Help, Catu Daya
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16
Thread: Help, Catu Daya
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/1609
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    Malayang Layang
    Posts
    28
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 2 Secs

    Help, Catu Daya

    Mohon bantuannya para senior, pliz :? .
    Saya lagi rombak audio buat mobil Chevy Spark (Daewoo Matiz) istri saya. Aki saya bawaan pabrik aki kering 35V. Mereknya enggak tahu. Di mobil culun itu saya pasang 2 power 2 kanal Swiss Audio untuk mendrive 2 rear speaker 6,5 inci dan 1 sub 12" Swiss Audio seri SWL. Untuk front saya pakai power Braxton 4 kanal untuk mendrive 2 speaker 4" dan 2 tweeter. Cap bank Symbion 1 farad.
    Sebelum setting audio, di mobil udah ada DVD Tablet Nextbase yang catu dayanya diambil dari colokan rokok di mobil.
    Pertanyaannya. Mampukah aki bawaan mobil memasok daya untuk semua alat itu? Bagaimana di situasi malam hari saat hujan di mana lampu menyala, AC hidup full, dan wiper bergerak.
    Instalatur bilang yakin aki bawaan mampu.
    Tapi, jika ternyata tidak mampu, apa solusinya.
    Pliz, bantu saya, karena mobil udah mo selesai setting.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Location
    call me : 08161956046
    Posts
    4,663
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    32 Mins 8 Secs
    kelistrikan mobilnya kalo beban banyak yg berhubungan utama adalag alternatornya. harusnya dgn spek diatas aki kering bawaan udh cukup. tp kalo sampe gak kuat solusi paling bener adalah upgrade alternatornya....

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    Malayang Layang
    Posts
    28
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 2 Secs
    Trims, atas masukannya. Instalatur menyarankan kalau tidak kuat tambah aki kering Stinger.
    Kalau alternator diganti, ganti yang seperti apa? Speknya apa? Harganya kira-kira berapa dan bisa beli di mana, soalnya saya jauh di ujung utara Sulawesi? Yang jelas ruang mesin Spark sangat compact, tak ada celah lagi.
    Mohon infonya lagi.

  5. #4
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    249
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 48 Mins 6 Secs
    Sekadar refreshing, kalau dalam keadaan mobil hidup dan jalan yg mensuplai listrik itu alternator, bukan aki. Aki dan komponen listrik di mobil (mulai dari lampu sampai amplifier) malah menjadi load atau beban ke alternator.

    Alternator itu ratingnya dalam ampere. Mungkin pak waraney bisa cari tahu lewat bengkel kalau alternator standar mobil berapa ampere. Tapi kita juga tidak tahu pak, apakah memang alternator-nya tidak kuat dalam keadaan full sistem nyala plus AC dan lain sebagainya.

    Jadi ya sebaiknya dicoba dulu; selesaikan instalasi bapak dengan sebaiknya2 kemudian tes jalan (lampu depan hidup, AC nyala dan sistem audio nyala dng. volume lebih keras dari biasanya kalau dengar). Kalau beres2 saja (atau sepersekian detik lampu sempat ngedim tapi balik lagi normal) ya bisa dikatakan wajar. Tapi kalau sampai ngedim parah atau kelistrikan mobil kaya mau mati bapak harus investigasi kemungkinan2 lain.

    Bapak bisa upgrade wiring ground (istilah bule-nya the Big 3, alias upgrade kabel ground dari terminal negatif aki ke chassis mobil, kabel ground dari alternator ke chassis mobil dan kabel dari alternator ke...err...lupa yg satunya lagi). Coba bapak cari info-nya di internet. Kalau setelah upgrade nggak benar2 sembuh, ya terpaksa ganti alternator pak.

    Umumnya alternator pengganti itu julukannya HO (high output) alternator. Ratingnya bisa 100an ampere ke atas (malah ada yg 250 amp). Tapi ya di sini juga harus liat spek lain, dia bisa bikin ampere di RPM berapa; rata2 HO alternator yg amperage rating-nya besar2 bisa bikin ampere gede justru di RPM tinggi, sementara kalau mobil dalam pemakaian sehari2 (jalan normal) paling mentok juga 2800 sampai 3000 RPM.

    Mengenai beli alternator yg high output dimana...nah, ini yg saya tidak tahu. Ada rekan2 yg bisa menolong?

  6. #5
    Kopral Dua
    Location
    Malayang Layang
    Posts
    28
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 2 Secs
    @bodapa & chans
    Trims buat masukannya. Saya coba dulu kalo gitu. Mudahan-mudahan jumat (14/4) atau tula (15/4) udah kelar. Doain :wink: supaya listriknya kuat. Kalo enggak, saya konsultasi lagi ya.

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    Makassar, Jakarta
    Posts
    11,380
    Power
    76 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 17 Hrs 36 Mins 43 Secs
    di tunggu
    hehehe...!

  8. #7
    Sersan Dua
    Posts
    261
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Ok's advice bodapa...
    Saya pernah baca mengenai sistem kelistrikan untuk kendaraan, up grade alternator bisa juga dengan mengganti komponen dari alternator itu sendiri misalnya Integrated circuit namun demikian ada efek yang kurang menguntungkan yaitu tidak bisa optimumnya arus yang keluar serta bila salah dalam pemilihan IC dapt merusak sistemcut off charging itu yg paling simple, tapi metode seperti itu dapt diperbaiki dengan rewinding alternator itu sendiri ato gantistator.
    Hal tsb diatas memang lebih enderung ke experimental untuk mendapatkan out yang diinginkan ato sesuai dgn kebutuhan.
    Untuk pak warraney...... khan lebih cenderung aplikatif sebagai solusi pengganti bila terjadi tekor arus pada saat semua sistem dalam mobil dipergunakan sepertu AC, Lampu, wiper dan audio.

  9. #8
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    249
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 48 Mins 6 Secs
    Oh iya, ada sedikit koreksi...

    Upgrade wiring ground yg saya sebut di atas ada kesalahan. Mestinya:

    1. Upgrade kabel dari terminal negatif aki ke chassis mobil.
    2. Upgrade kabel dari positive post alternator ke terminal positif aki.
    3. Upgrade kabel dari chassis ke mesin.

    Maksudnya upgrade kabel di sini itu kabelnya diganti dengan ukuran yg lebih besar, agar transfer current bisa lebih dimaksimalkan. Bisa jadi dengan upgrade ini yg namanya cap bank tidak diperlukan lagi...

    Bagaimana pak waraney, hasilnya? Ditunggu update dan komentarnya.

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    Harapan Yang Indah
    Posts
    1,106
    Power
    M-Store Point
    1
    Online
    1 Wk 6 Days 16 Hrs 7 Mins 30 Secs
    Bodapa.........
    Gw cari info mengenai teknis alternator di web dikit bgt info yang bisa aku cerna, bisa nga bila kita menginginkan Out Put besar dari alternator dengan mengganti ratio pulley yg terpasang di alternator jadi dgn asumsi semakin kecil pulley semakin tinggi putarannya dgn asumsi pula RPM engine sama. Thx

  11. #10
    luckykerenabis
    Guest
    betul

    jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran vbelt

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [help] Lucas Oil
    By ernestkool in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 2nd May 2014, 18:11
  2. Please Help: Velg Sepeleng
    By john_doe in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 12
    Last Post: 27th November 2007, 08:40
  3. Pioner 9250+1280+budget 3 jt = HeLP !!
    By Declan in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 9
    Last Post: 25th October 2005, 16:20
  4. help xenon kok jadinya kuning si?
    By bear company in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 23
    Last Post: 16th September 2005, 18:32
  5. NANYA MASALAH COROLLA GW, PLEASE HELP
    By Gorze in forum Diskusi Mesin
    Replies: 63
    Last Post: 8th August 2005, 20:02
Back to top