infinite baffle buat MR?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 2 of 2
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/153239
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,563
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 8 Hrs 47 Mins 5 Secs

    infinite baffle buat MR?

    ada beberapa yang mau g tanya ko (maaf kalo ngerepotin ^^):

    1. sistem infinite baffle buat MR itu menurut ko hwely gimana? soalnya barusan dapet masukan daripada ukuran box midrange ga pas mending sistem itu (eq: kekecilan)

    2. kalo untuk SS 12M perlu brapa liter (Minimumnya aja) ukuran box pilarnya ko?

    3. kalo untuk box TW+MR mesti disekat terpisah/digabung ga masalah? (sekarang ada lobang dari tw ke mr)
    , rencana mo di edit dikit aja pilarnya soalnya liat spec 12M sama MG10 cuma beda 1cm diameter luarnya, jadi yah diakalin dikit de paling tambah dempul...

    4. apa bener kalo kualitas RCA itu kalo naek setingkat harganya naek jauh?...soalnya RCA saya sekarang 150rban/3mtr katanya kalo upgrade ke yang 300-400rb/3mtr perbedaan hasilnya ga bakal ketara... begitu jg dengan kabel sekarang masi pake yang harga 10rb/mtr...
    udah saatnya upgrade blom ko? kalo udah ada rekomendasi RCA yang paling baik di harga 500rban/3mtr?
    kalo RCA audio rumah (eq:canare, mogami, monster) gitu beda sama RCA mobil ko?

    5. kalo saya ganti power sub jadi monoblock (cuma yang entry gitu : integra nt800d, hdt1200) apa ada improvement ko? sekarang sub diangkat pake steq 105.4 2 ch di bridge jadi 350w di 4 ohm

  2. #2
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,420
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 5 Hrs 41 Mins 56 Secs
    Sebenarnya speaker sendiri adalah benda yang paradox, di sisi muka dia keluar suara positif dan dibaliknya suara negatif, mereka keluar dari sumber yang sama tapi seperti dua sisi mata uang. Keduanya TIDAK BOLEH pernah bertemu karena akan saling meniadakan. Problem solved dengan box, karena suara negatif kita 'kurung' di dalam box sehingga tidak pernah menyentuh sisi positif/depan yang kita dengarkan. Problem lebih lanjut, box itu sendiri ternyata menjadi beban tambahan buat speaker, seperti balon yang kedap, waktu speaker maju, dia membuat udara di dalam box membesar dan waktu bergerak mundur juga begitu, akhirnya box bersifat menghambat kerja speaker sehingga akurasi gerakannya tidak bisa sebagus tanpa box.

    Lha, infinity baffle muncul di sini, sebenarnya adalah sebuah ide/bayangan atas sebuah papan/baffle yang memiliki luas tak terhingga (infinity) kemudian kita taruh speaker ditengah-tengahnya, dengan begitu tidak ada pertemuan antara suara positif dan negatif (karena mereka sama-sama tidak bisa menyeberangi papan baffle, tapi sekaligus tidak ada hambartan box -karena memang tidak ada boxnya. Hal itu juga kita kenal dengan istilah free-air (sekalipun dalam penggunaan tidak sepenuhnya tepat) Bentuk matematis dari infinity baffle adalah sebuah box yang jauh lebih besar dari nilai Vas (volume box dimana speaker tidak lagi merasakan adalah pengaruh suspensi box)

    Bentuk ini disukai karena speaker bisa bergerak dengan sangat bebas, lepas dari kesan 'boxi' dan untuk subwoofer, biasanya ini supaya bisa mencapai freq serendah mungkin. Seringkali 'box infinity' yang digunakan adalah berupa sebuah gudang kosong, atau ruangan bawah tanah. Dalam pengukuran speaker sendiri, pihak pabrik selalu menggunakan prinsip infinity baffle, yaitu membangun sebuah ruangan kecil yang penuh peredam, kemudian menaruh sebuah lobang untuk dipasangi speaker kemudian dilakukan pengukuran.

    Jadi singkatnya, di infinity baffle, TIDAK ADA KEMUNGKINAN kita mendengarkan suara belakang (negatif) dari speaker.

    Pada aplikasi di midrange yang saya lihat di majalah akhir-akhir ini, sebuah midrange (dengan baffle yang kayaknya terlalu kecil untuk disebut 'infinity' dipasang di dashboard dengan pantat terbuka, seringkali installer menaruh foam (yang tingkat absorbnya sangat rendah setahuku) di lobang segitiga pillar A. 'Seakan-akan' itu sudah akan sigap menyerap semua suara yang keluar dari pantat speakernya. Well memang aku belum pernah mendengarkan system seperti itu, tapi di perkiraanku -yang mungkin sempit ini- speaker tidak bisa diarahkan begitu sederhana, sebab dengan sudut sebar 60 derajat, sangat mustahil kita menangkap semua suara dari belakang midrange, apalagi dibelakangnya jelas terdapat kaca -yang punya daya pantul sangat hebat- jadi aku ragu apakah cara itu bisa meningkatkan clarity atau malah kacau. Keunggulannya cara itu sebenarnya justru suara pantulan di kaca itu, membuat seakan-akan staging mudah mundur, dari yang seharusnya suara mundur KARENA TINGKAT KETINGGIAN RESOLUSI SUARA PERANGKAT (Bandingkan dengan di TV, gambar akan terlihat timbul/mundur ketika TV punya resolusi tinggi) menjadi bentuk rekayasa pantulan. Well, Aku ga berani judge sebelum mencoba, mungkin akan berubah pikiran kalau sudah dengar system ini yang 'sound well' tapi yang jelas hari ini aku tidak berminat mencoba yang seperti itu.

    Waktu team ARC sharing rahasia kemarin, mereka dengan smart juga menggunakan system free air pada midrange dan midbass, yaitu dengan melobangi pantat boxnya, kemudian menghubungkan sebuah pipa yang cukup besar keluar mobil (yup, dengan melobangi body mobilnya). Merusak memang, tapi suaranya bagus, well, kayaknya belum bisa terlalu diterapkan di sini :smt003


    2. 12M setahuku minta sekitar 1,4lt

    3. Tidak ada masalah, mau dibuka/disekat. Cuma sekedar saran, lebih baik kalau rumah midrange lebih gemuk dari ukurang midrangenya untuk mengurangi efek 'suara gua'.

    4. RCA mobil/rumah tidak ada beda signifikan, both the same, cuma bedanya di mobil kabel yang baik harus punya ketahanan fisik dan safety yang lebih tinggi dari rumah. Sampai hari ini sendiri pengaruh kualitas kabel di audio mobil masih menjadi perdebatan, tapi aku pribadi menekankan system yang baik dan BENAR untuk diutamakan, kabel itu seperti aksesoris pelengkap, kalau system sudah bener, mau main-main kabel baru ga buang duit. Kabel sendiri sering menjadi sasaran tudingan installer sewaktu suara ga beres, kalau vocal ga keluar, waktu diukur ada gap besar akibat crossover setting ga bener, yang disalahkan malah karakter kabelnya, kan kacau semua.

    5.Power better kecil tapi kualitas, kecuali u memang mau geber. Power pas-pasan sekalipun wattnya besar, tapi speednya lambat, dan gaungnya juga banyak, belum lagi colorationnya yang ga main-main.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    New Avexis FU6s on:
    http://www.modifikasi.com/showthread...ur-Entry-Level!
    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Bagi yang ingin berkonsultasi secara personal, bisa melalui:
    E-MAIL: unscac@yahoo.com
    Whatsapp, Cell : 082141139097
    Line: Hwely

    Please DON'T sent via PM!!!

 

 
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS Hustler Audio AR 166 IB (Infinite Baffle 6.5 Sub-Woofer)
    By FERNANDO in forum Speaker - SubWoofer
    Replies: 34
    Last Post: 22nd November 2012, 21:29
  2. ASK : Ganti baffle speaker
    By blue960 in forum Diskusi Speaker
    Replies: 0
    Last Post: 31st March 2012, 10:33
  3. buat modcom... buat member... buat semua...
    By kambingbiru in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 110
    Last Post: 20th May 2010, 16:35
Back to top