WTA : Supply udara
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/160864
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 4 Mins 17 Secs

    WTA : Supply udara

    para suhu numpang tanya dong. kondisi supply udara kan sangat mempegaruhi kinerja mesin, boil saat ini sudah pake replacement and etc plus unichip. kemarin nempel CAI ala phoenix di TB, rpm bawah sampe menengah sih mantapss.. ngisi terus, cumannnn kok jadi nahan rpm atasnya ?? apakah karena campuran terlalu lean ? kalau CAI dilepas, rpm atas mantapss hanya rpm bawah ke menengah kurang enak. solusi untuk dapat semuanya apa yah ? makasih sebelumnya.

  2. Inibet188
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    RPM Vs Torsi Berdasarkan Bukaan Suplai Udara Tambahan

    Yakin Torque bertambah, sudah di Dyno?

    Berdasarkan buku service saya:






    Terlihat kebutuhan membuka tambahan suplai udara dilakukan pada rpm 4800 saat torque mulai turun.

    Jika katup tsb tdk membuka Torsi akan turun drastis,
    tapi saat Valve tambahan tsb membuka, Torsi tdk terlalu menurun tajam (lihat Graphic RPM Vs Torsi).

    Sebaliknya jika katup tsb terus membuka pada rpm rendah,
    maka torsi justru "Ngedrop".

    Semoga membantu.

  4. #3
    Letnan Satu
    Posts
    1,600
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 14 Hrs 19 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by sorari View Post
    para suhu numpang tanya dong. kondisi supply udara kan sangat mempegaruhi kinerja mesin, boil saat ini sudah pake replacement and etc plus unichip. kemarin nempel CAI ala phoenix di TB, rpm bawah sampe menengah sih mantapss.. ngisi terus, cumannnn kok jadi nahan rpm atasnya ?? apakah karena campuran terlalu lean ? kalau CAI dilepas, rpm atas mantapss hanya rpm bawah ke menengah kurang enak. solusi untuk dapat semuanya apa yah ? makasih sebelumnya.
    sorari mobilnya apa neh? apa yg lu rasain kayaknya sama persis deh ama yg gw rasain.. hehe..
    boil gw jazz idsi+turbo, klo pake CAI rpm bawahnya jauh lebih enak daripada nggak pake, tapi pas udah masuk boost turbo (rpm tinggi) enakkan gak pake CAI.. dilema oh dilema..

    CAI gw dipasang di lubang pada intake manifold

  5. #4
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Kenapa dengan CAI di rpm bawah terasa lebih "Bertenaga",
    analisa nya begini:

    Suntikan udara tambahan itu sebenarnya cuma menaikkan RPM tanpa perlu menginjak pedal gas.

    Jadi jika (misal) saat standar menginjak 1/4 gas, rpm mencapai 3000 dan Power (HP) 100 DK,
    maka dengan bantuan CAI,
    hanya menginjak 1/5 gas saja, rpm sudah mencapai 3000,
    tapi bagaimana dengan torsi dan HP-nya?

    Sebenarnya torsi malah turun dan praktis HP di 3000 dengan CAI cuma jadi 90 DK sekarang.


    Hanya kebetulan kita dapet sugesti mobil enteng dan bertenaga dari injakan pedal gas yang rationya terhadap peningkatan RPM kini jadi lebih besar (tekan gasnya dikit, rpm naiknya banyak).


    Tapi kenapa di rpm tinggi ngempos?

    Setiap mobil - bahkan kijang kapsul karbu tuwir sekalipun,
    mempunyai mekanisme penambahan udara extra saat RPM tinggi untuk memperlebar Graphic / Band Torsi jadi lebih merata (seperti pada gambar lampiran saya).

    Apa jadinya jika setelah mekanisme pabrik bekerja untuk menambah suplai udara,
    ternyata kini sudah ada (masih ada) suplai udara extra dari CAI?

    APa suplai angin jadi tdk berlebihan kini?

    Dan terbukti hasilnya tenaga ngempos karena AFR atau bensin terlalu Lean.

    Kalo gak percaya,
    bisa dibuktikan dengan Dyno.


    Smoga bermanfaat.

  6. #5
    Letnan Satu
    Posts
    1,600
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 6 Days 14 Hrs 19 Mins 11 Secs
    thanks bos herbid buat inputnya.. trus kesimpulannya CAI nya dicopot aja kali yaa..

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by kykyhalim View Post
    thanks bos herbid buat inputnya.. trus kesimpulannya CAI nya dicopot aja kali yaa..
    eehmmm ...... , kalo saya bkeas lubang cai itu bisa buat Air Injection atau HCS mungkin ..... ,
    tapi ya dicopot dulu.

  8. #7
    Kopral Kepala
    Posts
    148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 4 Mins 17 Secs
    update dikit, mobil adalah aerio.
    kemarin akhirnya di retune unichipnya di rev ama bos teddy.
    hasil akhir adalah kondisi lean di rpm atas sedang low rpm tidak ada masalah.
    hasil dyno hp naik jadi 110an sebelomnya 105, sedang torsi malah turun dari 146 ke 134an. tetapi bos teddy bilang matik gak bisa dijadiin patokan secara girboks pegang peranan penting and memang belom lama saya kuras matik pakai oli yang beda dengan sebelomnya. dilihat dari hasil dyno memang turun torsinya dengan nilai cukup banyak. so CAI tetep saya pasang, soalnya asli enak bawahnya walaupun secara dyno torsi menurun, plus bensin lebih irit dikit yahh nambah 0,5-1 km/liter
    dengan kondisi debit udara yang meningkat kondisi lean, tetapi dengan retune unichip kondisi jadi normal lagi maka hasilnya adalah tenaga atas lebih berisi dari sebelomnya. btw kayanya ini CAI gak langsung buka begitu aja deh valvenya, mungkin membuka berdasarkan tekanan ? tekanan kecil buka kecil ? tekanan besar buka besar ? but overall, saya suka, problem solved. hehehe

  9. #8
    Kopral Kepala
    Posts
    148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 4 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by kykyhalim View Post
    sorari mobilnya apa neh? apa yg lu rasain kayaknya sama persis deh ama yg gw rasain.. hehe..
    boil gw jazz idsi+turbo, klo pake CAI rpm bawahnya jauh lebih enak daripada nggak pake, tapi pas udah masuk boost turbo (rpm tinggi) enakkan gak pake CAI.. dilema oh dilema..

    CAI gw dipasang di lubang pada intake manifold
    bos kalo turbo kayanya malah gak bagus dipasang di intake deh, yang gw denger banyak dilakukan biasanya sih di jalur sebelom turbo. maap masih dangkal ilmunya, jadi gak tahu dimana letak pastinya.

  10. #9
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by sorari View Post
    update dikit, mobil adalah aerio.
    kemarin akhirnya di retune unichipnya di rev ama bos teddy.
    hasil akhir adalah kondisi lean di rpm atas sedang low rpm tidak ada masalah.
    hasil dyno hp naik jadi 110an sebelomnya 105, sedang torsi malah turun dari 146 ke 134an. tetapi bos teddy bilang matik gak bisa dijadiin patokan secara girboks pegang peranan penting and memang belom lama saya kuras matik pakai oli yang beda dengan sebelomnya. dilihat dari hasil dyno memang turun torsinya dengan nilai cukup banyak. so CAI tetep saya pasang, soalnya asli enak bawahnya walaupun secara dyno torsi menurun, plus bensin lebih irit dikit yahh nambah 0,5-1 km/liter
    dengan kondisi debit udara yang meningkat kondisi lean, tetapi dengan retune unichip kondisi jadi normal lagi maka hasilnya adalah tenaga atas lebih berisi dari sebelomnya. btw kayanya ini CAI gak langsung buka begitu aja deh valvenya, mungkin membuka berdasarkan tekanan ? tekanan kecil buka kecil ? tekanan besar buka besar ? but overall, saya suka, problem solved. hehehe
    beda mobil, beda konstruksi intake dan suplai udaranya.

    kalo memang dengan bantuan CAI di mobil aerio hasilnya lebih baik, why not?

    saya hanya sekedar sharing berdasarkan mobil saya aja.

    dan kalo ada mobil lain yang hasilnya bisa lebih bagus atau buruk setelah dipasang CAI,
    gak usah komplain atau marah2x,
    karena mereka akan tahu kira2x apa penyebabna setelah baca trit ini.


    bukankah itu salah satu fungsinya forum (ini)?


    salam.

    edited:
    bro sekarang hp max di rpm berapa?
    lebih tinggi ya rpm-nya dibandinging hp max dalam keadaan standar?

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 11 Hrs 4 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    beda mobil, beda konstruksi intake dan suplai udaranya.

    kalo memang dengan bantuan CAI di mobil aerio hasilnya lebih baik, why not?

    saya hanya sekedar sharing berdasarkan mobil saya aja.

    dan kalo ada mobil lain yang hasilnya bisa lebih bagus atau buruk setelah dipasang CAI,
    gak usah komplain atau marah2x,
    karena mereka akan tahu kira2x apa penyebabna setelah baca trit ini.


    bukankah itu salah satu fungsinya forum (ini)?


    salam.

    edited:
    bro sekarang hp max di rpm berapa?
    lebih tinggi ya rpm-nya dibandinging hp max dalam keadaan standar?
    gak pernah perhatian waktu standard sih. sekarang dapet di 6500an bro, kalo torsi di 3250an.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Power Supply 12-13.8 Volt
    By Ruzh in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 9
    Last Post: 3rd June 2007, 22:38
Back to top