BELAJAR TURBO
Scuto Laminating Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 50
Thread: BELAJAR TURBO
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/14734
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    BELAJAR TURBO

    :smt003 mao tanya2 ttg turbo dnk boss,mgkn ada yang bs bantu2:
    1.Apakah desain Header buat mbl turbo dan NA itu beda??(misalnya sama2 mau pake 4-2-1,bisa gak header NA dipake ke turbo,dan sebaliknya) :smt008
    2.Apa fungsi B.O.V.(buat ces2 doank kah??) :smt016
    3.Klo wastegate??? :smt013
    4.Gimana cara upgrade mesin berturbo tapi yang ccnya kecil gtu,biar gak jebol....(ambil contoh 2e-te/4efte)
    THX 4 REPLY YA BOSS!!! :smt002 :smt002

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    coba jawab dehh :

    1. kalau header jelas beda bos design untuk NA dengan turbo
    2. kalau BOV (blow off valve) itu buat ngebuang tekanan angin di dalam pipa jika berlebihan
    3. wastegate ini gak tauu hehehehe.. :smt003
    4. klo mau upgrade bisa2 aja bos tinggal setingannya aja biar gak jebol..

    sekian dan terimakasih.. :smt005

    sabar bos.. tar jg para pakarnya munculan and kasih penjelasan yg lebih muantep..

  4. #3
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya tq deh boss....hehehe :smt003 g masih bego bgt soal turbo..trus klo BOV bisa nambah hp gak??,lantas pembeda header NA dan turbo apa donk???

  5. #4
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    kalau wastegate itu :

    semacam katup pengaman yang memungkinkan gas buang menerobos keluar tanpa melewati turbin. Katup ini bekerja berdasarkan sensor tekanan. Bila tekanan udara terlalu tinggi, berarti turbin berputar terlalu cepat, maka exhaust gas dibuang lewat wastegate, hingga rotasi turbin melambat.


    gilee hebat jg gw.. hahahahaha.. itu ambil di artikel bos.. mudah2an membantu.. :smt005

  6. #5
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    Quote Originally Posted by oned
    iya tq deh boss....hehehe :smt003 g masih bego bgt soal turbo..trus klo BOV bisa nambah hp gak??,lantas pembeda header NA dan turbo apa donk???
    klo BOV itu gak bisa dipasang buat mobil NA.. harus mobil dgn aplikasi turbo.. karna gunanya untuk ngebuang tekanan boost yg berlebihan sekaligus buat proteksi turbo..

  7. #6
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    :smt003 ooohh lantas klo mbl turbo dipasangin BOV powernya nambah gak???
    wadow sepi nih,g tunggu rame dulu dah!! :smt016 :smt016
    TQ yah boss penjelasannya,sangat membantu! :smt003 :smt003

  8. #7
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    nihh kalau headernya liat aja bedanya :

    header turbo :


    header biasa NA :


    kalau ini BOV :

  9. #8
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    BOV itu bukan untuk nambah power bos.. biasanya digunakan untuk safety biar gak jebol gara2 kelebihan boost..

  10. #9
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wow :smt016 :smt016 ....harganya beda gak bos sama yang NA headernya??bikin lokal custom bisa gak yah??ribet bgt yg turbo headernya,btw yang tadi merek apaan header turbonya??
    oh BOV gk nambah power....brp duitan sih BOV>>?? :smt016
    trus aksesori tubo yang bisa nambah power apa donk??
    thx lg loh!! :smt003 :smt003

  11. #10
    Sersan Dua
    Posts
    241
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Re: BELAJAR TURBO

    1. Desain header buat turbo sama n/a jelas beda, kan jalur exhaust gasnya juga beda.
    Kalo n/a exhaust gas dari cylinder head langsung ke exhaust manifold-cat (kalo ada)-pipapipapipa-baru muffler..
    Kalo turbo, keluar dari cylinder head, masuk ke turbo manifold-turbin-down pipe-cat (kalo ada)-pipapipapipa-baru muffler

    Jadi exhaust gas-nya dipake buat muter turbin dulu sebelum dibuang. Turbin muter kompresor, kompresor memampatkan intake air supaya oxygen density-nya lebih besar. Dengan molekul oxygen yang lebih banyak, fuel yang dibakar juga bisa lebih banyak, sehingga power dari combustionnya juga lebih besar.

    2. BOV gunanya buat ngebuang tekanan di antara kompresor sama throttle.
    Turbo muternya based on puteran turbin dari exhaust gas, jadi ngga berhubungan dengan throttle (gas lah gampangnya..).
    Jadi kalo throttle ditutup, kaya waktu kita mau ganti gigi atau ngerem, puteran kompresor ngga otomatis turun, perlu beberapa saat dulu sampai tekanan exhaust gas-nya keluar semua dulu. Nah, tekanan yang ada diantara kompresor sama throttle ini kan perlu dibuang, kalo ngga dia akan ngasi backpressure ke kompresor. Nanti kompresornya rusak..

    Iya sih, BOV bisa bunyi.. tapi kan kalo masang turbo buat bunyi2 doang kan... it's so r-i-c-e


    3. Wastegate itu buat ngatur boost, jadi system kerjanya kaya per aja. Di atas tekanan tertentu dia akan kebuka dan ngebuang excess pressurenya.
    Tujuannya to keep boost level in engine's operating level. Kalo ngga dijaga, biasanya akan 'detonate', ujng2nya mesinnya sekarat.

    4. Upgrade mesin yang udah ada turbonya ya..?
    Make sure dulu mau dibuat jadi kaya apa karakternya nanti (peak hp-nya gede atau torque-nya dari rpm 2500 uda gede atauapaatauapaatauapa..), trus abis itu itung untuk dapet kondisi kaya gitu musti dinaikin jadi berapa boost-nya. Uda dapet boost berapa psi yg diperlukan, cek apakah turbo unit yg sekarang masi efisien ngga untuk dipakai dalam kondisi begitu.. kalo ngga cari turbo unit lain
    Trus cek engine blocknya, kuat ngga kira2 komponennya. Kalo ngga ganti yang lebih kuat (rotating assembly ganti yg forged, engine block di-sleeve, doa2 diperbanyak..)

    Emang repot, but trust me, untuk hasil yang sama akan jauh lebih murah daripada ngapgred dikit2..
    Dan yang paling susah itu first step-nya, nemuin kaya apa karakter mesin yang kita mau itu.
    Hehee... makanya kalo ada temen yang pake mubilturbo, rajin2 dicobain jadi referensinya kumplit.


    Quote Originally Posted by oned
    1.Apakah desain Header buat mbl turbo dan NA itu beda??(misalnya sama2 mau pake 4-2-1,bisa gak header NA dipake ke turbo,dan sebaliknya) :smt008
    2.Apa fungsi B.O.V.(buat ces2 doank kah??) :smt016
    3.Klo wastegate??? :smt013
    4.Gimana cara upgrade mesin berturbo tapi yang ccnya kecil gtu,biar gak jebol....(ambil contoh 2e-te/4efte)
    THX 4 REPLY YA BOSS!!! :smt002 :smt002
    :smt020 :smt020

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. avanza hitam (belajar-belajar)
    By the_junz in forum Toyota
    Replies: 37
    Last Post: 26th August 2012, 12:15
  2. Belajar AUDIO
    By utomo in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 3
    Last Post: 18th December 2011, 00:03
  3. Replies: 8
    Last Post: 5th October 2011, 01:06
  4. baru belajar
    By -A.K.C- in forum Toyota
    Replies: 1
    Last Post: 13th August 2010, 00:35
Back to top