apakah turbo timer benar2 dibutuhkan??
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/162137
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Posts
    1,579
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Days 16 Hrs 6 Mins 32 Secs

    apakah turbo timer benar2 dibutuhkan??

    All,

    setelah memahami fungsi dari turbo timer sejelas2nya dan saat ini saya memakai mobil turbo yg belum dilengkapi turbo timer, maka saya mau tanya apakah turbo timer ini benar2 dibutuhkan JIKA : ...

    setiap hari pulang pergi kantor, mall, rumah, etc setelah saya perhatikan maka sebelum mematikan mobil (di parkiran, carport, etc) mobil saya tsb pasti akan berada dalam keadaan merayap / jalan pelan-pelan terlebih dahulu (contohnya di parkiran kantor, masuk kompleks perumahan, atau cari parkir di mall) keadaan tsb bervariasi antara 2 sampai 5 menit.. nah, apakah dengan kondisi diatas dapat dikatakan bahwa turbo sudah "didinginkan" dengan baik oleh oli pelumas?? (keadaan jalan pelan2)

    dengan keadaan diatas apakah turbo timer masih dibutuhkan untuk mobil saya?

    thanks buat inputnya..

  2. Bandargua
  3. #2
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 4 Hrs 55 Mins 42 Secs
    Klo saran saya sih, turbo timer sangat diperlukan supaya turbo lebih aman & awet, bos.

    Karena turbin sangat sensitif terhadap tekanan sekecil apapun. Contoh, klo kita parkir kan pasti akan nge-gas 2 juga. Nah, turbin pasti akan berputar cepat walaupun RPM tidak terlalu tinggi.
    Karena sebelum mesin dimatiin, RPM harus bener2 dalam kondisi idle selama minimal 30-detik. Mungkin sekali2 bisa kita tunggin. Tapi yang namanya manusia tidak luput dari kelalaian. Suatu saat klo kita lagi buru2, pasti akan lupa & langsung matiin mesin setelah parkir.
    Gak perlu beli turbo timer yang mahal2 & bermerk, bos, yang penting berfungsi.

    Semoga bisa menbantu =)

  4. #3
    Letnan Satu
    Posts
    1,579
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Days 16 Hrs 6 Mins 32 Secs
    thanks buat inputnya bos..

    beli yg gopekceng an aja kali yach?

  5. #4
    Kolonel
    Location
    Bandung
    Posts
    9,571
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 12 Mins 40 Secs
    kmaren2 waktu jaman gw masih pake aveo kan turbo jg tu.. turbo timer tetep gw pake, ga usah lama2 gw set 30detik aja, kcuali klo abis digeber2 baru lamaan dikit..

    lgi pula kayanya kan asik aja tu turun mobil ntar mesinnya mati ndiri..

  6. #5
    Prajurit
    Posts
    10
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 45 Mins 31 Secs

    turbo timer

    Menurut saya gak perlu, turbin didalam turbocharger bisa berputar sampai 200.000rpm( dua ratus ribu) jadi perlu pendinginan sebelum dimatikan, tapi turbocharger sendiri baru bekerja mulai rpm tertentu, jadi kita tdk perlu pasang turbo timer, kalau mobil jalan pelan2 sebelum dimatikan. Porsche turbo aja dari pabrik tanpa turbo timer. orang yg buat mobil itu sdh mikirin semua aspek tapi menentukan gak usah dipasang turbo timer, jadi ya memang gak perlu.

  7. #6
    Kolonel
    Location
    Bandung
    Posts
    9,571
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 12 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by khing8 View Post
    Menurut saya gak perlu, turbin didalam turbocharger bisa berputar sampai 200.000rpm( dua ratus ribu) jadi perlu pendinginan sebelum dimatikan, tapi turbocharger sendiri baru bekerja mulai rpm tertentu, jadi kita tdk perlu pasang turbo timer, kalau mobil jalan pelan2 sebelum dimatikan. Porsche turbo aja dari pabrik tanpa turbo timer. orang yg buat mobil itu sdh mikirin semua aspek tapi menentukan gak usah dipasang turbo timer, jadi ya memang gak perlu.
    tapi kan jelas beda bos mesin yg stdnya udah turbo ama yg blm..
    mungkin mesin yg stdnya udah turbo sistem pendinginan, sirkulasi oli, kekuatan mesinnya dan segala macemnya memang sudah didesain untuk turbo..
    lain lagi klo mobil2 yg aslinya blm turbo..

    cmiiw..

  8. #7
    Prajurit
    Posts
    12
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Menurut gw sih,....kalau untuk mobil standard aja ngga perlu perlu banget,....mobil kompetisi juga bisa ngga pake turbo timer, asal sebelum mesin dimatikan dibuarkan idle tanpa di gas dulu,...

    Turbo timer menurut gw gunanya lebih untuk menjaga agar tekanan oli di turbo tidak menekan mesin, karena saat mesin dimatikan aliran oli berhenti, jadi kalau turbo tetap menyala pada putaran tinggi sewaktu mesin dimatikan dapat mempengaruhi masa pakai bearing ataupun sealance oli.....

  9. #8
    Mayor
    Posts
    3,267
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 4 Hrs 55 Mins 42 Secs
    Quote Originally Posted by khing8 View Post
    Menurut saya gak perlu, turbin didalam turbocharger bisa berputar sampai 200.000rpm( dua ratus ribu) jadi perlu pendinginan sebelum dimatikan, tapi turbocharger sendiri baru bekerja mulai rpm tertentu, jadi kita tdk perlu pasang turbo timer, kalau mobil jalan pelan2 sebelum dimatikan. Porsche turbo aja dari pabrik tanpa turbo timer. orang yg buat mobil itu sdh mikirin semua aspek tapi menentukan gak usah dipasang turbo timer, jadi ya memang gak perlu.
    Jangan salah, bos. Begitu mesin nyala, sebenernya turbin udah mulai berputar (walaupun gak begitu kencang). Apalagi klo kena tekanan udara lebih. Tapi untuk mencapai tekanan yang diinginkan memang membutuhkan tekanan udara yang sangat tinggi.
    FYI, prinsip kerja turbo bukan bekerja di RPM tertentu (misal pada +4000 RPM). Tapi lebih mengikuti bukaan pada pedal gas (tergantung cara kita nge-gas). Misal, klo pada 4000RPM kita nge-gasnya diurut / perlahan2, turbo gak akan mencapai peak boost yang diinginkan. Nah, klo kita langsung full throttle (walaupun baru 3000RPM), ECU akan merintah untuk full boost.
    Semakin besar ukuran turbin, semakin besar pula gejala turbo lag'nya.

    Mobil kontes gak dirancang buat kebut2an, bos, kan memang cuma buat show aja. Tapi seandainya mereka memakai Turbo Timer, pasti akan lebih mendongkrak poin kontes mereka, karena juri tau pastinya fungsi alat tersebut.

  10. #9
    Kopral Kepala
    Location
    My home
    Posts
    146
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bantu up bro

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by kykyhalim View Post
    All,

    setelah memahami fungsi dari turbo timer sejelas2nya dan saat ini saya memakai mobil turbo yg belum dilengkapi turbo timer, maka saya mau tanya apakah turbo timer ini benar2 dibutuhkan JIKA : ...

    setiap hari pulang pergi kantor, mall, rumah, etc setelah saya perhatikan maka sebelum mematikan mobil (di parkiran, carport, etc) mobil saya tsb pasti akan berada dalam keadaan merayap / jalan pelan-pelan terlebih dahulu (contohnya di parkiran kantor, masuk kompleks perumahan, atau cari parkir di mall) keadaan tsb bervariasi antara 2 sampai 5 menit.. nah, apakah dengan kondisi diatas dapat dikatakan bahwa turbo sudah "didinginkan" dengan baik oleh oli pelumas?? (keadaan jalan pelan2)

    dengan keadaan diatas apakah turbo timer masih dibutuhkan untuk mobil saya?

    thanks buat inputnya..

    kalau memang bisa disiplin terus seperti itu
    sepertinya gak deh ....

    kurang lebih kondisinya sama dengan saya yang mematikan mobil setelah 20 detik-an idle,
    umur aki awet hingga 4 tahun.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mitsubishi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 104
    Last Post: 5th August 2013, 12:43
  2. WTA : Apakah mobil diesel perlu turbo timer
    By Yusufzen in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 19th March 2010, 12:27
  3. WTS Pivot Turbo Timer, Extra Injector, Turbo Modul
    By haltech in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 15
    Last Post: 26th July 2009, 14:34
  4. Volvo 2.4 turbo keluaran pabrik apa perlu timer turbo?
    By luck_ind in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 21st August 2008, 00:41
Back to top