HELP RPM tinggi banget - bensin jadi boros
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/162165
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Srengseng - Serpong
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 31 Mins 23 Secs

    HELP RPM tinggi banget - bensin jadi boros

    Hola guys,

    Mau tanya..mobil gw Soluna 2000 M/T. Nah,pas AC nyala, RPM narik tinggi bgt
    sampe 1200 - 1300. Gara2 ini bensin jadi boros bgt rasanya.

    Ada yg bilang servo AC nya...ada yg blg parts yg berfungsi u/ ngatur
    besar kecil gas udah lemah..

    Kira2 ada yg tau ga ya biasanya masalah nya dimana?

    Thanks before for d help & solution,teman"..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Yakin sistem Servo untuk Idle Up A/C?

    Saya punya sebab menggunakan mekanisme Katup Solenoid Elektornik,
    dan Skrup Udara untuk menyetel besar kecilnya udara yang lewat,
    dan hubungannya dengan tinggi rendahnya rpm.


    Kalau memang dari servonya,
    sepertinya Servo itu sistem pengaturan tinggi rendah-nya rpm jadi satu ya?

    ya harus dibenerin tuh servonya,
    tapi coba cari dulu "Mekanisme" penyetelan secara manual,
    mungkin ada .....


    smoga membantu.

  4. #3
    Represented Member
    Location
    Jakarta - Utara
    Posts
    71,837
    Power
    138 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 2 Days 6 Hrs 3 Mins 47 Secs
    kalo ane, nyala ac malah turun bro.... justru mau naek ga bisa2... uda ganti idle up segala..... gimana kalo kita tukeran penyakitnya? hahahahha joking bro..... =)
    VISIT OUR FORUM: JDM PARTS n AIRBBOM:
    http://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?f=112



    NANO TECHNOLOGY with AIRBOOM!!! SAVE your FUEL + IMPROVE your HORSE POWER engine.....


    email: lionel_maulana@yahoo.com

    CP: 08177 44 542 lionel

    WEBSITE : www.otopartid.com

    INSTAGRAM: @otopartid @otoclothid @motopartid
    FACEBOOK : otopart id

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Srengseng - Serpong
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 31 Mins 23 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    Yakin sistem Servo untuk Idle Up A/C?

    Saya punya sebab menggunakan mekanisme Katup Solenoid Elektornik,
    dan Skrup Udara untuk menyetel besar kecilnya udara yang lewat,
    dan hubungannya dengan tinggi rendahnya rpm.


    Kalau memang dari servonya,
    sepertinya Servo itu sistem pengaturan tinggi rendah-nya rpm jadi satu ya?

    ya harus dibenerin tuh servonya,
    tapi coba cari dulu "Mekanisme" penyetelan secara manual,
    mungkin ada .....


    smoga membantu.
    Wah..katup solenoid elektronik itu apa,yah bos? Krg ngerti nih istilah2nya..hehe..
    Anyway,gw cb d dr mekanisme manualnya..kmrn si udah d setting..td nya rpm ngedrop,
    skrg dah ga lagi tp masih ttp tinggi klo lg narik tu AC.

    Ktnya si servo AC nya lemah..cm gw takutnya dah mahal2 ganti,tnyata problem ga solved..manyun,dah..
    scr tu parts 600-700rb an..

    Thanks advise,ya bro..

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    Srengseng - Serpong
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 31 Mins 23 Secs
    @lionel: bos,kmrn gw k tmpt ac..dia share,dl pnh pegang mobil yg problem nya sama.
    Trus diakalin gimana gitu..problem solved..

    Lo tinggal daerah mana,bos? Klo mau cek,cb ke Victory Jaya AC aja di daerah taman aries,Jakbar.

    Orgnya fair..ga asal ganti ini itu..bagus,si klo gw blg. Hehee..

    Mudah2an problem kt cpt solve,y broer..

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    perbandingan dengan mazda,
    idle up (ISC) itu bawaan mesin,
    paling2x tukang ac nyetel doang,
    tapi untuk benerin atau ganti part tsb,
    kita pasti disuruh cari barang & bengkel sendiri biasanya.


    mungkin kalau servo lemah kurang tepat,
    tapi terlalu responsif,
    sehingga putaran motor dc yang terlalu banyak,
    mengakibatkan bukaan suplai udara jadi besar,
    praktis rpm juga terlalu tinggi.


    coba sekerang setel yang tepat (900 rpm),
    jangan kerendahan atau terlalu tinggi.

    sepertinya waktu kemarin kerendahan,
    disetel terlalu tinggi.

    biasa memang montir trial & error juga ko' ......

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    on the street
    Posts
    778
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Hrs 37 Mins 29 Secs
    cm nambahin bro, nyetel rpmnya pas mesin kondisi panas. di dkt box sekring dlm kap ada potensio buat idle mixture, coba aja di adjust lg n jgn sampe ada selang vakum yg bocor.

  9. #8
    Sersan Satu
    Location
    Srengseng - Serpong
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 31 Mins 23 Secs
    @herbid:

    nah,td nya emg kerendahan,bos..jd pas rpm drop..mesin mati saking tlalu rendah putarannya.
    tp skrg dah disetel lagi,rpm udah ga nge drop n di setel,bahkan,di putaran 850rpm..
    Klo pas AC narik..dia naiknya pas..di 1000rpm..tp yg gw bingung,ac bisa narik smp 2x.

    Klo kt org bengkel..speed fan nya emg ada 2..speed 1 n speed 2 klo mesin udah telalu panas.
    Nahh..pas dia narik lagi,yg ktnya masuk ke speed 2,rpm otomatis naik lagi ke 1200rpm.

    Nnt pas lg "putus" tu kompresor / tarikannnya..rpm balik ke 850..tar narik lagi ke 1000, trus
    klo dah lebih panas..narik lagi ke 1200rpm..huhuh..

    @ck-2: siip,bro..thx u/ asukkannya..gw cb pantau pemakaian 1 minggu ini.
    By d end of this week,gw balik lg k bengkel u/ d adjust lg biar lbh pas..

  10. #9
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by redmagic View Post
    @herbid:

    nah,td nya emg kerendahan,bos..jd pas rpm drop..mesin mati saking tlalu rendah putarannya.
    tp skrg dah disetel lagi,rpm udah ga nge drop n di setel,bahkan,di putaran 850rpm..
    Klo pas AC narik..dia naiknya pas..di 1000rpm..tp yg gw bingung,ac bisa narik smp 2x.

    Klo kt org bengkel..speed fan nya emg ada 2..speed 1 n speed 2 klo mesin udah telalu panas.
    Nahh..pas dia narik lagi,yg ktnya masuk ke speed 2,rpm otomatis naik lagi ke 1200rpm.

    Nnt pas lg "putus" tu kompresor / tarikannnya..rpm balik ke 850..tar narik lagi ke 1000, trus
    klo dah lebih panas..narik lagi ke 1200rpm..huhuh..

    @ck-2: siip,bro..thx u/ asukkannya..gw cb pantau pemakaian 1 minggu ini.
    By d end of this week,gw balik lg k bengkel u/ d adjust lg biar lbh pas..

    waj info baru yang bagus nih,
    ada idle up ac sampe 2x .......,
    coba deh stel lagi.

    kalo ideal mobil baru,
    idle 850,
    ac 900, kalo ada tambah extra fan paling2x 950 juga dah cukup,
    karena fan itu elektrikal dan tdk membutuhkan listrik yg terlalu besar (hingga 1200-an).

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    Srengseng - Serpong
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 31 Mins 23 Secs
    @herbid: siip..gw pasti bakal cek lagi,bos..mengganggu skali,ni soalnya
    kondisi begini. Hehe..

    Thx info & advisenya,y boss..!

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. bensin sx4 boros
    By coLZ in forum Diskusi Mesin
    Replies: 70
    Last Post: 19th October 2012, 11:14
  2. fd1 ane koq boros banget ya
    By venzdev in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 8th March 2012, 05:44
  3. bensin boros..
    By kian in forum Diskusi Mesin
    Replies: 36
    Last Post: 21st February 2008, 17:28
  4. bensin boros
    By mengquan in forum Diskusi Mesin
    Replies: 48
    Last Post: 14th September 2007, 15:41
  5. Boros Bensin
    By riowahendra in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 16th February 2006, 23:33
Back to top