Cara memilih oli yang baik
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 3 of 3
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/14119
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Location
    Tangerang
    Posts
    93
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 6 Mins 50 Secs

    Cara memilih oli yang baik

    Bagaimana Memilih Oli yang baik !!!
    19 Aug 2007 13:23


    Bagaimana memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar ...? Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda, merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

    Gunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh : DEPTAMBEN RI NPT : AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

    Apabila ditemukan pelumas yang tidak mencantumkan NPT pada kemasannya dapat dilaporkan kepada aparat berwajib atau Ditjen MIGAS. Sebagai pengawasan terhadap mutu pelumas yang beredar, Ditjen Migas secara periodik atau sewaktu-waktu dianggap perlu, melaksanakan pengambilan contoh Pelumas yang telah mendapatkan NPT untuk diuji pada Laboraturium Uji.


    Perhatikan rekomendasi pabrik pembuat kendaraan
    Ada banyak pelumas di pasaran, tidak hanya beda merek tetapi juga memiliki berbagai spesipikasi. Hal yang paling utama adalah baca petunjuk manual kendaraan (manual book) untuk menetahui pelumas yang cocok serta perhatikan petunjuk pelumas yang direkomendasikan perusahaan pembuat kendaraan.

    Perhatikan peruntukan dan kualitas pelumas
    Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international. Sebagai contoh : ada dua kelompok kategori API service yaitu :
    1. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan berbahan bakar bensin maupun gas, seperti API SH, API SJ, API SL dan sebagainya.
    2. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan bermesin diesel seperti API CI-4, API CH-4 dan sebagainya

    Kategori-kategori API Service yang berlaku saat ini maupun yang telah tidak beredar dapat dilihat dalam tabel berikut :
    API Service Pelumas Mesin Berbahan Bakar Bensin
    SL = Untuk semua mesin kendaraan yang digunakan saat ini. Diperkenalkan pada tanggal 1 juli 2001, Pelumas berkategori SL dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik dan dirancang untuk penggunaan pelumas yang lebih irit,
    SJ = untuk mesin kendaraan tahun 2001 atau sebelumnya,
    SH = untuk mesin kendaraan tahun 1996 atau sebelumnya,
    SG = untuk mesin kendaraan tahun 1993 atau sebelumnya,
    SF = untuk mesin kendaraan tahun 1988 atau sebelumnya,
    SE = untuk mesin kendaraan tahun 1979 atau sebelumnya,
    SD, SC, SB, SA = sudah tidak direkomendasikan,

    API Service Pelumas Mesin Diesel
    CI-4 = Diperkenalkan pada tanggal 5 september 2002, untuk mesin 4T, kecepatan tinggi. Diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4
    CH-4 = Diperkenalkan pada tahun 1998, untuk mesin 4T, kecepatan tinggi. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, dan CG-4
    CG-4 = Diperkenalkan pada tahun 1995, untuk mesin 4T, beban berat, kecepatan tinggi yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur 0.5%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, dan CF-4
    CF-4 = Diperkenalkan pada tahun 1990, untuk mesin 4T kecepatan tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, dan CE
    CF-2 = Diperkenakan tahun 1994, untuk mesin beban berat 2T, Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD-II
    CF = Diperkenalkan pada tahun 1994, untuk kendaraan off-road, mesin diesel indirect-injection dan mesin diesel lainnya yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur diatas 0.05%. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD
    CE = Diperkenalkan pada tahun 1987, untuk mesin 4T, kecepatan tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CC, dan CD
    CD-II = Diperkenalkan pada tahun 1987 untuk mesin 2T
    CD Diperkenalkan pada tahun 1955. Untuk mesin turbocharger maupun gas buang biasa
    CC = untuk mesin yang diperkenalkan pada tahun 1961
    CB dan CA = sudah tidak direkomendasikan

    Pilih Kekentalan Pelumas yang Tepat
    Tingkat kekentalan pelumas yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu. Saat ini, kebanyakan perusahaan pembuat kendaraan merekomendasikan pelumas yang memiliki kekentalan ganda atau sering disebut "MULTI-GRADE OIL" yang harus memenuhi persyaratan standar kekentalan yang dikeluarkan oleh SAE (Society of Autimotive Engineers). Contoh : SAE 10-30, 10-40, 15-40, 5-30, 5-50, 15W-50, 20W-50 Bahkan sampai ekstrim seperti : 0W-20, 0W-30 atau 0W-40 SAE "W" disini maksudnya adalah "WINTER" atau musim dingin/suhu rendah, ini menunjukan pelumas multy-grade yang dirancang khusus untuk penggunaan pada temperatur rendah, tetapi bukan berarti pelumas dengan kategori ini tidak baik digunakan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.


    Petunjuk SAE Grade Pelumas Motor untuk Kendaraan Penumpang
    Pelumas multigrade seperti SAE 5W-30 dan 10W-30 banyak digunakan (kecuali pada temperatur yang sangat panas atau sangat dingin) karena pelumas ini cukup encer untuk mengalir pada temperatur rendah dan cukup kental untuk bekerja secara memuaskan pada temperatur tinggi.


    Perhatikan Kemasan Pelumas dan Hindari Pelumas Palsu
    Belilah pelumas yang dikemas dengan baik, masih tersegel dengan rapi, terdapat identitas perusahaan dan tujuan penggunaan. Hindari pembelian barang yang sudah cacat kemasannya. Belilah pelumas pada tempat-tempat yang dapat dipercaya menurut anda atau rekomendasi dari rekan anda.
    Sumber :
    Proyek Pengelolaan Kegiatan Non BBM/Pelumas
    Direktorat Jenderal Migas
    Departemen Energi Sumber Daya Mineral
    Gedung Plaza Centris Lt 8
    Jl.HR.Rasuna Said Kav.B-5
    Jakarta 12910
    :smt005

    memilh oli yang baik klik ke www.shop.smartfinansial.com pilih ke auto care

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    Makassar... T-T
    Posts
    5,382
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 17 Hrs 34 Mins 9 Secs
    infonya bgs neh,.....
    jadiin sticky ajeh....

  4. #3
    Mayor
    Location
    my city too crowded n traffic jam make me angry....
    Posts
    4,386
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 14 Hrs 31 Mins 49 Secs
    good info... thx...

 

 
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 22
    Last Post: 6th July 2013, 14:15
  2. bagaimana cara men-ceper-kan 405 STI yang baik dan benar
    By moondink in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 9
    Last Post: 31st May 2013, 08:25
  3. ==== Tata Cara Service yang Baik ======
    By rainierg in forum Diskusi Mesin
    Replies: 16
    Last Post: 1st August 2011, 09:55
  4. [A S K] CARA TRANSAKSI YANG BAIK..
    By hedri_ananda in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 16
    Last Post: 24th May 2009, 16:33
  5. ( ASK ) cara oper gigi yang baik biar ga miss gear
    By D1833FQ in forum Diskusi Mesin
    Replies: 57
    Last Post: 11th March 2009, 22:10
Back to top