[ask] tentang grounding wire...
Scuto Laminating 36Goal.com Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/136636
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    107
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    12 Mins 43 Secs

    [ask] tentang grounding wire...

    suhu2 modcom... mohon bantuannya donk.. saya pingin nambahin grounding di mobil saya.. rencana mau bikin sendiri aja...

    tapi ada beberapa pertanyaan:

    *Sorry kalo terlalu panjang dan agak2 bodoh pertanyaannya... newbie banget saya bos

    1. karena nanti kabel2 akan diposisikan di kap mesin, pasti harus tahan panas kan? kabel yang tahan panas itu gimana yah? tadi saya jalan2 di jaya plaza (bandung) mereka banyak yang sedia kabel AWG 8..

    ada dua macam neh...
    - kabel yang bahan insulator nya agak semi karet2 (lentur dan kenyal).. tapi mereka ga berani ngejamin kabel nya bakalan tahan panas mesin.. karena mereka biasanya hanya memasang kabel2 itu untuk audio.. untuk AWG 8, harga kisaran 10ribu-25rb per meter (belum tawar)
    - kabel yang bahan insulator nya semacam plastik.. agak2 lebih keras dari kabel yang di atas. kalo ini yang jualnya berani ngejamin neh kabel pasti kebal terhadap panas mesin.. dia ngetes dengan dibakar pake korek api.. perlu waktu sekitar 5-10 detikan supaya karet itu berubah warna jadi hitam... tapi bentuk nya masih seperti biasa (hanya warna yang berubah).. untuk AWG 12 harganya 8ribu/meter (AWG 8 tidak tersedia).

    mendingan kabel yang mana ya? saya sih tadi udah ngambil yang AWG 12 8rb/meter sepanjang 3 meter. apa ini pilihan yang benar? atau mgkn kedua kabel ini kurang bagus? ada saran kabel mana yang lebih ok?

    2. tadi saya juga beli selang plastik untuk penahan panas (selang yang warna hitam dan beralur). tapi tadi saya juga ngeliat ada anti panas dari serabut warnanya putih (kalo orang toko nya sih bilang serabut warna putih ini lah yang sebenarnya anti panas).. tapi karena harga selang hitam itu lebih murah rp 2500 /meter .. jadi saya ambil yang hitam itu saja...

    yang bikin saya bingung.. apa serabut putih ini benar2 lebih bagus? karena dia berupa kain, apa dia tidak lebih gampang terbakar?

    3. ada syarat2 khusus ga ya untuk pemilihan soket/terminal ujung kabel/ spun (bahasa toko nya) ? apa bisa saya berpikir begini? "yang penting soket nya pas dan masuk, jadi listrik bisa ngalir, grounding pun jalan.. beres ".. bener ga begitu?

    4. saya mau nyari plat buat nyambung bisa cabangin kabel2 nya neh.. biar bisa lebih rapi.. itu cari dimana yah?

    thanx jawabannya

  2. Jayapoker
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    Gading city
    Posts
    769
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 32 Mins 25 Secs
    kalo saya pake awg 8 boss,.,.,warna kabelnya merah gitu,.,bahan karetnya jg lembek bgt tp udah 4 bulan saya cek ga ada masalah kok,.,.,ujung2 kabel nya dipakein skun namanya boss,.,.,nah pakein terminal (plat yg boss sebut) biar rapih,.,.pake tembaga aja, biasa ada tembaga batangan gt di toko2 listrik,.,semoga membantu,.,.

    http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=29879. neh ada foto groundingnya,.,mungkin jg bisa membantu

  4. #3
    Kopral Kepala
    Location
    djakarta raya
    Posts
    177
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    yg gw tau si kabel audio itu tidak sama dengan kabel ground mesin.. it's totally different type of cables!

    mending beli yg emang bener2 untuk ground dan jelas buatan nya.

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Je.Ka.Te
    Posts
    302
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 31 Mins 15 Secs
    Yg penting cek dulu grounding mobilnya masih bagus atau nggak.
    Kalo grounding mobil masih ok, percuma aja dipasangin begituan.
    Terminal tembaga itu namanya bus bar, beli aja di toko alat2 listrik.
    Kalo pemasangan harus kencang, terutama di skun.

  6. #5
    Kapten
    Location
    bintaro9walk
    Posts
    2,344
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 50 Mins 35 Secs
    setuju tuh kalo boil masih belum tua gk gitu ngaruh...tapi keren sih bonet ada kabel warna warni

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Gading city
    Posts
    769
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 32 Mins 25 Secs
    namanya bus bar y??gw lupa,.,.hehehe,.,om gw jual kok di kenari,.,.,

    emm yah emank ga terlalu efek seh,.,.cm yah udah terlanjur pasang,.,.,

    oya kalo mau pasang jgn pake AWG,., pake NYAF aja,.,.,

  8. #7
    Sersan Mayor
    Posts
    774
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 4 Mins 59 Secs
    NYAF harganya brapaan bro?

  9. #8
    Sersan Dua
    Posts
    228
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 9 Hrs 16 Mins 43 Secs
    AWG ama NYAF itu beda bos, AWG=American Wire Gauge, atau bahasa simplenya ukuran diameter dari kabel itu.

    Sedangkan NYAF jenis kabel (kabel listrik) yg terdiri dari gabungan beberap serat,dan dia lentur, ada jenis laen,NYY,NYM,NYYHM,dll.
    Ane dulu jg sebelum pake pivot groundbar juga pake kabel buatan sendiri.

    Emang yg paling mendekati jenisnya NYAF, yg penting diameternya jgn terlalu kecil. (Semakin besar diameter semakin kecil tahanan dia dlm mengalirkan arus,tp jgn kegedean jg repot pasangnya ) Kl dulu ane pake yg 4mm or 6mm. Dan yg perlu diperhatikan,krn NYAF adalah jenis kabel listrik yg tidak didesign utk kena panas tinggi di ruang mesin,jd kl bisa jgn ampe kena sumber panas tinggi, seperti blok mesin, terutama header. Kl kena header, kabel pivot jg jg abis insulatornya,hehehe...

    Dan pasti musti dikasih scun dan musti di klem dengan kencang,jgn sembarangan,krn kl ngak kencang suatu saat ada kemungkinan kendor, dan kabel bisa ngalor ngidul kemana2,paling parah nempel ke positif aki, wasalam deh...

  10. #9
    Sersan Mayor
    Posts
    774
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 4 Mins 59 Secs
    Quote Originally Posted by anakgading3 View Post
    AWG ama NYAF itu beda bos, AWG=American Wire Gauge, atau bahasa simplenya ukuran diameter dari kabel itu.

    Sedangkan NYAF jenis kabel (kabel listrik) yg terdiri dari gabungan beberap serat,dan dia lentur, ada jenis laen,NYY,NYM,NYYHM,dll.
    Ane dulu jg sebelum pake pivot groundbar juga pake kabel buatan sendiri.

    Emang yg paling mendekati jenisnya NYAF, yg penting diameternya jgn terlalu kecil. (Semakin besar diameter semakin kecil tahanan dia dlm mengalirkan arus,tp jgn kegedean jg repot pasangnya ) Kl dulu ane pake yg 4mm or 6mm. Dan yg perlu diperhatikan,krn NYAF adalah jenis kabel listrik yg tidak didesign utk kena panas tinggi di ruang mesin,jd kl bisa jgn ampe kena sumber panas tinggi, seperti blok mesin, terutama header. Kl kena header, kabel pivot jg jg abis insulatornya,hehehe...

    Dan pasti musti dikasih scun dan musti di klem dengan kencang,jgn sembarangan,krn kl ngak kencang suatu saat ada kemungkinan kendor, dan kabel bisa ngalor ngidul kemana2,paling parah nempel ke positif aki, wasalam deh...
    nice info bro..
    nanti cari deh yang 4 atau 6 mm..

  11. #10
    Kapten
    Location
    http://www.facebook.com/HastaWS
    Posts
    2,963
    Power
    -47 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 16 Hrs 15 Mins 6 Secs
    8AWG aja sekalian biar mantab bos..

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA: About volt stabilizer and grounding wire
    By Devereaux in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 15th November 2012, 08:43
  2. WTA grounding wire
    By nikk26 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 27th June 2011, 14:28
  3. WTB : Grounding Wire Kit
    By B26_7DM in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 9
    Last Post: 17th October 2008, 00:31
Back to top