Rpm idle gak stabil..
Rgotogel Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/149632
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs

    Rpm idle gak stabil..

    Suhu2,gw mau tanya donk..
    Mobil ane mitsu kuda 2.0 matik..
    Nah rpm nya pas idle tuh kadang tinggi,kadang rendah..
    Klo gw baca sih ada masalah di servo idle up,kudu ganti baru..
    Tp harganya gak tahan euy 3,75jt..
    Gw gak tega minta ama bonyok..
    Yg gw mau tanya..
    Kira2 selain servo masalah lain yg mungkin apa yak?
    Trus ada alternatif lain gak ya yg lebih murah..?
    Seandainya gw bli barang copotan risky gak yah..?
    Trus klo seandainya gw ganti di bengkel resmi,ada garansi gak yak..?klo lebih mahal dkit tp garansi 2 taon kan mayan tuh..hehehe..
    Mohon bantuannya yak...
    Your helps will be very appreciated..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    in ur mind
    Posts
    1,343
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 39 Mins 15 Secs
    coba aza boss ke PMK disana banyak sedia barang copotan,kalo perlu bawa mekanik yg ngerti barang tsb,barang copotan bs di blg barang gambling,ad yg bagus ada yg akal2an,harga pun bervariasi...but cb di check dl lg aza di bengkel langganan...sapa tau cm settingan nya kurang pas,atau penyebab laen

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    depok timur, jakarta, semarang, samarinda, makassar
    Posts
    1,324
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 6 Hrs 7 Mins 50 Secs
    udah cek pakai MUT? cek aja dulu biar lebih yakin. klo servo, baiknya langsung dibenerin deh. nilai2 gak normal yg dibaca di ECU bisa ngerambat ke rusaknya ECU. biasanya sih servo rusak di gear2nya udah aus.
    wah, gw gak rekomen deh barang copotan klo servo. mendingan ganti baru aja. emang sih harganya nyekek leher banget, tapi ya gimana lagi... btw, itu harganya dari BeRes apa toko parts? soalnya ada yg bilang, kayak servo lancer CB, itu ada yg versi importir dan versi KTBnya. klo yg versi importir, untuk CB4 sekitar 2 jutaan, klo yg KTB 3 jutaan.. klo ECU sampe kena, siapin sekitar 1juta ke atas... just sharing bro
    CMIIW

  5. #4
    Mayor
    Location
    KL, MY
    Posts
    4,486
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 4 Days 6 Hrs 5 Mins 11 Secs
    Servo Kuda 2.0 itu sama persis dgn servonya Eterna/DanGan/Lancer GTI, dan Galant krn mesinnya sama dgn Galant VR, dan beda dgn servonya Lancer CB4/CK4. Sekitar 2 tahunan lalu harga servo type ini masih sekitar 900rb-1 jutaan baru, rasanya gak mungkin deh harganya melejit sampe 3.75jt hanya dalam waktu 2 tahunan. Kalo servonya CB4/CK4 memang jauh lbh mahal (seinget saya sekitar 2x servo Kuda etc. itu).

    Skrg soal problem idlenya, saran saya coba dicopot dulu dan bersihkan krn sering udah kotor oleh carbon, sekaligus jg bersihkan throttle body & intake pake carbon cleaner, dan pastikan kondisi filter udara jg masih cukup bersih. Coba ganti jg O-ring seal dari servonya. Stlh itu dicoba check MUT dulu ke bengkel resmi utk liat parameter step servonya ketika AC on dan off, apakah masih masuk nilai normal atau gak? (Saya udah lupa range normalnya brp, bisa tanya aja langsung ke montirnya). Kalo masih masuk range, berarti servonya masih bisa dipake. Jadi jgn langsung vonis hrs ganti servo krn kalo servo itu beneran udah kena, idlenya itu bener2 ajrut2an atau bahkan drop bikin mati mesin.
    Kalopun emang beneran servonya udah kena, ya mau gak mau hrs beli baru, jgn yg copotan krn namanya brg bekas pasti gak ada jaminan akan tahan brp lama (kecuali emang mobil anda udah mau dijual). Belinya gak hrs di bengkel resmi lah, cari aja ke toko2 parts di Atrium Senen atau PMK, akan jauh lbh murah dgn brg yg sama persis. Boleh coba toko parts Mitsu langganan saya dulu: Sumber Mas (Koh Ahwa) di Atrium, atau Serimpi (Koh Abun) di PMK. Servo utk Kuda etc. jg ada 2 model: 1 yg warna metal+crem, dan 1 lagi yg warna hitam semua. Yg pertama itu yg orisinil dan lbh mahal dari yg hitam, tp setahu saya yg hitam itu masih cukup layak jg kog. Jadi anda tinggal nimbang2 sendiri saja dari selisih harganya. Yg pasti mendingan beli yg hitam tapi baru daripada beli copotan!

    Segitu dulu deh, maklum udah rada2 lupa juga soalnya, semoga membantu.

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by coepoe View Post
    coba aza boss ke PMK disana banyak sedia barang copotan,kalo perlu bawa mekanik yg ngerti barang tsb,barang copotan bs di blg barang gambling,ad yg bagus ada yg akal2an,harga pun bervariasi...but cb di check dl lg aza di bengkel langganan...sapa tau cm settingan nya kurang pas,atau penyebab laen
    Hmm,pmk yah?ntah knapa gw kadang suka tku mau ke pmk,karena kayanya bnyk yg nakal..mksd gw mungkin junkyard gtu x yah..
    Wkt itu si uda coba disetting tp tetep aja kdg2 idle nya tinggi bisa sampe 1300an,kadang cuman 600an..
    Anyway tengks bro..

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by jackass666 View Post
    udah cek pakai MUT? cek aja dulu biar lebih yakin. klo servo, baiknya langsung dibenerin deh. nilai2 gak normal yg dibaca di ECU bisa ngerambat ke rusaknya ECU. biasanya sih servo rusak di gear2nya udah aus.
    wah, gw gak rekomen deh barang copotan klo servo. mendingan ganti baru aja. emang sih harganya nyekek leher banget, tapi ya gimana lagi... btw, itu harganya dari BeRes apa toko parts? soalnya ada yg bilang, kayak servo lancer CB, itu ada yg versi importir dan versi KTBnya. klo yg versi importir, untuk CB4 sekitar 2 jutaan, klo yg KTB 3 jutaan.. klo ECU sampe kena, siapin sekitar 1juta ke atas... just sharing bro
    CMIIW
    Justru td saya forum untuk mitsu kuda memang disarankan cek mut nya itu bro, cuman gw blom sempet ke bengkel langganan gw minta cek mut nya itu..itu 3,75jt itu gw tanya bengkel langganan gw..
    Wah jgn ampe ecu kna deh..
    Dolo kk gw jg pake lancer kna ecu nya..
    Gawat klo ampe kena..
    Tengks anyway bro..

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by mxs141001 View Post
    Servo Kuda 2.0 itu sama persis dgn servonya Eterna/DanGan/Lancer GTI, dan Galant krn mesinnya sama dgn Galant VR, dan beda dgn servonya Lancer CB4/CK4. Sekitar 2 tahunan lalu harga servo type ini masih sekitar 900rb-1 jutaan baru, rasanya gak mungkin deh harganya melejit sampe 3.75jt hanya dalam waktu 2 tahunan. Kalo servonya CB4/CK4 memang jauh lbh mahal (seinget saya sekitar 2x servo Kuda etc. itu).

    Skrg soal problem idlenya, saran saya coba dicopot dulu dan bersihkan krn sering udah kotor oleh carbon, sekaligus jg bersihkan throttle body & intake pake carbon cleaner, dan pastikan kondisi filter udara jg masih cukup bersih. Coba ganti jg O-ring seal dari servonya. Stlh itu dicoba check MUT dulu ke bengkel resmi utk liat parameter step servonya ketika AC on dan off, apakah masih masuk nilai normal atau gak? (Saya udah lupa range normalnya brp, bisa tanya aja langsung ke montirnya). Kalo masih masuk range, berarti servonya masih bisa dipake. Jadi jgn langsung vonis hrs ganti servo krn kalo servo itu beneran udah kena, idlenya itu bener2 ajrut2an atau bahkan drop bikin mati mesin.
    Kalopun emang beneran servonya udah kena, ya mau gak mau hrs beli baru, jgn yg copotan krn namanya brg bekas pasti gak ada jaminan akan tahan brp lama (kecuali emang mobil anda udah mau dijual). Belinya gak hrs di bengkel resmi lah, cari aja ke toko2 parts di Atrium Senen atau PMK, akan jauh lbh murah dgn brg yg sama persis. Boleh coba toko parts Mitsu langganan saya dulu: Sumber Mas (Koh Ahwa) di Atrium, atau Serimpi (Koh Abun) di PMK. Servo utk Kuda etc. jg ada 2 model: 1 yg warna metal+crem, dan 1 lagi yg warna hitam semua. Yg pertama itu yg orisinil dan lbh mahal dari yg hitam, tp setahu saya yg hitam itu masih cukup layak jg kog. Jadi anda tinggal nimbang2 sendiri saja dari selisih harganya. Yg pasti mendingan beli yg hitam tapi baru daripada beli copotan!

    Segitu dulu deh, maklum udah rada2 lupa juga soalnya, semoga membantu.
    Hm..
    Gw jg kurang ngerti bro, tp dr gw sempet baca di milis 7bln yg lalu dia ganti skitar 3,5jt bro..
    Klo dibersihin sih wktu itu perna minta bengkel langganan gw untuk dibersihin dan ternyata gak ada epek..
    Trus klo soal MUT itu apa yah bro..?
    Apa harus dilakukan di bengkel resmi?
    Nah soal ajrut2an..
    Terus terang mobil gw tuh klo lg masuk D, klo rpm di bwh 900 lgs deh ajrut2nya..gw pikir dulu karena masalah disettingan CO tp gw setel2 sendiri ampe cape jg gak dpt2..
    Hehehehe...
    Nah yg sekarang gw khawatir..
    Ini udah berlangsung agak lama, takutnya kna ke ECU..
    Klo kna ke ECU bisa direpair gak yah..?
    Btw tengks bgt yah bro atas bantuannya..
    At least gw nanti bisa coba dolo bersihin ulang trus liat o ring dan cek mut nya..
    Oh iya bro, klo seandainyaparameter mut nya menunjukkan klo servonya msi layak, brati masalah di mana yah bisa kaya gitu..?
    Kotor doank gtu?
    Btw tengks bgt bro atas bantuannya..

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs
    elep..
    MUT tuh apa yak..?

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    depok timur, jakarta, semarang, samarinda, makassar
    Posts
    1,324
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 6 Hrs 7 Mins 50 Secs
    Quote Originally Posted by n1ghtH4wk View Post
    Hm..
    Gw jg kurang ngerti bro, tp dr gw sempet baca di milis 7bln yg lalu dia ganti skitar 3,5jt bro..
    Klo dibersihin sih wktu itu perna minta bengkel langganan gw untuk dibersihin dan ternyata gak ada epek..
    Trus klo soal MUT itu apa yah bro..?
    Apa harus dilakukan di bengkel resmi?
    Nah soal ajrut2an..
    Terus terang mobil gw tuh klo lg masuk D, klo rpm di bwh 900 lgs deh ajrut2nya..gw pikir dulu karena masalah disettingan CO tp gw setel2 sendiri ampe cape jg gak dpt2..
    Hehehehe...
    Nah yg sekarang gw khawatir..
    Ini udah berlangsung agak lama, takutnya kna ke ECU..
    Klo kna ke ECU bisa direpair gak yah..?
    Btw tengks bgt yah bro atas bantuannya..
    At least gw nanti bisa coba dolo bersihin ulang trus liat o ring dan cek mut nya..
    Oh iya bro, klo seandainyaparameter mut nya menunjukkan klo servonya msi layak, brati masalah di mana yah bisa kaya gitu..?
    Kotor doank gtu?
    Btw tengks bgt bro atas bantuannya..
    MUT rata2 emang di bengkel resmi bro, tapi gw dulu cek MUT di bengkelnya Kang Aep (spesialis Mitsu) di daerah Cibubur. klo dibengkel resmi MUT doang bisa kena charge di atas 100rb (gw nanya di Be-Res Depok)
    klo Servo itu kan seinget gw gejalanya RPM drop klo AC nyala. pas idle tanpa AC juga kadang gak tentu RPMnya, kadang2 gede, kadang2 kecil. malah kasus di mobil gw lebih parah lagi, mobilnya kayak digeber2 sendiri, trus lampu Check Engine nyala terus. udah gitu, dibiarin agak lama, eh ECUnya juga kena, nasib
    klo pas nyala AC doang dropnya, temen gw di Lancernya dulu klo gak salah masalah ada di relay extra fannya klo gak salah. mahal juga ya Servonya Kuda, baru tau gw
    CMIIW ya bro

    Quote Originally Posted by n1ghtH4wk View Post
    elep..
    MUT tuh apa yak..?
    MUT itu scanner ECUnya Mitsubishi om. klo gak salah sih singkatannya Mitsubishi Universal Tester apah.. hehehe

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Serpong - Parung
    Posts
    6,266
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Mins 56 Secs
    Iya bro,klo mobil gw nyala ato tanpa nyala ac rpm nya bsa naik/turun sendiri..
    Kadang klo lg idle nyalain ac bsa ampe 1300rpm,kadang cuman 900rpm..
    Oh iya,scanner utk servo nya itu klo pake scanner universal macem kae LAUNCH gtu bsa gak yah..?trus kita liat di parameter apa nya utk bsa tw apakah masalahnya d servo ato bkn?
    Btw itu klo kna ecu ganti donk ecu nya..?
    Iya ni bro mahal..
    Kmaren gw tanya bengkel langganan gw,dia dpt dr supplier spareparts nya 3,75
    Pngen coba cari di atrium senen dulu,katanya bsa lebi murah..
    Btw tengks bro...

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS: Idle Air Control (IAC) Valve (Idle Up) Ford Lynx/Mazda Premacy
    By anakgading3 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 14
    Last Post: 30th July 2012, 08:40
  2. ASK : Listrik Ga Stabil
    By edsen in forum Diskusi Mesin
    Replies: 18
    Last Post: 20th October 2008, 12:40
  3. idle speed control / idle up mazda familia
    By ryan13592000 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 17th October 2006, 20:20
  4. Mesin ga stabil
    By Fuego in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 26th June 2006, 07:46
  5. RPM ngga stabil posisi idle
    By rolly_rotten in forum Diskusi Mesin
    Replies: 10
    Last Post: 21st April 2006, 17:46
Back to top