nurunin nilai lambda/naikin nilai lambda??
    Asumsi kendaraan injeksi dan hanya bsa disetel naik/turun CO-nya aja dr ECU?

  5. #4
    Kolonel
    Location
    [ Gd3zone ]
    Posts
    9,400
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 6 Hrs 3 Mins 33 Secs
    wah berguna ni info
    mantau dulu ahhh
    beda mobil karbu ama injection apa dunk

  6. #5
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 6 Hrs 20 Mins 3 Secs
    Mau ngejar power or fuel economy, bro?
    Karena settingannya berbeda.
    Mobilnya NA / turbo??

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by db_imoetz View Post
    tQ br0' bwat reply nya,
    klo boleh gw nanya lg,

    grafik diatas brarti hanya berlaku saat mesin idLe kan??

    Trus gmana caranya bwat nurunin nilai lambda/naikin nilai lambda??
    Asumsi kendaraan injeksi dan hanya bsa disetel naik/turun CO-nya aja dr ECU?

    Tidak, grafik itu berlaku pada tiap rpm.

    Problemnya di mobil karbu lawas,
    mempertahankan nilai lambda di tiap rpm (dari idle sampai rpm tinggi),
    sepertinya sulit secara teknologi.

    Kalau untuk mobil jeksi,
    mobil saya ada setelan airmixnya,
    tapi belum pernah dicek nilai lambdanya untuk rpm yang bervariasi.


    Kalo yang udah canggih,
    mungkin bisa disetel dengan cara remap atau pigyback macam produk apexy.

  8. #7
    Sersan Dua
    Location
    Lupa...gw..?? Disini klo ga salah ~..~
    Posts
    280
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 21 Hrs 59 Mins 46 Secs
    Quote Originally Posted by Turbo_inside View Post
    Mau ngejar power or fuel economy, bro?
    Karena settingannya berbeda.
    Mobilnya NA / turbo??
    Maunya siH maksimalin perangkat standar aja duLu...
    mblnya yaris n avanza 1.5 S

  9. #8
    Sersan Dua
    Location
    Lupa...gw..?? Disini klo ga salah ~..~
    Posts
    280
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 21 Hrs 59 Mins 46 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    Tidak, grafik itu berlaku pada tiap rpm.

    Problemnya di mobil karbu lawas,
    mempertahankan nilai lambda di tiap rpm (dari idle sampai rpm tinggi),
    sepertinya sulit secara teknologi.

    Kalau untuk mobil jeksi,
    mobil saya ada setelan airmixnya,
    tapi belum pernah dicek nilai lambdanya untuk rpm yang bervariasi.


    Kalo yang udah canggih,
    mungkin bisa disetel dengan cara remap atau pigyback macam produk apexy.
    o0o...gtu...

    Saya baru ngetes di mtr saya Vixion yg notabene sistem injeksi nya masih open-loop dan bsa disetel COnya...
    maklum d,soalnya make alat uji emisi klo mbl aja di AFJ kena 50-75rb,
    cman klo mtr 25rb aja,kan sayang klo mesti bolak-balik...soalnya masih trial & error...

    Problemnya bgini...
    di mtr yg gw tes,smua keadaan sehat dan terawat KM aja baru 13rb n gw dapet hasil uji emisi: (idLe)

    CO = 3,53%
    CO2= 08,3%
    HC = 235/ppm
    02 = 06.3%
    CO cor = 4,47%
    Lambda = 1,214
    settingan CO pd ECU = +8

    lalu gw coba ganti knalpot aftermarket dan dapet hasil:

    CO = 3,455%
    CO2 = 10,71%
    HC = 337/ppm
    O2 = 2,34%
    CO cor = 3,658%
    Lambda = 0,986
    settingan CO pd ECU = 0

    Pas pake knalpot std dan aftermarket gw coba gas ditempat sampai RPM 5000-6000 angka lambda makin beranjak naik yg artinya klo grafik diatas dipake,maka settingan gw makin kering...nah lho...

    Trus gmana dong cara gw yg pake knalpot std biar lambdanya bsa turun lg??

  10. #9
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 6 Hrs 20 Mins 3 Secs
    AFR tuning memang harus disesuaikan disetiap 1000 RPM untuk mencapai hasil yang maksimal.
    Dalam kondisi langsam, standar AFR yang bagus emang berada di 14,7:1. Tapi begitu kita gas, angka itu harus berubah lebih kecil.

    Karena klo AFR <14,7:1 = Lean & >14,7:1 = Rich.
    Klo terlalu Rich, mesin temperature mesin sih adem, tapi bensin jadi boros banget. Sebaliknya, klo terlalu Lean, kasihan mesinnya. Temperature diruang mesin cepet panas & sering detonasi.
    Intinya, more fuel = more power.
    Jadi untuk hasil tenaga yang maksimal untuk mobil standar, pada peak RPM, ada di kisaran 12,5-13,3:1 (AFR) & 0,850-0.900 (Lambda).
    Untuk mobil N/A yang udah ganti camshaft, AFR bisa berada dibawah 12,5:1.

    Klo mau lebih enak lagi tuningnya, coba pake piggyback SAFC-II. Bisa tuning di 12-titik RPM. Atau klo mau lebih dashyat lagi, pake Dastek. Setelan titiknya lebih banyak lagi (bisa per 10% dari RPM).

  11. #10
    Sersan Dua
    Location
    Lupa...gw..?? Disini klo ga salah ~..~
    Posts
    280
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 21 Hrs 59 Mins 46 Secs
    Quote Originally Posted by Turbo_inside View Post
    AFR tuning memang harus disesuaikan disetiap 1000 RPM untuk mencapai hasil yang maksimal.
    Dalam kondisi langsam, standar AFR yang bagus emang berada di 14,7:1. Tapi begitu kita gas, angka itu harus berubah lebih kecil.

    Karena klo AFR <14,7:1 = Lean & >14,7:1 = Rich.
    Klo terlalu Rich, mesin temperature mesin sih adem, tapi bensin jadi boros banget. Sebaliknya, klo terlalu Lean, kasihan mesinnya. Temperature diruang mesin cepet panas & sering detonasi.
    Intinya, more fuel = more power.
    Jadi untuk hasil tenaga yang maksimal untuk mobil standar, pada peak RPM, ada di kisaran 12,5-13,3:1 (AFR) & 0,850-0.900 (Lambda).
    Untuk mobil N/A yang udah ganti camshaft, AFR bisa berada dibawah 12,5:1.

    Klo mau lebih enak lagi tuningnya, coba pake piggyback SAFC-II. Bisa tuning di 12-titik RPM. Atau klo mau lebih dashyat lagi, pake Dastek. Setelan titiknya lebih banyak lagi (bisa per 10% dari RPM).
    o0o...bgitu

    i see..i see..makasih byk oM/br0 bwat jawabannya,
    berhubung blm sempet ke mesin dyno jd masih ngandalin alat uji emisi duLu nigh bwat cari tau settingan

    weDew...itu mantap jga bsa per 10% dr RPM,huhuhuhuhu...

    maybe ada lg yg mau kasih onfo tambahan,
    boleh di-share dimari,
    kan lmayan bwat nambah2 info yg boilnya masih std/mod. bwat tau settingan mesinnya...

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. ASK : Settingan H.U selalu nge'reset setelah matiin mesin
    By - AutoCRAFT - in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 17th April 2011, 23:10
  2. ASK : Settingan H.U selalu nge'reset setelah matiin mesin
    By - AutoCRAFT - in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 8
    Last Post: 10th November 2010, 08:19
  3. ASK : Settingan H.U selalu nge'reset setelah matiin mesin
    By - AutoCRAFT - in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 5
    Last Post: 9th November 2010, 20:26
  4. WTS Alat Baca Kondisi Mesin OBD 2
    By dianje in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 25th January 2010, 10:52
Back to top