Kijang LGX Knocking & knalpot mengeluarkan asap
Rgotogel 36Goal.com Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/153676
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs

    Kijang LGX Knocking & knalpot mengeluarkan asap

    Para Suhu & Bro's ModCom...

    Kijang LGX ku kadang2 agak menggelitik (knocking), khususnya pas gigi 2 dan gigi 3.

    Trus setelah beberapa menit idle dan mesin tetap menyala stasioner, kadang2 juga suka mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Tp hal ini gak selalu, kadang iya kadang nggak.

    Kira2 masalahnya apa ya?
    trus solusinya bagaimana.

    Mohon pencerahannya.


    Thanks

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Para Suhu & Bro's ModCom...

    Kijang LGX ku kadang2 agak menggelitik (knocking), khususnya pas gigi 2 dan gigi 3.

    Trus setelah beberapa menit idle dan mesin tetap menyala stasioner, kadang2 juga suka mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Tp hal ini gak selalu, kadang iya kadang nggak.

    Kira2 masalahnya apa ya?
    trus solusinya bagaimana.

    Mohon pencerahannya.


    Thanks
    EFI apa Carbu?

  4. #3
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post
    EFI apa Carbu?
    Kijang LGX 1.8 EFI boss

  5. #4
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Kijang LGX 1.8 EFI boss
    Banyak orang bilang asap putih bisa uap air atau oli yg terbakar.

    Gimana ngebedainnya?

    Pertama-tama coba perhatikan ceret air yang mendidih saat dimasak,
    begitulah kira2x penampakan dari suatu uap air panas,
    warnanya putih bening cenderung lebih transparan dan sifatnya lebih mudah "Larut" atau hilang di udara.

    Kalo oli terbakar?

    Kira2x sama analoginya dengan hasil pembakaran sampah yang mengeluarkan asap putih,
    warna cenderung pekat (kaya putih susu) atau agak butek, dan asap tsb tampak lebih lama berada di udara.

    Jadi pastikan yang keluar dari knalpot anda uap atau asap,
    yang repot kalau ternyata knalpot menghasilkan uap berbarengan dengan asap juga.

    Coba "Tangkap" asap tsb dg cermin kecil, kalau itu uap air, maka cermin akan berembun.

    Untuk oli pengetesannya,
    saat asap putih keluar, cabut dipstik (Tongkat) pemeriksa oli di mesin,
    jika dari lubang tsb keluar asap putih juga,
    berarti ada oli yg terbakar.

    Biasanya kalo oli terbakar,
    oli berkurang dan ada jelaga hitam (basah / lengket) di ujung kenalpot, sisa dari oli yg terbakar tadi.


    Untuk knocking banyak penyebabnya,
    bisa dari mutu bensin yg gak bagus, injektor dan ruang bakar yang sudah perlu dibersihkan,
    waktu pengapian yang tdk tepat,
    dan cara mengemudi juga pengaruh (pemakaian gigi yg tdk tepat pd kecepatan / rpm),
    atau hentakan gas sekaligus saat beban penuh dan tanjakan,
    normalnya akan membuat mesin ngelitik.

    Jika tidak sama sekali,
    ini bisa mengindikasikan pengapian yang telat.

    Smoga membantu.

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post


    Untuk oli pengetesannya,
    saat asap putih keluar, cabut dipstik (Tongkat) pemeriksa oli di mesin,
    jika dari lubang tsb keluar asap putih juga,
    berarti ada oli yg terbakar.

    Biasanya kalo oli terbakar,
    oli berkurang dan ada jelaga hitam (basah / lengket) di ujung kenalpot, sisa dari oli yg terbakar tadi.


    Untuk knocking banyak penyebabnya,
    bisa dari mutu bensin yg gak bagus, injektor dan ruang bakar yang sudah perlu dibersihkan,
    waktu pengapian yang tdk tepat,
    dan cara mengemudi juga pengaruh (pemakaian gigi yg tdk tepat pd kecepatan / rpm),
    atau hentakan gas sekaligus saat beban penuh dan tanjakan,
    normalnya akan membuat mesin ngelitik.

    Jika tidak sama sekali,
    ini bisa mengindikasikan pengapian yang telat.

    Smoga membantu.
    Boss...

    Emang boleh cabut dipstick saat mesin masih hidup ?

    Kondisi mobilku, ganti oli terakhir 2 bulan lalu dan terakhir aku cek, ketinggian oli masih pada garis batas FULL (kurang sedikit). Klo jelaga hitam di ujung knalpot sih emang ada.

    Utk case pengapian yg telat, solusinya gimana, boss ?

    Thanks b4

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Boss...

    Emang boleh cabut dipstick saat mesin masih hidup ?

    Kondisi mobilku, ganti oli terakhir 2 bulan lalu dan terakhir aku cek, ketinggian oli masih pada garis batas FULL (kurang sedikit). Klo jelaga hitam di ujung knalpot sih emang ada.

    Utk case pengapian yg telat, solusinya gimana, boss ?

    Thanks b4
    Kijang karbu ana gak masalah.
    Boleh, asal Idle nya normal (800 - 900-an).

    Jika kwatir,
    coba buka pelan2x sedikit aja,
    jika ada tekanan oli yang muncrat,
    segera tutup lagi dan jangan diteruskan.

    Masalah pengaturan timing:
    Kalo ane yg masih karbu,
    longgarkan baut 12 di Delco,
    putar searah jarum jam untuk mempercepat,
    sebaliknya untuk memperlambat.

    kalo efi,
    biasanya ada model unit / alat di mana 4 kabel busi ditambah 1 kabel dari CDI pada ngumpul.

    Cari baut (atau mur) untuk ngelonggarin supaya bisa digeser / diputar.

    Pastikan beri tanda dulu dengan tipex atau spidol pada posisi awal.

    Mengenai ke arah mana untuk mempercepat atau sebaliknya,
    biasanya semakin cepat pengapian saat idle,
    rpm makin tinggi.

    smoga membantu.

    BTW. Kurangnya oli jangan liat bulannya,
    tapi km.
    Kasus ekstrim, jalan 100 km nambah 100 cc.
    Tapi sebagus apapun oli dan mobilnya,
    wajar jika ada pengurangan.
    Hal ini terjadi dari penguapan oli.
    Cek juga busi basah gak sama oli?

  8. #7
    Sersan Kepala
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 51 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by herbid View Post

    kalo efi,
    biasanya ada model unit / alat di mana 4 kabel busi ditambah 1 kabel dari CDI pada ngumpul.

    Cari baut (atau mur) untuk ngelonggarin supaya bisa digeser / diputar.

    Pastikan beri tanda dulu dengan tipex atau spidol pada posisi awal.

    Mengenai ke arah mana untuk mempercepat atau sebaliknya,
    biasanya semakin cepat pengapian saat idle,
    rpm makin tinggi.

    smoga membantu.

    BTW. Kurangnya oli jangan liat bulannya,
    tapi km.
    Kasus ekstrim, jalan 100 km nambah 100 cc.
    Tapi sebagus apapun oli dan mobilnya,
    wajar jika ada pengurangan.
    Hal ini terjadi dari penguapan oli.
    Cek juga busi basah gak sama oli?
    Ketika melakukan penyetelan pengapian, bagaimana kita tau klo setelannya sudah pas atau belum ?

    Mengenai kurangnya oli, setelah ganti oli yg terakhir, mobilku udah jalan lebih dari 1000 KM, masih di batas FULL (kurang dikit)

  9. #8
    Sersan Mayor
    Location
    on the street
    Posts
    778
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Hrs 37 Mins 29 Secs
    ring pistonnya tuh, masalah umum kijang mesin 7k.
    klo ngelitik bisa pengapian, bisa lean bensin. di tuneup bersihin injektor jg hrsnya sembuh

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    on the street
    Posts
    778
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Hrs 37 Mins 29 Secs
    Quote Originally Posted by toguraja View Post
    Ketika melakukan penyetelan pengapian, bagaimana kita tau klo setelannya sudah pas atau belum ?

    Mengenai kurangnya oli, setelah ganti oli yg terakhir, mobilku udah jalan lebih dari 1000 KM, masih di batas FULL (kurang dikit)
    klo injeksi ada mesin yg pake knock sensor, alat ini otomatis mundurin timing klo ngelitik.
    klo kijang efi sudah pake knocksensor mungkin alat ini yg rusak.
    klo gak pake knocksensor ya tinggal geser aja distributornya, balikin ke stdnya, biar akurat pake timing light.
    gudluck

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    416
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by ck-2 View Post
    klo injeksi ada mesin yg pake knock sensor, alat ini otomatis mundurin timing klo ngelitik.
    klo kijang efi sudah pake knocksensor mungkin alat ini yg rusak.
    klo gak pake knocksensor ya tinggal geser aja distributornya, balikin ke stdnya, biar akurat pake timing light.
    gudluck
    Penyetelan karena gak ada timing light, pake felling.

    Gw sedapat mungkin menyetel hingga respon paling enak,
    tapi gak ngelitik (kalaupun ada ngelitik normal, yaitu saat beban lebih atau menanjak pada gigi 3 atau 4, gas ditekan sekalgus).

    Yang ini berdasarkan pengalaman dan jam terbang.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [Ask] Knalpot Mengeluarkan Api
    By Ulrico96 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 18
    Last Post: 19th January 2013, 06:21
  2. bau asap knalpot
    By f_jr in forum Diskusi Mesin
    Replies: 11
    Last Post: 28th August 2012, 11:47
  3. wta: asap knalpot hitam
    By add_nice in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 10
    Last Post: 17th February 2010, 18:37
  4. WTB knalpot 4 gd3! ASAP
    By ultraman in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 14th June 2009, 15:54
  5. asap knalpot
    By Giel B 7990 ZD in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 29th July 2008, 17:17
Back to top