Ternyata swirl X itu.....
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 53
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/138743
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Ternyata swirl X itu.....

    Ternyata swirl X itu emang ga bisa pake rotary,pake foam pad aja kering nya cepet bgt..udah di pad prime tetep aja gummy, swirl ga ilang malah gummy..hajar aja langsung pake #105.beres urusan.kebanyakan step malah wasting time.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Rumus singkat (swirl,light scratch,etching) = Rotary+wool pad/cutting foam pad+ #105 = kelar urusan
    Rumus singkat (swirl,light scratch,etching) = Rotary,Polishing pad/foam applicator+swirl X or scratch X= cape deeeeh.

    hayo pada jujur...pasti 70% mengalami hal yg sama. ga tau deh kalo pake DA,tapi rotary aja ga mempan apalagi DA. elbow grease? kapan kelarnye?

    ini pendapat gw pribadi loh yah.
     

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,189
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 50 Mins 29 Secs
    Pertama boleh bertanya nih?

    1. Cat mobilnya kondisinya gmn? original? repaint? Mobilnya merk apa? tahun berapa?
    2. Rotarynya merk apa? speed setting brp? arm speed gmn? pressure gmn? working area seberapa luas? product yang dituang berapa banyak?
    3. Pengerjaan jam berapa? di mana? kondisi suhu udara dan panasnya gmn?
    4. Pake wool pad / cutting pad dengan #105? hologram dong? perlu step down ke #205..
    5. Swirl X pada dasarnya memang dirancang untuk penggunaan dengan tangan dan DA Polisher, bukan rotary. Klo # 105 dan # 205 memang dirancang untuk rotary kondisi cat fresh paint.

    Klo swirl X dengan DA polisher bisa beda beda, gw kerjain toyota avanza 2005 play time nya lama karena gw kerjain jam 6 sore- 12 malem kondisi mendung dan hujan.. (kejar setoran hehehe)

    Pas gw pake di honda all new jazz kerjain jam 1-5 siang cerah ke sore.. obatnya memang cepat kering, gw perlu spray last touch berulang... dan working area jadi lebih sempit.

    Gw pake swirl X dan DA di fortuner kerjain jam 4 sore - 7 malem bisa swirl free ditembak lampu 300 watt, sebelumnya ada hologram karena pake rotary dan #80 dgn pad agak kotor..

    Product bisa bereaksi berbeda-beda karena cat mobil itu berbeda-beda banyak faktor seperti, experience operator, suhu udara, kelembaban, teknis mesinnya, pad.. apalagi rotary yang jauhh sangaat complicated.. dan yang pengaruh juga adalah Expectation si operator / pemilik mobil itu sampai mana? Mau swirl free? hologram free? atau asal kilap?

    Ini sih based on my and others' experiences di cat mobil yang berbeda-beda dan kondisi yang bervariasi..
     

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,189
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 50 Mins 29 Secs
    Oh ya scratch X dan Swirl X itu peruntukan dipake dengan tangan dan DA polisher.. bukan rotary.. klo dipake di rotary ya kering lah.. gw pernah pake scratch X dgn rotary, langsung kering.. kepanasan karena pergesakannya tinggi dan product keburu habis.. Klo product yang untuk rotary itu oilnya lebih banyak dan lebih lama playtimenya.. product untuk DA ya untuk DA jangan rotary.. Klo mau pake rotary gunakanlah # 105 # 205 atau #80 series..

    Nah kasusnya gw balik sekarang, gw pake DA polisher speed setting 5, pake 83 itu aja lama banget break down productnya.. karena kurang pergesekan... sehingga play time jadi lama. Klo 83 pake rotary pasti lebih singkat dibanding dgn DA..

    Dengan pergerakan DA polisher yang oscilates dan rotates pergesekannya tidak sebanyak rotary yang berputar secara rotate..
     

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    cat mobil kebanyakan yg gw kerjain orisinil...hanya beberapa yg repaint,dgn clear coat yg cukup keras n tebel,kebanyakan mobil eropa.

    suhu selalu pada saat dingin kap mesin nya maupun bagian yg lain.gw jarang poles pada saat mobil abis dipake karena kap mesin cukup panas.

    speed rotary sampe 4 or 5, sampai skr belum pernah hologram or marring,kalo pun ada bisa dihajar pake ultimate compound buat ilanginya pake polishing pad speed 3 aja cukup.

    DA memang bagus cuma im not a big fans of DA. pemakaina pad pada rotary pun sesuai dgn jenis obat yg dipake.

    Rotary pake dewalt,presure? mesin udah cukup berat jd cukup medium pressure aja.

    kesimpulan gw lebih seneng ilangin swirl,scratch and etching pake #105 with wool pad (for heavy defect) and cutting foam pad (light defect)..

    itu lebih cepet selesai..langsung bisa ke tahap polishing light and then sealant or waxing.


    tp memang swirl x hanya untuk DA itu gw akuin salah gw, tapi jgn harap swirl pure hilang dengan elbow grease.
    correct me if im wrong..i've been there before with a lot of different car paint.
     

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    tujuan gw disini biar para pemakai swirl x ga terlalu kecewa terhadap product itu...karena itu hanya obat biasa,yg paling penting equipmentnya...obat banyak juga yg bisa ilangin swirl dgn alat yg tepat.

    come on man...a whole of car body paint removing the swirls with elbow grease? mungkin pada kap mesin masih semangat..pas sampai bagasi kekuatan tangan udah ilang...n ga cukup tenaga buat ilangin swirl.

    di youtube demo hanya menggunakan setengah dari kap mesin,sisanya makasih deh kata teknisi meguiars.

    so please use DA for swirl X.
     

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,189
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 50 Mins 29 Secs
    memang hal ini tuh bener-bener banyak variabel nya.. hehe gw jg pusing klo product ga jalan dengan baik.. streesful I guess..

    Cat mobil Eropa enaknya sih keras, jadi hologram lebih kecil kemungkinannya, klo cat mobil Jepang memang relatif lebih empuk lebih sering hologram apalagi cat mobil honda.. duh itu satu emang soft..

    Klo untuk spot repair memang swirl X cukup ampuh, baret kuku di handle pintu camry dan avanza bisa hilang.. tp klo yg dalaman gw pake ultimate compound.. Klo pake tangan nyicil deh sehari satu atau 2 panel jg bisa..

    Gw pernah memang dengan tangan (ga punya DA) pake step 1 paint cleaner dan scratch X.. wah dr jam 12 malam ampe 5 pagi.. terus waxing ampe jam 6 bobo gw.. bangun jam 9, buff waxnya dan UQD hehehe swirl nya masi banyak hahaha makanya gw beli DA, dan hasilnya lebih bagus dan lebih cepat walau pake Step 1 juga..

    "Machine does a better job than hand" by Mike Philips
     

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,189
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 50 Mins 29 Secs
    Memang klo pake tangan dengan pad yang kecil begitu pasti cepet penuh dengan product dan hasil yang didapat di panel-panel awal dengan panel panel terakhir relatif berbeda.. Klo pake tangan yah semampunya aja, tapi memang bisa sih.. (tangan nya abis itu dipijet - pijet 3 hari 3 malam.. hahaha)

    Mending bawa ke profesional detailer klo yang parah-parah punya rotary dan product lengkap untuk menghadapi problem berat..

    Hehhe ya semoga ini jadi panduan jg buat yang lain.. kita share pengalaman kita di sini... THanks Fuego for your sharing great experience, gw belajar lagi nih..
     

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Batmobile View Post
    Memang klo pake tangan dengan pad yang kecil begitu pasti cepet penuh dengan product dan hasil yang didapat di panel-panel awal dengan panel panel terakhir relatif berbeda.. Klo pake tangan yah semampunya aja, tapi memang bisa sih.. (tangan nya abis itu dipijet - pijet 3 hari 3 malam.. hahaha)

    Mending bawa ke profesional detailer klo yang parah-parah punya rotary dan product lengkap untuk menghadapi problem berat..

    Hehhe ya semoga ini jadi panduan jg buat yang lain.. kita share pengalaman kita di sini... THanks Fuego for your sharing great experience, gw belajar lagi nih..
    sama bro...gw masih belajar,cuma gw kadang kesel aja sama iklan yg agak2 lebay...

    mendingan kita jabarin aja combo nya...jd biar pada ga nyalahin productnya,tetapi bahwa memang mereka itu kurang heavy equipmentnya..productnya sih ga salah apa2.

    gile ilangin swirl 1 body pake elbow grease..udah cape2 swirl masih tetep ada.yg ada pada nyalahin productnya.
     

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    satu lagi...ga harus punya dewalt,makita or metabo buat yg doyan rotary...asal teknik bener mah pake krisbow rotary or ken rotary yg cuma 700rb an jg bisa ilangin swirl,scratch n etching, yg penting itu alat dibawa gerak terus selama poles. yang beda kan cuma material,power sama warna...semuanya sama2 muter.

    pake krisbow cepet rusak? iyahlah kalo lo panteng terus playtime 5 menit jelas dia overheat..tapi ga rusak,kl udah dingin dia mau muter lg.

    pake ken rotary berat...(dewalt sama metabo hampir mirip beratnya..malah beratan dewalt.)

    paul dalton dikasih krisbow rotary gw juga yakin bisa flawless finish,cuma dia harus kurangin playtime biar ga overheat.
     

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Venom 300x250 GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top