Discuss: Ketahanan Mesin
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 41
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/15693
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    148
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 31 Mins 36 Secs

    Discuss: Ketahanan Mesin

    Nanya dunk2 member2 n guest modcom,

    dari dulu kan banyak cerita yah kalau mobil mau tahan lama, jangan dimodif, jangan sering di rev tinggi2, bawa santai etc.
    nah apakah mitos2 diatas itu bener?

    terus kalau efek dimodif yang rada middle up seperti PnP, pasang turbo, ganti cam, piston, per klep - apakah itu mengurangi umur mesin?
    ada yang bilang mesin cuma tahan 5 tahunan kalau pake turbo meski cuma low boost aja dengan setting yang bener, atau kalau main NA gak boleh di rev tinggi2 terus.

    jadi mesin standar itu tahan berapa lama kalau bawanya juga edan2an? (di rpm atas terus maennya, hard shifting, etc) hehehe

    apakah masalah ini tergantung dengan jenis mesin2 tertentu, atau memang dari pabrikan block and engine designnya dibuat dengan ide normal daily driving in mind? terutama mobil2 yang keluar di indo, bukan yang BU.
    kalau yang BU kan memang sebagian dibuat dengan tujuan specific, meski buat mass market juga.

    bagaimana dengan mobil yang untuk one make race/ touring seperti ITCC, apakah mobil2 tersebut setelah beberapa session di bongkar untuk di cek part2nya?
    seperti mobil rally kalau yang udah kelas dunia kan tiap 500km driving dia turun mesin untuk cek mesin, block, dan part2 lainnya
    pertanyaan gw sih cuma mau tau, apakah modifikasi berpengaruh pada engine durability, meski modifikasinya bisa dibilang benar?
    belakangan baru mulai kepikir nih, and kayaknya masih grey area buat gw. mohon pencerahannya :smt003

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    mobil paling awet = stock...

    kalkulasi pabrikan gak bisa dianggep remeh...

  4. #3
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah itu mah relatif boss!!!!
    nih ya klo mnurut gw(bukannya sok tau loh,sorry) :smt003
    untuk modif semacem PnP,Elektrikal,Computer(ECU,Piggy,modul2,ignition, dsb)mungkin gak bakal mengurangi durabilitas...
    KALAU loe main engine internals,(papas2an yang extrim,oversize gila(100++),atau bahkan main turbo//SC,mungkin daya tahan mesin u akan sedikit berkurang.....namun klo dalam kasus turbo,durabilitas mesin tergantung dari daya tahan/durabilitas engine internals/jeroannya tsb,dengan kata lain gak masalah mesin lo boost sampe 1,5 bar sekalipun,dan akan tetap awet asalkan piston,stangnya,silinder,dll kuat menahan "gebrakan"napas turbo loe itu,tapi jangan over juga,turbo juga bisa overheat bro!!thx!!!bukannya sok tau lo!!

  5. #4
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya adalagi boss!!!tentang rev2an yah!!!
    mnurut mekanik tmen gua high rev gak masalah,asal jangan sampai/melebihi titik redline(itulah gunanya takomemeter lo!),dan juga jangan digeber hi rev terlalu lama,...bisa2 overheat ntar!!!!
    dalam kasus tertentu beberapa mobil n/a memang harus di hi-Rev untuk dapet peak powernya,jadi hi rev itu sah2 aja,selama gak melewati batas toleransi mesin tersebut(contoh: 4AGE tuh!!)
    thx lagi... :smt003 :smt003 peace bro,no offense

  6. #5
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by kambingbiru
    mobil paling awet = stock...

    kalkulasi pabrikan gak bisa dianggep remeh...
    setubuh banget!!klo gak mau repot standart aja,atau pake aksesori OEM

  7. #6
    Letnan Satu
    Location
    Begitu Dekat Begitu Nyata
    Posts
    1,978
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 19 Hrs 26 Mins 20 Secs
    formula 1 sekali balap langsung ganti mesin lagi... hehehehe...jadi berbanding terbalik deh..semakin dioprek, semakin mahal perawatan dan umur semakin pendek...
    stock is most durable
    - Murah, Nyaman... Gak Kenceng
    - Murah, Kenceng... Gak Nyaman
    - Kenceng, Nyaman... Gak Murah

  8. #7
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Ya iyalahhhhhhh

  9. #8
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    stuju ma diatas,makanya klo mau aman pake yang OEM ajah!!!hehehe

  10. #9
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 21 Secs
    bukannya hi rev ada manfaatnya juga utk buang kerak2..?



    .

  11. #10
    Kapten
    Location
    rawamangun - palmerah
    Posts
    2,066
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 19 Mins 33 Secs
    boleh aja koq di high rev..

    paling bentar aja..

    paling ampe dapet horsepowernya di rpm max..

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Discuss Nissan Coupe here..
    By 3cn in forum Diskusi Mesin
    Replies: 18
    Last Post: 16th January 2013, 10:27
  2. discuss tentang ford escape
    By dick318i in forum Automotive
    Replies: 1
    Last Post: 16th September 2011, 19:32
  3. discuss tentang ford escape
    By dick318i in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 16th September 2011, 15:56
  4. Modif Altiss. . let's discuss it..
    By HSS in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 18
    Last Post: 22nd October 2006, 04:06
Back to top