Auto tips : Why unleaded fuel?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 54
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/135774
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    scrwd up city JKT
    Posts
    2,746
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 29 Mins 53 Secs

    Auto tips : Why unleaded fuel?

    Di tengah gencetan ekonomi kota metropolitan dan kebutuhan akan transportasi sehari2nya, patut dirasa hampir sebagian dari warga Jakarta menggunakan bensin bertimbal yang lebih ekonomis dan mudah didapat dimana2 saja. Tetapi apakah benar lebih ekonomis? bagaimana dengan bensin tanpa timbal yang lebih mahal? semua pasti mendengar bahwa unleaded fuel itu lebih bagus, tapi mengapa?mari kita bahas di thread ini!

    1. oktan
    bensin tanpa timbal mempunyai oktan atau daya ledak yang lebih besar, dengan kata lain ledakan di ruang bakar akan lebih sempurna sehingga bahan bakar yang diperlukan lebih sedikit dibanding menggunakan bensin bertimbal. hasilnya adalah mesin lebih bertenaga tetapi pemakaian bensin lebih sedikit (pengurangan dilakukan oleh sistem injeksi pada mesin mobil kebanyakan sekarang ini). potensi knocking atau ngelitik yang dapat menghancurkan mesin anda juga dapat ditiadakan dengan menggunakan oktan 92+!

    fakta lagi, kebanyakan mobil2 sekarang membutuhkan bahan bakar oktan 92+, oleh karena ulah EPA di Amerika, Komite EURO di Eropa, semua demi penghematan bahan bakar dan emisi yang lebih rendah(dan membuat perusahaan minyak cemberut tentunya)

    rumus simplenya :
    bensin tanpa timbal = ledakan lebih sempurna = diperlukan lebih sedikit bahan bakar = bertenaga, emisi rendah = daya jelajah lebih banyak

    cara pengetesannya simple, cukup bedakan jarak tempuh yang didapat per liter nya antara bensin timbal dengan yang tidak. di mobil ibu saya (new CR-V) pakai premium hanya dapet 1 : 5.8km, sedangkan ganti oktan 92 tanpa timbal langsung dapat 1 : 7.5km!!!! untuk pemakaian dalam kota tentunya. untuk oktan 95 belum pernah saya tes hehehe.

    2.sifat timbal yang merugikan!
    Timbal adalah logam digunakan untuk menunjang pembakaran dengan kualitas oktan yang rendah, gunanya kira2 sama seperti pada bom yang digunakan para teroris, kenapa diberi logam, baut, dll? agar memberi daya dorong dan daya rusak yang lebih kuat! walaupun sudah dibikin partikel kecil tapi tetap akan merusak.

    berikut adalah korban2 timbal pada mesin anda :
    -Busi : karena disinilah pusat ledakan, maka busi jadi korban paling awal X.X tentu saja jadi lebih cepat habis
    -piston, dan ring nya, karena mereka berdua-lah yang menahan ledakan dan langsung terkena partikel2 timbal, akibatnya lama kelamaan performa mobil pasti drop.
    -katalis : kemana perginya partikel timbal yang suda diledakan dan meleleh? nempel dan menyumbat logam mulia penyaring katalis pada saluran buang anda! hasilnya performa mesin menurun lagi(menyumbat seperti wasir pada p*nt*t!!!!gimana rasanya kalo susah poop hayoo?no offense buat yg wasir)

    3.kebersihan
    banyak yang bilang premium itu kotor, pertamax dan kawan2 lebih bersih, tetapi hanya disertai penjelasan "ya jelas lah, wong lebih muahaal!". Disini saya menemukan alasan yang lebih efektif selain penerapan kualitas pada bahan bakar "lebih mahal".

    Penyebabnya adalah volume pengiriman dan sifat kotoran2 yang mana mengendap dibawah. karena premium paling laku, pertamax dkk kurang laku, tingkat pengiriman tentu lebih banyak premium, mungkin ratio nya 5 : 1, dan karena jadwal penguras/pembersihan tangki spbu disama ratakan(misal sebulan sekali), dengan sedih saya mengatakan bahwa pemakai premium dapat 5 porsi kotoran yang mengendap di tangki spbu >.<!!!!! ya! tiap pengiriman bahan bakar, sisa kotoran dari kilang, residu kecil penyaringan, dan kotoran mobil tangki pasti ikut masuk dan mengendap di tangki spbu, siap disedot ke mobil anda!

    korban2 dari kotoran2 berlebih pada bahan bakar adalah sistem penyaluran bahan bakar meliputi :
    -filter bahan bakar, pasti lebih cepat kotor
    -pompa bahan bakar, ada kemungkinan rusak karena kotoran2 yang menyelip
    -penyumbatan saluran2/selang2
    -kotornya injektor, yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna!


    Dari semua masalah yang disebut diatas, tentu saja semuanya punya kesamaan, yaitu dapat menyebabkan mobil boyo atau pelan, lebih boros lagi, dan rusaknya komponen mesin, yang mana menyebabkan dibutuhkannya perawatan atau penggantian lebih!!!! alias more money!!!! oooh noooo!!!!!!!!!!

    mungkin gejala2 yang saya berikan diatas terkesan berlebihan dan anda tidak merasakannya, tetapi jika anda ingin membuktikannya? silahkan mencoba, bisa dengan mengganti bahan bakar dahulu, atau coba rekondisi mobil anda dari bercak2 premium diatas di bengkel FirPro dan lihatlah kotoran2 di filter bensin anda(biasanya mulai pada umur 10rb km keatas)

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    scrwd up city JKT
    Posts
    2,746
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 29 Mins 53 Secs

    Perhitungan irit

    Walaupun dengan mileage atau perbandingan jarak tembuh per liter lebih besar, pemakaian oktan 92+ tanpa timbal masih terlihat lebih mahal, tetapi konsiderasinya adalah penggantian dan perawatan suku cadang mobil yang jadi lebih sedikit, baik secara materi(barang2), atau secara waktu(ke bengkel jadi seadanya, dan jarang jogrok2, waktu adalah uang bukan?) Jangan lupakan juga kenikmatan berkendara yang anda dapat! pembuktian di dyno test menunjukan peningkatan sebanyak 5-9hp itu bisa terjadi hanya dari kualitas bahan bakar!

    terakhir, yaitu argumen tentang subsidi. Kelihatannya memang enak dapet subsidi dari pemerintah, bensin murah hehehe.... tapi apakah spare parts mesin dan ongkos merawat serta hilangnya waktu dapat subsidi? yang ada semua dikenain pajak T_T oleh pemerintah...... sama aja muter2 ga jelas.....

    Saran ini ditujukan untuk anda yang mencintai mobil dan menyukai berkendara apapun kondisinya, oleh karena kami jugalah pecinta mobil seperti anda(bukan bengkel komersil abiez!!!!). bagi anda yang gamau nurut, saya sarankan metode pake ancur2an 2 tahun, rusak, betulin seadanya, jual murah hehehe no offense but this is the best. Semoga berguna, sekian dan terima kasih....
     

  4. #3
    Kopral Satu
    Posts
    78
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 20 Mins 58 Secs
    Review yg bagus dr bro kalasnikov, tp pertamax, shell ato bahan bakar non sudsidi lainnya kan jarang laku tuh, ini jg sebenarnya membuat masalah lain yaitu bahan bakar itu kualitasnya bisa menurun krn toh semua itu berasal dr fosil kan?

    Temen pernah tuh ngisi di shell stlh hrg minyak dunia jatuh, mobil bukannya tambah enak tp pincang ato gak enak lah, aneh padahal pake shell super extra.
    Stlh abis diisi premium lagi eh mobilnya ngacir lg. Penasaran dia tanya2 ke shell brp lama sih kalo ngisi bak penampungan mrk, shell bilang 3 bln (wooww). Nah kalo premium tiap hari hampir ganti makanya lbh fresh drpd pertamax ato shell.

    Emang hal ini gak tiap kali terjadi, mgkn di spbu shell yg dia beli itu sepi bener makanya jarang di refill.
     

  5. #4
    Kapten
    Location
    scrwd up city JKT
    Posts
    2,746
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 29 Mins 53 Secs
    Terima kasih bung 777, memang sebisa mungkin isi di pom bensin yang rame karena perputaran bensin seger-lama lebih bagus, tapi saya percaya SPBU pasti punya standar penyimpanan juga untuk bahan bakarnya, ga mungkin drop nya sampai gawat banget. buktinya buat isi di jerigen saja diharuskan memakai jerigen kaleng(shell & total) yang lebih tahan penguapan oktan dari jerigen plastik. saya rasa juga walaupun dengan kondisi drop sedikit, kebersihan tetep lebih ekonomis daripada kesegaran. se drop2nya tetep lebih bersih dan lebih tinggi oktan nya.

    di tangki mobil saja oktan drop itu terjadinya setelah 10 hari, itu juga karena bensin di-sirkulasi di saluran bahan bakar, kena panas mesin, menguap dikit2 lewat selang2 karet dan lubang hawa dan balik lagi ke tangki. harusnya kalo di tangki spbu, lebih lama lagi karena keadaannya betul2 diam dan tangki nya lebih vakum.

    perihal mobil teman situ yang jadi boyo karena isi oktan lebih tinggi, pasti kurang lain karena mobil tersebut masih menggunakan sistem karbu, injeksi lama atau close loop, yang mana belum ada sensor2 untuk mencocokan pembakaran(O2 sensor)seperti yang saya tulis diatas "pengurangan dilakukan sendiri oleh sistem injeksi bahan bakar pada kebanyakan mobil saat ini". karena ga dikurangin, alhasil jadi basah = berat dan belet.
     

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    Ciboeboerr
    Posts
    6,095
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 5 Hrs 40 Mins 44 Secs
    wih mantab ni infonya juragan...
    sy punya sedikid pertanyaan..
    bagaimana cara mengatasi masalah yg di timbulkan oleh bahan bakar beroktan 95...
    yaitu.. kekurangan duid...
     

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    jakarta
    Posts
    6,768
    Power
    53 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 12 Hrs 47 Mins 33 Secs
    Quote Originally Posted by kecoa_salto View Post
    wih mantab ni infonya juragan...
    sy punya sedikid pertanyaan..
    bagaimana cara mengatasi masalah yg di timbulkan oleh bahan bakar beroktan 95...
    yaitu.. kekurangan duid...
    Ya kalo kemana2 nebeng mbl temen aja....itu juga kalo ada yg nebengin. Masa pertanyaan juragan es kyk gitu sih??? ato lo bawa aja minyak tanah dr rumah trus tuker deh minyak tanahnya ama pertamax plus.Kan harga minyak tanah lebih mahal drpd pertamax plus.
     

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    Ciboeboerr
    Posts
    6,095
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 5 Hrs 40 Mins 44 Secs
    lhooo....
    pertanyaan gw kan juga mewakili org2 yg ms tetep ngisi premium..
    hehehe..
     

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    jakarta
    Posts
    6,768
    Power
    53 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 12 Hrs 47 Mins 33 Secs
    Quote Originally Posted by kecoa_salto View Post
    lhooo....
    pertanyaan gw kan juga mewakili org2 yg ms tetep ngisi premium..
    hehehe..
    wah kalo gt pertanyaan yg jawabannya sulit diungkapkan dengan kata2.........
     

  10. #9
    Kapten
    Location
    scrwd up city JKT
    Posts
    2,746
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 29 Mins 53 Secs
    Kristo = gue tantang mobil lu minum premium en olahraga 3X run.kalo kaga pecah gue beli emas lu 3kg haihaihai......

    maksud dari thread saya, pake 92+ atau premium, inti2nya sama2 keluar uang, malah pakai premium bisa keluar lebih banyak, terlebih di mobil Kristo. poin penting lainnya, pake oktan 92+ lebih bisa menikmati "ngegas".

    premium = lebih murahnya untuk nyicil spare parts dan ongkos servis lebih, dan buang waktu jogrok nantinya.
    92+ = lebih enak, irit, dan ga resiko macem2 pada mobil anda, terlebih mobil2 model baru atau yg seperti mobil Kristo(CityZ borju)
     

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    Ciboeboerr
    Posts
    6,095
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 5 Hrs 40 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by kalashnikov View Post
    Kristo = gue tantang mobil lu minum premium en olahraga 3X run.kalo kaga pecah gue beli emas lu 3kg haihaihai......

    maksud dari thread saya, pake 92+ atau premium, inti2nya sama2 keluar uang, malah pakai premium bisa keluar lebih banyak, terlebih di mobil Kristo. poin penting lainnya, pake oktan 92+ lebih bisa menikmati "ngegas".

    premium = lebih murahnya untuk nyicil spare parts dan ongkos servis lebih, dan buang waktu jogrok nantinya.
    92+ = lebih enak, irit, dan ga resiko macem2 pada mobil anda, terlebih mobil2 model baru atau yg seperti mobil Kristo(CityZ borju)
    hiakhakhakaha..
    gw kan pk nya p+ pidd..
    hanya mewakili org2 pengguna premium yg batu2..
    pid city z musti msk icu ni pid..
    di toel tronton..
    hahahhaa
     

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250 GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. All About Engine with EFI (Electronic Fuel Injection)
    By Fuego in forum Tips & Artikel Mesin Mobil
    Replies: 20
    Last Post: 7th August 2013, 13:10
  2. WTS : FUEL PRESSURE + FILTER & FUEL PUMP MERCI TIGER + FUEL HOSE NYA
    By ARRE_G1 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 18
    Last Post: 16th March 2012, 23:43
  3. SAFC APEXI II Blue Face dan Indikator Auto Gauge: Air Fuel dan Vacum
    By riza.widiastuti in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 6th April 2011, 13:04
  4. Replies: 35
    Last Post: 1st February 2010, 08:57
  5. WTB: defi auto gauges ( boost,fuel pressure,and oil pressure) 52mm-60mm
    By EPwerkz in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 25th November 2008, 20:56
Back to top