[ASK]Swirl Mark dan Gores setelah Cat Ulang
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 8 of 8
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/161913
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    192
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 56 Mins 24 Secs

    [ASK]Swirl Mark dan Gores setelah Cat Ulang

    Gan, gw baru aja selesai ngecatin mobil gw di salah satu bengkel di Ciwastra. Biaya cuman abis 3,5 juta, cat pake danagloss, vernishnya ga tau sih pake apaan, tapi yang jelas sih 4 jalan/lapis. Dan ini tuh sistemnya semi Oven, jadi mengandalkan matahari sebagai pengganti ruang oven.

    Nah, pas pertama kali ngambil, eh buset, langsung udah ada swirl mark nya dan beberapa goresan-goresan kaya macam bekas amplas alus gitu. Sebenernya swirl mark dan gores ini ga begitu kelihatan kalo ngeliatnya dari jauh, dideketin juga ga begitu keliatan kalo pandangan lo ga fokus. Tapi kalo diliatin bener-bener dan ditaro di bawah sinar matahari, baru deh keliatan.

    Yang mau gw tanyain nih. Kalo swirl mark dan goresan bekas amplas yang ga begitu keliatan tadi itu, sebenernya emang wajar?Atau bengkelnya yang malpraktek nih?

    Thanks

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Kopral Dua
    Posts
    28
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    definitly malapraktek....

  4. #3
    Kapten
    Location
    INSPIRE HQ
    Posts
    2,346
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 10 Hrs 46 Mins 22 Secs
    banyak faktor. dimulai dari komposisi perbandingan pernish dengan hardenernya. kalo gak pas, keringnya gak bisa maksimal yg menyebabkan setelah diamplas baret alusnya gak bisa hilang.
    kekmungkinan juga setelah diamplas halus dengan amplas 1500 langsung dipoles, seharusnya di amplas lagi dengan amplas 2000 lalu 4000 untuk meratakan permukaan pernish. jadi pengamplasan seharusnya 3 tahap.
    kemungkinan lagi bahan atau obat poles yg digunakan tidak bagus. seperti kebanyakan bengkel, mereka pake kompon yg 30 rb dengan kaleng warna hijau. namanya R..in (jangan disebutin, nanti dituntut lagi gw)
    Kompon ini memang langsung cut atau penetrate menghilangkan bekas amplasan, tapi kalau memang orgnya detail malah meninggalkan bekas baret halus yg susah dihilangkan. lebih baik pake swirl remover seperti Menzerna atau Zymol atau meguiars. setelah itu dilanjutkan dengan conditioner dan baru wax> ini tahap yg bener basic sekali. dan umumnya kalo emang ngecat harga segitu ya jangan terlalu berharap banyak.
    kemungkinan juga mesin polesnya kurang bagus. atau rpmnya kurang tinggi. jadi swirl tidak bisa hilang.
    masih banyak lagi sih kemungkinan2 lain. tukang polesnya kurang jago, kurang dijemur. dll.
    kering yg benar2 maksimal itu kurang lebih 1 bulan. jadi setelah mobil selesai di cat ( pake atau tidak pake oven) beberapa hari sudah bisa di poles tetapi harus kembali lagi 1 bulan kemudian untuk final polish. itu baru bener2 mateng.
    semoga membantu

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,564
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 3 Hrs 30 Mins 41 Secs
    malpraktek boss,mana ada mo ngecat biar bagus malah dapet baret halus..

  6. #5
    Kopral Kepala
    Posts
    192
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 56 Mins 24 Secs
    Quote Originally Posted by 47MO View Post
    malpraktek boss,mana ada mo ngecat biar bagus malah dapet baret halus..
    Nah gw mikirnya itu gan. Tapi kebetulan yang punya nih kooperatif banget. Tadi ada belang, tanpa minta bayaran lagi, dia benerin tuh belang walau rada lama, sekitar 3 hari an. Sekarang sih udah bres dan belang udah hilang. Tapi tetep aja gan, gw udah bilang bahwa atap, bagasi, dan kap mesin tuh buanyak baret halusnya, eh tetep ngotot ngompon. Eh sarap, tetep aja ga ilang. Kata dia, gw suruh balik 3 minggu lagi buat nungguin catnya kering. Mau di kompon lagi, kalo ga ilang, gw bilang "Cik, kalo dikompon ga ilang, dispray ulang yah?". Dia diem aja.

    Quote Originally Posted by M Roadster View Post
    banyak faktor. dimulai dari komposisi perbandingan pernish dengan hardenernya. kalo gak pas, keringnya gak bisa maksimal yg menyebabkan setelah diamplas baret alusnya gak bisa hilang.
    kekmungkinan juga setelah diamplas halus dengan amplas 1500 langsung dipoles, seharusnya di amplas lagi dengan amplas 2000 lalu 4000 untuk meratakan permukaan pernish. jadi pengamplasan seharusnya 3 tahap.
    kemungkinan lagi bahan atau obat poles yg digunakan tidak bagus. seperti kebanyakan bengkel, mereka pake kompon yg 30 rb dengan kaleng warna hijau. namanya R..in (jangan disebutin, nanti dituntut lagi gw)
    Kompon ini memang langsung cut atau penetrate menghilangkan bekas amplasan, tapi kalau memang orgnya detail malah meninggalkan bekas baret halus yg susah dihilangkan. lebih baik pake swirl remover seperti Menzerna atau Zymol atau meguiars. setelah itu dilanjutkan dengan conditioner dan baru wax> ini tahap yg bener basic sekali. dan umumnya kalo emang ngecat harga segitu ya jangan terlalu berharap banyak.
    kemungkinan juga mesin polesnya kurang bagus. atau rpmnya kurang tinggi. jadi swirl tidak bisa hilang.
    masih banyak lagi sih kemungkinan2 lain. tukang polesnya kurang jago, kurang dijemur. dll.
    kering yg benar2 maksimal itu kurang lebih 1 bulan. jadi setelah mobil selesai di cat ( pake atau tidak pake oven) beberapa hari sudah bisa di poles tetapi harus kembali lagi 1 bulan kemudian untuk final polish. itu baru bener2 mateng.
    semoga membantu
    Thanks atas penjelasan detailnya.

    Iya gan, abis amplas 1500 langsung dicompound terus disanpoly.
    Dia pake kumpon iv*ry itu gan, malah sekarang pake yang warna putih yang udah dibungkusin gitu di plastik. Terus abis itu digosok pake sanpoly.

    Nah bro,baret-baret halus tuh ga cuman swirl (yg bentuknya mcm sarang laba2), ada juga bekas amplasan alusnya. Jadi tuh atap mobil gw kalo ditaro di bawah sinar, seperti di foto di bawah ini,

    Nah keliatan kaga baret halusnya?Kaga keliatan kan. Saking alusnya sih, gw juga bingung nih mau menangkap foto baretnya gmana. Tapi tetep kalo pake mata telanjang, pasti keliatan.

    Bro, ada anak detailing nyaranin pake Ultimate Compound + polishing pad + microfiber buat ngilangin bekas amplasan itu dan swirl mark nya. Bisa ilang gak??Abrassivenya sampe segimana?Apakah dalem banget?

    Quote Originally Posted by blatooth View Post
    definitly malapraktek....
    Thanks inpohnya gan, sedih nih. Untung yg punya bengkel cat, sejauh ini masih kooperatif.


  7. #6
    Mayor
    Posts
    3,564
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 3 Hrs 30 Mins 41 Secs
    owh..dulu gw jg pnah gt,sama kya lo trus gw nurut bengkelny aj krn bengkel 'biasa' pasti gamaw rugi..kec bengkel yg ud punya nama gede..

    saran gw ikutin dulu aj klo emang dy gamaw langsung benerin toh ujungny yg repot n rugi dy klo akhirny toe baret halus ga ilang..abis qta jg ga bisa maksa dy

  8. #7
    Kopral Kepala
    Posts
    192
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 56 Mins 24 Secs
    Quote Originally Posted by 47MO View Post
    owh..dulu gw jg pnah gt,sama kya lo trus gw nurut bengkelny aj krn bengkel 'biasa' pasti gamaw rugi..kec bengkel yg ud punya nama gede..

    saran gw ikutin dulu aj klo emang dy gamaw langsung benerin toh ujungny yg repot n rugi dy klo akhirny toe baret halus ga ilang..abis qta jg ga bisa maksa dy
    Iye lha, ngompound juga butuh tenaga ekstra. Kalo ga ilang, ya paling di spray ulang.

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    raya jemursari 160,surabaya fax 0318438781, CP 081703698778, Flx 03171718778.
    Posts
    1,356
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    dah terlanjur bro...saran gw biarin bener2 kering dulu..trus baru dipoles ulang..pake swirl remover ..produk yg gw saranin 3m si udah ok kok..daripada skrg blm kering dipoles2 trus pake obat yg salah tar malah pernishnya kehabisan hehehe...

 

 
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. (WTS)3M 6064 Perfect-It 3000 Swirl Mark Remover
    By portofino in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 43
    Last Post: 13th March 2011, 11:55
Back to top