WTA>VVT-DOHC-SOHC-VVT'i-V'tec???
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 58
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/15933
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    jakarta
    Posts
    1,491
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 51 Mins 3 Secs

    WTA>VVT-DOHC-SOHC-VVT'i-V'tec???

    dari mesin2,,,
    VVT, DOHC, SOHC, VVT-i, dan V-tech

    punyanya suzuki kan VVT, toyota VVT-i, truss honda V-tech
    itu perbedaanya apa sih,,, dari segi hemat, power, dll??? mana yg lebih dan kurang...

    truss SOHC dan DOHC itu beda di hemat, power, dll itu apa dan gmana??

    ada yang tau...

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    Indiana, USA
    Posts
    5,355
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 20 Secs
    Kategorinya itu....ehem* beda2x bos

    DOHC/SOHC adalah Jenis putaran mesin/cam...

    VVT/V-TEC/VVT-i/I-DSI adalah jenis kerja Cylinder head....

    Soo...........
    I need that SPEED!!! TORQUE!!! AND POWER!!!

  4. #3
    Letnan Kolonel
    Location
    Indiana, USA
    Posts
    5,355
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 20 Secs
    punyanya suzuki kan VVT, toyota VVT-i, truss honda V-tech
    itu perbedaanya apa sih,,, dari segi hemat, power, dll??? mana yg lebih dan kurang...

    truss SOHC dan DOHC itu beda di hemat, power, dll itu apa dan gmana??
    Gw kurang ngerti kerja mesin VVT/VVT-i, Yang jelas Honda punya VTEC itu di control ama ECU supaya di RPM Tinggi, Klep besar kebuka otomatis ngebuang bensin lebih banyak, tekanan lebih gede, buangan lebih mantap...Alias power nambah, kalo di RPM rendah klep kecil yang kerja...jadi effisien...

    SOHC itu Single Overhead Cam, DOHC itu Dual Overhead Cam, SOHC punya 1 Cam Shaft, DOHC punya 2 Camshaft, Segi hemat = SOHC Kenapa? Putaran lebih ringan (Ini kadang2x jadi kelebihannya SOHC dari DOHC...Putaran serba ringan) Segi Power = Jelas DOHC, 2 Cam bekerja...Sama aja lo lari dengan 4 kaki...putaran lebih berat...ngk se-efisien SOHC..

    Semoga membantu :smt003 :smt003 :smt003
    I need that SPEED!!! TORQUE!!! AND POWER!!!

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    Indiana, USA
    Posts
    5,355
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 20 Secs
    http://www.youtube.com/watch?v=mgDdbrMh6bo

    Mungkin ini bisa ngebantu secara visual...
    I need that SPEED!!! TORQUE!!! AND POWER!!!

  6. #5
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    SOHC = Single Overhead CAM shaft

    Katup buang dan masuk menggunakan 1 CAM



    DOHC = Double Overhead CAM sahft

    Katup buang dan masuk menggunakan 2 CAM, In 1 CAM, OUT 1 CAM



    VVT = Digunakan di Suzuki contoh mesin M15A, Aerio, Next G, Swift, SX 4

    VVT-i = digunakan di Toyota contoh Vios, Kijang Innova etc

    VTECH = digunakan di Honda contoh d16, d17, b16, b18, b20, L15 etc

    Mungkin ada yang bisa bantu lebih jelasnya berikut gambar skemanya.

    Untuk masalah HEMAT tergantung settingan dan cara mengemudi anda sendiri.

    Untuk masalah POWER semua juga tergantung settingan. Jika standard bisa dikatakan teknologi VTEC paling baik.

    Thanks

    Aerio_Standard

  7. #6
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    DOHC = double overheaded camshaft

    cam berada di atas kompartmen mesin n berjumlah 2... 1 di intake dan 1 di exhaust

    SOHC = single overheaded camshaft

    can berada di atas kompartmen mesin n berjumlah hanya 1 utk mengatur intake dan exhaust...



    yang diatur oleh camshaft adalah sudut bukaan klep, lamanya bukaan klep...


    teknologi yg diaplikasi di mesin modern intinya sih sama... yaitu mengatur banyaknya udara dan bensin masuk agar efisien di segala putaran mesin... walaupun caranya berbeda...

    contohnya... vtec di honda... selama mesin dipake normal, cam membuka klep sesuai kebutuhan... durasi pendek n tingginya pun diatur seefisien mungkin... klo mesin digeber, udara yg masuk ke intake diatur agar masuk selama mungkin n sebanyak mungkin...

    ini juga mirip sm vvt-i di toyota... aktuator membuat putaran cam berubah sesuai kebutuhan... memaju/memundurkan timing klep sesuai keadaan saat itu...

    bergitu pun dengan vvt di suzuki... perbandingan kebutuhan debit bensin-bahan bakar diatur utk efisiensi n power...




    semua mesin pabrikan modern udh mengaplikasi teknologi ini...

    seperti...


    bmw - vanos/double vanos
    mitsubishi - mivec
    hyundai - cvvt
    nissan - vvt/vvl/vvel
    subaru - avcs
    porsche - variocam
    volvo - vvt

    dll...

  8. #7
    Mayor
    Location
    Depok
    Posts
    4,567
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 6 Hrs 4 Mins 35 Secs
    sori (sotoy mode on)
    untuk vtec di honda....
    kem mempunyai 2 lobe (bandul kem) tiap silindernya. primary n main lobe.
    biasanya primary lobe untuk bermain di putaran bawah (durasi n liftnya untuk efisiensi) sedangkan main lobenya berdurasi n lift lebih advance dari primary untk menambah torsi n hp di putaran atas.
    vtec bekerja sesuai dengan setelan ecu untuk menggeser lobe dari primari ke main pada rpm tertentu...

    CMIIW thanks

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by Speedo Loco
    sori (sotoy mode on)
    untuk vtec di honda....
    kem mempunyai 2 lobe (bandul kem) tiap silindernya. primary n main lobe.
    biasanya primary lobe untuk bermain di putaran bawah (durasi n liftnya untuk efisiensi) sedangkan main lobenya berdurasi n lift lebih advance dari primary untk menambah torsi n hp di putaran atas.
    vtec bekerja sesuai dengan setelan ecu untuk menggeser lobe dari primari ke main pada rpm tertentu...

    CMIIW thanks
    klo vtec...

    sohc beda cara kerjanya sm dohc

    klo sohc, vtec hanya bekerja di intake... keunggulan bisa didapetin di intake daripada di exhaust... walaupun vtc butuh rocker arm kedua buat exhaust... namun gak memungkinkan krn keterbatasan tempat...

    klo vtec di mesin dohc... mesin punya 3 rocker arm... dan tiap silinder punya 2 lobe yg silih berganti sesuai kebutuhan mesin... pengaturan ini diatur ECU dan digerakkan oleh pin yg menggeser lobe pertama yg untuk efisien ke lobe kedua utk high rpm... penggantian ini independen... bisa berubah di intake saja ataupun berubah keduanya...

  10. #9
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Mudah mudahan membantu








    Thanks

    Aerio_Standard

  11. #10
    Mayor
    Location
    Depok
    Posts
    4,567
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 6 Hrs 4 Mins 35 Secs
    Quote Originally Posted by kambingbiru
    Quote Originally Posted by Speedo Loco
    sori (sotoy mode on)
    untuk vtec di honda....
    kem mempunyai 2 lobe (bandul kem) tiap silindernya. primary n main lobe.
    biasanya primary lobe untuk bermain di putaran bawah (durasi n liftnya untuk efisiensi) sedangkan main lobenya berdurasi n lift lebih advance dari primary untk menambah torsi n hp di putaran atas.
    vtec bekerja sesuai dengan setelan ecu untuk menggeser lobe dari primari ke main pada rpm tertentu...

    CMIIW thanks
    klo vtec...

    sohc beda cara kerjanya sm dohc

    klo sohc, vtec hanya bekerja di intake... keunggulan bisa didapetin di intake daripada di exhaust... walaupun vtc butuh rocker arm kedua buat exhaust... namun gak memungkinkan krn keterbatasan tempat...

    klo vtec di mesin dohc... mesin punya 3 rocker arm... dan tiap silinder punya 2 lobe yg silih berganti sesuai kebutuhan mesin... pengaturan ini diatur ECU dan digerakkan oleh pin yg menggeser lobe pertama yg untuk efisien ke lobe kedua utk high rpm... penggantian ini independen... bisa berubah di intake saja ataupun berubah keduanya...

    sip sip lebih clear lagi nih...

    kalo selaen vtec apa gini juga cara kerjanya bos??

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Milih mana? SOHC/ DOHC?
    By Scal3 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 165
    Last Post: 21st August 2011, 19:53
  2. SOHC & DOHC
    By rivan879 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 106
    Last Post: 1st January 2010, 20:41
  3. timor sohc / dohc
    By rembopek in forum Merk Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 6th April 2009, 20:45
  4. [ASK] Beda SOHC & DOHC
    By testament85 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 30th June 2008, 20:09
  5. DOHC dengan SOHC
    By silent in forum Diskusi Mesin
    Replies: 25
    Last Post: 15th April 2008, 17:59
Back to top